Thursday, April 14, 2011

Pemendek Url Goo.gl Hadir Dengan Fitur Baru

Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Saya ucapkan selamat kembali melakukan Aktivitas untuk anda semua dan yang pasti semoga tetep semangat kaya biasanya hhe.. :D Ocre, setelah kemaren saya ngajak anda ngobrolin Wacana Absurd Anggota DPRD Malang yang Ingin mengeluarkan Surat Keputusan [SK] Wajib Berdoa untuk para pejabat pemerintahan di kota itu, pagi ini dalam suasana santai sembari ngunyah Permen karet saya mau ngajak anda untuk ngomongin tentang Fitur baru yang dihadirkan Pemendek Url Goo.gl.

Untuk anda yang mungkin belum tau, Goo.gl adalah pemendek Url Milik Mbah Google yang mulai beroperasi sejak Akhir September 2010 lalu, dan hingga hari ini pemendek Url ini cukup banyak digunakan oleh para Blogger dan Netter untuk mempersingkat Url postingan mereka, yang ingin mereka share ke Social Networking seperti Facebook dan Twitter. Tapi berbeda dengan bit.ly dan lainnya goo.gl memang tidak menawarkan sistem Ads di pemendek Url mereka itu, untuk lebih jelasnya silahkan Baca Postingan saya yang berjudul: Goo.gl, Pemendek Url Baru Dari Google, yang sempat saya posting Oktober tahun lalu.

Nah, itu cuma sedikit pengenalannya, dan yang mau kita omongin pagi ini kebetulan adalah Fitur baru yang dibuat Mbah Google untuk Tools Pemendek Url-nya itu. Dan Fitur baru ini, kebetulan mulai dihadirkan terhitung 13 April 2011 Kemaren, jadi bisa dibilang masih Cukup Fresh hhe.. :D

Lha emank Fitur baru yang ditawarkan Mbah Google di Layanan Goo.gl-nya ini opo toh kang? Sebelum saya kasih tau satu-persatu, gimana klo kita bersulang dulu? Ocre.... Cheeeerrrrrsss....(Glek...glek...glek...)...

Balik lagi ke pertanyaan tadi, Apa Fitur Baru yang ditawarkan Mbah Google melalui Goo.gl-nya ini?

Pertama, Mbah Google menambahkan Fungsi Copy to clipboard.

Untuk anda yang yang sering menggunakan goo.gl, pasti anda tau klo selama ini Mbah Google gak pernah membuat Fungsi Copy to clipboard ini di Goo.gl. Jadi, setelah memasukkan Url dan Meng-klik Shorten serta mendapatkan Url goo.gl-nya kita harus memblok Url itu terlebih dahulu baru meng-copy-nya dengan klik kanan untuk mendapatkan Url tersebut, Klo Gak Percaya liat Image Screen Shoot yang sempet saya kasih di postingan Goo.gl, Pemendek Url Baru Dari Google.

Nha di Fitur barunya ini, Mbah Google menambahkan Fungsi tersebut, sehingga anda hanya perlu Memblock dan menekan CTRL+C layaknya meng-copy text seperti yang biasa anda lakukan untuk mendapatkan Url tersebut. Dan Berikut Scree Shootnya:

Sebagai Contoh, saya mencoba Menggunakan Url Blog Movie's Review yang saya miliki. dan setelah saya klik Shorten dan Url pendeknya Muncul, terdapat kata-kata Press "CTRL-C To Copy" yang sebelumnya gak pernah saya lihat sama sekali. Oiya, hampir lupa untuk anda yang menggunakan Mac OS, anda bisa menggunakan Command+C.

Kedua, Fitur Remove From Dashboard

Layaknya Layanan Blogspot, di layanan goo.gl ini anda pun diberikan Dashboard untuk mengelola Url yang anda pendekkan. Dan karena selama ini banyak yang mengeluhkan Url yang tidak dapat dihapus dari Dashboard tersebut, akhirnya Mbah Google menambahkan Fungsi Remove From Dashboard sebagai Solusinya. Untuk lebih jelasnya, Silahkan Perhatikan Image dibawah ini:

Klo kurang jelas, silahkan Klik untuk melakukan Zoom. disitu saya mencoba menghapus 2 buah Url dari Dashboard saya, dan caranya cukup Simple yaitu anda hanya tinggal melakukan Checklis terhadap Url yang ingin anda remove dan setelah itu anda tinggal mengklik "Hide URL's". Dan setelah proses itu anda lakukan, Secara otomatis, Url tersebut akan hilang dari Dashboar anda. Eitz, tapi jangan salah, biarpun Url itu udah hilang dari Dashboar anda, tapi Url tersebut gak berarti hilang selamanya alias gak bekerja lagi, karena biarpun Url tersebut anda Remove, Url tersebut tetap akan bekerja seperti sebelumnya, cuma bedanya sekarang anda gak bisa meng-copy Url goo.gl dari Postingan yang anda Remove soalnya setelah di Hide anda gak bisa mengembalikannya lagi. Itu kenapa Mbah Google sempat berpesan, agar Url yang sudah benar-benar tidak kita butuhkanlah yang di Remove.

Ketiga, Fitur Spam reporting

Ini salah satu Fitur yang mungkin banyak ditunggu para Pengguna goo.gl, karena selama ini kita cukup kesulitan untuk membedakan Mana Url yang benar dan mana yang hanya Url SPAM. Dan menanggapi itu semua, Mbah Google akhirnya membuat sebuah Form untuk menampung keluhan orang-orang yang menemukan Url SPAM dengan pemendek Url goo.gl. Dan untuk memanfaatkannya, anda hanya perlu ke goo.gl/spam-report dan melaporkan keluhan anda di Form yang telah disediakan. Dan dengan segera, Mbah Google berjanji akan menindak lanjutinya.

Dan terakhir, bukan Fitur, melainkan Janji akan Peningkatan Kecepatan Dan Stabilitas. Mbah Google berjanji akan terus menambahkan Minimal Latency dan memperpanjang Track Record agar layannya ini menjadi yang tercepat diantara Layanan Pemendek Url lain.

Oiya, sebagai tambahan, anda bisa menambahkan + dibelakang Url goo.gl yang anda gunakan untuk mengetahui statistik akses ke Url Goog.gl anda. Contoh: goo.gl/rxRc+

Itu dia Fitu-fitur baru yang dihadirkan Mbah Google dalam Layanan Pemendek Url goo.gl-nya... klo ada yang kurang dan anda mau nambahin saya persilahkan di Kotak Komentar...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have a Nice Day... :D

Sumber: Blog Resmi Google

33 komentar:

Blog Keluarga - Obat Ibu Hamil said...

Sudah pernah denger sih, cuman belon pake... boleh deh dicoba,, juga fitur barunya nieh...

Rizkyzone said...

ok sob aq jarang pakai pemendek url dari gugel ini, langsung deh tak sambangi markaznya, maaf baru bisa berkunjung lagi

Deeahzone said...

wew.. Makasih Ferdinand dah di share! Happy Blogging n keep sillaturahim :)

joe said...

tapi kelemahannya pemendek url sering ditumpangi virus ya..

narti said...

di dashboard-ku koq masih biasa ya?
bentar nyariin lagi :)

narti said...

maaf, salah memahami, duh jadi malu.

sda said...

makasih infonya ya.

IbuDini said...

Salut dengan blog yang satu ini...selalu menghadirkan hal2 yang baru dan terus terang saya juga baru mengetahuinya setelah baca dari sini. Meskipun terkadang saya kurang paham tapi mencoba untuk memahami.
Salam hangat dan sehat selalu

Djangan Pakies said...

Assalamu'alaikum Kang,
wah nemuuuu aja sampean iki. Pemendek URL seringkali saya pake kalo mo tebar pesona postingan di fb, maklum URL Djangan Pakies kayak sepur panjang banget.

sugeng makaryo njih Kang

tiwi said...

asswrwb.. tfs Ferdinand... ini untungnya org gaptek ngeblog, bs dpt ilmu lwt blogger lainnya...hehheh

Muhammad A Vip said...

o ini toh kolah kaleh meperpendek url, di blog detik kalau mau share ke twitter juga ada pemedekan begini. cuma pemendekannya kurang keren hasilnya kayaknya tuh.
sebenernya penting nggak sih pemendekan url ini?

Ҝarlz said...

q sering pake ini klo mo perpendek URL.. klo fitur CTRL+C udah tau.. tp klo fitur Spam sm Hapus baru nyadar HAHAHA

Fajar said...

kadang make juga sih..om...pemendek url.. ty infonya..nih..

Herdoni Wahyono said...

URL yang panjang memang sangat tidak nyaman dan terlihat 'membosankan'. URL yang ringkas, pendek dan mudah diingat tentunya akan lebih disukai. Penyedia layanan memang harus selalu kreatif, inovatif dan dapat menangkap keinginan 'konsumennya'. Trims sharingnya Sobat. Salam sukses!

TUKANG CoLoNG said...

aku biasanya make bit.ly

entar ku coba deh. sekalian menjajal fitur barunya..
kamu emang paling apdet bro!

cinta segitiga katro said...

fiturnya mo nyamain bit.ly yo pak, moga wae akan ada fungsi alias, seperti misalnya bit.ly/glunthang , maknyus tenan inpone, thanks,
nampaknya gantian daku yang mo off , nguber setoran malah modeme erot sisan wkwkwk

SMP 3 Lembang said...

saya masih kurang pengetahuan masalah pemendek url kakalu ada yang mampir di chatbox pake short url saya sering parno untuk klik sob nggak tahu kenapa

perawatan ac said...

seep dehh dapet info terbaru disinii..langsung tak cubain sobb..!palagi blog ane panjang banget nihh makin mantep deh disingkat

Tomo said...

fitur baru makin oyee saja ini mas
aku dulunya juga bingung ngetweet kok ada dari file goo
ternyata oh ternyata dari google dan biasanya dari feedburner yang terintegrasi ke twitter

Uswah Islam said...

malam mas.
aku jarang memakai pemendek url dari google ini.
biasanya aku dari bitly

Hikmah Teladan said...

berkunjung malam membaca informasi baru disini.
google makin berbenah
kaya fitur dan banyak yang suka lagi

Boku no Blog said...

Bagus juga dan boleh di coba nich,..

Awaluddin Jamal said...

saya belum pernah nih melakukan yang namanya pemendekan url..

kalau boleh tahu gunanya apa mas ?

aryawan49 said...

wah bagus nih infonya... makasih sob...

Kode Shoutmix Premium said...

halo sob apa kabar ?
wedew cukup lama saya ga Ol banyak sekali perubahan dan kemajuan rekan² blogger.
hmm benar² letinggalan informasi
y wes tak coba dl fasilitas pemendek url dr google ini
Sukses Slalu!

amisha said...

slm kenal ya dj..blogx keren..

lomba berhadiah domain said...

Terimakasih informasi n tps ini. Saya langsung ke TKP, untuk mencobanya.
Salam kenal,Pak.
btw; ada domain .com gratis ditempat saya..

salamsayang.com said...

Ijin blog walking ya GAN

aneh unik gokil said...

blogwalking, nice info sob :)

mawardi said...

bagus tuh tipsnya

cara terbaru said...

kalo pake nanam bl dengan goo.gl bisa gak mas bro?

Labbay Modjo Lelo Idjas said...

Assalamualaikum wr.wb.
Permisi.

wah.
Ene nyasar lagi di blog nya mas ferdinand.
Tadi saya lagi cari-cari pemendek url.
Eh dak taunya dj-site, lagi nangkring di nomer 2 deretan mbah google.
Jdi tak klik ae wes, + penasaran sama penjalasannya.

Oh ya.
ngomong2 google kok ambisius banget ya mas.
Kok dari mulai mesin pencari google, jejaring sosial, maps, android ponsel, eh sampek pemendek url jga di sambat jga tuh.

Gimana tuh menurut mas nya sendiri.
Hhehehehe

Lukisan Modern said...

Terima kasih. info nya sangat bermanfaat buat Saya, udah lama tau tapi baru sempat pelajarin sekarng.. thnks ya...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian