Saturday, July 24, 2010

Hari Anak Nasional, Sudahkan Hak Anak Diperhatikan?


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,


Kangen rasanya ga ng’liat Blog ini 2 hari hhe….’N Eventually, hari ini saya bisa kembali Blogging… kayanya, udah banyak berita ‘N postingan sahabat-sahabat DJ Site yang belum saya baca. Khususnya postingan beberapa Sahabat baik saya, kaya Kang Tejo(tapi kayanya Kang Tejo juga masih Off dari Dunia Blogging), Nophie, Sobat Etam Grecek, Sobat Rizal, Pak Ies, Cak Tomo, D” Nuy hhe, Iplock, Yudex, Ozzy, Om Rame, Mixedfresh, Dan Halaman Samping-nya Inung. Udah Lengkap kan tuh yang saya backlink hhe…..


Dibilang banyak kerjaan nggak juga sih sebenernya dan dibilang males pun juga nggak, karena tiap hari Ide buat posting selalu nongol biarpun ga jelas hhe. Mungkin lebih tepatnya, Full nikmatin Dunia Offline hhe….


Adakah yang kemaren ikutan merayakan Hari Anak Nasional? Kebetulan secara nggak sengaja saya ikutan merayakan Hari Anak Nasional sama anak-anak dari salah satu Pesantren(Maaf ga disebutin namanya soalnya saya lupa wkkwkk).


Asik juga ikutan ketawa bareng sama mereka. Karena kayanya, jarang-jarang juga mereka bisa sedikit bebas(Biasanya Disiplin). Ga tau deh yang Ng’rancang acaranya siapa, yang pasti dari pagi ada kaya Cerdas Cermat sampe Ishoma Sholat Jum’at. Dan dilanjutin Pengenalan IT ke mereka. Ng’denger mereka Ketawa, saya juga ikutan senyum dan mendadak ga inget sama semua Kerjaan yang Deadlinenya udah deket hhe….. Pokoknya kaya orang yang lagi bener-bener Liburan haha…. Berasa berat juga sih Ninggalin tempat itu untuk pamit, Cuma berhubung Jadwal mereka udah ada aturannya ya mau diapain lagi hhe….


Sampe Dirumah, Kaya biasa setiap Event atau kejadian yang saya alamin selalu ngasih Ide Segar untuk otaQ saya dan begitu juga kaya Hari Anak Nasional Ini. Banyak pertanyaan di otaQ saya tentang Hak Anak.


Kayanya, ga perlu saya kasih contoh pun anda sering ng’liat di TV Orang Tua yang nyiksa anaknya. Ada yang Dikurung dan ga dikasih makan selama seminggu, Ada yang Dipukulin sampe memar-memar, Dan bahkan ada beberapa Orang Tua yang nyuruh anaknya yang masih dibawah umur untuk nyari nafkah. Intinya, kekerasan dan Eksploitasi terhadap Anak masih sering terjadi di Negara Ini.


Saya sendiri ga ngerti kenapa ada orang tua yang pikirannya sesempit mereka. Dan kayanya sekejam-kejamnya atau sejahat-jahatnya seorang Bapak atau Ibu ga mungkin juga ngasih batu klo anaknya minta Roti atau ngasih Ular klo anaknya minta Ikan. Saya sendiri belum punya anak dan belum Nikah, Cuma Andai saya udah punya anak kayanya ng’liat anak saya minta sesuatu dan ga dibeliin aja udah ng’rasa sedikit ga enak apalagi klo mesti Ng’biarin anak kelaperan dan dikurung pula. Dengan alasan apapun kayanya buat saya itu ga manusiawi…. Dan untuk kekerasan terhadap anak juga kayanya udah sering banget terjadi. Biasanya klo Ng’liat berita Orang Tua mukulin anaknya, Cuma ada 2 hal yang kelintas di otaQ saya. Pertama, si Orang tuanya emank Goblok(Punya otaQ tapi ga dipake) dan kedua kemungkinan waktu kecil si Orang tuanya sering diperlakukan seperti itu makanya kelakuannya nurun. Oh God… gw Ng’liat Kucing Nyolong ikan udah gw kejar, mau gw pukul aja ga tega dan akhirnya Cuma gw usir. Ini koQ ada orang tua yang tega mukulin anak yang udah dianugerahin sama Tuhan sementara diluar sana banyak pasangan yang begitu nunggu-nunggu dikaruniai buah hati tapi belum juga dikasih. Dan klo pikiran lagi konyol, sering saya mikir kenapa Tuhan ga mindahin aja anak yang seharusnya di rahim Orang tua yang suka mukulin anaknya itu ke rahim pasangan yang mungkin mohon maaf “Mandul”, biarpun emank ga mungkin juga sih Ng’rubah ketetapan dan Kehendak Yang Maha Kuasa hhe….


Dan yang paling saya ga habis pikir ada beberapa Orang tua yang nyuruh anaknya nyari nafkah padahal anaknya masih dibawah umur dan menurut saya lebih pantes nikmatin masa kecilnya dengan main. Saya ambil contoh, nyuruh anaknya ngamen, minta-minta, atau Nyemir sepatu. Oh God…… pernah saya Ng’liat 2 orang anak yang ngamen di dalem angkot. Klo perkiraan saya sih kayanya mereka masih SD. Sembari Duduk di pintu Angkot yang menurut saya bahaya banget untuk anak-anak, mereka nyanyi sebaris lirik yang sering saya denger dilantunin sama Anak-anak jalanan.


Kutunggu kau Kutunggu.. kunanti.. kau kunanti….

Walau sampai akhir hayat ini……


Jalan Hidup kita berbeda… Aku hanyalah Anak Jalanan…

Tak punya harta berlimpah tuk dirimu sayang…….


……..


Kira-kira itu sebagian lirik yang udah ga asing untuk saya…..sembari nyanyi, mereka pun sempet juga diomelin sama Supir Angkot karena ngalangin penumpang yang mau naik dan turun.


Dibilang ga adil, ya emank ga adil… Dan klo mau nyalahin, mungkin saya bakal nyalahin Orang tuanya….. biarpun mereka ngeles dengan berbagai alasan entah karena ekonomi yang sulit atau apapun…. Cuma sebagai orang tua harusnya mereka mesti berusaha nyari nafkah untuk Anaknya Donk…….karena secara tenaga pun, tenaga mereka pastinya masih lebih kuat dari pada anak kecil.


Dan sejalan dengan pikiran Orang Tua yang nyuruh anaknya ngamen, minta-minta, atau Nyemir sepatu…. Saya juga sedikit miris ng’liat beberapa orang tua yang Nyuruh anaknya Shooting Film sampe larut malem dan berdalih untuk mengasah kemampuan dan talenta anaknya………. Omong kosong….. Klo Udah remaja sih saya maklum, nah klo seumuran Baim yang sering banget nongol di TV apa iya ngasah Talenta? Ngerti aja nggak koQ disuruh Shooting……..


Mungkin klo mau dilanjutin bisa nyampe satu Jilid nie postingan hhe…. Soalnya masih banyak banget kasus pelanggaran Hak Anak yang terjadi di Indonesia…..Dan intinya, saya cuma ng’rasa Prihatin aja… dan ga muluk-muluk, saya juga bakal minta Pemerintah untuk lebih “care” terhadap kasus Anak karena saya juga udah bosen Mengkritik pemerintah….Dan seharusnya klo mereka punya otaQ ya mereka sadar sendiri……


Saya Cuma mau minta kepada Sahabat DJ Site yang udah punya anak untuk lebih merhatiin anak anda Dan untuk yang belum punya anak atau belum nikah kaya saya, untuk juga melakukan hal yang sama di waktu mendatang…. Anak itu kan Karunia yang dipercayakan Tuhan untuk anda, ‘N So… klo Tuhan yang ngasih, berarti DIA percaya anda mampu ngasuh dan ng’rawatnya… Dan secara ga langsung waktu anda merawat dan membesarkan anak anda sama aja anda menjalankan kewajiban dan Ibadah anda kan hhe….


Terakhir, biarpun telat sehari… saya mau Ngucapin Selamat Hari Anak Nasional Untuk Seluruh Anak Indonesia……..Semoga Anak-anak penerus bangsa ini bisa lebih baik dan bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik suatu hari kelak…………


Untuk Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging N Have a Nice Weekend…….



33 komentar:

oempak said...

inilah kenyataanya, kadang di tivi jg seringkali ada berita yg memperlihatkan kalau 'tidak mampu' itu seringkali dibuat ganjalan untuk anaknya berkembang, padahal banyak potensi yang tersembunyi dalam diri anak itu, dengan ditutupi seperti itu susah untuk anak itu berkembang.

Menjawab pertanyaan di komentar saya, klo ke pekerjaan masalah buta warna ada jg kaitannya klo kerjaannya itu berhubungan dengan grafis jg, misalkan dia bekerja di pabrik cat, atau bekerja sebagai kuli bangunan jg ada tes nya :)

bluethunderheart said...

wah senang rasanya membaca artikel ini
salam hangat dari blue

etam grecek said...

betul sekali kang....
anak adalah anugrah tuhan....anak adalah sumber daya yang paling bernilai dan harapan terbaik di masa depan....

aku juga sedih melihat berita belakang ini..banyak kekejaman orang tua terhadap anak kandung mereka sendiri,, dimana tanggung jawabnya sebagai orang tua.kalo di bilang karena faktor ekonomi sehingga anak menjadi beban hidup itu salah besar.
karena pengalaman hidup yg saya alami,saya dr kluarga kurang mampu dl kerja bpk tak menentu kdng bs mkan sehari sdh syukur.tapi orang tua saya selalu berusaha mencari nafkah wlaupun harus kerja sekeras apapun yg penting halal,beliau jg tak pernah memaksa saya untuk ikut menanggung beban hidup keluaraga...
karena beliau sngat menyayangi kami semua...
love u my parents....

munir said...

kebetulan anak aku juga blogger sob jadi bisa bw sama-sama meski belum cukup umur dia mah

deasy said...

Happy Blogging! Semoga generasi anak2 muda sekarang dan mendatang lebih bisa diandalkan untuk membangun negeri Indonesia tercinta ini" Jayalah terus Indonesia.. Selamat Hari Anak Nasional

rizal said...

wah postingan kita sehati nih...hee..he....
bener banget, exsploitasi terhadap anak masih saja terjadi...

kadang sedih sih melihat berita2 di TV tentang orang tua yang menyiksa anaknya dan kasus lainnya...

mixedfresh said...

Anak memang anugrah Tuhan yang paling berharga dan tidak mungkin bisa digantikan dengan apapun juga. Jadi sudah sepatutnya hak anak diperhatikan. Ada juga anak yang waktunya habis untuk ikut les sehingga hak untuk bermain menjadi hilang. Alasan yang dikemukakan pun supaya anak menjadi "pintar"...Tapi mereka tidak mikir kapan anakkku bisa bermain normal kaya anak yang lain....

anggasona said...

anak adalah tumpuan masa depan, selayaknya diberikan kenyamanan dan motivasi agar diya menjadi anak yang berbakti, jgn disia2kan anak2 :)

atanotonogoro said...

anak itu bukan barang. anak itu harus dijaga bukan di'permain'kan seenaknya :D

syahida said...

Orang tua yang seperti itu, walaupun sebenarnya adalah orang tua dari anak-anak mereka tetapi pada hakekatnya adalah bukan sebagai orang tua. orang tua harus melindungi mengingatkan dan mengarahkan anak supaya berakhlaq mulia.
Menurutku shob, hari anak itu bukan hanya tanggal tertentu saja yang diperingati secara meriah. Tetapi setiap hari adalah hari anak .....

tomo said...

Yang aku herankan gan ya,
memukuli anak kandung kok tega, tapi memukuli anak orang lain kok tidak teganya dia ya.
Semoga hari anak kemaren bisa dijadikan cambuk buat para orang tua gan.
Tengkyu

Zan Insurgent said...

ane pribadi miris melihat anak2 jalanan yang masa depannya jelas terancam,kelak jika mereka Dewasa apa yang akan mereka lakukan...mungkin inilah salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas di kota2,ane berharap agar mereka anak jalanan tidak lagi "DI PELIHARA OLEH NEGARA" tapi mendapat pendidikan yang layak oleh Negara ini agar mereka bisa menjadi Generasi yang berguna dan berakhlak.

AulÅ› Home said...

met hari anak nasional buat semuanya...

Ozzys Blog said...

::salam Blogger Mas Dab::
halah pas koment pas di sebelah globenya :(

Selamat Hari Anak juga brader....
kebetulan saya udah punya anak bro, n alhamdullilah saya masih bisa "ngopeni", anak saya, bagi kami anak kami adalah penyemangat hidup, karena anak adalah titipan-Nya, kalau menurut kepercayaan kami, memelihara titipan-Nya secara otomatis kita mendapat kemudahan dalam hal rezeqi, jadi kalau ada orang miskin (maaf) menterlantarkan anak mereka gara2 alasan rezeqi, maka Alloh juga akan tutup mata, karena pelihara titipan-Nya aja ga mau, tul ga? itu prinsip aku sih bro.
Jadi orang miskin2 itu (maaf) kalau mau hidup layak bahkan bisa kaya maka peliharalah titipan2-Nya ini, maka kita akan dipelihara oleh-Nya
::Sukses Selalu Buat Anak Bangsa Yang Berfikir::

elok langita said...

Selamat hari anak nasionaL.. :D

penghuni60 said...

Met hari anak!
kalo hari bapaknya ada gak ya?
hihi... :)

Science Box said...

Mau ikutan ucapin
SELAMAT HARI ANAK
semoga anak2 indonesia menjadi ank yg berguna bagi bangsa, amin

Google Auto Redirect Link Trick said...

yang miris semakin tahun sitompel semakin mempuyai banyak teman baru, entah minggat karena dibuang orangtuanya.. jadi angka anakjalanan semakin meningkat..

kak seto sering menyinggung masalah exploitasi anak...
kalo yang jadi artis cilik mungkin tidak termasuk sob.. karena duitnya banyak dan menghasilkan devisa bagi negara wkwkwkwk

Danil Edan said...

kadang kita suka lupa dan gak peduli yg ginian, saya jadi malu saya suka siksa ade saya kwkwkwkwkwkkwk

odah etam said...

selamat hari anak nasiaonal..tuk anak anak negri ini

Herdoni Wahyono said...

Kami hanya dapat menghela napas panjang ketika membaca berita di suratkabar atau nonton televisi yang isinya 'kekerasan,penganiayaan atau eksploitasi terhadap anak-anak'. Ada yang dipukul, dikurung, dibuang, disodomi, ngamen, meminta-minta atau disuruh mencopet. Perlakuan yang 'amat kejam' terhadap seorang anak yang masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Dunia semakin tua usianya, ternyata tidak semakin 'dewasa' pelakunya. 'Kerusakan' ada dimana-mana. Lindungi mereka. Selamat memperingati Hari Anak Nasional.

Pakies SM said...

Secara naluriah, setiap orang tua telah diberikan kemampuan mendidik dan membimbing anak dalam melanjutkan kehidupannya. Sayangnya sifat seperti ini justru berbalik negatif artinya sikap orang tua yang cenderung menolak kehadiran anak dengan berbagai alasan berakibat pada penderitaan si anak. Harimau si pemangsa saja sangat menyayangi anaknya, kenapa manusia cenderung memakan anaknya sendiri

Semoga anak kita menjadi pelita keluarga yang bisa memberikan nilai manfaat terhdap dirinya, keluarga, agama dan lingkungannya

tiwi said...

semoga sy bs memberikan yg trbaik u anak2 sy,...i lovu u my little angels...,tnx dah ingetin...

om rame said...

aLhamduLiLah keadaan saya baik-baik aja, semoga sahabat ferdinand pun begitu adanya.
saLam sukses untuk semua aktifitasnya.

om rame said...

ironis memang kondisi yang terjadi saat ini, yakni sudah banyak manusia yang berpriLaku Lebih buas dari hewan, waLaupun tidak semua.
seLamat hari anak nasionaL, semoga menjadi generasi penerus bangsa yang kompetitif dan kontributif, serta bisa Lebih baik Lagi dari generasi sebeLumnya.

Tukang Pos said...

SUNGGUH TEGANYA DIRIMU OH IBU BAPAK YANG KURANG AJAR SAMA ANAX-ANAX... T_T

BOOK ONLINE said...

wah setuju nih, masa cuma bisa bikin aja, trus ntar ga tau nasibnya gmn??
pemikiran sempit tentang kehidupan perlu diperbaiki nih...

catatan kecilku said...

Setuju banget... Pemerintah emang harus lebih care pada anak2, khususnya anak2 jalanan/anak2 terlantar. Agar masa depan mereka lebih baik lagi.

the others... said...

Semoga dg banyaknya para blogger bicara tentang anak2..., bisa memberikan manfaat dan inspirasi utk memberikan yg terbaik bagi anak2 Indonesia.

BTW, maaf banget baru bisa mampir.

TUKANG CoLoNG said...

ini semua karena harga manusia terlebih harga anak tak ternilai..:)

Erianto Anas said...

Dengan alasan apapun, memang kasus-kasus pelecehan anak suilt kita terima. Walaupun siapa tahu itu jg bisa terjadi pd kita .....

Tapi saya gak berani masuk terlalu jauh soal anak nih. Krn saya sendiri jg memalukan mas. Soalnya saya jg melakukan pelecehan thd anak saya sendiri, bahkan jg isteri. Solanya blogernas sudah jadi isteri kedua saya. Dan lebih takut gak balas komentar dari pada takut terlambat jemput anak plg sekolah... walah walah dasar blogger gila...

-------------------------------------------------
"Saya sendiri belum punya anak dan belum Nikah" ...... hahaaha (sumber: DJsite-paragraf 8)

DJ Site said...

@ All: Terima Kasih Udah Ikut Memperingati Hari Anak Nasional... :)

Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

hai...aku mampir yah...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian