Friday, October 1, 2010

Kontroversi Hari Kesaktian Pancasila


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Semoga anda semua tetep dalam keadaan sehat dan semangat. Sebelum saya mulai nulis postingan untuk hari ini, saya mau meluruskan salah paham di postingan Review Komentar kemaren dulu. Untuk Cak Anang, terima kasih untuk tanggapannya dan klo anda menganggap postingan saya berlebihan nggeh saya minta maaf, tapi jujur, saya gak perlu simpati dari siapapun karena saya Blogging emank karena saya cinta, dan klo simpati yang anda maksud ini terkait sama Backlink yang saya berikan kepada sahabat-sahabat saya, itu karena saya Blogging bukan karena Backlink dan Rank jadi saya gak terlalu perduli untuk ngasih Backlink kepada siapapun dan yang terpenting disini saya gak pernah menganggap siapapun sebagai partner Blogging tapi sebagai Sahabat. Dan klo tujuan saya cuma nyari Backlink untuk apa saya lepas Domain PR4 saya dulu dan beralih ke Blog ini? kan lebih untung tuh Cak klo saya pake Blog itu hhe... Gak tau pemikiran Blogger lain gimana, tapi sampai kapanpun saya tetep nganggap siapapun yang ke Blog ini sebagai Sahabat. Soalnya rata-rata saya juga akan ketemu mereka di Dunia nyata entah di Pesta Blogger, Gathering Bareng sama Blogger yang juga Kaskuser kaya kemaren atau ngobrol/ kopdar hhe... pokoknya klo memang ada yang merasa postingan kemaren berlebihan saya selaku Admin Blog ini minta maaf....

Ehm.. okeh kita masuk ke postingan inti hari ini.. tapi kaya biasa nie... kita bersulang dulu... Cheerrrrsss...... (glek...glek...glek...)....

Udah pada tau kan hari ini hari apa? Jum'at kan? GUBRAK!!! bukan-bukan, saya juga tau ini hari Jum'at tapi maksud saya nanya gitu cuma pengen tau anda masih inget sama peristiwa bersejarah yang kita peringati hari ini apa nggak hhe... Yupz, Hari ini(1 Oktober) merupakan Hari Kesaktian Pancasila yang seperti tahun-tahun sebelumnya selalu kita peringati. Jujur karena kantor saya tergolong Swasta jadi gak ada Upacara kaya di Kantor-kantor pemerintahan hhe... cuma andai ada saya pengen banget tuh ikutan Upacara Benderanya(udah lama gak Upacara kaya anak Sekolahan hhe).

Dan dipostingan hari ini, saya gak pengen terlalu banyak ngomongin tentang Sejarahnya, untuk itu klo anda pengen tau Sejarah lengkap tentang Peristiwa ini ada baiknya anda pergi ke Gramedia untuk nyari bukunya atau klo Anggaran anda terbatas seperti saya wkwkw... gak usah jauh-jauh anda tinggal langsung cari di Wikipedia. Nah terus apa yang akan saya omongin tentang Hari Kesaktian Pancasila ini?

Ada satu kontroversi tentang Hari Kesaktian Pancasila ini yang menurut saya gak terlalu penting untuk diperdebatkan tapi gak kunjung selesai. Tau nggak tentang apa? Yupz bener banget, tentang Upacara yang dilangsungkan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk yang belum pernah denger, saya review sedikit ya, di Indonesia ada beberapa ahli sejarah yang bilang klo Hari Kesaktian Pancasila itu gak perlu diperingati dan gak perlu dilakukan Upacara sehubungan dengan peringatannya. Dan salah satu Sejarawan yang menyatakan hal itu adalah Asvi Warman Adam. Eitz, jangan dihina dulu, hal ini bukan karena beliau gak perduli dengan Sejarah Bangsa kita(yaelah jadi nyebut salah satu Blog sendiri nie haha), tapi semata karena menurut beliau Upacara tidak perlu diadakan lantaran tidak ada dasar hukumnya. Dan menurut beliau Pak BeYe harus mengadakan rekonsiliasi nasional atas peristiwa G30S/PKI di Istana Negara. Jadi, ada kejelasan tentang dasar hukumnya jika kita melakukan Upacara untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini.

Berhubung saya bukan Praktisi hukum atau lulusan FISIP yang belajar tentang Hubungan Internasional dan politik hhe... jadi saya akan nanggapin dari pandangan saya sebagai orang awam aja ya hhe... Klo menurut saya Pribadi sih, mau ada dasar hukum yang jelas atau nggak peristiwa tersebut udah selayaknya kita peringati dan klo bisa tiap tahun Upacara untuk peringatannya tetap dilangsungkan. Kenapa? karena tanpa ada peristiwa tersebut Indonesia juga gak akan sampai di titik seperti sekarang ini kan... Dan jujur kali ini saya salut sama Pak BeYe(tenang kali ini saya gak mau mengkritik Pak BeYe hhe), soalnya biarpun beliau tau Upacara peringatan hari kesaktian pancasila ini gak wajib(Gak wajib? ini agak konyol buat saya sebenernya), tapi hari ini beliau menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila yang telah berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dari Pukul 08.00 WIb tadi... Dan untuk saya, ini salah satu ketegasan yang saya tunggu dari sosok seorang Presiden, yang bisa cepet ngambil keputusan(soalnya selama ini saya udah males banget ngomongin SBY yang cuma bilang Indonesia Bisa! tapi gak bisa-bisa). Dan saya pikir klo Presidennya aja masih melakukan Upacara yang dianggap gak wajib ini, harusnya kontroversi tentang Upacara ini ya dikubur aja dan tanpa Dasar hukum toh malah lancar-lancar aja, beda sama Kasus Korupsi yang dasar hukumnya jelas akan menindak tegas para pelakunya, tapi dalam kenyataannya pelakunya tetep dapet remisi dan bisa keluar dari Penjara dengan segera, dan yang saya miris kenapa hal ini malah gak pernah jadi kontroversi dan dipertanyakan? entahlah...

Terakhir, saya cuma bisa ikut mendoakan Negri ini supaya para pemimpinnya diberikan hati yang tulus dalam mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Dan untuk pemimpin yang udah terlanjur masuk ke Lubang Korupsi ya semoga bawahannya gak ikut-ikutan... Amin...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Day...

*Ps: Pak Liek wes balik Ngeblog m'neh.... Segera Meluncur >>>

41 komentar:

Belantara Indonesia said...

Tentang SBy. presiden curhat..lemah...makanya setuju jika di ganti....rasanya memang kayak gak punya presiden, yang ada ya orang pacitan berlebihan dan berambisi jadi tokoh negara, tapi....ya kalah pamor sama pendahulunya....kasian ah Sby...curhat di gedein....

Belantara Indonesia said...

weh aku pertamax? woo..ohya lupa mau nge link di artikel ku...oye lah artikel berikut nya setelah yg baru..biar kesamabangan PR, biar jadi 4 disini...kwkwkwkwkkw..

Wong Sikampuh said...

Setuju bgt sob,kontroversi upacara bendera yg gak ada dasar hukum nya lbh baik di kubur dalam...Lagian buat apa di ributin? Lah yg jelas2 ada dasar hukum nya seperti kasus korupsi tp pelaku nya di penjara dan dapat remisi biar cpt keluar.

Sebelum pamit seperti biasa sob mari angkat gelas kt bersulang lagi Cheeeerrrsss....Ah..Seger bgt sob

narti said...

makasih penjelasannya atas pertanyaanku kemarin Fer.
yang ini baca dulu, kayaknya makin seru aja...
blogger cinta damai...peace!

Warna Tulisan said...

siang mas Ferdi ...
wah saya harus baca postingan kemarin coz akhir bulan jadi banyak kelewat.
setuju sahabat ada upacara, perihal masih kontroversi bukan menjadi alasan untuk tidak Upacara (diselesaikan oleh para ahlinya, kalau sudah ada kesepakan baru diumumkan). Paling tidak dengan Upacara sedikit-banyaknya memberikan suasana lain kepada para peserta ...

narti said...

oh, begitu ya...maklumlah kurang denger berita seperti ini.

sda said...

benar sekali untuk jadi bangsa Indonesia yang seperti sekarang dibutuhkan proses yg panjang seperti di atas.
sudah selayaknya kita menghargai perjuangan para pejuang bangsa.
dan sangat miris kalau mendengar cerita para pejuang dimasa tuanya.

penghuni60 said...

Saya jg turut berdoa sob.. smoga tercipta kedamaian di muka Bumi ini, bkn hanya di Indonesia saja yg akhir2 ini lg ribut soal teroriiiiis trs..
bosen..

tips memilih pasangan said...

hari jumat dan hari ultah Bli Yan he he.. wong pinter di atas kok aneh yo.. malah mempertanyakan niat baik memperingati Hari 'Kesaktian Pancasila' pake dasar hukum segala.. wealaah. kalau ane jadi menkominfo repot juga, kebayang kalau dituntut: kenapa anda sekarang rajin mandi dan gosok gigi, mana dasar hukumnya? wkwkwk

Tip Trik Blogger said...

met magi menjelang siang kawand....

tomo said...

Siang cak..
Kesaktian pancasila diperoleh dengan mengorbankan banyak nyawa.

Jadi hargailah perjuangan pahlawan bangsa ini

ReBorn said...

pancasila emang sakti, ga ada yang bisa menggantikan landasan ini.
selamat ya semua.

dee said...

Selamat hari kesaktian pancasila" jadi keinget dulu sewaktu masih sd smp diharuskan nonton film g30S/ sekarang kan dilarang.. Mengenang pahlawan2 yg gugur di lubang buaya.. Happy Blogging! Thanks DJ-Nan

windflowers said...

hehe..amin...moga aja terjadi ketulusan yg pekat di antara pimpinan kita itu, untuk mewujudkan 'bisa' nya..:) dan semoga, pancasilanya semakin sakti bwt kita, dng menghayati, dan mengamalkannya...meski masi banyak di daerah2 pada sibuk berantem..:(

Coretan Hidupku said...

Benar sekali. Nilai pancasila sepertinya sekarang ini sudah mulai luntur. Dimana-mana terjadi kerusuhan dan pertikaian. Padahal pertikaian dan kerusuhan tersebut hanya menghasilkan kesedihan dan airmata yang akan selalu berbekas berupa dendam. Marilah kita gali nilai2 pancasila yang berlandaskan pada moralitas dan persatuan bangsa.

safrudin said...

Pancasila boleh sakti tapi apakah pemimpin negara juga sakti untuk membrantas korupsi???????

ARUS RASYID said...

Baru tahu kalau upacara kenegaraan harus ada dasar hukumnya seperti kata sejarawan itu he he he... Tapi saya setuju sob, mau ada dasar hukumnya atau tidak, upacara (baca: memperingati, sehingga akan bermakna sebagai cermin bagi kita semua)Kesaktian Pancasila itu perlu. Karena filosofi yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri penting untuk kita hidup bermasyarakat dan bernegara. Gitu kan sob?

tiwi said...

Bagaimanapun jg Bangsa yg Besar adlh bangsa yg Menghargai Jasa para Pahlawannya....kl tdk ada mereka yah tdk akn ada generasi blogger spt kita skrg...he3,okay....tetap semangat ya Ferdinand..tq...salam.

Takuya said...

ah, upacara memperingati kesaktian pancasila setahun sekali ini toh g bakal bikin Indonesia miskin, ngapain diributin ya? g ky kasus-kasus korpusi tuuuh... argghh..

mmm.. d skolahku g ada peringatan kesaktian pancasila niii, cuma ada ulangan matematika! =.= jadi lupa tentang tanggal 1 oktober.. untung aku mampir ke sini :D hee

berpikir positif said...

jujur ya sob kalau di Sekolah sudah lama hari kesaktian pancasila nggak di UPacarakan, seperti di sekolah aku tadi ,nggak diadakan yang ada hanya kerja bakti, nggak tahu kenapa bisa gitu

rizal said...

mmm, ingat waktu sekolah SD dulu sampe disuruh nonton film G30S PKI...

btw. tadi pagi saya barusan habis upacara memperingati hari Kesaktian Panacasila, kalau saya terlepas dari kontroversi itu semua yang paling penting adalah bagaimana kita mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

happy blogging bro...

Zan Insurgent said...

emang sih sejarah sudah bayak di putar balikkan faktanya dan saya sangat yakin itu dan mengenai upacara hari kesaktian pancasila ini kalo menurut saya emang ga wajib tp bukan berarti kita melupakan apa yang terjadi pada waktu itu jgn habis upacara bubar terus lupa.

*oh iya mengenai postingan saya yg ga bisa dikoment emang saya lg belajar utak atik templates,jadi harap maklum ya sob

Gaphe said...

Sore sob.. mampir lagii..haduuh, sorry nih baru sempet mampir lagi :)
btw, ttg hari kesaktian pancasila hari ini td sempet liat berita eh ternyata bapak MPR kita salah-salah baca pembukaan UUD 45.. ckckck, ngasih contoh koq gak baik yak..

ChugyGOGOG said...

Si brader tenrnyata untuk ilmu kenegaraannya cukup memahami...kayanya memang bener pada paragraf terakhir

"harusnya kontroversi tentang Upacara ini ya dikubur aja dan tanpa Dasar hukum toh malah lancar-lancar aja, beda sama Kasus Korupsi yang dasar hukumnya jelas akan menindak tegas para pelakunya, tapi dalam kenyataannya pelakunya tetep dapet remisi dan bisa keluar dari Penjara dengan segera"

Semoga negeri ini tidak menjadi negeri yang terkebiri...Sukses selalu brader and happy blogging.

orang kampung said...

gak wajibnya kayak acara rutin tvri jaman baheula ya sob, setiap tgl 30 september malamnya selalu nayangin pilem G30SPKI, nah beberapa tahun belakangan tuh pilem gak diputar lagi, so artinya sam gak wajibnya kan ?

secangkir teh dan sekerat roti said...

alah!
yang memperingati hanya kroco kroco tak berduit, gak bisa berbuat banyak..!

yang gak memperingati ya itu, si orang2 berduit yang kerjanya korupsi!

NgePas said...

wah ketinggalan nih... sibuk..!! hehe..
mo upacara mo enngga kykx ga ngaruh juga.. tp kl ditempt sekitar saya dah ga ada upacara2an 30 sep tuh.. kyk ga ada hari kesaktian pancasila hari ini. Sepi2 az..
Sya izin baca postingan sebelumnya ah.. jd penasaran.. :D

lawang post said...

kalau menurut saya brader, tidak hanya hari kesaktian Pancasila. Tetapi hal-hal yang lain juga sebaiknya tidak hanya sekedar diperingati dengan ceremonial saja melainkan dengan tindakan yang positif.

Lama tak berkunjung, salam

rawins said...

kalo ngomongin negeri ini emang selalu berakhir skeptis yah..? tau sampai kapan harus terus begini...

NgePas said...

Sob stlh baca beberapa artikel sebelumnya... wah saya malah baru tau di dunia blogger ternyata juga ada hina-hinaan ya.. dikirain cma ada sma desa tetangga az seperti kmren2 :D
Kl gini saya hrs siapkan kuda2 n mental nih.. :)

Sukadi Brotoadmojo said...

Penting nggak penting soal peringatan hari kesaktian pancasila semua tergantung pada diri masing-masing. Sebenarnya (menurut saya) Pancasila tidak perlu di peringati tapi seharusnya diamalkan ke lima silanya dalam kehidupan sehari-hari. Lha wong Pancasila saja banyak yang nggak hafal sekarang ini bagaimana mau mengamalkan he.he.he.. Upacara peringatan hari kesaktian pancasila jangan hanya sebagai seremoni penerus sejarah, tapi harusnya bener-bener di jadikan sebagai koreksi tentang pengaplikasian pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (terutama bagi para pemimpin negeri ini) he.he...

Terimakasih Kawan, kira-kira kapan ya sila ke 5 dari Pancasila dapat terwujud di Indonesia? :D

1 oktober 2010 said...

Selamat hari kesaktian pancasila

Akoey said...

Sobaaaat.. maaf nih ane ktinggalan.. :( hehe...
hmmm... padahal hari ini bersejarah bgt kan? bukankah bangsa yanga baik itu yang meenghargai jasa para pahlawannya? :)
yah dinegara kita segala sesuatu dipermasalahin, pada mau jadi yg paling bener padahal ga bener. huh tape dweh.. hihihi...

nah klo soal Pak BeYe, satu kata aja deh dari ane sob, "geregetan".

segitu aja sobat. Happy blogging. ^__^

Asis Sugianto said...

upacara aja kok jadi perdebatan..... apa susahnya sih upacara,,,hanya berdiri dan menyaksikan saja.... dibanding parah pahlawan kita terdahulu yang mengorbakan jiwa raga, darah dan seluruh hidupnya demi kata MERDEKA.......

syahida said...

Upacara hari kesaktianpancasila kemarin ... weh .. aku lupa tidak ikut.hehehe ... Sejarah bangsa harus tetap dilestarikan dan diajarkan disekolah-sekolah. Sekarang ini .. khususnya anak remaja .. sudah banyak yang gak tau tentang sejarah bangsa ini, bagaimana perjuangan pada kala itu, kita sekarang hanya tinggal enaknya aja menikmati kemerdekaan. Ayoo .. semangat bangun Indonesia tercinta dengan karya dan kreatifitas ..

Butik Bella said...

Entah mengapa semakin lama semakin tidak hikmat saja yah dalam memperingati hari-hari bersejarah di Indonesia... Bahkan untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia Agustus kemaren saja.. bener-bener deh ga ada kesan yang mendalam..hiksss

EKA IKHSANUDIN said...

Maaf Kang, baru bisa mampir nih hehehe, cukup menarik postingan Tentang Hari Kesaktian Pancasila tgl 1 Oktober ini, Kalo menurut pribadi aku sih Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila ya sangat Pentinglah, karena Pancasila adalah Dasar Negara Republik Indonesia dan Falsafah hidup Bangsa Indonesia. Met sore KAng dan Met Weekend yah...

TUKANG CoLoNG said...

pilm G 30 s/ PKI gagkeputer lagi kemarennya itu menurutmu gmn brader?

vini vidi vucinic said...

Saya sangat setuju dengan yg melakukan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila & tdk perlu pake kontroversi. BTW, loading blog anda masih terhitung cepat & alexa (menurut toolbar saya) 87,161.

perawatan ac said...

wahh telatt nih mampirnye
kemaren lupa sob gak ikutan upacara hari kesaktian pancasila nihh...cuman liat aja di tipi banyak yg pingsan saat upcara hehhe

Jasa Seo said...

tak terasa tanggal 1 kemarian adalah hari kesaktian pancasila

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian