Sunday, March 14, 2010

Roy Suryo Bela Blogger? Beneran Nie?



Selama ini, saya salah satu orang yang cukup kontra dengan Analisa dan penalaran Roy Suryo, oleh karena itu saat mendengar Pembelaan Roy Suryo terhadap salah satu sobat blogger yang bernama Sony Arianto Kurniawan, saya sempat agak heran. Koq ya tumben, lagi ada angin apa mas Roy Suryo??? Hhe
Beneran bela apa cuma nyari simpati nie?

Bukannya tidak suka dengan orangnya tapi jujur aja, semua pendapat beliau biasanya lebih banyak yang ga sejalan daripada yang sejalan sama pikiran saya hhe….

Tentang hacker dan blogger khususnya, makanya saya agak heran dan untuk kali ini saya salut sama beliau yang analisanya masuk akal (untuk kali ini). Bukannya biasanya ga masuk akal, tapi waktu itu saya pernah dateng ke seminarnya Cuma gitu-gitu doank dan pas pulang kata-kata yang ada di otaQ saya adalah “GUBRAKKK!!! Nenek gw juga tau’ haha”. Tapi bener-bener salut buat Mas Roy Untuk kali ini dan dua kata buat anda TOP ABIZ!!!

Nah, Buat yang belum tahu silahkan kalo mau baca:
Beberapa waktu lalu, perusahaan elektronik besar dunia Sony Corp mensomasi blogger Indonesia Sony AK dan ternyata hal tersebut menyita perhatian Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo.

Jika biasanya Roy Suryo berseteru dan selalu bertentangan dengan para blogger, kali ini Pokja Kominfo tersebut membela blogger Indonesia Sony Arianto Kurniawan, atau yang biasa disebut dengan Sony AK, yang dituduh menggunakan merek dagang Sony Corporation sebagai domain dalam blog-nya, sony-ak.com.

"Tindakan Sony Corp mensomasi blogger saya nilai berlebihan. Jika merujuk undang-undang informasi dan transaksi elektronik, apa yang dilakukan Sony sudah benar adanya," tulis Roy dalam pesan singkatnya.

Menurut Roy, dalam data yang digunakan Sony untuk meregister domain sony-ak.com dianggap sudah cukup sesuai dengan UU ITE, terutama pada bab 6 pasal 23 ayat 1 hingga 3.

"Sony sudah memakai nama asli dan tidak berniat negatif terhadap Sony Corp," tandas Roy.

Dalam bab 6, yang mengatur nama domain, hak kekayaan intelektual dan perlindungan hak pribadi tertulis,

1. setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat berhak memiliki Nama Domain berdasarkan prinsip pendaftar pertama.

2. Pemilikan dan penggunaan Nama Domain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus didasarkan pada iktikad baik, tidak melanggar prinsip persaingan usaha secara sehat, dan tidak melanggar hak Orang lain.

3. Setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, atau masyarakat yang dirugikan karena penggunaan Nama Domain secara tanpa hak oleh Orang lain, berhak mengajukan gugatan pembatalan Nama Domain dimaksud.

Berdasarkan pasal-pasal tersebut, Roy Suryo menganggap somasi Sony Corp terhadap Sony AK dinilai berlebihan.

Sebelumnya diberitakan, pihak Sony Corp mengajukan gugatan kepada blogger Indonesia bernama Sony Arianto Kurniawan karena domain yang digunakan dalam blog-nya dianggap melanggar merek dagang perusahaan elektronik terbesar di Jepang tersebut.

Hingga saat ini, blog Sony-AK masih bisa diakses dengan postingan terbaru pada 11 Maret 2010. Bahkan dalam blog Sony AK juga telah diberikan notifikasi bahwa sony-ak.com tidak memiliki afiliasi apapun dengan Sony Corp Jepang.

Jika ditelusuri lebih dalam, dalam blog tersebut tidak ada satupun yang berhubungan dengan nama Sony Corp maupun produk-produk elektronik keluaran perusahaan Jepang tersebut.

23 komentar:

wandhe said...

wah ada apa nich, hahha, hallo ka, lam kenal aja dech

berita untuk negri said...

bagus kalau mereka membela blogger,,kasusnya sony unik juga ya

katrina kaif fans said...

thanks for informations

mobilephone clinic said...

thanks infonya sob,nice blog

Denny said...

Pagi2 dah ada info bagus neh, makasih yah sob

Warna Tulisan said...

informatif sekalai, mari kita dukung Sony AK ...!

Mizan said...

hmm.. roy sukro itu org komunikasi, sama kyak ane.. jd ane tau kalo dia emang jagonya ngomong doang.. hehe.. :P (ga nyambung!)
tapi bener, emang pak Sukro suka kebablasan, ampe ngomong hal2 yg melebihi pengetahuannya.. Jadi menurut ane, kalo dia ngebela blogger ya itu krn sebatas pengetahuannya.. dan kalo dia kontra ama blogger, ya itu karena pengetahuannya dia juga yg tdk berbagai sudut pandang..

ica said...

Baguslah kalau begitu.... :)
Nice artikel sob

I2 said...

Lama juga nggak dengar kabar Roy Suryo, sekali denger eh bela blogger hehhehe

DJ Site said...

@ wandhe: hha ga ada apa Sob.....Cuma berbagi hhe...iya slam knal juga...

@ berita untuk negri : Iya Sob unik banget... padahal orang tuanya ngasih nama udah bener malah dipermasalahin karena merk dagang hhe....

@ katrina kaif fans: Ur' Welcome Friend...

@ mobilephone clinic : U'r Welcome Friend...makasih...

@ Denny : Yoi Sob....sama2 kan saling berbagi infi kita hhe...

@ Warna Tulisan : Iya Sob...kita dukung selama emank bener ga salah ...

@ Mizan: Iya ane juga tau sob dia orang komunikasi...tapi kadang ane ga suka aja hhe...ya biarin lah yg penting kali ini dia Pro haha...

@ Ica: Yupz baguz....!!!

kang tejo said...

gara2 namanya mirip dengan perusahaan elektronik Sony jadi kaya gini?ada2 saja..
bagus pak roy ngedukung sony ak sekali-sekali jadi orang baik ehhehe

ayuadine said...

weh, ane jadi ngeri neh. Soalnya salah satu domain ane pake nama artis. wadaw.. Man udah beli lagi

Bunglon Blog said...

wah seru juga nech sob, nah gitu dnk sekali2 y perlu saling membantu dan mendukung biar kompak haha...hidup blogger
sukses sobat!

Berita Indonesia News said...

Saya punya saran buat Sony Corp... dg melarang domainnya Sony AK, memilki potensi resiko kehilangan customer di Indonesia. Saran buat Sony AK .. ada baiknya berunding dg damai dg Sony Corp namun dalam pendirian yg tetap... karena Sony Corp adalah perusahaan yg besar dan world class.
Saran buat Roy Suryo berperanlah layaknya anggota DPR ... perwakilan rakyat.

nophie said...

owh.. gitu ta critanya. :-D

DJ Site said...

@ Kang Tejo: Iya gara2 namanya sama hhe....ya bener tumbenan mas Roy ikut ngbela....

@ Ayudine: Gpp Sob...sebenernya kalo domain kan cepet2an aja dapetnya .... kalo di kasus ini sih pihak sony nya aja yg keduluan sama mas Sony AK hhe...

@ Bunglon Blog: Iya Sob...saling dukung dalam membela yg bener hhe...

@ Berita Indonesia News: makasih Sob sarannya semoga didenger...tapi saya denger udah mulai damai soalnya emank pihak sony yang salah ...

@ Nophie: haha...iya begitu....

yani said...

dah lama banget yani g kesini..
ketinggalan info banyak neyh..
tapi sebelomnya yani dah baca artikel tentang sony ini..
bacanya ampe geli sendiri..
dikit g masuk akal juga..

tapi si mas roy boleh juga dong kali ini.. tapi si mas roy hanya ngomong doang apa bener2 bantuin neyh, seperti dia bantuin para artis2 ampe tiap hari nongolnya di media2?!?

Kampoeng-IT DOFOLLOW said...

wah.. baguslah.. kebangetan dah kalo Sony Corp sampe begitu..

sekalian ngabari link juga sudah terpasang

DJ Site said...

@ Yani: hho..udah OL gy nie c Yani ....
Ya gtu deh agak ga masuk akal C kenapa mesti dipermasalahin tapi ya terserah deh hhe...

Moga2 c gtu ga cuma nyari simpati doank dari blogger hhe...

@ Kampoeng-IT DOFOLLOW: Iya bener Sob...OK Sob...

Mirza Sharz said...

Menurut saya sih, wajar kalo Roy Suryo belain Sony AK karena dia tahu persis blogger yang memang bernama asli "Sony" itu tidak bersalah. Kalo sampai Roy Suryo nggak ngebelain, kebangetan bro.. Braovo blogger Indonesia..! Peace Roy Suryo..!

DJ Site said...

@ Mirza Sharz: Ya, bener Sob....saya juga setuju....soalnya kasusnya pasti dimenangin saya Sony.....

anna maria said...

kayaknya ada lobster dibalik suryo

DJ Site said...

@ anna maria: Haha...Mungkin juga tuh na hhe...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian