Friday, June 17, 2011

Bukan Karena Terpaksa, Tapi Karena Kecintaan [Menjawab Pertanyaan Tentang Ngeblog]


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Gak terasa udah Friday aja haha... :) dan besok kita udah sampe di akhir pekan lagi, hhoo senangnya *dasar pecinta libur Okeh, setelah kemaren saya sempet share sebuah buku Bestseller yang berjudul Negri 5 Menara untuk memenuhi janji saya kepada anda semua :D pagi ini saya kembali mau menjawab sebuah pertanyaan yang beberapa minggu lalu sempat ditanyakan seorang blogger kepada saya... pertanyaan yang menurut saya gak akan punya jawaban pasti, karena lebih mengarah ke pandangan Subjektif masing-masing yang pastinya akan selalu beda klo ditanyakan kepada orang lain lagi hhe... :D

Lha emank pertanyaannya tuh opo toh kang? Ada 2,

Yang pertama dia nanya gini: Kang, sampean iki apa ndak capek toh ngurus blog banyak-banyak? aku seng ndue satu blog ae wes kewalahan kadang... lha sampean seng Ndue Blog akeh koQ santai-santai ae toh?

Yang kedua dia nanya gini: Emank sampean ini sehari ngabisin waktu berapa belas jam toh buat Blogging? *gila kapan gw punya waktu belasan jam buat Blogging? haha...

Gimana? ada yang mau bantu saya menjawab 2 pertanyaan itu? haha... saya yakin lah beberapa diantara anda gak hanya punya satu buah Blog :D pasti ada beberapa blog biarpun yang diurus hanya salah satunya... Yupz, sama begitu juga dengan saya hhe... Jadi? ada yang mau bantu jawab gak nih? haha... Okeh deh saya dulu yang jawab, ntar anda terusin ya dikotak komentar :)

Pertanyaan pertama, akan saya jawab dengan sebuah pertanyaan lagi *GUBRAK!!!, saya gak nanya apa tujuan anda Ngeblog pertama kali dulu, karena saya yakin anda punya tujuan masing-masing, ya sekalipun saya yang justru gak pernah punya tujuan apa-apa sampe hari ini selain karena "kecintaan" saya sama Dunia Blogging ini hhe... Saya mau nanya, apa yang membuat anda harus mengurus blog itu? keinginankah? atau justru keterpaksaan? jika jawaban anda adalah keterpaksaan, bisa saya katakan itu yang membuat anda kewalahan biarpun anda hanya memiliki dan mengurus sebuah Blog, keterpaksaan yang saya maksudkan disini, bukan keterpaksaan secara langsung melainkan keterpaksaan secara gak langsung, misal anda terpaksa Ngeblog untuk memenuhi target 5 postingan per hari karena menurut anda seorang Blogger yang baik harus rajin-rajin posting *dalam hal ini jangan contoh Blogger serabutan yang lagi nulis ini, atau anda terpaksa Ngeblog karena dipacu semangat '45 mempertahankan Alexa Rank dan PageRank serta Rank dari directory lain agar bisa lebih disegani oleh Blogger lain yang dimata anda hanya seorang Newbie *lagi-lagi jangan mencontoh saya, karena saya bukan Blogger yang Ngeblog demi Ranking dan gak pernah menganggap ada kasta antara Blogger baru dan lama, atau misal lagi anda terpaksa Ngeblog karena gak enak diuber-uber ratusan komentar yang masuk ke Blog anda *dan lagi-lagi jangan contoh saya, karena saya cuma akan membalas komentar semampu yang saya bisa, atau mungkin juga anda terpaksa ngeblog untuk ngejar setoran Adsense? hanya anda sendiri yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, tapi jika salah satu dari pertanyaan yang saya ajukan diatas anda jawab dengan kata "Ya", bisa saya pastikan itulah yang membuat anda kewalahan dan tidak bisa lagi menikmati aktivitas Blogging anda seperti awal-awal Ngeblog dulu :D karena menurut saya, anda gak pernah sekalipun dipaksa atau diharuskan untuk melakukan hal itu ....

Begitu juga dengan saya, bukan berarti saya gak pernah ngerasa jenuh atau capek untuk melakukan aktivitas Blogging, saya pun merasakan itu apalagi saya juga bukan Freelance yang kerja dan ngatur waktu semaunya, saya pun sama dengan anda terikat dengan sebuah pekerjaan yang mengharuskan saya menyelesaikan deadline project, apapun alasan dan kendalanya. But, bedanya klo anda meminta saya menghubungkan antara kerjaan dan Blogging saya justru bahagia bisa kenal sama yang namanya Dunia Blogging, karena klo otaQ udah gak mau diajak mikirin kerjaan, sesekali saya bisa refreshing sekaligus ngurus salah satu blog yang saya miliki, dan buat saya itu bukan suatu keterpaksaan, melainkan suatu kecintaan :D

Dan tentang pendapat orang lain, bahwa punya banyak Blog, artinya anda harus menyediakan lebih banyak waktu buat Blogging, buat saya itu tergantung bagaimana anda melihatnya. Klo anda berpikir karena anda punya 100 Blog maka dalam sehari anda harus ngurus 100 Blog itu, ya bisa dipastikan anda pasti meng-Aminkan pendapat diatas, biarpun menurut saya, mustahil anda bisa ngurus lebih dari 10 Blog dalam 1 hari, apalagi 100 blog haha...

Itu kenapa saya pribadi, gak pernah meng-Aminkan pendapat diatas, karena biarpun punya banyak Blog *jumlah pasti dari seluruh blog saya hanya Mbak Diana yang tau haha... saya gak pernah merasa wajib atau harus mengurus semua Blog itu setiap harinya :D karena tujuan awal saya membuat blog-blog itu kan karena saya suka sesuatu dan saya gak mau menggabungkan semua konten itu menjadi sebuah Blog, jadi klo gak ada yang mau saya tulis disalah satu Blog dengan konten tertentu yang saya punya ngapain juga mesti saya paksain untuk update? dan sebaliknya klo saya ingin menulis beberapa konten berbeda bisa dipastikan saya pasti pindah-pindah Blog untuk mem-publish tulisan itu hhe... atau gampangnya sampe hari ini biarpun punya banyak Blog, saya masih merasa bahwa saya hanya punya satu blog, karena semua yang saya tulis ya emank yang bener-bener pengen saya tulis bukan keterpaksaan karena harus Update doank, sama aja kaya anda yang hanya punya satu blog tapi bisa nulis tentang sekitar anda sampe beberapa postingan dalam sehari, yang klo anda lebih suka memisahkannya berdasarkan Tag, Label, atau Kategori, sedangkan saya lebih suka memisahkannya lewat beberapa Blog dengan satu konten :)

So, itu yang membuat saya santai-santai aja dan gak pernah merasa terbebani, karena sampai saat ini saya masih merasa hanya memiliki satu buah Blog dengan banyak hal yang ingin saya tulis :)

Lanjut ke pertanyaan kedua, boro-boro punya waktu sampe belasan jam haha... dikasih waktu 1 Jam buat ngurus blog aja itu udah barang langka yang gak boleh disia-siain menurut saya hhe... Jadi, biarpun anda ngeliat Gtalk saya lagi Online, belum tentu juga saya-nya lagi Online, karena tiap kerja E-mail emank selalu saya biarin dalam keadaan Online karena itu salah satu yang saya butuhin :D tapi buat bener-bener Online dan Blogging, mungkin saya hanya bisa melakukan aktivitas itu kurang dari 4 jam setiap harinya itupun diputus-putus menjadi per-15 Menit sekali karena mesti disambi sama kerjaan :) Lamakah waktu Blogging saya perhari itu? mungkin klo dibandingkan anda yang bisa duduk anteng sampe 6 jam atau lebih untuk Blogging, anda justru akan menilai saya terlalu menyediakan sedikit waktu untuk Blogging, but emank hanya itu yang bisa saya lakukan hhe... dan buat saya ya gak perlu dipaksain juga haha.. :)

Dan klo boleh jujur, itu kenapa aktivitas "Hang Out" saya ke Blog anda bisa beda-beda intensitasnya, ada yang mungkin bisa saya datengin tiap hari dan ada yang mungkin hanya bisa saya singgahi pas liburan doank, karena biarpun saya udah buka semua Blog anda lewar Toolbar Bookmark saya dan biarpun saya udah baca keseluruhan postingan baru yang anda tulis, kadang saya sedih karena sebelum saya sempet ninggalin komentar untuk menanggapi postingan anda, saya udah keburu dikejar-kejar sama kerjaan haha.. :)

Mungkin itu jawaban saya atas 2 pertanyaan diatas. Dan sekarang, giliran anda yang jawab 2 pertanyaan itu hhe... :D

Dan terakhir, sebelum bener-bener pamit saya mau majang sebuah Award dari sahabat baik saya "Bang Pendi". Salah satu sahabat yang bener-bener ngangenin buat saya, soalnya gaya bahasanya Bang Pendi yang kocak tapi bener-bener nusuk itu, gak tau kenapa selalu maksa saya untuk dateng lagi dan justru nungguin lanjutan postingan yang ditulisnya haha... :) Dan berikut penampakan Award yang dikasih ama Bang Pendi:


Sebenernya sih Gambar airnya gerak-gerak, cuma karena saya uploadnya Via Blogspot jadi gak keliatan deh gerak-geraknya haha... Sekali lagi makasih bang :)

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Day.. :)

39 komentar:

Adit Mahameru said...

sama dgn pertanyaan ke aku: Ndak capek apa naik gunung?..jawabku: "manusia normal ya capek..pasti..tapi aku cinta gunung..." kalo dah gtu mau bilang apa dia? cinta adalah segalanya dlm segala hal...

joe said...

segala yang dilakukan karena dasar cinta pasti tak akan ada capeknya

Ajeng Sari Rahayu said...

berarti kemarin2 itu saya membebani diri saya sendiri dengan mengharuskan ngeblog tiap hari. Alhamdulillah dah ngrasa nyaman dengan perasaan saya yang sekarang: TIDAK TERBEBANI...

selamat buat awardnya ya mas DJ, lagune YUI tak tunggu nanti lah setelah final selesai :)

Bang Pendi said...

soal ngeblog kayaknye Bang Pendi juga termasuk blogger serabutan alias gak jelas, hehe. yang pasti, gak mau dibebani macem2 seperti pagerank atawe Alexa rank. Nulis aje apa yang ada dihati, kapanpun klo sempet & klo mau, kayaknya itu cukup...

Wah, makasih banyak award Bang Pendinya ude dipajang. Mantap dah !!
Salam hangat & sehat selalu...

Evet Hestara said...

kalo saya blogging cuma ngejar rank :D tapi lama2 cape n males sendiri..
dan akhirnya kembali tujuan awal saya blogging, sebagai wadah dari hasil karya saya :D

narti said...

1. mbok ya photonya tuh tampak depan :)
2. ngeblog dgn hati, jangan merasa terbebani tentu lebih enak.
Mba Ajeng udah membuktikan tuh :)
3. makasih ebooknya, meski belum selesai baca.
4. jumlah blog? iya, kayanya begitu, kalau ada ide dan tidak mau bercampur dgn blog lainnya karena beda konten lebih baik buat blog lagi.
nanya mba Diana ah :D
5. selamat atas awardnya.

windflowers said...

betul..dng cinta semua jd terasa indah; termasuk ngeblog..nyantai tanpa terpaku pd alexa dan sebangsanya, tp yg penting tetep bs posting dengan hati :D

jawabanku ada di postingan yg judulnya kotak rindu fer..

@mba narti..kata yg pny blog, rahasia tuh hahaha

Sukadi said...

Pokoke ngeblog!!! hahaha...
Kalau disuruh jawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu memang bervariasi jawabannya, tapi kalau aku sendiri tujuannya bisa "berubah-rubah", apapun itu yang penting tidak merugikan orang lain dan aku bisa menikmatinya... sah, bukan? ha.ha...

Kalau ditanya berapa jumlah blog, mungkin nggak cukup kalau dihitung pakai jumlah jari di satu tangan *mau ngomong angka malu..he.he..
Apakah semua terurus?, tidak selalu.

Ada banyak cara untuk menikmati menjadi seorang blogger, masing-masing orang punya tujuan masing-masing, dan sebuah kepuasan tersendiri jika bisa menikmati setiap aktivitas ngeblog tersebut.

Menjadi blogger serabutan itu menyenangkan, tidak terbantur aturan, tema/topik blog, pokoke nulis sesukanya... Orang tidak harus suka dengan tulisan kita, dan itu masalah mereka, bukan masalah kita. Yang penting ngeblog dengan hati, dinikmati, dan hal-hal lain yang sekiranya tidak mengenakkan, itu hanya sebuah konsekuensi.. sukur-sukur bisa bermanfaat bagi orang lain.. egois?, mungkin.

*ini hanya pendapatku pribadi Kang :D
tetep semagat & happy blogging.. :)

Diah Alsa said...

hohohohh, emang gak ada jawaban yang pasti kali yaa kenapa kita ngeblog, dan kenapa kita benar2 jadi addicted to blog, hmm apa karena merasa blog itu jadi kebutuhan aja kali ya, blog juga passion jadi wlopun punya banyak blog tetep aja berasa gak ada beban utk melakukan aktivitas blogging ini :D

selamat hari Jumat Nand :D

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

saya ga terbebani sih fer... emang pengen nulis niatnya bikin ngebloog. kalo semata2 postnya banyak, yah itu karna dorongan buat nulis di blg sendiri emang kenceeeng bangeeet... dan terbitlah suato post. hehhehe

Eka Ikhsanudin said...

pokok'e ngeblog asyiiik Kang hehehee......
Btw skrg jdi fotografer juga yah hihiiii..... mantep hasil potonya... :)
Met aktifitas yah Sob.... :)

tiwi said...

yg penting asik2 aja ya Ferdinand^_^ wong hari2 udah ribet mosok punya blog jg hrs ribet??? enjoy dung...*hihihi saking enjoynya udah lama ga posting nih aku...wkkwkwkw

ryankampur said...

waduh udah lama juga nih om ane kagak ngeblog... xixixi


numpang neduh aja deh..

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

blogku juga banyak ada 4, malah insyaAllah mau nambah lagi hehehe
tapi bener kata kamu yang benar2 diurus cuma 1, yang lain karena blog khusus aja :D

Amy said...

blogku 3. satu buat barang nyata, satunya gak kelihatan, satunya lagi yah landasan tulisanku. suka-suka aja sih mau nulis yang mana, ngeblog pake hape soalnya...

cinta blog.... yaaaa.... sebelum nulis mau gak mau belajar baca banyak referensi

Gaphe said...

emang kalo dah cinta, apapun dilakukan nggak pake terpaksa ya Fer?.

kalo saya emang antara cinta dan terpaksa sih.. *halah*

terpaksa keluar duit buat biaya internet, terpaksa ngorbanin waktu istirahat buat posting artikel, tapi semua itu demi cintaa... *halah, sinetron banget*

smp 3 lembang said...

saya juga nggak pernah terbebani dengan ngeblog sob meski saya harus akui tulisan saya sekarang jadi keluar dari tracknya nggak seperti dulu lagi sehingga banyak sahabat yang jadi nggak pernah ninggalin komentar lagi, rencananya saya pingin bikin blog yang seperti berpikir positif dulu tapi nggak tahu apa saya masih bisa nulis dengan model seperti dulu lagi , wah malah curhat nih he he, biasa ngelakuin budaya dulu sob sebelum pamit

tiwi said...

asswrwb....Ferdinandd bangunnn udah siang...hehehe, ada tag nih buat Ferdinand, cb intip di bilikku ya..heheh tq..^_^

Arif Chasan said...

hihihi.... tapi kan kadang-kadang kita malas bercinta walaupun cinta,,, malas ngeblog walaupun blogger,,, :D

apa kabar?...

krozbonek said...

Kang, sampean iki apa ndak capek toh ngurus blog banyak-banyak? aku seng ndue satu blog ae wes kewalahan kadang... lha sampean seng Ndue Blog akeh koQ santai-santai ae toh?

padahal sudah dijawab sendiri cak, makanya dibawah santai :D

Mulyani Adini said...

Selamat utk awardnya...saya juga suka tulisan Bang Pendi..disamping lucu dan bikin ngakak, tapi padat isi dan simple.

surat cinta katro said...

itu poto sampean lagi markir ya pak wkwkwk
ngeblog sakarepe dewe wae.. dan kalau lagi males posting yo ane tinggal tidur he he
nek punya blog banyak tapigak perlu diurus; biasanya hanya ada dua kemunginan ; pake robot atau bayarin penulis konten
sayang nya ane hoby yang gretongan dan sak karepe dewe :D
kabuurrr

simple tips said...

awardnya keyeen,
rata-rata blog sampean yang lain bahasa inggris, butuh qualified human dalam urusan cas cis cus.. ande saja english ane sebagus sampean dan mas munir..
ane sregep gole golek duit di online xixixi..
mandi dulu pak.. wis sore :D

ReBorn said...

halo bro. wah kangen deh dengan nuansa hitam blog lu. ghahahaha.

gimana kabar? makin oke aja lu ya jadi blogger. yaaa, serabutan dikit lah... :p tapi kayaknya elu memang cinta mati ya sama dunia blogger. sampe sampe gue pengen ngelacak jumlah blog lu berapa. buehehehehe

udah ah, cuman numpang nyapa doang. :)

Aul Howler's Blog said...

oi bang Fer...
ada award nih dari Aul..

hehe

http://aul-home.blogspot.com/2011/06/auls-open-home.html

alkatro said...

mengenai apa yang mana.. haiyah..
idblog iklan flashnya nek yang nongol logo idbn gak bakal dapet receh pak...
ane dulu pernah dapet iklan kertu as ampe rexona , tetep '0' padahal dah pasang 2 bulan lebih wkwkwk
kabuurr

Yudi Darmawan said...

ada award lagi nih buat mas dj di hari spesial blog saya, silahkan diambil lho mas.. :)

http://insideyudie.blogspot.com/2011/06/1st-anniversary-chronologist_21.html

Damar said...

Assalamu'alaikum Kang,
maaf telat berhari-hari nih.
sebenarnya saya sudah tahu kok Kang blog-blog sampean dari para****-h***c, yang justru sampean banyak menulis hal baik di sana. cuman saya belum sempat membaca semuanya. Insya ALloh saya tetap ke sana walo kadang ndak ninggalkan komentar.

Ngeblog? nyatai aja kali ya Kang. Kemarin sempat 3 hari saya pasang ads tapi setelah saya pikir biarlah murni blog tanpa embel-embel ads dan sekarang udah saya copot dan dengan itu saya lebih santai.
blog saya sebenarnya ada 6, hanya satu yang muncul. lainnya buat pribadi saja

Igniel said...

di postingan gua ada tuh soal alexa rank
ngerasa kesinggung nih bos :/

yah, blog gua sepi bak kuburan. Sering banget gua mikir buat udahan aja ngeblog, toh ga bakal ada yang baca. Tapi tetep aja, sesering apapun gua hiatus, selalu balik lagi pengen nge-blog. It means gua juga cinta ngeblog. Soal gua yang p engen rank alexa menanjak, itu karena tuntutan PPR aja =,=

Ghani M said...

hohohoh! ikutan aja deh! siapa tau dapet award kayak bang Pendi! wiihi seger gambarnya!

Unknown said...

yah klo terpaksa mana bisa jadi blogger bro :)

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

blog anda saya review

http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/06/10-blog-yang-menarik-perhatian-saya.html

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

blog anda saya review


http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/06/10-blog-yang-menarik-perhatian-saya.html

Ladida Cafe said...

iyaa, kalo berdasarkan kesenangan pasti lebih nyaman . .

tapi kyknya selama ini saya tidak pernah terpaksa ngeblog XD

Eka_Rahmadhy said...

Ikutan nimbrung komentar, boleh yah om..
Ente nge-blog dengan hati teman..
Terusin krn itu yg bikin sya slalu kangen sama blog ini.. Hehehe..

Unknown said...

asiikk daahh.. emang ngeblog jangan dipaksain, ya? yang penting cinta sama blognya. jadi bisa langgeng deh.. heee

Mas Kholiq said...

ngeblog memang harus tulus dari hati.....
tidak dapat di paksakan...

rizal said...

memang kalau sesuatu yang kita kerjakan karena suka dan cinta pasti OK aja.

tapi saya termasuk yang punya beberapa blog tapi hampir nggak keurus semua haa..ha..

salaut buat kang ferdi

Unknown said...

Dulunya ngblog buat cari duit (hasil gatot ...wakakaka...), terus ganti tujuan buat ajang ekspressi (semangat memudar, jadi agak males), Kemudian sharing pengalaman (kadang pengalaman tak seindah mimpi hehe...tapi masih jalan) dan sekarang ditambah blogging untuk menjalin silahturahmi. Hehe...onggo mas Fer glek,glek,glek hehe...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan