Saturday, May 28, 2011

Google Chrome Dan Mozilla Firefox Berencana Menghilangkan Url Box


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Ehm, lagi pada liburan nie kayanya hhe... apa ada yang baru abis bangun tidur kali, buat siap-siap nyediain tenaga begadang nonton MU VS Barca nanti malem wkwkwk... Yupz, kaya yang anda semua tau, jam 2 dini hari nanti MU emank akan menghadapi Barca dalam putaran Final Liga Champions, dan banyak pengamat Bola dari seluruh dunia berpendapat bahwa Laga dini hari nanti akan menjadi Laga terbaik dalam Sejarah sepak bola, bahkan ada yang mengatakan bahwa ini adalah laga terbesar yang bahkan melebihi kontes apapun di planet ini haha... agak lebay sih emank, tapi klo dipikir-pikir ada benernya juga sih mungkin hhe... Secara Barca lini depannya keren-keren ya kan hhe dan MU gak perlu diragukan lagi punya lini belakang yang bisa dibilang paling kokoh dari pada Tim lain hhe... Jadi gak salah juga sih klo dibilang nanti malem akan jadi laga terbesar sepanjang sejarah wkwkwk...

Dan bukan hanya akan menjadi Laga terbesar dalam sejarah Sepak Bola, perkiraan saya Laga dini hari nanti juga akan Menjadi Laga terbesar di dalam Sejarah Perjudian Bola Dunia haha... *Plak kenapa? karena dari seminggu yang lalu tiap jalan kemana pun pasti saya ng'denger banyak orang sibuk tawar-menawar taruhan untuk Laga dini hari nanti, bahkan salah satu temen saya sampe bilang, bahwa Untuk laga kali ini taruhan terkecil bisa dipastikan adalah sekitar 2 Juta haha... Adakah diantara anda yang mungkin berminat menginvestasikan uangnya untuk Laga Dini hari nanti? klo saya sih gak deh haha... bukan masalah dosa atau yang ada sangkutpautnya sama urusan Agama sih *biarpun itu udah bisa dipastikan adalah dosa hhe, cuma dari pada buang-buang uang segitu banyaknya cuma buat taruhan bola, mending juga saya pake Jalan-jalan ke luar kota :D


Lha terus sampean dukung siapa toh kang nanti malem? klo saya sih kebetulan akan Dukung Manchester United di laga dini hari nanti hhe... Soalnya Red Devil's bisa dibilang adalah salah satu tim yang saya suka dari dulu wkwkwk... Gak perduli MU menang apa kalah, pokoknya untuk ntar pagi Teriakan GOL saya cuma buat MU lah haha...

Oiya, Gak cuma buat kita yang suka nonton bola, Laga dini hari nanti pun bisa dibilang merupakan Laga yang dianggap penting oleh Mbah Google, soalnya tepat dini hari nanti saat penayangan Final Liga Champions antara MU VS Barca, Mbah Google akan menayangkan Iklan Untuk Google Chrome-nya perdana dalam Iklan TV di Inggris. Iklan ini akan menemani pecinta sepakbola menyaksikan siaran langsung laga bergengsi antara dua penguasa Eropa, Minggu dini hari nanti :D ... Sebagai Informasi, untuk anda yang mungkin gak tau, Selama ini Mbah Google gak pernah mengiklankan dirinya dalam Iklan TV, tapi hanya dalam Iklan di media cetak dan Reklame, itu kenapa saya katakan Moment Final Liga Champions ini dianggap penting sama si Mbah hhe... :D

Skip...

Okeh, setelah sedikit ngomongin tentang Bola, saya mau ngajak anda untuk kembali ke inti postingan saya malem ini, yang juga akan menjadi inti Obrolan santai kita malem ini :D

Lha emank sampean arep ng'bahas opo toh kang? seperti judulnya kali ini saya mau ngajak anda ng'bahas tentang "Browser". Secara khusus, malem ini saya hanya akan membatasi Obrolan kita pada 2 Browser yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox, kenapa? karena 2 Browser itu mempunyai rencana yang sama dalam pengembangan Browser mereka kedepannya :) weh rencana opo toh kang? Eitz, buru-buru amat, mending kita bersulang dulu kaya biasa hhe... Cheeeerrrsss....(Glek...glek...glek...)...

Balik ke pertanyaan tadi, Apa sebenernya rencana 2 Browser itu kedepannya? Jadi, gini kedepannya untuk memberikan tampilan yang lebih simple dan gak buang-buang space, Google Chrome dan Mozilla Firefox berencana untuk membuang kotak Url/ alamat yang mereka sematkan dibagian tengah atas Browsernya masing-masing dengan menyembunyikannya. Jadi bukan dibuang dalam artian gak disediakan Url Box lagi, tapi dibuang dalam artian menghemat space dalam Layar Desktop. Bingung ya? gini deh biar gak bingung saya kasih Screen shootnya aja ya? hhe...

Nah Gambar diatas adalah gambar yang saya dapatkan, yang rencananya akan jadi penampakannya Google Chrome Versi 13, tapi itu bukan gambar detailnya melainkan hanya gambar Versi Canary (versi awal yang ditujukan bagi para developer). Tapi paling nggak dari gambar diatas saya yakin anda udah bisa sedikit membayangkan apa yang saya maksudkan dengan menyembunyikan Url Box itu tadi hhe...

Kotak itu baru akan terlihat kembali bila pengguna mengklik salah satu tab. Namun, kotak alamat itu akan kembali hilang saat pengguna tidak mengetikkan alamat baru atau mengarahkan pointernya ke tempat lain.

Nah, klo gambar ke-2 diatas, adalah penampakan yang sebenernya udah bisa anda nikmati klo anda udah menggunakan Mozilla Firefox 4, kenapa? karena untuk Versi 4 yang sudah bisa dinikmati saat ini dan versi 5 yang dapat anda nikmati Mendatang, Mozilla Firefox telah menyediakan Add-ons bernama LessChrome HD yang mampu menyembunyikan seluruh toolbar di bawah tab - termasuk kotak URL - , saat semua tools itu sedang tidak kita digunakan. Toolbar itu baru akan kembali terlihat, saat pengguna menggerakan kursor ke arah salah satu tab, atau saat beralih ke tab lainnya. Ya, hampir-hampir sama kaya Google Chrome lah hhe... cuma bedanya klo Google Chrome akan langsung ditanam dalam Versi mendatang, sedangkan Mozilla Firefox baru menyiapkan Add-Ons nya dan belum berencana menanamkannya secara permanent :D

Hem... hilangnya kotak URL untuk 2 browser ini, bisa dibilang adalah sebuah evolusi yang penting di dunia peramban, sejak kemunculan pertama browser Mosaic. Soalnya biarpun terdengar cukup revolusioner, pada kenyataannya URL emank cuma diperluin ketika pengguna hendak menuju situs web tertentu kan, dan setelah pengguna berada di situs yang dituju, kotak alamat ini sebenernya emank udah gak dibutuhin lagi hhe...

Cuma yang perlu diperhatikan menurut saya adalah ketika pengguna gak melihat alamat URL dari situs yang ia kunjungi, risiko bagi pengguna untuk terpapar bahaya dari laman web berbahaya bisa jadi akan meningkat. Soalnya, User yang bersangkutan dapat lebih mudah menjadi target phishing (jebakan link berbahaya) kan? hhe... itu yang sebaiknya menjadi Fokus utama Para Developer pengembang 2 Browser itu sebelum merealisasikan rencananya menurut saya :D

Oiya, sebagai tambahan Mozilla Firefox 5 Beta udah bisa anda Download klo mau, soalnya Pihak Mozilla sendiri justru menyarankan anda yang masih menggunakan Versi 4 untuk beralih ke Versi 5 beta terlebih dahulu sebelum benar-benar Migrasi ke Versi 5 :D entah apa sebabnya? cuma sebagai user pasti anda juga sempet menanyakan Suportnya Add-ons untuk Versi 4 yang agak aneh kan? hhe... ya mungkin itu salah satu sebabnya :)

Terakhir, selamat menyaksikan MU VS Barca dini hari ini...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N have a Nice Weekend... :D


14 komentar:

Adit Mahameru said...

OOT: aku juga pegang MU..Glory Mumun....Glory...

pakde sulas said...

bila memang rencana itu direalisasi, sedang keamanan pengguna menurun, maka ini disebut kemunduran

DikMa said...

wah, asyik nih ceritanya
kemana-mana ...
ayo, jagokan mana BARCA or MU ..?

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Adit Mahameru : Ntar dulu, perasaanku Glory tuh Lagu buat Barca deh haha... yo wes lah pokoknya kita samaan megang MU haha.... Aku yakin Barca gak bakalan menang mudah :D MU kayanya yg akan ngangkat Trofi lagi wkwkw...

@ pakde sulas : Itu yg masih jadi Kendala Pakde, makanya tak bilang semoga aja Pihak Developernya ikut memikirkan itu juga hhe...

@ DikMa : Haha... postinganku kan emank selalu kemana2 wkwkw... kaya yg kutulis diawal aku dukung MU :)

Ladida Cafe said...

waah , browsernya jadi makin keren yaah. .

tadi saya comment ga masuk apa gimana yah??

Ladida Cafe said...

tuh kan, bisanya kalo pake form klasik . .

pantesan tadi gagal keduaxx . .

Gaphe said...

Awrrr... ini ketiga kalinya saya komen.. Gagal mulu. hiks..

soal bola,
saya nggak ngikutin.. lah wong nggak punya tipi. hihihi..

soal google chrome sama mozilla, untung ilang sementara.. tadinya sempet mikir lah trus ntar gimana kalo mau browsing ngetik alamat..

kalo segi tampilan, jadi lebih simpel, gak banyak tembelan.

met malem mingguu aja deh ^_^

sichandra said...

aku pegang Barca

mengenai browser , aku ngikut mozilla aja daah

Anonymous said...

Wah keren2... sekamat berkarya terus buat google crhome sam mozila.., teima kasih selama ini udah ngbantu saya garap tugas (Curhat Hehehe) ^^

r10 said...

kalau ga bisa lihat alamat url bisa bahaya tuh salah masuk situs (phising)

Nedzork said...

iya setuju saya cak, jadi gampang nih main phising kalau urlnya disembunyikan :D

Diah Alsa said...

laaahhh, koq malah kelihatannya jadi nyusahin yaa klo tanpa kotak URL itu??? -___-

alkatro said...

malah bisa binun yo pak kalo url box ilang -termasuk ane-
aku jagoin barca.. -lupa ini udah siang- wkwkwk

TUKANG CoLoNG said...

dapet aja lu info baru yang ga orang lain dapet..

btw, Mbarca menang.. :(

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan