Friday, July 30, 2010

Hujan Dan Arti Kata Syukur


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,


Seperti pagi-pagi sebelumnya(Maksudnya kemaren), pagi ini pun cuacanya masih agak mendung biarpun ga Hujan hhe… beberapa hari ini, saya sempet dibikin kagum sama Hujan. Maksud saya, Hujan Beneran bukannya Blog Cerita Hujan hhe….


Kenapa? karena setiap saya bangun Jam 05.00 pagi entah kenapa Tuhan nurunin Hujan yang cukup deras, tapi serasa tau Kebutuhan hamba-Nya yang mau berangkat ke kantor tepat Jam 06.00 selalu aja Hujannya tiba-tiba mengecil dan berhenti. Dan itu bukannya Cuma satu hari, tapi udah beberapa hari ini dan saya Cuma bisa senyum dan bilang Thank’s GOD.


Awalnya(hari pertama Hujan) saya mikir, mungkin ini Cuma kebetulan, tapi karena biasanya saya selalu bilang ga ada yang kebetulan, jadi besoknya secara Isenk saya bener-bener niat bangun jam 04.30 pagi dan nungguin apa di jam 05.00 Tuhan akan nurunin Hujan lagi kaya kemaren? Dan tepat jam 05.00 serasa pengen nunjukkin kekuasaannya Tuhan bener-bener nurunin Hujan lagi hhe….Tapi, berhubung saya kira hari sebelumnya Cuma kebetulan aja berhenti Hujannya jam 06.00, jadi saya lupa dan ga perduli. Tapi waktu lagi asik-asiknya Minum teh……Bentar deh, kayanya ada yang aneh…… Dan bener aja ternyata hujannya udah reda…… Dan saya langsung Ng’liat jam dan ternyata lagi-lagi jam 06.00 berhentinya.


Dengan muka senyum dan penuh harap, pagi itu saya bilang dalam hati “Tuhan Besok Hujannya turunin lagi ya…..tapi klo udah Jam 06.00 diberhentiin” hhe….. Bukannya mau belaga ngatur Tuhan, saya juga ngerti Tuhan ga mungkin diatur, saya Cuma Takjub dan kagum aja hhe..


Dan anda tau apa yang terjadi pada pagi hari esoknya? Tepat seperti permintaan saya, Tuhan bener-bener nurunin Hujan antar jam 05.00 – 0600 pagi. Dan saya Cuma bisa bilang, “OK Tuhan, saya udah tau klo Engkau Maha Kuasa”. Tapi serasa masih heran kenapa permintaan saya dikabulin, saya Isenk nanya dalam hati Kenapa harus Jam 05.00 – 06.00?


Dan serasa ng’denger pertanyaan saya, tiba-tiba saya diajak ng’liat Pohon-pohon yang biasa disiram sama Ayah saya. Dan anda tau apa yang ada di otaQ saya? Saya dibuat kagum sekali lagi, dan secara spontan saya mikir, “Oh I Know GOD ternyata Engkau emank Tuhan yang sayang sama Ciptaan-Mu”. Udah Ngerti atau malah bingung? Maksud saya begini, Tumbuhan kan juga Makhluk hidup yang diciptain Tuhan, jadi klo secara ga langsung Tuhan Nurunin Hujan sama aja ngasih kehidupan sama Tumbuhan kan? Dan mestinya saya juga mensyukurinya, karena lewat Hujan yang Cuma sebentar itu Tuhan udah ng’lakuin 2 hal penting. Pertama, klo Tuhan ga nurunin Hujan itu, bisa aja Tumbuhan sekitar rumah saya pada layu dan kering biarpun ga langsung mati dan artinya stok Oksigen berkurang tuh klo Tumbuhannya pada layu. Kedua, entah disadari atau nggak karena Hujan yang sebentar itu, udara yang saya hirup kembali fresh serasa di pedesaan dan sekaligus juga ngurangin polusi.


Dan serasa diminta untuk nulis, akhirnya saya nulis postingan ini. Bukan untuk menasehati anda atau menceramahi anda, karena saya juga bukan Ustadz, Pendeta, Pastor, atau Bikhu yang punya pengetahuan lengkap tentang Agama, tapi lebih kepada ajakan untuk Mensyukuri hidup. Sama kaya anda, saya juga sering ngeluh dan kadang mikir klo Tuhan lagi marah sama saya karena ga Menjawab permintaan saya. Tapi waktu saya renungkan lebih dalam, ternyata bener apa yang diposting sahabat Zan, Tuhan emank ga selalu memberikan apa yang kita minta, tapi Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan.


Dan klo Tumbuhan yang hidupnya ga jelas(maksud saya bisa aja Cuma hidup satu hari terus layu) aja Diperhatikan sama Tuhan, artinya kehidupan saya dan anda yang katanya Makhluk yang lebih mulia ini pasti lebih diperhatikan. Iya nggak?


So, klo Tuhan aja udah nunjukkin banyak hal kecil untuk disyukuri, kenapa anda masih sibuk sama berbagai alasan dan bilang klo Tuhan udah ga merhatiin anda? Hhe..


Smile, karena Tuhan nyiptain hari ini dan hari-hari selanjutnya untuk anda dan saya, jadi udah selayaknya kita berhenti ngeluh dan berusaha melakukan aktivitas kita sebaik mungkin setiap hari, karena biarpun Bozz kita ga ramah … dan lebih mirip Hulk dari pada atasan haha(I’m So Sorry Bozz, untung anda bukan Blogger)… tapi Bozz asli kita ya tetep Tuhan Yang Maha Segalanya kan hhe…..


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging N Have a Nice Day… tetep Semangat!!!!


*Dedicated: Untuk semua orang yang merasa punya Tuhan Apapun agamanya, kecuali Atheis…..


79 komentar:

odah etam said...

di bontang dah satu minggu ini hujan truz bro..
sukses slalu ..mat pagi mat aktifitas kawan..

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

ujan 5 menit aja udah bisa bikin banjir di Thamrin, Jakarta qe3 Bukan salahnya banjir, tapi ini bisa jadi buat ngingetin kita jagain alam dan area resapan hujan, ndak dibikin hutan-beton semua qe3 minimal kayak bikin biopori lah :)

Met pagi Ferdinand, met hari jumat! :)

Noor's blog (inside of me ) said...

Tuhan emank ga selalu memberikan apa yang kita minta, tapi Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan, Wah...saya suka kalimat itu.

Barangkali juga hujan jam 5 buat ngetes bang Pendi, kira2 mau bangun ga utk sholat subuh ato malah selimutan lagi...hehehe

Met beraktivitas
Salam hangat & sukses selalu...

Asis Sugianto said...

Tiap hari sob,,,,, disini hujan terus, untung aja ada kegiatan ngeblog,,,, jadi ga bete2 amat deh,,,,

windflowers said...

mmhhh...Tuhan juga sayang sm ayah kamu..jd Beliau ngebantuin ayah kamu nyiram taneman dan pohon2 itu, fer...hehehhe piss aah...

met pagi...^_^

b43r said...

wahh saya juga suka hujan ni bung :D

Itik Bali said...

Hujan selalu memberi arti tersendiri
tapi kjalo keseringan hujan memberi kedongkolan tersendiri juga
hehehe

cHugy - gOgOg said...

Amin.....pantaslah kalau kita bersujud padanya.....!!! Happy blogging juga bOZ.

Budi Hermanto said...

hujan..
alhamdulillah.. ;)

yansDalamJeda said...

Pagi-pagi kehujanan di sini. hehe. Gpp, semua itu anugerah. Oke gan? Keep blogging sob!

naruto said...

numpang baca dlu yach..

Rizky2009 said...

tp terkadang orang g bisa bersyukur malah mengeluh, g di kasih hujan ngeluh, d kasih hujan ngeluh, apa sih maunya manusia

naruto said...

hai, hai tukeran link yuk..

reply ke shoutmix q yach..

ntar q psang seceptnya..1x24 jam

see you, thanks infonya..

Akmal Fahrurizal said...

tuhan emang maha adil dan bijaksana sob..
soal hujan,, kayanya tahun 2010 jadi tahunnya musim hujan yaa..

bongjun said...

wah kebetulan nih, ditempatku sekarang juga lagi musim hujan. btw thank's ya dah mampir di blogku. Happy blogging.....bro

Bang Dje said...

Senang sekali membaca artikel ini. Ada dua point yang saya petik
1. Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menjamin rizki semua makhluknya sampai saat ajalnya. Artinya kalau sudah meninggal, maka berarti rizki untuknya sudah habis. Karena kita bisa bernafas adalah termasuk rizki dari-Nya. Hal ini mengingatkan kita pada poin ke-sua.
2. Rasa syukur memang perlu untuk terus kita pelihara dan bukan milik para ustadz saja. Paling tidak agar kita tidak merasa takabur.

Menarik sekali ini. Kita bisa belajar dari hujan. Terima kasih, Gan, sudah diingatkan lagi.

deasy said...

Senyum itu mencerahkan dan ibadah:) Smile for today coz everything s gonna be better.. Hujan adalah berkah.. syukur alhamdulillah dan belajar dari Hujan", Jakarta hari ini cerah DJ-Site

Thanks n Sukses sll Ferdinand!

Erianto Anas said...

Hmmm ..makin "gurih" aja mas postingannya.

Saya suka renungannya mas, religius sekali.
Saya jadi teringat ayat suci yang isinya lbh kurang: "Aku akan seperti apa yang kamu sangkakan"

Kalau hujan disetting pikiran sbg rahmat, maka jd rahmatlah hujan itu bagi kita. Mgk tdk hanya hujan, segalanya bs jd rahmat jika kita pandang itu sbg rahmat. Termasuk bencana, dan ...kematian. Karena segala perbuatanNya memang Maha Rahmat. (* oleh: al-ustadz erianto anas)

Evet Hestara said...

wow..tapi kenapa saya belum merasa tuhan memberi yg saya butuhkan? tapi justru hal2 yg saya inginkan malah terkabulkan? hmm..
tapi apa pun, intinya kita harus mensyukuri nikmat hidup ini..
saya sudah follow back anda,terima kasih banyak :)
salam blogger

blogger admin said...

di rumahku belum hujan2 nih sob tapi udaranya mendung terus

anggasona said...

manteb sob, sy suka dgn cara km berfikir, kritis dan mmg betul adanya, sgla sesuatu yg Tuhan lakukan nth itu hujan turun atau memberi panas yg luar biasa, jk kt bs mensyukurinya, insyaallah kt bs menikmati itu smua tanpa mengeluh tp pnuh rasa bersyukur :)

Lirik Lagu said...

Satu lagi pencerahan aku dapat saat blogwalking. Matur nuwun sobat, sudah berbagi pengalaman hati.

Aku Ingin Pulang Di Kala Senja said...

Hujan selalu punya caranya untuk menyampaikan pesan dari Tuhan. Tergantung kita yang mengolah pesan itu, apa itu sebuah berkah, peringatan atau pelajaran. Intinya apapun itu, selalu bersyukur dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa... :)

Btw, link posting blog aku emang lagi error, ga bisa diklik. Ga ngerti kenapa bisa seperti itu....

yudex said...

kebahagiaan itu ditentukan oleh rasa syukur. :)

*gak brani becanda, bahasannya serius. bawa2 Tuhan. hihi

yudex said...

aku pesen file atau ebook yang bahas caranya hack. :)

Manchester United Tech said...

hujan memang membawa berkah tapi hujan juga kadangkala membawa bencana...

SyahidaComputer said...

Disini juga hujan... walaupun sudah akan menginjak bulan agustus. taon kemarin bulan gini ini sudah kering kerontang. satu hal dalam benak saya, apakah bumi ini sudah berputar tidak se-stabil seperti dahulu kala? Manusia telah merusak alam, sehingga siklus musimpun tidak menentu. Semoga bumiku, hutanku cepat hijau kembali.

Coretan Felix said...

hujan adalah sebuah berkah, banjir terjadi sebetulnya karena ulah manusia yang tidak mau menjaga lingkungan

selamat beraktivitas mas ferdinand

Nuu said...

iya sob, Tuhan pasti punya rencana laen...
di jember hujannya ga terlalu sering tapi nih...

met siang ya sob...^^

alkatro said...

repot lagi ada yang nyalahin, hujan bikin banjir .. seolah-olah langit yang dipersalahkan.. sedangkan explorasi alam yang kebablasan adalah hasil kerjaan manusia...

satu point lain yang ane syukuri disini:
karena ane pernah nonton fil hulk.. so ane bisa paham tentang bos di tempat sobat xeexexexe ..kabuur

Simple Tips said...

aku selalu bahagia.. saat hujan turun. karena aku dapat mengingatMu... *nyanyi sambil ngelihat langit* :D

Sriayu said...

"...Dan itu bukan cuma satu hari..."

Yap, tidak ada kejadian yang kebetulan, teman. selalu ada hikmah dibaliknya. Hanya orang2 yg beriman dan beramal shaleh yg dpt menemukan 'klik' (baca: hikmah) tersebut.
Dianalisa dari segi manapun... :Hujan itu rahmah, dan sumber kehidupan..."

Salam Blogger

tito Heyziputra said...

iya sob, emang kuasa tuhan hujan dari jam 5-6.. dan kuasa tuhan pula, turun dari kereta menuju kantor hujan lagi jam 8.15 - jam 09.00. Telat lagi saya 2 hari ini.. Hhehhehe...

Tapi hari ini panas sob, jadi merindukan hujan lagi hari ini.


Best Regards,
Tito's Weblog


Tito's Academic Blog

Ghani said...

subhanallah! tuhan maha kuasa! syukuri apa yang ada! nanti ada yang nggak ada!

happy blogging with my new blog!
thanks infonya sob

Zan Insurgent said...

Ya Allah jadikanlah "kami" orang2 yang selalu besyukur atas apa yang telah Kau berikan...

Happy Bloging Sob...maaf kalo ane jarang update sekarang...

dinohp said...

banar mas..apapun pemberian Tuhan , patut kita syukuri

Wulan said...

waah, tulisannya menyejukkan hati kayak hujan yg turun tadi pagii... hehe
have a nice day! ^_^

Dangsulaeman said...

Tukeran link yuk..link kamu dah dipasang di blog aku di Bolehngeblog, coba periksa di widget "Blog Teman", kalo belum muncul klik tulisan "Perlihatkan semua" di bawahnya

salam
http://bolehngeblog.blogspot.com

rafli pratama said...

Kita memang patut bersyukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Karena jika kita menghitung nikmatnya, niscaya kita tidak akan bisa menghitungnya..

mixedfresh said...

wah jadi pemerhati ujan ni sob, hehe
tapi bener juga bagaimanapun hujan tu harus disyukuri karena tu rizky dari Allah, coba kalo ga pernah hujan sampe 3tahun kata pak ustadz salah satu ciri mau kiamat
Oya bisa kok sob bikin halaman baru tapi anehnya kok ga bisa dipasang link2 itu, ya begitulah jadinya.. hehehe

tejo said...

*wew gara2 mozillanya eror jadi harus nulis ulang komentnya..arghh..mana lupa kata2nya yg tadi ditulis..sambil ingat2 koment yg tadi harusnya udah ke publish..*


Asalamualikum wr.wb..
bagaimana kabranya pak??moga selalu diberi kesehatan amien..*dah berhenti dulu nyapanya*

wah tumben nih ngomongin soal agama??mau menyambut bulan ramadhan yak heheh??Wah berbicara soal hujan dan mensyukuri nikmat tuhan..pemikiran yg awalnya sederhana dan jarang orang yg memikirkannya..kesensitifan tentang kebesaran tuhan yg membuat kita semakin bersyukur atas karunianya..salut dah am pak ferdinand..bisa berguru ngaji nih ama pak ferdinand??pantesan wong soboane ae pesantren makanya hati sampean sanagat peka terhadap rizki dan kebesaran tuhan..subhanallah semoga kita selalu bersyukur atas segala nikmatnya..ok dah happy blogging..ane cabut dulu pak..wassalam

four dreams said...

wah fer baru sempet mampir lagi nih :) setelah kemarin kemarin mogok nge blog hehe, semangat selalu fer

four dreams said...

hujan itu nikmat yang luar biasa sob, patut kita syukuri :)

Tembang Lawas said...

Kebetulan kota Tembang Lawas selalu diguyur hujan setiap hari

Aby Umy said...

hujan adalah anugrah
aku suka hujan
dan bersukur pada Tuhan telah menciptakan hujan

genial said...

tuhan gag pernah lupa ketika Dia mengambil sesuatu dari kita, pasti Dia pula akan memberikan kita sesuatu... hhmm... gmn sii kalimat benernya :( ?!?!!?!?

febriyanto said...

bner gan........ udah takaran2nya kyk gtu tuhan menghidupi umatnya, tergantung umatnya menginterpretasikannya kyk gmana.... n' juga tergantung manusia menjaga lingkungannya kyk gmana.. berkah bisa jadi musibah... hhe

cHugy - gOgOg said...

Menggenapkan komen yang ke 48 brader...!!!
Selamat malam and selamat beristirahat...happy blogging.

riesta said...

di pekanbaru tadi pagi hujan...
pas berangkat kerja juga uda agak reda....

Puguh Prasetyo said...

hujan selalu membawa cerita indah, hehehe... aku suka kalo gerimis rintik2...

NgePas said...

Malem sob...mlm ini kbtln gi cerah,he.. mf br brknjng.. biasa aktivitas padat merayap(mksdx macet djln). Salam kenal..sukses sllu..

Naruto Soundtrack said...

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Naruto Soundtrack" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

Naruto Soundtrack said...

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Naruto Soundtrack" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

Aby Umy said...

balik lagi sob

ada tag buak sobat, liat aja diblogku
semoga sobat sudi menerimanya

selamat malam sobat, selamat beristirahat :-)

TUKANG CoLoNG said...

aku bersyukur kalo ujan..kenapa? ya bersyukur aja,hehe

kang sambas tea said...

hidup emANG terasa lebih nikmat dan menyenangkan klo kita pandai bersyukur sob..follow sudah terlaksana

Komputer Terbaru 2010 said...

datang lagi buat komment sob..makin keren aja nich blognya..happy blogging sob

Herdoni Wahyono said...

Manusia memang makhluk yang sempurna sekaligus 'unik'. Kami kadang suka mengeluh. Di musim penghujan mengeluh kok hujan terus kapan redanya, di musim kemarau panas banget kok tidak hujan ya. Bulan Juli begini kok terus turun hujan sih, susah banget jemuran lama keringnya. Kapan musim kemarau tiba kalau begini terus. Wah berabe ya, kalau begini ini berarti kami ngomel-in ama Tuhan. Padahal Tuhan Maha Bijaksana. Apa yang di langit dan bumi seluruhnya adalah milikNya. Dia berbuat apa yang dikehendakiNya. Berbahagialah orang yang pandai bersyukur kepadaNya. Trims sharingnya sobat. Salam sukses. Selamat bermalam minggu, happy and enjoy selalu.

Arif Chasan said...

sip deh,,,,
syukur.. syukur.. dan syukur...

ronneycerita said...

tak ada yg mampu tuk menjtuhka Tuhan dari tampuk kepemipinanya. sebagai manusia kita hanya dapat bersyukur atas anugerah yg telah diberikannya

lina@happy family said...

Terima kasih pencerahannya.
Mari kita selalu bersyukur...

om rame said...

tumben nih posting yang begonoan, Lagi nsap yah Fer?. hehehe...
Tuhan memberi yang kita butuhkan, bukan memberi yang kita minta.

Djangan Pakies said...

>lagi-lagi paling bontot dateng, maklum tiap akhir bulan lemot dan susah masuk komentar padahal hampir tiap hari mampir ke sini
>cerita hujan yang membuka mata hati dan membawa pada rasa syukur. Inilah kenikmatan surga dunia karena telah mampu menemukan banyak hikmah di balik ciptaanNya

yudex said...

Hujannya udah reda, orangnya koq gak muncul ya? :)

yudex said...

ini malam minggu, tolong! jangan ke rumahnya Aura Kasih.. dia ada acara sama aku. :D

Umy Diary said...

untung ni malam minggu nggak hujan
hehehe

tiwi said...

luar biasa....sungguh bsr kuasa Tuhan....ak takjub jg dg cerita d ats...tfs teman,...tetap menulis, sy tunggu tulisan brktnya...,tq

etam grecek said...

hehehehe...sama nih kang..di bontang juga lagi musim hujan.tapi bedanya disini klo ujan bisa awet dr mlem tembus kemalam....
kan asyik juga tuh.

tapi yg jadi masalah disini hujan sering di pawang untuk kepentingan industri.maksudnyajika slah satu pabrik sedang mlakukan shutdown dan membutuhkan cuaca yg terik untuk mempercepat selesainya pekerjaan.tuh bisa awan mendung dan rintik hilang seketika....
klo sepetrti ini gmn nh kang....
apakah ini salah satu bentuk tidak mensyukuri berkah???? tapi kan berkahnya pawang juga dr pekerjaan itu....

etam grecek said...

selamat malam kang ferdy,,,slmata beristirahat

Ipin's cool said...

biarpun beberapa hari ini mulai turun hujan yang service AC jalan terusss..!

iplock said...

bersuyukur !!!
sekecil apapun adalah bentuk pengabdian kita ke pada tuhan pecipta alam semesta, bukan balasan.

karna balasan pasti bentuknya setimpal, tp pengabdian adalah bentuk pasrah dan kerelaan kita sebagai hamba.

Indahnya Kebersamaan said...

KAdang klo nggak hujan-hjan manusia protest, eh pas hujan terus juga protes. Hmm terus gimana dunk????

gaelby said...

Subhanallah... Tidak ada sesuatu yang diciptakan Allah secara kebetulan, melainkan pasti ada hikmahnya.
Btw, sebelumnya sya minta maaf karena nama ente dan linknya sudah ane masukin di postingan terbaru saya.

Salam sobat :)

attayaya said...

nikmati nikmat Tuhan dengan bijak
agar nikmat tetap terus mengalir

Muza elbanaf said...

Semoga Allah selalu mencurahkan rahmatNya lewat hujan atau apapun buat kita semua kawan...

catatan kecilku said...

Yups... setuju banget..! Tuhan memang tak selalu memberikan apa yang kita minta, tapi selalu memberikan apa yang kita butuhkan.
Maaf banget baru bisa mampir setelah beberapa hari absen blogging

kapten teknologi said...

sama didaerah saya juga lagi hujan terus, seharusnya sudah kemarau ya sob. tapi biarlah supaya tetap dingin cuacanya.. hehe

gang tutorial said...

sepakat apa yang sudah di bahas di atas sob

gang tutorial said...

sepakat sob .. apa yang sudah di bahas

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian