Wednesday, July 7, 2010

A Tribute To “A.T. Mahmud”


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,


Sebenernya, agak sedikit sedih juga waktu kemaren siank Ng’liat berita, ternyata Pencipta Lagu Anak-anak, A. T. Mahmud harus menghembuskan nafas terakhirnya tepat di usia 80 Tahun. Tapi berhubung batas umur manusia emank udah ditetapkan sama Yang Maha Kuasa, jadi emank ga bisa ditolak juga klo Sang Pencipta kita, meminta kita kembali ke pangkuan-Nya. Dan mungkin sebagai Blogger, Cuma postingan ini yang bisa saya buat untuk Menghormati Jasa-jasa beliau dalam bidang pendidikan di Indonesia.


Awalnya saya mau Ngasih Judul Selamat Jalan Pak A. T Mahmud seperti postingan terdahulu saat menghormati kepergian Pak Gesang, Cuma menurut saya lebih tepat saya kasih Judul A Tribute To “A. T. Mahmud” karena jasa-jasanya yang memang layak untuk Dihormati.


Sebelum membuat Postingan ini, barusan saya baca dulu Perjalanan hidup Pak A. T. Mahmud di wikipedia. Dan saya agak sedikit terkejut waktu baca salah satu kisah klo dulu beliau Kuliah Bahasa Inggris dan akhirnya memilih untuk Meninggalkan kuliahnya dan menekuni jalur musik khususnya musik anak-anak.


Dan dari situ pula, akhirnya beliau bertemu dengan para pencipta Lagu anak-anak seperti Ibu Sud, Pak Dal, Pak Tono, S.M. Moechtar, Kasim St. M. Syah, A.E. Wairata, S. Anjar Sumyana, C. Tuwuh, Martono, Andana Kusuma, Angkama Setiadipradja, Pak Sut, Pak Rat, Kusbini, Daeng Soetigna, Hs. Mutahar, L. Manik, M.P. Siagian, A. Simanjuntak, R.C. Hardjosubrata, Sancaya HR, dan Mus K. Wirya yang akhirnya menjadi sumber Inspirasinya dalam membuat lagu anak-anak yang sampai saat ini dikenal luas di Negri ini, biarpun banyak orang tidak mengetahui klo itu Lagu Ciptaan A. T. Mahmud.


Dan ada kalimat terakhir yang ditulis di Wikipedia(ga’ tau Penyumbangnya siapa). Kalimatnya begini:


Lagu ciptaannya bersumber pada tiga hal, yang berdiri sendiri atau saling mempengaruhi.

Pertama: bersumber pada perilaku anak itu sendiri.

Kedua: pada pengalaman masa kecilnya.

Ketiga: pesan pendidikan yang ingin ia sampaikan pada anak-anak.


Terakhir saya mau memberikan Biodata lengkap beliau yang saya ambil langsung dari Wikipedia:


Nama: Abdullah Totong Mahmud (A. T. Mahmud)

Tempat dan tanggal Lahir: Palembang, 3 Februari 1930

Meninggal: Jakarta, 6 Juli 2010 (usia 80 tahun)

Agama: Islam

Pekerjaan: Pencipta Lagu Anak-anak Dan Pensiunan Pengawas Kantor Wilayah Depdikbud DKI Jakarta

Istri: Mulyani Sumarman (Lahir Sambu. 26 Februari 1934, menikah di Surabaya, 2 Februari 1958)

Anak:

1. Ruri Mahmud, (SE) (L) Jakarta 23 Februari 1959

2. Rika Vitrina, SH (P) Jakarta 1 Oktober 1960

3. Revina Ayu, SE (P) Jakarta 13 April 1974

Ayah: Masagus Mahmud

Ibu: Masayu Aisyah

Pendidikan Formal: HIS/SD 1944, SMU Bag. Pertama (SMP) 1950, SGA 1953, BI Bahasa Inggeris 1959 FKIP, Serta Sarjana Muda Diploma 1964

Pendidikan Informal: he Teaching of English As a Foreign Language (Australia) Des.1961 sd. Des. 1962 PATA (Jakarta) Nov. sd. Desember 1979 Dan SPAFA "Further development Trainor Teachers of the Arts in Schools" (Workshop, Filipina) Mei 1985.

Bidang Karya:

  1. Pencipta lagu anak-anak untuk anak usia Pendidikan Dasar.

  2. Buku Pelajaran Musik: Anggota tim penulis Buku Musik 1,2,3, dan 4 untuk SPG tahun Proyek 1973/74,1974/75.

  3. Anggota tim penulis Buku Seni Musik untuk KPG Proyek Pembinaan KPG/PGSMTP 1982/83.

  4. Penulis Musik dan Anak atas permintaan Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan 1994/95 Direktorat Jenderal Pendidikan Departemen P dan K.

Penghargaan:

  1. Menerima Piagam Hadiah Seni atas Keputusan Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diserahkan pada tanggal 11 Oktober 1999.

  2. Anugerah Pendidikan Seni oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta tanggal 27 Juni 2003 pada Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke-39.

  3. Merima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 14 Agustus 2003.


Mungkin itu aja yang mau saya posting dan anda bisa baca secara lengkap di http://id.wikipedia.org/wiki/Abdullah_Totong_Mahmud


Saya harap suatu hari kelak ada orang-orang seperti beliau yang begitu mencintai Dunia Anak. Bukan berarti saya dan anda ga mampu mencintai Dunia Anak, tapi saya rasa sedikit banget orang yang dikasih talenta untuk Menciptakan lagu anak-anak seprti beliau yang begitu sederhana tapi membekas.

Dan semoga, anak-anak Indonesia ga Cuma dijejali dengan lagu tentang Cinta, perselingkuhan, dan sejenisnya. Dan mungkin ada bagusnya juga klo setiap band yang masuk di Industri Musik Tanah Air di kasih syarat untuk punya Album anak-anak jika ingin diorbitkan, dengan begitu kita ga perlu nonton Idola Cilik dengan lagu D’Masiv atau ngeliat anak-anak tetangga atau keponakan kita nyanyi lagi Ungu.

Terakhir, saya Cuma bisa ber’doa semoga Bapak A.T. Mahmud diberikan tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin…

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging dan Selamat Beraktivitas……..

43 komentar:

odah etam said...

kembali ke masa kecil
jadi ingat lagu lihat kebun ku
sukses slalu kawan...

mixedfresh said...

turut berduka cita untuk bapak AT Mahmud, semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah, dan keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran

Call me Batz said...

selamat jalan Pak AT Mahmud.. karyamu akan selalu dikenang

chikarei said...

innalillahi
semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah

pak tani dan sang sapi said...

selamat jalan pejuang ku... karya mu akan kami abadikan selalu dalam sanubari kami...
selamat tidur panjang pahlawan ku... kelak kita akan bertemu dalam ruang yang berbeda nantinya...

Herdoni Wahyono said...

Rasanya dalam beberapa tahun terakhir ini kami sepertinya tidak pernah lagi atau amat jarang mendengar lagu anak-anak ditayangkan di media televisi. Tidak seperti dulu lagi. Sekarang ini kadang kami malah dengar anak-anak yang menyanyikan lagu 'orang dewasa'. Kami salut dengan karya AT Mahmud yang lagu ciptaannya bersumber pada tiga hal, yaitu bersumber pada perilaku anak itu sendiri, pada pengalaman masa kecilnya, dan pesan pendidikan yang ingin ia sampaikan pada anak-anak. Selamat jalan Bapak AT. Mahmud. Jasamu akan selalu dikenang.

rizal said...

walau sekarang ini lagu ciptaan beliau sudah agak jarang terdengar di televisi namun masih memiliki tempat dihati anak kecil khusunya.
selamat jalan pahlawan

anggasona said...

turut berduka cita yg sedalam2nya, Indonesia kembali berduka, slh satu maestro dlm bid musik telah berpulang ke Allah SWT, smg amal ibadah beliau bs ditrima dan dit4 kan di t4 yg paling sempurna (surga), amin...

cHugy - gOgOg said...

Turut berdukacita bt AT Mahmud smoga amal ibadahnya di terima di sisinya dan di berikan kekuatan bagi keluarga yang di tinggalkan.

YS a.k.a Bella said...

Semoga arwah Almarhum Bapak A. T. Mahmud, di tempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Sang Khalik.. Amin YRA.
Teuteup Semangat selalu Jee :)

Asis Sugianto said...

Semoga Amal ibadahnya diterimah di sisinya,,,,amien,,,,

ariefborneo said...

Turut berduka cita ats berpulang nya almarhum A.T.mahmud kepangkuan ilahi...

elok langita said...

semoga diterima di sisi ALLAH SWT. semua amal ibadahnya diterma.. aaamin..

Wong sikampuh said...

Semoga arwah beliau di terima di sisi NYA

hanumuslem said...

Smoga Arwahnya di terima di sisi Allah swt. dan keluarganya diberi ketabahan.. amin..

iplock said...

innalillahi wa inna ilaihi rojiun.baru tau ane mas.
kl g salah inget lagu anak2 udah ga kedengeran lagi sejak munculnya band peterpan dah, ampe anak kecil inget tuh lagu. dan semenjak itu lagu anak langkah bgt.ane jg sedikit miris, koq anak kecl di jadi idola lagunya koq lagu dewasa.

tengku said...

turut berduka cita atas meninggalnya pahlawan yang telah mencerdasakan anak bangasa... selamat jalan !

Nonton Bareng Final Piala Dunia said...

innalillahi wa inna ilaihi rojiun. ketika menanggapi pertanyaan tentang: anak-anak malah menyukai dan hafal lagu dewasa; beliau menjawab: 'jangan salahkan anak-anak.. tapi kalianlah yang salah' hiks .. ande saja ane bisa bikin lagu..

Noor's blog (inside of me ) said...

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Dan terimakasih buat mas Ferdinand atas ulasan lengkapnya tentang pak AT Mahmud ini...

Salam hangat...

febriyanto said...

sayang, lagu anak2 dah hilang kykny sekarang....... semoga amal ibadahmu diterima disisiNya..

tomo said...

Turut berduka cak.moga arwahnya diterima

uswah said...

Semoga beliau diterima di sisiNYA

Manchester United Tech said...

wah turut berduka cita juga sob, emang saat ini anak2 lebih menghafal lagu orang dewasa ketimbang lau anak kecil, ini disebabkan karena lagu anak2 saat ini jarang sekali diputar di TV...

NENSA MOON said...

turut berduka yg sedalam2nya ats berpulangnya AT Mahmud.. smg beliau diterima disisi-Nya dan yg ditinggalkan diberi ketabahan..

pakies said...

lagu-lagu ciptaan beliau favorit anak ane yang pertama. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, semoga beliau mendapatkan kenikmatan di alam kubur. amin

economie mondiale said...

Bonne nuit mon ami. Je m'excuse auprès de visite en utilisant la langue française. Je veux des amis avec vous.

DINDASAURUS said...

semoga kakek AT.MAHMUD..kakekkita semua..bisa dapat tempat terbaik di sisi allah SWT..itu pasti=))

DINDASAURUS said...

semoga kakek AT.MAHMUD*sembarangan lo din moso iya lo cucunya AT.MAHMUD*..kakekkita semua..bisa dapat tempat terbaik di sisi allah SWT..itu pasti=))

Ozzys Blog™ said...

♦Salaman Dulu Kang♦
Semoga dia akan selalu abadi, seabadi lagu-lagunya...Selamat Jalan Ya bapak inspirasi anak negeri, semoga kelak datang penerusmu, amin.
♦Salam Hangat♦

etam grecek said...

ingat AT.MAHMUD jadi ingat masa kecil nh....dulu waktu kita SD sering nyanyikan lagu'' beliau..
terimakasih untuk beliau akan jasa''nya dlm seni musik untuk anak''...

munir ardi said...

tambah habis deh maestro pencipta lagu kita makin sedih lihat anak-anak menyanyi cinta-cinta hikss, anak akupun sekarang hampir hapal semua lagu dewasa

deasy said...

Selamat jalan pak A.T Machmud.. gak banyak Maestro lagu anak2 seperti beliau.. lagunya sangat anak2".. anak2 jaman sekarang lagunya cuma cinta2-an.. ironis

om rame said...

Lengkap banget koLeksi pencipta Lagu anak-anaknya fer, hehehe...
turut berduka cita, semoga amaL ibadahnya diterima dan diLapangkan kuburnya serta mendapatkan tempat terbaik disisi-NYA.

terima kasih fer sudah mau berbagi info tentang aLexa (untuk postingan pekan depan), saya tunggu kabar baiknya.
saya bukan dosen tapi suka ngebantu adik-adik mahasiswa yang Lagi nyusun TA. hihihi...

TUKANG CoLoNG said...

selamat jalan maestro lagu anak-anak kita. sayang anak-anak sekarang lebih suka nyanyi lagu cinta untuk orang dewasa,

Warna Tulisan said...

aku sajayg bilang ya sahabat ...
Selamat jalan Pak A.T. Mahmud
semoga amal ibadanya diterima oleh Allah SWT

hanifa said...

Alm. AT Mahmud jengkel saat anak kecil dipaksa nyanyi lagu dewasa dengan pakaian dewasa" ~ Emil Salim

semoga beliau diterima di sisi-Nya.. perjuangannya untuk anak Indonesia bener-bener mulia :)

forum belajar siswa said...

Selamat Jalan Pahlawan Bangsaku, Jasamu tetap kami kenang, semoga amal ibadahmu di terima oleh Allah SWT.
Benar Sob... saya sangat prihatin, anak-anak sekarang lebih kenal dengan lagu-lagu barat, sedangkan lagu kebangsaannya tak mampu ia lantunkan .... inilah tugas kita untuk tetap menjaga jatidiri bangsa yang kita cintai ini....
" .... selamat jalan Bapak .... kami akan meneruskan perjuangan mendidik anak bangsa ini ....."

imtikhan said...

turut berduka cita dan semoga diterima di sisinya
terima kasih

attayaya said...

Innalillahi wainna ilaihi rajiun
selamat jalan pak AT

Wulan said...

makasih juga yah udah sudi mampir ke blog kumuh aku! ;p
iya ni aku juga sedih pak AT Mahmud meninggal.. Bisa dibilang beliau merupakan pahlawan nasional karena mampu meberikan pendidikan pada anak2 lewat lagu2nya. Semoga diterima disisiNya.. Amiinn..
oke, bakal di follow balik :)

abangjo said...

seorang tokoh teladan yang patut ditiru

Piet Puu said...

Subhanallah, jasa beliau saat aku kecil dan baru akan tumbuh, terletak di lagu ciptaannya

Al-Fatihah ila ruh Bapak A.T. Mahmud ~

DJ Site said...

@ ALL: Terima Kasih Atas Do'anya.. Semoga Bapak A. T Mahmud tenang di Pangkuan Tuhan...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian