Thursday, October 21, 2010

Selamat Tinggal Temulawak


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Setelah kemaren kita ngomongin tentang Demo yang akhirnya tepat seperti dugaan saya(ujung-ujungnya gak jelas), Hari ini saya mau ng'bahas tentang salah satu Kekayaan milik negara kita yang kembali diakui oleh negara lain. Kekayaan apaan emanknya?

Eitz, sabar-sabar..... mending kita berusulang dulu.. Cheeeerrrsss...(glek..glek..glek...)...

Kebetulan, kali ini bukan kekayaan Budaya(Batik, angklung, dll) kita yang direnggut, namun Kekayaan Sumber daya Genetik kita. Dan untuk kali ini tolong jangan anda hujat dan hakimi Malaysia, karena untuk kali ini urusan Hak Paten ini melibatkan Indonesia dan Amerika Serikat. Bisa dibilang lawan kita selangkah lebih berat dari biasanya haha....

Nha terus Kekayaan Sumber Daya Genetik apa yang mereka akui? tepatnya Temulawak. Udah pada tau kan bentuk Temulawak kaya apa? pokoknya kaya gambar diatas lah, atau klo mau nyari yang lebih jelas silahkan anda Googling sendiri.

Seperti yang sama-sama kita tau, Temulawak sering dipake di dalam ramuan jamu di Indonesia bahkan kini hampir beberapa Obat Herbal kaya "Tolak Angin" ikut menggunakan Temulawak dalam kandungannya. Malah terakhir saya baca, Temulawak ternyata juga dipake untuk ngobatin Lever Dan jantung, serta dijadikan Antikanker. Artinya emank bener-bener punya banyak manfaat dalam segi kesehatan... Jadi, kayanya emank pantes untuk diperebutkan haha...

Cuma klo mau dirunutin sejarahnya, Bukannya Temulawak itu tanaman asli Indonesia ya? Yupz, bener banget dan seumur-umur kayanya itu gak pernah tumbuh di Amerika Serikat. Itu Kenapa, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) Hardhi Pranata mengatakan klo ini adalah salah satu bentuk biopiracy (pembajakan sumber daya genetik).

Cuma sayangnya, akhirnya kini kita mesti rela mengalah, dan bilang selamat tinggal kepada Temulawak.... koQ gitu? soalnya Temulawak udah dipatenkan Amerika Serikat... dan itu artinya Indonesia udah kalah dalam hal ini... Dan sebagai imbasnya, klo ada perusahaan Indonesia yang mau memasukkan Temulawak ke dalah produknya, ya harus mendaftar dulu ke Amerika Serikat Dan gak tanggung-tanggung, harganya pun udah melonjak 1000 kali lipat dari semula. Apalagi beberapa tahun ini masyarakat lebih menggemari Obat Herbal kan dari pada Obat kimia...

Sayang emank, kita yang menumbuhkan Budaya menggunakan Ramuan Herbal seperti Jamu, malah mereka(Amerika Serikat) yang akhirnya menikmati hasilnya, mungkin ini salah satu tanda klo Negara kita emank gak siap melindungi Sumber Daya Genetiknya.... Semoga diwaktu mendatang, gak ada lagi kekayaan Indonesia yang harus pergi dan menjadi milik negara lain...

Terakhir, Say Good Bye untuk Temulawak ..... :(

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Day ...


28 komentar:

dee said...

wah..lagi2 negeri kita kecolongan.. setelah malaysia, amerika.. moga gak brtambah dan kedepannya menjadi evaluasi dalam melindungi khasanah budaya, hasil bumi,, asli dari Indonesia.. Thanks 4share DJ-Site!

DJ-Nan Sukses sll!

lulu said...

gapapa mas, semuanya milik Allah ko,, walaupun manusia ngaku-ngaku belum tentu dia memilikinya =)

yang terpenting sekarang kita berusaha melakukan yang terbaik untuk negeri kita tercinta, ya kalo mau obat herbal lebih baik kita tanam sendiri aja =) kan kalo nanam sendiri ga perlu bayar ke Amerika bukan =), soalnya kita sebagai negara yang kaya emang selalu lupa bersyukur dan terlena dengan semua yang kita miliki, astagfirullahaladzim. setuju dengan dee

Belantara Indonesia said...

untung aku masih suka jamu jawa...hmm...nyaman dan aman.....daripada kluyuran di apotik..kekekkek..untung ga bareng..amin.....

Call me Batz said...

wah.. sedih juga ya.. indonesia kecolongan lagi... ini bisa dijadikan pelajaran buat bangsa kita juga supaya kedepannya lebih tanggap terhadap kekayaan bangsa agar tidak kecolongan lagi..

Zan Insurgent said...

jujur ane bacanya sedih banget sob...ini kan kekayaan alam kita dan juga bahan obat turun temurun dari nenek moyang kita :(

ironis memang negeri ini,oh ya maaf ane sering offline cuma ol sebentar aja sob..happy blogging

ARUS RASYID said...

Kalah lagi kalah lagi Beginilah jadinya kalau kita menganggap enteng milik kita sendiri. Temulawak pun mesti dipatentkan negeri lain.
Eh ngomong-ngomong kalau istri saya membubuhi sayurnya dengan temulawak, apa mesti lapor dulu ke AS? Kacaulah kalau begitu

ChugyGogog said...

Aduh aduh lagi lagi kecolongan....
kayanya kita kurang begitu memperthatikan hak paten sesuatu yang jelas milik kita....!!!

kkayanya bakal susah kita menikmati temulawak ini Brader...

ReBorn said...

wah, ini berita baru gw denger. apa temulawak bisa dibudidayakan di tanah gersang sana? kenapa sekarang semuanya serba bisnis gini ya...

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
hehehehe ternyata oup oup temu lawak yach,apa gak getir rasanya,good bye segala mas ..good luck aja wes dari saya

riesta said...

walah,,,kok bsa ya,,sampe temulawak pun dipatenkan....

fb said...

Kalo itu mah yang salah yg ngasih hak patennya aja.. Masa minuman tradisional dipatenin.. Ada2 aja..

AuL OwL said...

haduh...

joe said...

karena kita terlalu sering ribut sendiri, sehingga satu per satu kekayaan alam kita dicuri bangsa lain...

Kopi Susu Pahit said...

biarlah temulawak dipatenkan oleh AS ...
di negara kita ini ngga kekurangan akan pelawak kok ...
sampai-sampai pelawak tulen kalah rejeki sam pelawak dadakan yang ada di gedung-gedung negara ...

Goyang Karawang said...

wah bisa2 ntar para pelawak lokal juga ikut dipatenkan negara lain sebagai miliknya :D
setahu saya sih ga mesti minta ijin jika ada perusahaan lokal mau makai temu lawak, selama itu tumbuh di indonesia, ya kenapa harus bayar ke amrik

windflowers said...

Duh, indonesiaku yang kaya raya..tp sayang ga bs menjaga kekayaannya...sayang banget..:((

rizal said...

dikampung saya tumbuhan itu memang sudah menjadi bagian dari masyarakat, karena banyak masyarakat masih menggunakana sebagai pbat tradisional, bisa2nya amerika mematenkan ya...duh sayangnya.

ica puspita said...

hmmm, baca berita beginian bikin pusing kepala... ha3, thanks infonya ya..

Reza Saputra said...

di belakang rumahku masih ada kak :D daerahku masih banyak kok yang manfaatin..

Darin said...

oh nooooo :(

seperti biasa, telaaaaaad!

Piacerre Sinyorin ☺ said...

indonesia itu negara yang keren mampus! huaaa tapi kenapa yaa gerakannya lambat terus. emang sih ga bisa mengkritisi doang. kitapun harus bertindak. berhubung gue masih terlalu muda jadi baru bisa doa doang #sambilngelapingus doain deh gue jadi the next president hahaha agak sedih juga bacanya. goodbye temulawak. masih ada beras kencur kok sama kunyit asem :DDDD

krozbonek said...

minta di hajar nih amerika. mentang-mentang PBB markasnya disana. tidak salah kalau banyak yang tidak suka negara arogan ini.

Manchester United Indonesia said...

Wah, hasil sumber daya alam indonesia dicolong lagi ama negara lain yah..
Indonesia kalah ama AS..
sebaiknya kita berunding ulang lagi deh..
tetap semangat sob..

om rame said...

kaLau dari namanya sih endonesia banget yah Fer, sampe2 aja acara humor pake nama itu. tapi ternyata eh ternyata hanya suatu keironisan, ikutan ngegudbay juga deh.

bliyanbayem said...

kayaknya cerita lama mas... yang di atas masih sibuk sikut-sikutan untuk kekuasaan... hal yang kecil tapi penting kayak gini.. jauh dari perhatian mereka. asal kanto udah kembung... masa bodo deh!

aLamathuR d'hileudjapanist II said...

Tak lupa, saya ucapkan selamat buat bangsa ini...(******)

waktu sekolah dulu (SD), inilah minuman tradisional yang selalu menemani hari2 saya.. hahaaa (lebay yah...). Dengan pengemasan sederhana dan rasa yang tidak kalah, itulah produk yang sebenarnya (menurut saya) jauh lebih bermutu dibanding minuman berkarbonasi yang saat ini marak dipasaran...

Temulawak.. temulawak.. semoga kau tenang di amerika sana.. hahaaa..

berpikir positif said...

kalau amerika nggak heran sih sob negara aja dicaplok / diserang yANG penting menguntungkan buat dia

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Sad news Bro :(
Lha aku juga demen jejamuan kayak temulawak dan kawan-kawan je. Setelah di patenkan di Amrik, ntar kita ngicip temulawak dalam kemasan kayak Coca Cola, haiyaaaa.... :D

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian