Wednesday, July 6, 2011

Demi Memperkuat Brand, Google Akan Mengganti Nama Blogger Dan Picasa [Say Goodbye to the Picasa and Blogger Names]


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,

Seperti biasa, ditengah-tengah aktivitas yang kadang membosankan ini *semoga cuma saya yang ng'rasain hal itu wkwkwk... untuk melepas sedikit rasa jenuh, siank hari ini saya mau kembali nulis sebuah postingan di Blog Serabutan ini :)

Lha emank siank ini sampean arep ngobroli opo toh kang? Eum, Seperti judulnya siank hari ini saya mau ngajak anda ngobrolin tentang 2 Layanan Google yang pasti udah sangat akrab ditelinga anda masing-masing, Yupz, bener banget, 2 layanan yang saya maksud memang adalah Blogger Dan Picasa. 2 Layanan yang sebenernya bukan diciptakan oleh Mbah Google, tapi telah diakuisisi dan telah menjadi milik Mbah Google selama bertahun-tahun ini :)

Dan pastinya, biarpun gak pake Embel-embel nama Google, 2 Layanan ini udah begitu familiar khususnya dikalangan Blogger seperti kita-kita ini yang hampir tiap hari pasti menggunakannya :D itu kenapa sebagai ucapan perpisahan kepada kedua nama Tersebut, postingan kali ini saya berikan tambahan Judul "Say Goodbye to the Picasa and Blogger Names" dalam tanda kurung :) kenapa? karena kurang lebih 6 Minggu lagi, kita gak akan pernah lagi melihat nama Blogger Dan Picasa untuk seterusnya.

---

Sebelum saya kasih tau apa alasan Mbah Google mengganti nama kedua layanan terbesarnya ini dan apa nama pengganti untuk kedua layanan tersebut nantinya, saya akan nyeritain secara singkat dulu sejarah kepemilikan 2 Layanan tersebut.

Dimulai dari picasa, Sebelum diakuisisi dan secara resmi dikelola oleh Google, Picasa awalnya dimiliki oleh Idealab dan merupakan Layanan Profit atau berbayar, gak perlu saya ceritain panjang lebar deh tentang organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam jasa apa si Idealab ini, soalnya dengan mengetikkan keyword: Idealab aja anda akan langsung dihadapkan pada situs resminya. Nha, kepemilikan Picasa ini akhirnya berpindah dari tangan Idealab ke tangan Google, setelah Picasa secara resmi Diakuisisi dan dijadikan sebagai Free Online Photo Hosting pada tahun 2004, jadi memang baru sekitar 7 atau 8 tahun Picasa dikenal sebagai milik Google. Tapi, karena mungkin gak mau mengorbankan nama besar Picasa saat itu, akhirnya Google memilih untuk tidak mengganti namanya hingga saat ini :) maklum, orang udah familiar dengan nama Picasa dan terbukti setelah diasuh dan dijadikan sebagai layanan Gratisan picasa memang menjadi salah satu Free Online Photo Hosting yang paling banyak digunakan di Dunia.

Selanjutnya kita beralih ke Blogger, 1 latar belakang dengan Picasa, Blogger pun sebenernya bukan layanan yang asli dibuat oleh Google, karena seperti yang kita tau, dulunya Blogger dimiliki oleh PyraLab dan 1 latar belakang lagi sama Picasa, Blogger pun dulunya adalah Layanan berbayar, bukan Gratisan. Dan baru akhirnya terbuka sebagai Open Source ketika Diakuisisi dan dikelola Google Mulai tahun 2002, So Blogger memang baru dimiliki sekitar 10 tahun oleh Mbah Google. Tapi, karena lagi-lagi saat itu nama Blogger sudah sangat Familiar jadi ya tetep dipertahankan dan gak diubah sama Google hingga saat ini.

Dan sebelum saya jawab, apa alasan Mbah Google mengganti nama kedua layanan terbesarnya ini dan apa nama pengganti untuk kedua layanan tersebut nantinya, sekedar Informasi aja sebelum akhirnya memutuskan untuk mengganti nama 2 Layanan Terbesarnya ini, Google pun sudah lebh dulu mengganti nama layanan yang pernah diakuisisinya, seperti JotSpot yang diakuisisi pada tahun 2006 dan diubah menjadi Google Site's serta layanan VoIP GrandCentral yang akhirnya diakuisi Google pada tahun 2007 lalu, dan langsung diubah menjadi Google Voice saat dilauncing ke Publik pada tahun 2009. So, perubahan nama memang bukan baru kali ini dlakukan oleh Pihak Google untuk memperkuat Brand mereka dipasar dunia :D



Okeh, setelah saya kasih tau sejarahnya, baru sekarang saya kasih tau apa alasannya hhe... Alasan resmi yang dikeluarkan Google terkait perubahan nama untuk Blogger Dan Picasa ini ternyata masih bersifat bisnis, karena selain untuk memperkuat Brand Google dimata Internasional, Hal ini pun dilakukan Google dalam rangka peluncuran Social Networking miliknya, Google+ (plus).

Kenapa? karena rencananya, Blogger dan Picasa akan ikut diintegrasikan oleh Google ke dalam Layanan Social Networkingnya ini. So, gak salah emank klo banyak ahli mengatakan tempat facebook memang kemungkinan akan tergeser oleh Google+ (plus) dimasa depan hhe... Gimana nggak, share foto lewat Picasa, terus mau nulis Note kaya di facebook udah ada Blogger :D haha... lha buat apa masih pake facebook lagi??? wkwkkwk...

Lantas jika alasannya sudah jelas, apa nama yang akan diberikan Google untuk mengganti nama Blogger dan Picasa? Secara resmi Google sudah merilis 2 nama baru untuk Blogger Dan Picasa, yaitu Google Blogs untuk menggantikan nama Blogger dan Google Photos untuk menggantikan nama Picasa. Nama yang tetap diawali Merk Google pastinya haha...

---

Klo boleh jujur, sebenernya saya masih lebih menyukai nama Blogger Dan Picasa ketimbang Google Blogs dan Google Photos, cuma karena 2 layanan itu adalah milik Mbah Google dan saya selama ini hanyalah sebagai penumpang ekonomi kelas gratisan yang diperlakukan sebagai cucunya sendiri hhe... jadi, dengan penuh ke Ikhlasan saya hanya bisa mengucapkan Say Goodbye to the Picasa and Blogger Names hhe... :)

Biarpun masih rada aneh untuk menyebut nama Blogger dengan singkatan GooBlogs nantinya haha... dan nyebut nama Picasa dengan Singkatan GooHots :D , tapi yo wes lah yang penting biarpun ganti nama layananya masih tetep Open Source dan Gratisan wkwkwkwk.... :)

Oiya, untuk anda yang mau nyari berita tentang ini, kebetulan Google belum merilis pernyataan ini di Blog resmi mereka hingga hari peluncuran nanti, tapi secara resmi mereka sudah memberikan pernyataan kepada Mashable untuk dipublikasikan, jadi saya pun mengetahui berita ini Exclusive dari Mashable.Com, dalam postingan yang berjudul EXCLUSIVE: Google To Retire Blogger & Picasa Brands in Google+ Push.

Terakhir, kaya biasa sebelum pamit saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheeerrrsss....(glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua Happy Blogging 'N Have A Nice Day... :)

34 komentar:

Adit Mahameru said...

pertama atau kedua gak popo..trus baca..:))

Adit Mahameru said...

lalu setelah ganti nama gtu, bagi yang masih pake domain Blogspot dot com ganti ga sob?

tito Heyziputra said...

waaahhh update sekali sampean bang, hhe

bener juga, jadi rada malas nyebut klo google blog, tp klo disingkat menjadi goBlog oke juga,, :p

btw pas sekali, posting mu ini, bisa merever ke postingan google+ milikku, trimakasih infonya bang fer, hhe

DJ Site said...

@ Adit Mahameru: Dapet Pertamax tuh kayanya haha.... Aku belum tau klo masalah Domainnya, tapi sepertinya gak ada perubahan apapun terhadap domain Sob, soalnya klo domain ikut berubah juga Official Blog kaya Bloggerindraft berubah juga donk? hhe... lagian itu kan cuma buat integari ke Social Networkingnya aja atau cuma penyesuaian bukan perubahan total :)

DJ Site said...

@ tito Heyziputra: Cuma mau ikut berbagi informasi aja kok Sob... kali aja ada yang belum tau hhe... Eh iya ya, klo disingkatnya GoBlog sih lebih bagus tuh wkwkwkwk... :)

Wah lagi ng'bahas tentang Google+ ya Sob? aku meluncur...

lavhalitya said...

terserah google juga sih :) makin mantap aja google :D

na said...

6 minggu lagi? lah kirain baru wacana :D

narti said...

ya samalah kalau jadi penumpang ekonomi kelas gratisan pula...
nyingkatnya emang begitu ya? :)

Herdoni Wahyono said...

Dalam dunia bisnis nama merek memang amat penting lebih-lebih telah mendunia. Merek menjadi 'jaminan mutu'. Beda sekali misalnya, ketika kita beli tape recorder merek SONY dibanding merek SUNNY. Merek menjadi 'kebanggaan' tersendiri. Di dunia maya, saat ini si 'raksasa' Google menjadi 'nomor satu'. Karena itu amat wajar nama Blogger dan Picasa diganti menjadi Google Blogs dan Google Photos yang keduanya akan diintegrasikan dengan Google+. Luar biasa!

NuellubiS said...

aneh kedengerannya

Adit Mahameru said...

owh..oke deh..cuma nanya buat yg blm pake domain lain, kayak ente...huehauheuaheauheua...kalo berubah kan DJ- Site ini bisa jadi Dj-Site dot co dot cc kayak ayangmu...xixixiixixixiixii

t h y a said...

ngomong2 soal google+..
jadi tertarik mau buat akun itu :D

Nyayu Amibae said...

info yg menarik sob,, trims ya,,, :)

anisayu said...

aku mah bisanya ngikut aja, mau ganti nama ya ga apa2 itu hak memiliknya yg penting happy saja hehehe :)

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

eh mau ganti nama ya nanti blogger berarti nanti google bikin bubur merah dan putih dunk hehehe :D

kanG Anto said...

Ganti nama goblog juga g papa, yang penting sarananya tetep seperti blogger..
Salam kenal.. :D

Zan Insurgent said...

tetep semangat sob... walau kadang kala yg namanya kerjaan bikin jenuh apalagi kalo dah numpuk... beuh... mau ngga mau kita ngga boleh loyo ya ngga, soalnya ane juga sering ngerasain jenuh ama kerjaan...

balik ke cerita blogger mau ganti nama.. asli ane baru tau sekarang...
lucu juga ya kalo bener blogger ntar ganti nama jadi goblog... tp asyik juga ntar tuh kalo beneran google + jadi launching... pacebook lewat..........

Sugeng said...

Wah postingan yang ispiratif sekali mas, jadi kita tahu perkembangan terakhir google. Aku sendiri gak terlalu ambil pusing dengan serangan google+ ke facebook karena aku sendiri tidak terlalu narsis dengan status.

Yang penting aku yang juga punya akun di keduanya, masih bisa mendapatkan fasilitas gratisan nya :D

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

smp 3 lembang said...

wah padahal terlanjur melekat blogger, dan senang nama itu tapi apapun namanya yang penting masih gratis ok lah kalau jadi berbayar , baru jadi masalah he he, ada tulisan bagus mau lihat-lihat dulu Dj nand

Rawins said...

tar nasibnya kaya geocities diubah jadi yahoo 360
trus digabungin ke pulse
trus dihapus sama sekali
hehe...
yang penting masih boleh pake domain sendiri deh
atau aku ngungsi ke wordpress

DJ Site said...

@ lavhalitya : iya bener, suka-suka Google aja lah hha..

@ na : Udah bukan wacana, soalnya udah diumumkan ke Public dan media disana...

@ narti : Eum, klo aku nyingkatnya gitu, tau yang lain nyingkatnya gimana? kan Google Blogs jadi Gooblogs, trus Google Photos, karena gak mungkin jadi GooPhots jadi p-nya ilangin aja jadi GooHots haha...

@ Herdoni Wahyono : Betul Sob, klo dalam dunia Bisnis Merk dagang memang memiliki identitas tersendiri yang membedakannya dengan merk lain :)

@ NuellubiS : Yang penting nama kita gak dirubah lah masih sebaga Blogger :)

@ Adit Mahameru : Haseemmmm haha... DJ Site mah ndak akan ganti2 domain :)

@ t h y a: Gak bisa langsung buat, mesti Dapet Invitenya dulu dari Google, makanya kita mesti isi Nama dan Email dulu buat nunggu Invitenya kan emank belum launcing Public

@ Nyayu Amibae : sama2 Sista..

@ anisayu : Iya sama, aku juga ngikut aja haha..

@ Corat - Coret [Ria Nugroho]: Emank Google Orang Indonesia??? hahaha...

@ kanG Anto: Setuju :)

@ Zan Insurgent : Bener Brow, justru karena ngeblog ini mungkin yang bikin aku masih semangat biarpun jenuh kerja haha... iya kayanya sih facebook bakalan Leeewaaattt haha..

@ Sugeng : Waduh udah dapet Invitenya juga toh Sob? mantabz, aku doank nih kayanya yang masih nunggu wkwkwk...

@ smp 3 lembang: Iya ya Sob.. padahal Nama Blogger udah melekat banget diingatan kita, sayang sebenernya klo mesti diganti hhe...

@ Rawins : Aku udah buat ungsian duluan di WP haha...

Sofyan said...

Apapun namanya yang penting gratisss,,,hehehehe

rafli pratama said...

Berarti Youtube juga ntar jadi Google Video dong? Kan untuk mengunggah video di situs jejaring sosial google

Sukadi said...

mau nggak mau penumpang harus ngikut, yang penting masih gratis haha..
pokoke ditunggu aja sukuran ganti nama dari mbah google, semoga saja yg punya facebook sudah siap dengan "serangan balik" hahaha..

Nuwun Kang :)

iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia said...

ga apa2 ganti nama asal jangan di buang aja..
habis blog kita yang pake blogspot...
terima kasih info nya sob....

My Blog Blogspot said...

Salam Sobat
Thanks ya infonya

buru software said...

info yang menarik

alkatro said...

untung ane udah nyicil ganti logo bloggernya.. kalo ganti nama subdomain; yang lagi ngikut kontes bisa merana nih
wis mbuhlah yang penting : cheers.. -ambil galon- wkwkwk

Rizkyzone.com said...

saya kenal dengan blogger tahun 2006 saat masih kuliah tapi baru bergabung dengan blogger tahun 2009 tepatnya bulan april, sejak kenal dengan blogger saya sudah jatuh cinta, yang lain sya korbankan tidak saya kelola lagi, bangga jd bagian dari blogger dan google, apapun perubahan yang akan dilakukan googl;e saya dukung aja

DJ Site said...

@ Sofyan : Betul banget Sob... haha...

@ rafli pratama : Dikecualikan untuk Youtube Sob... soalnya Google udah pernah punya Google Video's yg beberapa waktu lalu ditutup, jadi YouTube gak akan ganti nama..

@ Sukadi : Seperti sih yg punya facebook udah Siap kang, terbukti nambah fitur baru Video Cha kan mereka haha..

@ iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia: Aku Setuju :)

@ My Blog Blogspot : sama2 Sob..

@ buru software : Makasih...

@ alkatro : Hahaa.... betul2 yg lagi ikut kontes SEO langsung pada buyar klo sampe ganti Subdomain haha..

@ Rizkyzone.com : sama, aku juga mulai beralih total dari WP ama Joomla setelah kenal Blogspot hhe...

pakde sulas said...

suka suka googlelah, karena blog pakde juga sudah kena garuk, sekarang pakde pake alamat http://pakdesulas.blogspot.com

DJ Site said...

@ pakde sulas : Wah pakde wes kena garuk juga nih haha... Okeh pakde wes tak bookmark alamat barunya sampean :)

yaszero said...

nice info.. adios picasa dan blogger...

Clothing Distro said...

Infonya menarik sy nyari ttg kapasitas picasa terjerumus kesini... good blog

Apapun namanya mudah2an msh tetap gratis, biar sebagai "penumpang ekonomi kelas gratisan" [ngutip kalimat pemilik blog :) ] masih tetap bisa memanfaatkannya sebaik mungkin hehe... thanks ya smoga makin ramai blognya....

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian