Monday, May 9, 2011

Thank's Amy, I Love Indonesian Too...


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Huaaahhhh...... Kangen Euy, udah lama gak Blogging haha.... :D Apa kabar nie semua? semoga anda semua tetep dalam keadaan sehat 'N semangat... Ehm, ada yang kangen ama tulisan ngawur saya apa gak ya? hho... *Meja ama kursi pada terbang... Ng'ko sik kang, lha emank sampean ki nyandi ae toh kang? lha koQ baru nongol lagi toh? wes... tenang-tenang, pasti saya jelasin koQ haha... :D

Eum, klo dibilang males Blogging sih nggak, soalnya 2 minggu terakhir ini, saya justru punya banyak banget cerita yang mau saya tulis di Blog ini hhe, dan klo dibilang sibuk pun juga nggak, soalnya 2 minggu ini kerjaan saya malah cuma nyantai sembari menikmati Indahnya Indonesia :D Especially, Indonesia Bagian Agak ke Timur sana... Ada yang bisa nebak saya kemana? haha... klo tebakan anda Papua, maaf banget tebakkan anda salah, soalnya saya gak jadi mendarat disana biarpun rencananya ampe sana juga hhe... :D lha klo bukan papua, terus sampean ki kemana toh kang 2 minggu ini? Jawabnya ntar aja ya, ditengah-tengah postingan hhe... yang pasti keberadaan saya ditempat ini yang memaksa saya untuk gak Blogging selama 2 minggu kemaren, kenapa? karena Sinyal Modem Flash saya ilang seketika ditempat ini, dan untuk bisa Blogging saya mesti turun gunung 'n ke pulau lain dulu yang lebih rendah, padahal sinyal Simpati saya di HP bener-bener Full dan bisa dipake cuma herannya sinyal Modem bener-bener musnah kaya lagunya Andra 'n The Backbone :P ... jadi, boro-boro mau nulis postingan, buka Blogger.com aja gak bisa haha...

Lha terus Amy ki sopo toh kang? lha koQ iso sampe dijadiin judul postinganmu toh? Eum, sebelum saya jawab gimana klo kita bersulang dulu? udah lama banget nie soalnya saya gak bersulang bareng anda semua haha... Cheeeeerrrsssss.... (Glek...glek...glek...)... *terserah lah mau minum apaan

Balik lagi ke pertanyaan sebelumnya, Siapa itu Amy? Eum, klo anda kira Amy itu orang yang saya temui ditempat saya berada kemaren *Dimana toh? ntar aja ngasih taunya haha... dan anda bahkan ngira dia adalah orang Indonesia, saya mesti minta maaf ke anda yang berpikir demikian, karena tebakan dan perkiraan anda kali ini salah. Terus siapa itu Amy? Bisa dibilang dia yang akhirnya ng'buat saya mendarat di tempat itu untuk kedua kalinya, karena sebelumnya saya udah pernah ke tempat itu biarpun udah lama banget hhe... untuk alasan apa saya dan Amy ada ditempat itu lagi? alasan kerjaan untuk saya dan alasan Tesis untuk dia (Amy). Kebetulan Amy adalah wanita berkebangsaan Swiss yang kuliah di Oxford University *klo saya gak salah itu salah satu Kampus terkenal di Inggris, Terus ngapain dia di Indonesia? kebetulan Amy sedang melakukan penelitian di Indonesia untuk keperluan Tesis S2-nya, cuma Gobloknya saya gak nanya Amy ngambil Jurusan atau Fakultas apa, jadi saya gak tau dia meneliti tentang apa hhe... Tapi, klo boleh menyimpulkan, saya rasa dia Ngambil semacam Fakultas FISIP dengan Jurusan Hubungan Internasional klo disini, soalnya selama nemenin dia disana saya lebih banyak ng'liat keperduliannya dalam hal kemanusiaan dan kadang dia juga nanya-nanya tentang Pemerintahan.

Terus gimana akhirnya saya bisa kenal dan pergi ke tempat itu bareng Amy? cukup simple, karena sebelumnya Amy pernah ada urusan kerja ama si Bozz dibidang Graphic Design *gak tau deh ngapain haha, dan karena si Bozz tau klo saya pernah kesana, akhirnya beliau ngasih izin saya untuk kesana lagi soalnya ini masih menyangkut Klien-nya kata dia haha... :D dan tanpa pikir panjang, saya langsung menjawab iya untuk kesana lagi sebagai Guide hhe...

Nama tempat itu Alor, untuk yang gak tau atau bahkan baru sekali denger nama Alor, itu adalah salah satu Pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satu Wilayah yang klo di Peta atau Atlas masih masuk ke Wilayah Indonesia Bagian Tengah, cuma karena menurut saya tempat itu lumayan jauh juga, dan orang-orang disana lebih suka disebut sebagai Orang Timor, Jadi, saya kategorikan termasuk Indonesia bagian timur aja lah biar gampang haha... :D

Kaya yang tadi saya bilang, Sebelumnya saya emank udah pernah ke Alor dan beberapa daerah di Provinsi NTT ini, cuma udah agak lama sih hhe... dan waktu itu emank bener-bener buat Liburan :D kenapa? karena klo anda nanya ke saya mana Tempat dengan pantai dan pemandangan laut paling Indah di Indonesia, saya gak akan jawab Bali, karena saya lebih suka pemandangan laut di Sulawesi Utara dan NTT hhe.. :D gak percaya? silahkan buktiin sendiri atau tanya ke mereka yang udah pernah kesana, Especially NTT :D dan klo ada yang bilang Indonesia itu Taman Eden-nya Bumi, 100% saya setuju sama ungkapan itu karena buat saya gak ada tempat yang gak Indah di Indonesia... :D

Tapi bukannya NTT itu daerah yang Gersang toh kang? kata siapa? kata TV? klo dibilang disana itu panas, saya akuin itu, biarpun gak semua daerah di Provinsi itu panas, tapi Cuaca disana emank lebih ekstrim dibanding di Jakarta klo untuk urusan Panas di siank hari *padahal Jakarta udah puanasss banget haha... tapi klo dibilang Gersang, saya kurang setuju sama pendapat itu, emank sih ada beberapa wilayah disana yang emank bener-bener gak punya kekayaan alam sama sekali karena daerahnya cuma ada batu dan batu doank dan klo mau dibantu saya rasa wilayah-wilayah itu layak untuk dibantu dan diberikan suntikan dana untuk kemajuan masyarakatnya, tapi dibeberapa wilayah, saya bisa bilang, mereka punya Kekayaan Alam yang luar biasa. Pernah anda denger istilah Pohon Emas? dulu banget sebelum nginjek Tanah Timor satu ini, saya gak percaya ada Pohon ngasilin Emas, tapi waktu ng'liat ada Emas numbuh di Provinsi ini Especially di Pulau Alor dan Pura, saya cuma bisa bengong sembari nepok-nepok pipi sendiri, kenapa? karena disana Emas bukan didapat dari hasil mencarinya disungai-sungai dan memisahkannya dengan pasir, tapi Murni nungguin emas-emas itu tumbuh dan tua baru dimanfaatkan... Masih mau bilang Tuhan gak menganugrahkan kekayaan untuk negri ini? :D menurut saya, Tuhan justru ngasih kekayaan yang luar biasa banyak untuk negri ini, cuma yang jadi masalah, pemerintah pusat kita lebih milih menyerahkan Kekayaan alam itu kepada pihak asing dengan alasan lebih menguntungkan yang ujung-ujungnya negara kita yang justru dirugikan karena satu-persatu kekayaan alam kita abiz dimiliki pihak asing.

Balik lagi ke Alor, dimana anda bisa menikmati pemandangan laut yang Indah didaerah ini? banyak sih sebenernya cuma klo untuk urusan Diving, silahkan menuju Pulau Pura :D dijamin gak nyesel, soalnya banyak Warga Negara Austalia yang Diving disana dan bahkan saking Cintanya sama Alor mereka gak mau pulang ke Negaranya dan lebih milih untuk jadi Guide Bawah Laut klo ada yang mau Diving disana hhe... :D selain di Pura anda bisa menikmati Indahnya Laut di Pantai Mali...

Hampir semua daerah di Propinsi satu ini luar biasa Indah menurut saya, ya biarpun yang diketahui banyak orang dari Provinsi NTT cuma Pulau Komodo-nya sih hhe... dan, layaknya kita disini, merekapun makan nasi koQ biarpun kadang menunya ganti "Jagung Bose" sih, cuma untuk anda yang gak suka Ikan dan Sea food kaya saya anda mesti siap-siap nyari Rumah makan yang ng'jual lauk lain atau paling nggak anda punya persediaan Indomie lah, soalnya di NTT tiap hari semua orang cuma makan Ikan GUBRAK!!!... dan waktu pertama kali ke NTT dulu saya mesti puasa terpaksa seharian penuh, karena dari kecil saya gak bisa makan Ikan atau Seafood haha...

Tapi dari sekian banyak daerah di Provinsi NTT, ada satu daerah yang makanan pokoknya paling Unik sendiri, dan klo saya kasih tau apa makanan pokok mereka, anda pasti kaget haha... sama kaya saya yang juga bener-bener Shok waktu dulu berkunjung ke daerah satu ini :D

Mau tau gak makanan pokok mereka apaan? Bukan nasi, bukan Sagu, bukan pula Jagung, kentang atau makanan berkarbohidrat lainnya, melainkan "Gula Merah", dan daerah itu adalah Pulau Rote (ada yang nyebut Roti). Emank kenyang apa? awal-awal kesana dulu saya juga sempet nanyain hal yang sama ke orang-orang disana, cuma setelah nyoba makan satu Buah "Gula Merah" sebesar telapak tangan saya klo gak salah cuma dia bentuknya cuma setengah lingkaran, saya udah gak nanyain kadar kekenyangannya lagi, karena dari pada disuruh makan Ikan, saya lebih milih makan "Gula Merah" seharian hha... Sumpah kenyang banget gak tau apa yang ng'bedain Gula Merah disana sama disini, tapi Gula Merah disana emank gak bikin Gigi sakit sama sekali dan untuk urusan kenyang, makan 2 biji juga dijamin sanggup aktivitas seharian haha... :D

Itu kira-kira yang bisa saya jelasin tentang Provinsi yang udah saya kunjungin 2 kali ini... Balik lagi ke Amy, pas sampe sana ada satu pertanyaan yang saya ajuin ke dia, yaitu Apa yang membuat dia memilih Indonesia untuk urusan Risetnya ini? dan tanpa saya duga sama sekali, dia mengatakan kalimat ini sebagai Jawabannya:

"Saya Cinta Alor dan daerah lainnya disekitar Alor, saya sudah satu Tahun di daerah ini dan biarpun gak ada Listrik And Very darkness here saya sungguh Cinta Indonesian"

Dan ng'denger jawaban itu, rasanya saya pengen bener-bener ng'luarin air mata karena ada Warga Negara lain yang justru mencintai Bumi Pertiwi ini lebih dari pada Warga Negara Indonesia sendiri, cuma karena lagi-lagi susah banget buat saya untuk nangis, jadi akhirnya sembari senyum saya cuma ng'lanjutin kata-kata Amy dengan bilang

"Thank's Amy, I Love Indonesian Too..."

Dan yang paling bikin saya bener-bener Shok adalah waktu Amy ngomong bahasa pura sama penduduk disana, yang klo boleh saya bilang itu bahasa yang paling susah yang pernah saya denger, soalnya gak ada satu pun kata-kata yang saya pahamin haha... But, Amy ternyata lancar berbahasa Pura, gak heran sih soalnya dia udah satu tahun di sana... dan dibandingin saya, Bahasa Indonesia Amy bisa dibilang lebih baik dan lebih sopan.

Beberapa hari disana dan merhatiin kegiatan Amy, saya sempet nanya ke dia, kenapa dia gak pernah nyetet atau ngetik apapun padahal kan dia lagi Riset? hhe... dan dengan enteng Amy cuma Ng'jawab, karena disini Listrik cuma ada Siank hari dan itu pun dengan tenaga Surya, jadi klo mau nyalain Laptop dan Ngetik ataupun Online dia harus turun ke wilayah yang punya Listrik dan sinyal lebih bagus *pantesan saya gak bisa Bloggging disana haha... dan waktu saya tanya lagi, koQ mau-mau-nya dia tinggal di daerah yang gak ada Listrik dan Sinyal Internet kaya gini, dia cuma jawab, saya suka tempat ini *pake bahasa Inggris tentunya hhe...

Dan setelah kurang lebih 2 Minggu disana, akhirnya kemaren malem kita berdua balik lagi ke Jakarta, itu kenapa malem ini saya bisa Blogging dan nulis lagi di Blog ini, oiya hampir lupa, untuk anda yang mau naek Kapal Laut, dari Jakarta ke Alor perjalanannya ditempuh selama 2 Minggu karena dulu waktu pertama kali kesana saya naek Kapal Laut, tapi klo naek Pesawat anda hanya butuh waktu 8 Jam.

Cuma sayang, Amy mesti langsung balik ke Swiss, karena dia udah kangen banget ama Keluarganya katanya, dan abiz itu dia mesti buru-buru ke Inggris lagi untuk ng'rampungin Tesisnya dan mendapatkan Gelar S2 di Oxford University. Dan satu hal yang bikin saya kaget, ternyata Penelitian Amy di Indonesia, sepenuhnya dibiayai sama Kampusnya, So dia emank gak ng'luarin biaya apapun untuk kesini.

Mungkin, lain kali saya bisa ketemu lagi sama dia hhe... sebenernya sih saya pengen banget majang Foto-foto saya bareng dia disana, cuma berhubung semua foto ada di Pocketnya Amy dan Gobloknya saya gak punya inisiatif untuk minta No. HP yang biasa dipake sama dia di Negaranya ataupun Alamat Emailnya, So maaf banget klo gak ada Foto yang bisa saya kasih liat ke anda hha... dan semoga dengan Deskripsi yang saya ceritain ini anda bisa sedikit membayangkan keadaan disana tanpa foto yang bisa anda liat hhe... atau klo anda masih penasaran sama bentuk dari Pulau Alor atau Provinsi NTT, silahkan Searching aja lah di Mbah Google, soalnya gak mungkin tempat seindah ini gak ke detect sama Mbah Google hhe.. :D

Terakhir, saya cuma pengen Ng'doa'in agar Amy bisa Lulus dari Study S2-nya di sana :D AMIN... Thank's buat pelajaran Nasionalismenya Amy... I Love Indonesian Too :D

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have a Nice Day... :D


29 komentar:

Ami said...

Namanya beda tipis ma aku hehehe... tapi belum pernah ke Alor

cerita dewasa hot mama said...

Sukses buat amy dan selamat berkarya buat lainnya!

tito Heyziputra said...

woowwww..
bisa kenalan sama amy, orang yg rasa sosialnya tinggi, bule cew lagi,, wkwkwk
enak bener jadi guide,, pekerjaan yg menyenangkan.
:ngiri....

p. alor, sering banget denger waktu blajar IPS d sd, sering gambar petanya.. tapi sampe skrang blum kesampean maen2 ksana,, hhe

DJ Site said...

@ Ami : Hho... iya yach, cuma beda i ama y doank nama kamu ama si Amy wkwkwk... Hem... klo dikasih kesempatan kesana mending bilang iya aja hhe.. keren banget tempatnya...

@ cerita dewasa hot mama : Aku juga punya harapan yg sama Sob... Sukses juga untukmu..

@ tito Heyziputra : Huahaa.... Guide sekali untuk selamanya kayanya Sob.. soalnya itu karena disuruh si Bozz aja, tapi klo ada yg nawarin buat jadi Guide lagi gak aku tolak koQ haha... Bukan Cuma Cewe Cantik yg punya rasa Sosial yg tinggi sob, tapi juga bule yg lancar berbahasa Indonesia dan Bahasa Daerah sana hhe...

Hem.. waktu SD guruku malah gak pernah nunjukkin Peta Alor Sob haha... klo nanti berkesempatan kesana jangan disia2in Sob, Soalnya keren banget tempatnya, klo disuruh ng'bandingin sama Bali, berhubung sekarang Bali lumayan kotor jadi menurutku Indahnya 4x dari Bali hhe.. :D *Peace untuk orang Bali... Bali juga Indah koQ... :D

W i e d e s i g n a r c h said...

wah beruntung sekali bisa kenal dan merasakan sendiri pengalaman berbagi dengan äwam" yang pastinya masih dibekali keluguan dan sensasi sendiri untuk mengenali Indonesia ini... ^_^

kayaknya pengalaman ini seru banget yah... jadi pengen rtahu tempat2 yang dituliskan itu .... ^_^

Call me Batz said...

wah tempat yang bagus..aq pingin banget ke indonesia timur namun belum kesampaian..sayang ga ada foto2nya ya..

dee said...

bacanya belum selesai :)
ke senggigi enggak? picnya dong dipajang!

narti said...

bawa pulang bibit pohon emas-nya enggak?
*emang boleh bawa pohon kalau naik pesawat?
hehe...baru denger sih

mungkin yang tanahnya terlihat gersang itu ada tambang emas atau minyak bumi :)

sda said...

wakakak 2 minggu kalau pakai kapal laut? haduh...keburu boring kali...
apalagi kalau bawa anak2
kalau sendiri (pergi bujangan) ya pasti lebih enjoy.

RG said...

Mas Fer, bikin artikel ini dalam bahasa Inggris, semoga Amy membacanya. (eh, tapi Amy mah pinter bahasa Indonesia yah?)
semoga suatu saat ketemu lagi, paling tidak kontak by email.
*berharap n berdoa

Eh, nanya boss aja, kan rekan kerja, mesti tahu alamatnya :)
*masih berharap ada photonya yg mejeng disini.
abis cuma 1 sih photonya :(

fb said...

Banyak pohon cendananya enggak NTT?..

Tengku Khairil Ahsyar said...

makasih sob udah berkunjung, neh kunjungan balik... salam sukses selalu...

angga7 said...

wah keren ceritanya, pergi ke alor dan berpetualang melakukan penelitian, asik bro :D

Gaphe said...

manaaa fotonyaaa??
#nagih.

hahaha.. saya cuman pernah dengar kalo Alor tuh di Indonesia Timur.. tapi belom pernah kesampaian kesono... besok deh, kalo ada duit dan yang ngajakin gratisan.. ataau, Amy mau nyeponsorin saya?. hehehe.

yaa maklum kalo nggak ngeblog selama 2 minggu.. listrik aja byar pet gitu..

tapi sekarang dah balik ke peradaban kan?. ditunggu oleh-olehnyaaa *plaaak

windflowers said...

wis....keren pokoke..asik banget tuh, bisa jalan sm yg gi penelitian..ah, indonesia emang keren bangettt..mpe bs dicintai sm amy..masa kita ga cinta indonesia jg..?heheh..

sayang, ga ada foto pohon emasnya ya fer..hehehe..

tiwi said...

asswrwb...yuhuu Ferdinand, enak bgt nih yg abis jalan2..^_^, aku blm pernah ke NTT, stlh baca postinganmu rasanya suatu saat pengen liburan jg ke sana, liat emas yg numbuh itu??? amazing!!, betapa kayanya Indonesia, tp betapa miskinnya pengelolaannya..! fiuuuhh, btw postingan ini bagus banget buat ngingetin org2 Indonesiakaya bgt SDAnya, aku mau share ke FB tp gak nemu link utk sharenya ya??, aku share manual ke FB blh gak?? naruh linkmu nih...heheh, tnx ya kl blh..heheh

tiwi said...

eh aku udah nemu, lngsg aku share ya...^_^, tnx...

Ajeng Sari Rahayu said...

Mas DJ beruntung sekali, saya yang kemarin ketemu bule istilahnya yang jadi pembicara di seminar ngomongku kaku banget, huaaaaaaaaaa T.T

lha ini mas DJ nemenin Amy di Alor, ngobrol ini-itu, banyak yang dikisahkan pula >.<
kalau masalah gula, ya logikanya sih kayak kurma. Di zaman Rasulullah dulu kan ndak ada nasi tho, roti juga jarang. Tapi makanan pokoknya kurma, sementara kurma sendiri manis, gula merah juga manis tho? hehe, penasaran deh ama tuh gula. pasti legitnya beda :D


salah satu keinginanku tu pengen deh mas, ngrasain pertukaran mahasiswa/i dengan universitas di luar negeri sana. pengen ngrasain gimana sih orang luar sana mandang kita, trus juga berbagi pengalaman dengan mereka.


ah, ndak boleh kalah sama Amy. dia aja bahasa Pura bisa, bahasa Indonesia lancar, masa bahasa Inggrisku kaku?! harus lebih semangat >.<

IbuDini said...

Toss dulu kalau gitu.

Wahh iya nich lama sekali gak ada kemunculan...ternyata jalan2 tho.
Indah dan pasti menyenangkan tentunya....saya dan suami juga udah ada rencana jalan2 tetapi didaerah jawa tentunya hanya saja waktu belum pas karna planing yang awal meleset.

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Kang,
maaf telat,sebenarnya tadi malam sempat ngececk update ini lewat hape maklum dari perjalanan ke Malang pas makan liat ada update Dj Sites langsung pencet ke sana, tapi apa yang terjadi ? kalo masuk DJ Site pake hape pasti ada peringatan semacam gini, anda menuju web yang mungkin tentan gpornografi, perjuadian dan malware entahlah saya juga ndak ngerti tentang ini. (mungkin sampean perlu memberikan penjelasan dalam postingan tersendiri tentang ini)
....
tentang ke Alor, ini pasti tugas negara dari si boss, manteb banget tugas langsung ke daerah Alor yang saya sendiri sangat mengaggumi walo belum pernah ke sana. dari penayangan TV tentu masalah kegersangan, tapi kearifan lokal dan keindahan asli yang diberikan Alloh swt. Bahwa setiap jengkal bumi yang diciptakan selalu memiliki kelebihan walo keliatan gersang tapi potensi lain sangat luar biasa bagi yang mau merenung. Saya juga setuju Kang, daerah timur indonesia kemakmuran dan kekayaannya justru diberikan pihak asing. Terlalu.
Ngomong-ngomong, rambut orang alor sama keritingnya kan ? wwkwkwk

Noeel-Loebis said...

salut sama amy... miris juga dengernya di saat nasionalisme jadi barang langka di negeri ini....

alkatro chrome said...

wooww, asyik bener tamasyanya pak, kok gak ngajak -ngajak :D
hmm ane jadi inget masa lalu :"..."

lha oleh-olehnya mana.. -glunthang - wkwkwk

met makan siang pak ..

DJ Site said...

@ W i e d e s i g n a r c h : Yupz, lebih tepat dikatakan beruntung sih kayanya hhe... Biarpun aku belum pernah bener2 ngelilingin Indonesia dalam arti ngunjungin Provinsi atau pulaunya satu persatu tapi paling nggak dari beberapa Wilayah yg pernah kukunjungin aku jadi tau klo Gak Cuma Bali yang bisa dibanggain dari Indonesia, karena masih banyak daerah lain yg jauh lebih Indah dari Bali Justru, yg sayangnya kurang dikenal banyak orang :D

Hem.. klo ada kesempatan berkunjung kesana, silahkan mampir ke beberapa tempat yg sempet kuceritain Sob..

@ Call me Batz : Yupz, emank tempat yg bagus :D semoga suatu hari bisa sampe disana juga ya Sob... Iya nie, Fotonya gak sama aku soalnya hihi..

@ dee : klo kemaren aku gak sempet ke Senggi mbak soalnya yg mau diteliti bukan di daerah situ, tapi waktu kunjungan pertama dulu aku udah sempet kesana :D Hem... klo udah dapet aku pajang deh Fotonya :D

@ narti : Itu Ndak ada Bibitnya Mbak, aku jg ndak tau proses tumbuhnya itu gimana, tapi klo untuk dibawa pulang, klo bukan orang yg berkepentingan gak bisa asal minta dan bawa pulang kecuali sang pemilik yg ngasih, soalnya klo pun dibawa pulang yg ada ng'datengin petaka sama yg bawa, maklum adat dan budaya yg berbau Mistik masih kental disana :D malah aku pernah diceritain ada yg ng'jual tanah leluhurnya aja besoknya langsung meninggal

@ sda: Apaan lebih Enjoy? yg ada ampe mebok Ng'liat laut mbak haha.. lha wong 2 minggu cuma diatas kapal hha..

@ RG : Justru aku pake Bahasa Indonesia karena aku tau Amy ngerti apa yg kutulis hhe.. biarpun untuk ngucapinnya kadang dia masih mikir dulu, tapi klo dia ng'denger kita bicara atau ng'baca tulisan kita dia paham koQ...

Aku udah tanyain koQ, cuma sayangnya Rekannya tuh Temennya Amy bukan Amy-nya, dan sayangnya jg rekannya Amy itu lagi Berlayar ke Arab So masih agak lama kayanya untuk bisa ngubungin AMy lagi hihi... nanti klo udah dapet fotonya aku pajang ya..

@ fb : Banyak banget Sob.. :D malah itu salah satu Souvenir yg paling terkenal disana soalnya wanginya gak ilang2..

@ Tengku Khairil Ahsyar : Sukses juga kawan..

@ angga7 : Makasih Sob... klo Asik sih gak usah ditanya lagi pasti Asik haha.. :D

DJ Site said...

@ Gaphe : Sabar Bozz, klo udah ada pasti dipajang haha.. Nyari Amynya dulu ya saya..

Yess... kali ini gantian gw yg nyeritain Jalan2 haha... klo ada yg nyeponsorin lagi aku juga gak nolak Sob..

Jiah... Boro2 bawa Oleh2 orang Oleh2 dari sana cuma sejenis Ikan semua, aku kan gak makan Ikan yg jadi gak ada yg kubawa haha..

@ windflowers : Yupz, Indonesia Emank Keren Mbak hhe... klo Foto Pohin Emasnya kebetulan aku juga gak sempet moto Mbak hhe...

@ tiwi : Walaikum salam Mbak, Wajib kesana Mbak klo ada kesempatan, apalagi klo untuk ng'rayain Ulang Tahun pernikahan haha... suasana cocok banget buat Bulan Madu ahha... Silahkan klo mau di share Mbak :D

@ Ajeng Sari Rahayu : Jujur aja, aku malah gak ngerti Grammer atau susunan katanya Jeng klo untuk Bahasa Inggris, cuma karena keseringan ngomong ama orang2 Bule pake Bahasa Inggris jadi Grammer malah jadi gak penting untukku hhe... Maklum aku gak pernah Kursus Bahasa Inggris dari kecil

Hem.. mungkin juga bisa disamakan dengan Kurma ya Jeng... Semoga suatu saat keinginannya tercapai ya Jeng... akupun pengen ng'lanjutin Sekolah ke Korea klo kesampean haha..

@ IbuDini: hihi.. Tos Mbak... Iya nie Refreshing dikit Mbak, Wah mau jalan2 ke Indonesia nie Orang Sebrang wkwkwk... klo sampe Jakarta kita Kopdaran ya Mbak

@ Djangan Pakies : Walaikum Salam Kang, Gak cuma pake HP sebenernya Kang, pake PC pun bisa aja terjadi hal yg sama hhe... soalnya masing2 ISP punya cara sendiri untuk Ng'block konten pornografi dan lainnya, ada yg ng'blocknya melalui nama situsnya langsung tapi ada juga yg ng'blocknya lewat kata tertentu yg klo suatu situs mengandung kata yg mereka anggap perlu di block akan diberikan peringatan seperti itu... sama kaya Mbak Narti g waktu itu gak bisa ng'buka postinganku yg ada Judul Pornografinya, klo untuk Virus aku jamin aman koQ kang soalnya Blog ini masih kategori Good koQ di toolbarnya Norton, nanti klo sempet aku buatkan postingannya tersendiri deh hhe...

Bener katamu kang, orang disana Bener2 Ramah2, dan bener juga katamu bahwa setiap tempat pasti diberikan karunia alam dan kekayaan yg beda2 :P

Hayah Rambut mneh haha... podo kang sama Rambutku haha..

@ Noeel-Loebis : Sayangnya, Nasionalisme emank jadi barang langka sekarang

@ alkatro chrome : Hayah... aku ae diajak pak haha.. klo aku yg pergi sendiri sih aku tak mampir ke kotamu buat bareng2 kesana wkwkwk

Oleh2nya Ikan semua, dan berhubung aku gak makan Ikan jadi ndak aku bawa hhaa..

Zan Insurgent said...

kedengarannya daerah sana sangat eksotik jadi pengen kesana #itupun kalo punya uang lebih buat traveling...

kayaknya adayg kurang brader... foto2 daerah sana mana nih... :D

DJ Site said...

@ Zan Insurgent: hem.. emank Eksotik Brow... pokoknya gak akan Rugi kesana :P AMIN semoga dapet uang lebih untuk Traveling kesana ya Sob..

Makanya diparagraf terakhir aku kasih penjelasan Brow hhe... :P soalnya Foto2nya di Pocketnya Amy bukan di punyaku hhe.. :D

narti said...

makasih banyak penjelasannya.
bener kalau dibuat artikel bisa 3 artikel lagi nih untuk menjawab pertanyaan teman2.
disana masih mistis banget ya? adatnya masih kental.
antara mitos dan karunia Allah :)

ditunggu majang photonya ya :)

Munir ardi said...

maaf sob lagi terkapar dengan diagnosa thypus kecapaian nih kayaknya sekarang udah nggak terlalu pusing kalau duduk jadi maksain dikit untuk menengok blog-blog kesayangan aku setelah seminggu lebih tidur aja, btw pemandangannya indah ya sob pulau Rote

Ajeng Sari Rahayu said...

Kenapa ke Korea mas? ahhh, penasaran >.<

apa ada hubungannya ama hacker?? mas, justru itu bagusnya, Bule kan ngomong nggak berdasarkan gramer, bayangkan aja kalo kita ngomong ke Bule dengan susunan S+to be+V-ing dsb...semua rumus gramer dipake, nah apa nggak kewalahan kita nya? buruan ditinggalin tuh Bule yang ada :D

jadi tipsnya piye mas? ben lancar ngomong??? emaille sampean opo tho?

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian