Saturday, October 16, 2010

Kelaparan Ditengah Hari Pangan Sedunia

Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Wah Udah malem minggu aja nie haha... Masih ada yang Blogging gak ya? Nha, Mumpung masih sore(petang menjelang malem), saya mau posting dulu deh sebentar ... tapi, untuk Blogwalking klo ada yang nanti belum sempat saya kunjungin nyusul ya hhe...

Okeh, kaya biasa kita bersulang dulu.. Cheeerrrss.... (glek....glek...glek...)....

Malem Ini, kebetulan saya cuma mau bikin postingan untuk Memperingati Hari Pangan Sedunia Ke-30 yang jatuh tepat Hari ini, 16 Oktober 2010. Udah pada tau kan klo Hari ini Hari Pangan Sedunia? ya paling nggak klo sebelumnya anda gak tau sekarang jadi tau setelah baca postingan ini hhe... Nha, Memperingati Hari pangan Sedunia Ini, Indonesia Mengambil Tema Kemandirian pangan untuk memerangi kelaparan. Kenapa tema itu yang dipilih? katanya sih alasanya karena kemandirian pangan itu, merefleksikan kemampuan rata-rata individu untuk mendapatkan makanan dan ketersediaannya. Dan apakah hal itu udah terwujud Di Negeri Kita?

Seharusnya sih udah, orang kita punya begitu banyak Sumber Daya Alam koQ hhe... Apalagi makanan pokok di Indonesia bisa dibilang beragam, Soalnya selain nasi, ada sagu, singkong, kentang, dan lainnya kan... Cuma dalam kenyataannya, gak tau kenapa sampai Hari ini masih banyak daerah di Indonesia yang penduduknya mengalami Kelaparan bahkan kekurangan Air Bersih(Hal Vital Untuk bertahan Hidup, selain udara). Entah apa sebabnya? saya pun udah capek dan lagi gak mau menghakimi Pemerintah atas masalah itu, dan sebaiknya kita biarkan aja mereka memenuhi janjinya untuk menyejahterakan rakyat. Toh, dalam lima tahun terakhir tingkat ketersediaan pangan total per kapita Indonesia meningkat 0,4 persen per tahun, yang artinya kita gak dalam krisis pangan dalam lingkup keseluruhan. Tapi tetep aja untuk skala Kecil masih banyak daerah yang dilanda Bencana Kelaparan....

Wes lah, kita lupakan dulu tentang Bencana Kelaparannya, dan kita beralih ke hal umumnya dulu. Apaan tuh? tepatnya cuaca, mank ada hubungannya? gak tau juga sih, cuma klo saya pikir-pikir hasil pertanian yang nantinya jadi makanan kita kan tergantung sama Cuaca juga panennya hhe.. berarti sedikit ada hubungannya wkwkw... Dan untuk hal yang satu ini, kayanya agak sedikit mengkhawatirkan, Why? soalnya beberapa waktu ini kayanya cuaca dan iklim di Negara kita gak pernah pasti hhe... terbukti sekalinya panas, panas banget dan sekalinya Hujan pasti terjadi "Air Bah". Dan secara otomatis, mau gak mau pasti hasil panen ikutan berpengaruh tuh, dan hal yang paling kita takutin ya apalagi klo bukan akhirnya kita mesti import beras lagi karena gagal panen. Huh... mending kita doa'in aja biar hal itu gak sampe terjadi ... Amin

Terakhir, karena saya bukan ahli biologi jadi untuk yang satu ini, saya gak berani deh ikutan memberikan solusi untuk hasil panen yang memburuk akibat Cuaca yang tak menentu hhe... Tapi, tenang saya masih akan ngutip sedikit saran yang juga saya baca dari MediaIndonesia.com barusan. Apaan tuh? untuk mengatasi masalah cuaca, Ada baiknya kita melakukan pengembangan dalam variasi pangan, jadi kita gak harus tergantung sama satu komoditas saja.

Pokoknya, Selamat Hari Pangan Sedunia :P

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Weekend ..

*Ikut Mendukung Global Peace Festival Yang Akan Dilaksanakan 17 Oktober Besok... Sebagai Rangkaian dalam Acara Satu Rupiah untuk Kehidupan Anak Bangsa...


48 komentar:

secangkir teh dan sekerat roti said...

ane pertamaks..?

secangkir teh dan sekerat roti said...

ya... seperti kata pemerintah.. stop makan nasi... !

farah aulia said...

kalau ada yang masih kelaparan, ngapain juga dirayain hari pangan sedunianya ?

fb said...

Di Indonesia masih banyak yang makan nasi aking tuh padahal enggak layak untuk dimakan

Rizky2009 said...

kalau di eranya pak harto dulu mungkin bisa deh merayakan hari pangan, secara saat era pak hato dulu meski pemerintahannya seperti itu tp rakyatnya makmur, g ada yg kelaparan seperti sekarang ini, pertanyaan pantaskah negeri ini merayakan hr pangan sedunia ? saya sependapat dengan sahabat farah "kalau ada yang masih kelaparan, ngapain juga dirayain hari pangan sedunianya ?"

Tomo said...

selamat hari pangan sedunia untuk semuanya n happy weekend buat cak ferdy ya

SENGINEKU said...

selamat hari pangan.moga indonesia makin makmur

violia sagita blog said...

happy weekend buat semuanya.
hari pangan ini sangat membantu untuk memperingatkan kondisi pangan terutama di negara ini

Topi said...

Sebelumnya saya g' tw , tp setelah baca posting ini jadi tw dech, hehehe , thanks ne sob .
Selamat hari pangan ne

Belantara Indonesia said...

alhamdulilah ga bareng lagi.....girang aku...kwkwkwkkwkw....gagal lah si bro ini mau nyosor...huahauhauahaua.....

dee said...

yupz.. menurut penelitian Indonesia adalah negara yg paling banyak makan Nasi",, dan sayangnya kita masih Impor beras dan belakangan garam juga..diimpor dari luar.. hmmm sayang banget, padahal Indonesia adalah negara paling potensial penghasil beras di dunia:) semoga kondisi negeri ini akan jauh lebih baik nantinya karna rakyat bukan hanya membutuhkan janji2..tapi bukti nyata menuju pemerintahan yg lebih baik tentunya".. Makasih DJ-Nan selalu hadir! sangat berarti,, karna dari cinta nge-blog.. aq bisa nambah temen"

Thanks Ferdinand! Sukses sll!

Djangan Pakies said...

mangan ora mangan sing penting ngumpul ...
ayo ngumpul di sini ngomong masalah pangan.
Kalo liat di tipi acara kuliner menyajikan kelezatan tiada tara, sementara di pelosok-pelosok negeri masih ada yang terkadang hari ini makan, besok ndak tahu apa yang dimakan. ada yang makan gaplek, nasi aking, nyari utangan untuk makan.
entahlah, ....

Ghani Mospies said...

ha! gatau deh, mo ngomong apa nih! yag jelas, stop makan nasi juga bukan solusi yang tepat! toh masih banyak orang yang kekeh pengen makan nasi meskipun itu nasi aking!

Happy Blogging sob

windflowers said...

mmhhh...negara indonesia ini katanya negara kaya dan melimpah ruah..juga negara yang besar..(besar apanya ya..?) hehe...
sayang banget deh pokoknya..kl negeri ini ga bs mengelola bwt memenuhi kebutuhan rakyatnya..

blogger admin said...

Bener kata pakies, makan ga makan yang penting kumpul. hehehe

Takuya said...

di hari pangan ini aku malah kelaperan, =.=" untung ada indomie :D hahaha

cuaca emg lagi g bener yaa, paling nyebelin tu pas beberapa minggu lalu hari senin, paginya pas upacara tu pannaasssss,, eh pulang sekolah malah ujan deress =.=

endigolabs said...

wah sharing yg menarik nich ^^!

saya berkunjung sambil memberitakan info PTC terbaru yg pantas sobat coba!

dan saya juga sudah follow blog sobat nich(#593) :P follow baliq y!

endigolabs said...

boss.... boleh tukeran link juga ngak??? boss padang duluan y... :P

thx!

ntar kabari saya...

mixedfresh said...

Hari pangan sedunia ya??? Kayanya hari pangan ini emang dirayain hanya oleh sekelompok orang aja. padahal masih banyak orang yang ga bisa makan nasi karena kemiskinan yang melandanya. Jadi ingat pemerintahan dulu yang mengatakan tahun 1997 masuk Pelita tahap tinggal landas eh ga tahunya tahap tinggal lindas....

Hpku juga jadul sob, baru ganti ke Nokia 1100. sebelumnya 8250 tapi sayangnya hancur karena jatuh berkali2. HP boleh jadul tapi muka tetep modern hahaha.....Masalah koneksi kadang2 kumat lambatnya jadinya bisa sambil goyang keong racun...Ada punya solusinya ga kalau pake speedy?

rij4 said...

Selamat hari pangan sedunia....Semoga tidak ada lagi kelaparan di negara kita...
Amin....

Gaphe said...

Saya anak biologi tapi enggak tahu juga gimana ngasih solusinya Fer.. hehehe...
hari pangan sedunia, tetep aja saya kurus.. enggak ngaruh deh saya merayakan ato enggak :D

Laksamana Embun said...

Slamat hari pangan sobat,

Maaf lama tak mampir ya, lg ada kerjaan.. Oh ya saya dah nulis lagi, ditunggu kungjungannya,

ChugyGOGOG said...

Itu dia brader maslahnya....Negeri kita merupakan negeri yang kaya akan pangan tapi kenapa masih banyak yang kelaparan dimana mana...!!!

Dan lebih parah lagi bahan pangan ini malah mahal harganya untuk negeri ini.
Dan kalau masalah cuaca memang sekrang tidak menentu mungkin bisa juga berpengaruh.

Maaf telat brader ... selmat malam selamat bermalam minggu hahahahahaaaa...

Artta said...

Sungguh ironis ya sob . . .

Salam.

ReBorn said...

selamat hari pangan juga sob. semoga masalah kelaparan di indonesia bisa segara teratasi. amin.

NgePas said...

Ya meskipun masih banyak yg belum nikmati pangan yg katanya melimpah di negara kita ini.. Selamat hari pangan az deh.. mudah2an lebih termotivasi untk lebih makmur tanpa kelaparan lg.. dngn masih bnyk yg kelaparan dihari pangan ini, pemerintah merasa MALU ga ya..?!! :)

om rame said...

hari pangan yang beLum patut dirasakan di indonesia, karena masih banyak "ayam mati di Lumbung padi". bahkan, petaninya sendiri pun masih ada yang keLaparan. enggak tau juga ini saLah siapa, yang jeLas saya juga udah capek menghakimi pihak tertentu.

Lucu, di negeri ini yang Luas area pesawahannya Lumayan Lebih Luas dari negara Lain tetapi justru mengimpor besar dari negara tersebut. padahaL kaLo dibanding dengan jumLah penduduknya tidak berbeda jauh dan masih bisa ditoLerir.

tetapi daLam persepsi saya, haL ini disikapi aja dengan hidup kesederhaan. sehingga dengan hidup sederhana diharapkan bisa mengurangi krisis pangan yang meLanda, seLain itu juga dapat saLing berbagi dengan sesama.

tanya:
mengenai event "pesta bLogger", saya dan beberapa teman Lainnya udah dapet nomer registrasi pendaftaran secara onLine. mengenai pengambiLan tiket (undangan) bisa di ambiL di sana Langsung pada hari "H" atau harus di ambiL di sekretariat (pickup point) sebeLum hari "H"???.

munir ardi said...

sekitar rumah saya sob banyak sekali kaum miskin yang kadang makan siang malam tidak, atau bahkan sering nggak makan dalam sehari, ironis memang negeri yang penuh lahan persawahan tapi rakyatnya ada yang kelaparan

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
lhoh tanggal 17 berarti kkan pas tiba nuh..semoga sukses yach,maaf tidak bisa komeng relevan.good luck

nyayu amibae said...

Pagiiii...dan tetap semangat, walau blog ku belum juga diupdate postingnya...wkwkwkkwk

Hari pangan, kelilig2 blog sahabat aku juga menemui posting yang bertemakan perayaan ini. Hmmmm.... memang jaman serba sulit, kok bisa, Indonesia yang kaya gini (mengutip lagu koes plus : Tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman), bisa kekurangan....??? Apa kata dunia?????

hmmm... cuma kurang manajemen saja, dan sayangnya Indonesia belum memiliki SDA yg bisa memanajemennya dengan baik....

ashtho software easy said...

Baru tau tuh sob kalau hari ini hari pangan sedunia.......

Bener juga tuh sob, masih banyak orang-orang di luar sana yang kelaparan yang mengadu nasib mereka demi sesuap nasi.....

H. Nizam said...

Selamat hari pangan sedunia.
Semoga dimasa yang akan datang cuaca akan lebih bersahabat pada alam kita sehingga petani kita tidak gagal panen lagi, dan tidak perlu bingung lagi import beras seperti tahun ini.

multibrand.blogspot.com

Memasang Iklan Di Bawah Posting said...

hujan terus, aku mo ngarit juga jadi males pak dj, milih mengkureb di bawah selimut wkwkwk..
setelah tahun ini ga ada musim kemarau, konon di tahun depan ada waktu di mana enggak ada musim hujan.. serreem
ngomongin hari pangan, . kata si thole yang suka bawa gitar cilik 'sing penting masih bisa lauk krupuk, om' (sebenarnya ane bingung : pingin ngakak, apa ngelus dada ) oh mayapada..

akhatam said...

Diet nih gann.. hehhe.

chikarei said...

ikiki *garuk2 kepala**
chika gx tau kalo hari ini hari pangan sedunia^^

indonesia kaya pangan
tapi banyak masyrakat kelaparan
banyak yang harus dibenahi^^

happy blogging

syahida said...

Indonesia nih, udah merdeka selama 65 tahun, tapi kok masih banyak yang kelaparan ya ....

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

haduhh iya ya masih banyak dinegeri ini yang kelaperan... termasuk ak yg lg kelaperan hehehe :p

pekik oey said...

waahhhh... bener tuuh... percuma punya lahan sawah segitu gedennya

ica puspita said...

setuju nggak Fer, gerakan pemerintah sehari tanpa nasi?

hahay, ternyata kita tetanggaan ya. ayo, sekali2 buat postingan tentang desain grafis.. sejarahnya atau apa.. tetap semangat!

Aboh EKA said...

Gerakan sehari tanpa nasi. Wong sebagian diantara kita memang dlm kondisi tdk berpunya. Jd sehari2 memang sdh puasa. krn ngak punya duit buat beli makan. Di negara ini memang ada aturan klo jd,
1. Rakyat kecil dilarang sakit, karena biaya kesehatan mahal.
2 Rakyat Kecil jgn sekolah, karena sekolah buat mereka yg punya duit.
3. Rakyat kecil jgn berusunan dg hukum, krn hukum juga buat org punya duit.
4. Skrg rakyat kecil jgn makan nasi, krn unt menjaga ketahanan pangan nasional. Yg miskin makin miskin dan yg kaya makin kaya.

Happy Blogging, Mas Ferdinand......

Indahnya Kebersaman said...

Ane juga lagi kelaparan nich sob, belum sarapan :D

Tomo said...

sugeng enjang selamat berakthfitas.
kelaparan ada dimana mana entah kapan bisa makmur negeri ini

Tip Trik Blogger said...

selamat memperingati hari pangan sedunia.

Muhammad A Vip said...

aku masih sering lapar jadi hari pangan bukan urusanku kayaknya, kecuali kalo di kasih makanan enak sebakul.

Muza elbanaf said...

Hari pangan yang mengenaskan...
Perayaan yang ironis dengan kenyataan. Pemerintah hanya menuliskan angka2 pertumbuhan pangan tanpa melihat atau memang menutup mata realita di lapangan.

Apalagi para gaya para wakil rakyat yg makin melukai hati rakyat karena kebanyakan keputusan yg diambil justru mengkebiri hak rakyat.

TUKANG CoLoNG said...

wah wah..update bener ama tanggal-tanggal penting nih brader..:)

anak nelayan said...

selamat memperingati hari pangan yaa sob

attayaya mobil keluarga said...

para peneliti pertanian khususnya pembibtan dan pembudidayaan harus bekerja keras untuk mendapatkan jenis tanaman dengan masa tumbuh cepat, lahan kecil, tahan penyakit, hasil optimal.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian