Sunday, July 3, 2011

Google's Panda, Algoritma Konyol Yang Paling Banyak Dipertanyakan Oleh Para Blogger Termasuk Saya


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Ocre, setelah beberapa hari ini saya libur blogging karena asik nimbrung di Forumnya Mbah Google dan salah satu Forum SEO terbesar di USA *Eum, selain karena masalah modem yang rusak juga sih hhe... kali ini saya mau ngajak anda ngomongin tentang "Algoritma Google's Panda". Weh lha koQ tiba-tiba sampean minat Ngebahas Algoritma Google's Panda Mneh toh kang? Eum, bisa dibilang obrolan saya dengan beberapa Blogger di Forumnya Mbah Google dan Forum SEO itu tadi yang akhirnya membuat saya ingin menulis dan membagikan berita terbaru tentang Algoritma Google's Panda ini kepada anda semua.

Aktivitas saya di Forumnya Mbah Google serta Forum SEO asal USA itu tadi, sebenernya didasarkan pada keheranan saya atas ratusan Index Page yang hilang dari Blog ini saat saya Cek di Webmaster Tools. Dan setelah saya Test Secara Manual, ternyata benar dari sekitar 1400 page blog ini yang sebelumnya terindex kini hanya tersisa sekitar 500 Page saja, dan bukan hanya itu, klo biasanya tanpa saya Update berminggu-minggupun Traffic yang masuk ke Blog ini masih pada kisaran 1500 Unique Visitors/hari, kini berkurang hampir setengahnya atau hanya kira-kira 500-750 Unique Visitors/hari. Nha lho ada apa nih? hahaha... :) emank sih secara jujur saya akuin klo hampir sebagian besar tulisan dan postingan di Blog ini emank gak memenuhi syarat tulisan yang dianggap baik secara Grammer dan bahasa karena saya emank lebih suka nulis serabutan dan sesukanya, ya karena blog ini pun memang hanya Blog Pribadi dan gak ditujukkan untuk urusan Bisnis apapun :D dan saya akuin juga klo banyak judul postingan serta isi postingan saya yang jauh dari HPK *klo dinilainya secara bisnis.... cuma perasaan, masih ada juga deh postingan saya yang punya nilai Manfaat dan dikunjungin ampe puluhan ribu kali sampe detik ini, masa iya postingan-postingan saya itu ikut kena Imbasnya si Panda juga?

Akhirnya dengan berbekal pertanyaan-pertanyaan itu saya kembali LogIn dan ikut nimbrung di kedua Forum tadi, bukan untuk mengecam atau mempertanyakan Kredibilitas Mbah Google atas Algoritma Ngawurnya kali ini ataupun Protes karena PageRank dan lainnya, tapi lebih karena saya penasaran dengan cara kerja Algoritma baru Google kali ini, yang sepertinya lumayan jauh menyimpang dari tujuannya semula yang hanya memerangi Spamming dan Auto Generate Content *menurut saya.

---

Setelah LogIn dan ngeliat-liat beberapa Thread yang mempertanyakan tentang Algoritma Konyol Google's Panda kali ini, akhirnya saya tiba pada sebuah Thread yang paling banyak dibaca sekaligus paling banyak dikomentari oleh para Blogger disana, Thread yang klo diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia mungkin berarti "Algoritma Google's Panda Mengubah SEO Untuk Selamanya". Thread yang setelah saya buka ternyata udah penuh dengan Reply penuh makian dan pertanyaan dari blogger-blogger dengan latar belakang Geografis yang berbeda yang sepertinya ikut mengalami Dampak dari Google's Panda.

Seperti biasa, sebelum langsung nanggapin inti sebuah Thread, saya lebih suka "Say hello" dulu sama semua yang udah duluan nimbrung disitu, dan akhirnya kata-kata "I'm Join here, All" mengawali Reply pertama saya di Thread tersebut. Dan setelah beberapa Blogger menanggapi Say hello saya itu, baru akhirnya saya mulai membaca Thread itu dari awal sampe abiz, Thread yang intinya adalah mempertanyakan balik Klarifikasi Mbah Google atas Algoritma barunya ini. Klarifikasi? Yupz, untuk anda yang belum tau, sebenernya Pihak Google sudah menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar Algoritma barunya yang dinilai penuh Bug dan Error oleh para Blogger ini, khususnya mereka yang terkena Imbas Algoritma baru Google ini hingga 60% keatas.

Tapi sayangnya Klarifikasi Mbah Google ini, justru terkesan bias dan justru tambah ditentang dan dipertanyakan oleh para Blogger. Dan Biar anda ikutan paham, berikut saya sajikan semua Klarifikasi Mbah Google, yang sudah saya terjemahkan dengan bahasa yang lebih sederhana untuk dibaca.

"Baru-baru ini kami menerima banyak pengaduan dari para Administrator dan CEO dari berbagai Blog dan Website yang isinya mempertanyakan perubahan Algoritma kami ini yang justru berpengaruh pada SEO Dan Rangking Blog mereka, yang mereka nilai diakibatkan oleh Google's Panda. Padahal Google's Panda hanya salah satu dari 500 perbaikan yang kami lakukan dengan Mesin Pencari kami ini. Dan kami akui akan sangat sulit untuk anda memahami keseluruhan Algoritma yang kami buat, untuk itu kami lebih suka mengatakan kepada anda bahwa dari pada tetap Fokus Pada Algoritma Google's Panda, ada baiknya anda menempatkan diri anda sebagai pengunjung dari sebuah Blog dan berusaha memahami dan memperbaiki Blog atau Website anda dengan sudut pandang seorang pengunjung :) karena tujuan kami memperbaiki Mesin pencari kami ini adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna yang mencari Keyword tertentu lewat Mesin pencari kami. Dan itu yang sebenarnya kami maksudkan dengan Konten berkualitas tinggi yang layak untuk tetap ada dalam hasil pencarian kami"

Dan beberapa kalimat pembuka lain yang masih puanjang untuk saya artikan dan tuliskan bagi anda semua. Tapi yang paling penting untuk kita, adalah kita udah tau apa tujuan Google dibalik Algoritma barunya ini, yaitu memberikan kepuasan kepada pengunjung dengan menghadirkan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas tinggi. Ya biarpun makna Konten Berkualitas tinggi disini masih belum terjawab juga sih bentuk atau contoh nyatanya kaya apa hhe...

Dan untuk anda para Blogger, Google akhirnya merilis 23 Pertanyaan pamungkas untuk anda pertanyakan masing-masing kepada diri dan blog anda masing-masing agar anda dapat memahami bagaimana Algortima baru ini bekerja, apa aja tuh? berikut pertanyaan-pertanyaannya:

1. Apa Artikel yang anda buat akurat dan dapat dipercaya?

Untuk pertanyaan satu ini, saya kira sebagian besar artikel yang saya tulis di Blog ini cukup akurat jika itu berkaitan dengan pemberitaan, biarpun saya akuin ada beberapa artikel yang hanya merupakan pendapat Subjektivitas saya pribadi sebagai Owner Blog ini.

2. Apakah Artikel di Blog ini dibuat oleh seorang Ahli atau seseorang yang mengerti tentang Topik yang dibahas ini secara baik, ataukah hanya dibuat oleh seseorang yang tidak mengerti dan hanya memiliki ilmu dangkal dalam topik ini?

Pertanyaan yang cukup membingungkan karena arti dangkal disini masih saru, tapi biarpun bukan ahli dalam bidang tertentu saya rasa saya masih cukup mengerti dan punya pengetahuan yang cukup sebelum saya memutuskan untuk membuat sebuah Postingan. So, gak ada masalah sejauh ini.

3. Apakah Situs anda terindikasi Duplicate Content?

Secara gak sadar ternyata ada 19 postingan dalam blog ini yang dianggap Duplicate Content oleh pihak Google, dan langkah sederhana yang saya ambil adalah mem-Blocknya sementara agar tidak terindex.

4. Apakah anda merasa Nyaman dan Aman untuk memberikan Informasi Kartu Kredit anda ke situs ini?

Untuk pertanyaan satu ini saya kira lebih cocok ditujukkan kepada para pengusaha Oline, karena Blog ini gak pernah dibuat dengan tujuan bisnis.

5. Apakah postingan ini memiliki Ejaan atau kesatuan kalimat yang ngaco?

Secara jujur, saya akui situs ini memang memiliki banyak ejaan atau Grammer yang ngaco karena secara tegas pula sudah saya katakan dan saya deklarasikan diri saya ini sebagai Blogger Serabutan yang nulis sesukanya, jadi apa kebiasaan saya untuk nulis ngawur itu ikut terhitung untuk mendapat penalti dari Google's Panda? Klo iya, artinya sudah 1 point menyimpang dalam Algortima baru ini.

6. Apakah postingan-postingan di Blog ini dibuat untuk memenuhi keinginan pembaca terhadap berita Faktual yang ingin mereka baca, ataukah hanya dibuat untuk menembak Keyword tertentu di Search Engine?

Secara jujur, saya jawab nggak dua-duanya. karena saya gak pernah menulis sebuah konten dengan dasar harus disukai dan dibaca oleh orang lain, selain itu jarang juga saya bikin postingan untuk Nembak Keyword tertentu karena saya pun nggak pernah minat mengikutkan Blog ini dalam sebuah Kontes SEO.


7. Apakah Artikel ini dibuat berdasarkan Riset atau analisis asli?


Saya sendiri gak pernah melakukan Riset cuma untuk nulis postingan, tapi klo yang ditanyakan adalah analisis, saya bisa jawab semua postingan di Blog ini saya tulis berdasarkan penilaian saya, So pastinya Analisisnya saya tulis secara Original, dan karena itu opini buat apaan juga saya mesti nyadur lagi dari pihak lain *kurang kerjaan haha

8. Apakah Halaman ini memberikan nilai lebih jika dibandingkan dengan halaman lain yang memuat konten serupa?

klo itu silahkan yang mampir yang jawab.

9. Berapa banyak Kontrol kualitas dan keamanan yang anda lakukan pada Blog ini?

Saya test pake Norton Blog ini aman dari malware, saya liat di Webmaster Tools pun gak terdeteksi malware sama sekali, jadi silahkan dinilai sendiri apa yang kurang.

10. Apakah Artikel di blog anda menjelaskan sebuah permasalah dari kedua sisi?

Klo ini mungkin jarang, karena saya pun jarang membuat postingan perbandingan pada sebuah masalah tertentu.

11. Apakah situs ini memiliki Otoritas atas Kontennya?

Tergantung dari segi mana anda menilainya, tapi klo yang dinilai adalah Blog ini hanya berpatokan pada sebuah tema tertentu, kayanya sih itu jauh dari Blog ini hhe....

12. Apakah situs ini dibuat oleh perorangan atau banyak penulis yang menyebabkan halaman-halaman dalam Blog ini tidak terlalu diperhatikan Kualitasnya?

Dari dulu ampe sekarang yang nulis blog ini ya cuma saya sendiri, dan klo dinilai kurang terawat ya maklum aja lha wong yang punya Blogger Serabutan :)

13. Apakah Artikel dalam blog ini melalui Proses Editing kata yang baik dan tidak secara buru-buru atau ceroboh dipublish oleh anda?

Widih, klo ini jujur aja sekali bikin postingan paling klo udah jadi, saya cuma baca ulang postingan itu 1 kali sebelum mempublishnya, jadi klo ada kesalahan penulisan kata ya mohon dimaklumi aja hhe...

14. Untuk topik seputar kesehatan, apakah Blog ini laak dipercaya?

Maaf, tapi saya gak pernah sedikitpun menyinggung soal kesehatan :D

15. Apakah anda mengenali Situs ini sebagai Sumber yang layak dipercaya ketika anda mendengar namanya?

Hem tergantung apa reaksi pengunjung ketika mendengar nama DJ Site hhe..

16. Apakah Artikel ini memuat keterangan yang lengkap dan komperhensif?

Sebisa mungkin saya selalu menghadirkan sebuah postingan secara lengkap.

17. Apakah Situs ini berisi Wawasan atau Analisis yang menarik?

Hem, tergantung dari yang baca nilainya gimana.


18. Apakah Ada halaman dalam Blog ini yang ingin anda bagikan atau rekomendasikan kepada orang lain?


Tergantung juga, ada gak yang menilai salah satu postingan blog ini bermanfaat untuk dishare atau direkomendasikan.


19. Apakah Iklan dalam Blog ini mengganggu anda untuk membaca konten utama?


Karena gak pernah masang Adsense Pop-up segede gaban jadi saya rasa pembaca blog ini gak akan merasa kesulitan untuk membaca konten utama blog ini, tapi klo 3 iklan yang saya pasang di Blog ini dirasa menggangu, mungkin bisa saya pertimbangkan untuk dihapus salah satu *jangan semuanya juga tapi haha, blog ini kan juga butuh donasi wkwkwkwk...


20. Apakah anda berharap dapat melihat atau membaca postingan ini lagi disebuah Ensyclopedia atau majalan serta Jurnal?


AMIN, klo ada yang berpendapat begitu saya bener-bener ngucapin terima kasih atas Apresiasinya haha...

21. Apakah Artikel pendek dalam blog ini cukup dikategorikan membantu?

Perasaan saya gak pernah nulis postingan yang pendek-pendek deh haha...

22. Apakah Blog ini dibuat dengan memperhatikan detail dan desain yang sesuai atau terkesan amburadul dan gak karuan?

Waduh klo ini silahkan dinilai sendiri-sendiri haha..

23. Apakah pengguna mengeluh ketika mereka membuka situs ini?

Ada beberapa yang mengeluhkan beban Loading serta ukuran ruang posting yang terlalu kecil, dan saya udah berusaha membuat beban Loading lebih minim lagi, tapi klo masalah lebar ruang posting, kayanya saya belum bisa ngubah-ngubah deh soalnya saya lebih enak ngeliatnya kaya sekarang :) lagian ini kan personal Blog jadi suka-suka saya juga kan?

Nah, itu dia 23 pertanyaan yang dirilis Google, tapi belum selesai sampe disitu, Obrolan panasnya justru dibagian setelah ini, karena banyak Blogger yang akhirnya mempertanyakan kalimat yang berbunyi:

"Sebuah konten dengan kualitas rendah akan mempengaruhi keseluruhan penilaian terhadap Blog anda"

Nah lho? terus gimana dengan YouTube.com? kan gak semua Video yang diposting disitu bisa dikategorikan baik? ada juga kok Video sampah... hhe... jadi masih rancu nih sampe disini.

Terus ada lagi pernyataan seputar, Auto Generate Content yang justru makin nambah bingung, sebenernya AGC itu Haram atau Halal? soalnya saya pribadi termasuk beberapa blogger lebih menganggap biarpun mengganggu AGC ya Halal-halal aja lha wong Google News dan layanan Google lainnya pun masuk kategori AGC kok. dan pertanyaan ini belum tuntas dijawab oleh Pihak Google sampe postingan ini dipublish

Terus ada lagi pertanyaan dari seorang Blogger yang saya kira cukup membuat banyak orang berpikir bahwa Algoritma baru ini cukup menyimpang, gini pertanyaannya klo saya terjemahin:

"Kami adalah Situs yang cukup berpengalaman dan cukup terpercaya dalam hal jual beli, dan kami sudah membuka Domain ini sejak 30 tahun yang lalu, namun ada satu yang ingin kami pertanyakan, karena kami hanyalah reseller atau pihak kedua, seluruh postingan kami memang bukanlah Original Konten, lantas kenapa Situs kami justru menempati urutan lebih tinggi dari pada situs yang menjual barang dan jasa itu sebagai pihak pertama? adakah Algoritma yang salah dalam Google's Panda ini?

Nha lho, gimana tuh Mbah haha... monggo dijawab.

Terus ada lagi pertanyaan seputar co.cc sebagai penyedia Domain pihak ketiga yang katanya di Banned Google, cuma saya gak mau jawab pertanyaa ini dipostingan ini karena niatnya mau saya bikin postingan terpisah, yang pasti berita terkait Co.Cc ini jauh banget dari seluruh pemberitaan Blogger-blogger Indonesia yang rame-rame nulis postingan ngawur untuk gak menggunakan Co.Cc.

Tapi yang paling menyimpan banyak pertanyaan adalah, Niat terselubung Mbah Google dibalik keberadaan Algoritma Google's Pandanya ini, karena dari beberapa pernyataan resmi mereka, banyak Blogger yang akhirnya beranggapan bahwa Google's Panda sengaja dibuat untuk pasar Advertise atau lebih ditunjukkan bagi Bisnis Iklan mereka ketimbang sebagai pembaharuan mesin pencari mereka hhe...

Dan saya pribadi agak setuju dengan anggapan ini, karena disini faktor-faktor serta pertanyaan-pertanyan yang mereka berikan memang lebih mengarah pada seberapa ingin seorang pengiklan menggunakan sebuah Blog Publisher untuk memasang Iklannya :) tapi, semoga aja itu semua gak bener.

Karena klo itu bener, kemungkinan banyak Blogger yang akan meninggalkan Google sebagai Search Engine andalan mereka dalam mendatangkan Visitor, dan beralih ke Search Engine lain :) karena terserah anda mau percaya atau nggak ternyata PageRank sudah ditinggalkan Google sebagai patokan utama penilaian mereka bagi sebuah Blog GUBRAK!!! dan itu hanya mereka anggap sebagai salah satu Faktor kecil untuk menilai keberadaan sebuah Blog atau Website.

Hah.. Masih banyak sebenernya yang mau saya share kepada anda, cuma berhubung postingan ini udah cukup panjang juga, jadi mending sampe disini aja ya haha... :) yang pasti tanpa anda sadari Blog ini pun udah banyak mengalami perubahan dan penyesuaian dibelakang layar HTML dan CSS-nya beberapa hari ini untuk ikut mengucapkan selamat datang kepada Panda hhe... yang paling mencolok mungkin Javascript di Title bar yang saya buang, dan karena perubahan dibelakang layar itu juga, tanpa saya sadari ratusan error dan warning terhadap ke valid-an HTML 5 blog ini berkurang dan hanya menyisakan 17 Error dan 1 Warning Alhamdulillah :)

Terakhir, saya cuma berharap Algoritma Panda ini bisa diperbaharui atau bahkan diganti dengan Algoritma yang cukup jelas dan gak bikin Blogger-blogger Serabutan kaya saya ini bingung :)

Dan sebelum bener-bener pamit, kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheerrrssss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Happy Sunday... :D

38 komentar:

Rizkyzone said...

asyik bisa pertamax

DeArryk said...

Ada 1 kalimat yang bikin saya merinding, "Sebuah konten dengan kualitas rendah akan mempengaruhi keseluruhan penilaian terhadap Blog anda". Jujur aja, di blog saya kayaknya lebih banyak konten berkualitas rendah dari pada yang berkualitas tinggi. hehehe... tapi gak pernah takut sama si Panda...

chici said...

Makasih mas udah bagi-bagi infonya, walau tetap masih bingung juga di beberapa poin, tapi udah sedikit dapat pencerahan tentang google's panda ini.

Wah kalo aku jawab semua pertanyaan di atas itu, kayaknya blog aku cuma dikit doank masuk di beberapa kategori itu :(
*cheeeers balik

Rizkyzone said...

kalau aq mah g pernah sob mikirin hewan bernama panda, mau di index atau nggak yang penting blog q masih tetep bisa di akses udah beres, pusing kalau mikirin itu

Adit Mahameru said...

yg buat aku muji Google adalah, Blog di buat untuk pengunjung bukan buat admin semata. Jadi bagus atau tidaknya ya pengunjung puas ato ndak..gtuu

Djangan Pakies said...

waoh sepertinya semua pertanyaan di atas adalah anak panah yang tajem nunjeb nunjeb dan membutuhkan jawaban yang jujur . Sepertinya bisa digunakan sebagai referensi untuk berikutnya
manteb Kang.

randy oktaran said...

wah semua pertanyaan itu menusuk jantungku,hkhkhkhk pantaskah aq disebut blogger?

iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia said...

Aku idem aja ah aku soalnya newbie bangget kalo masalah ini

tito Heyziputra said...

dari 23 pertanyaan diatas, sepertinya lebih cocok untuk sebuah website resmi, formal, dan berbau akademik...

klo blog yang notabane nya adalah web pribadi, hal2 seperti, ejaan, ketajaman isi konten seharusnya tidak perlu dihitung...

kan setiap orang beda gaya nya menulis.
semoga Google menjadi search engine yg lebih baik.

Boy said...

tapi jujur,,, pengaruh PR yg dkasih google ke blog umur 3 bulan q besar sekali lo... setelah posting, selalu nangkring di jajaran atas. Jd, sy anggap PRxa google lebih ke Hadiah saja.. hehe

Ladida Cafe said...

hmm, google makin aneh memang akhir2 ini, hohohoo . . .
saya makin ngga tau algoritma kali ini . .

Zan Insurgent said...

pertanyaan kayak gitu kayak nya ngga pantes untuk dipertanyakan ke blog ane... seperti ente bilang sob.. itu kan blog pribadi jadi suka2 ane dong, tp ngga semau gue juga kali....


ane mau curhat dikit nih sob, kalo soal loading sepertinya blog ente emang agak berat hhhh... untuk hal2 yg lain menurut ane asyik2 aja tuh... :D

Teknokers said...

hmm, pernyataan terakhir mencurigakan tuh sob.. Berarti si mbah Google udah ngak bersahabat lagi donk sama kita2 yg notabenenya blogger serabutan, wkwkwk

Sama, aku juga gitu sob.. Traffic benar2 terbagi jadi dua alias turun sampe setengahnya. yang aku heran kok AGC masih tetap berkeliaran aja ya? Jengkelnya pas ngetik keyword tertentu yg sesuai dg keyword utama blogku kebanyakan disabet AGC duluan, wkwkwkwhmm, pernyataan terakhir mencurigakan tuh sob.. Berarti si mbah Google udah ngak bersahabat lagi donk sama kita2 yg notabenenya blogger serabutan, wkwkwk

Sama, aku juga gitu sob.. Traffic benar2 terbagi jadi dua alias turun sampe setengahnya. yang aku heran kok AGC masih tetap berkeliaran aja ya? Jengkelnya pas ngetik keyword tertentu yg sesuai dg keyword utama blogku kebanyakan disabet AGC duluan, wkwkwkw

anisayu said...

wowww yg kutahu cuma bisa nulis puisi ada kesalahan ga ya hix

menarik banget infonya

Gaphe said...

buset dah, garuk-garuk kepala juga say amau jawab apa atas 23 pertanyaan diatas. secara dari pertanyaannya aja udah bikin bingung, lah gimana mau njawabnya..

kayaknya ini untuk blogger senior aja deh, kalo buat ecek-ecek kayak saya gini, apalagi isinya gak jelas... yaa saya nggak terlalu mikir itu.

ada yang mau bantu mikirin? *halah

khamardos | Info Seo baru said...

wah wah, lengkap banget dah sob ...
cman saya g bgitu peduli meski saya sedikit mengepost tentang google panda sob ...

y, kita berharap saja, dengan google panda kita bisa menjadi lebih baik lagi ...

Nyayu Amibae said...

Assalamualaikum sob nand...

waduh.. pembahasan tingkat tinggi ini,, kok aku banyak garuk2 kepala lihat pertanyaannya yg panjang...dan lamaaaaa....

ya sudah,, pokoke aku ngeblog untuk sheare n seneng2 aja...hehehe

soal modem, sama.. modemku malah dah di opname seminggu,, sekarang tepakasa pake modem cdma jadul ku...wkwkwk

Tetap semangaaat!!!

catatan kecilku said...

Aku berjuang keras utk memahaminya... tapi meskipun dahiku berkerut dalam, kok aku gak paham2 juga ya? #malusambilnutupmuka

narti said...

puas baca artikelnya yg sepanjang KA, he3x...
bingung mau komen yg mana, tapi makasih banyak sharingnya.
ngeblognya nyantai koq, gak mau pusing :)

sda said...

berarti PR udah gak penting nih?
*PR n alexa-ku dah sama2 ambles sih :(

Rawins said...

co.cc memang kebanyakan sampah tuh
dan kayaknya wajar, semua yg berbau gretongan ya gitu deh...
nais impo
biarpun ga pernah terpengaruh oleh perubahan algoritma itu
ngeblog memang ga punya niat lain lain kok selain buang unek unek
ga butuh masuk google
secara sepihak sih menurutku sekarang lebih asik
jadi jarang banget kesasar ke blog agc yang najisin sekali...

Ayub Adiputra said...

Waduh...blogku personal banget. Lebih mendominasi dengan opini pribadi. Dan imbasnya emang terasa sekarang. Pengunjung mulai nipis wakakaka... Tapi ya sudahlah, mau nulis dengan cara pribadi juga wajib, ngikutin mood. Mau ngikutin Google juga ya perlu biar blognya nggak terkubur, jadi kesimpulannya ngikutin yang bisa diikutin. Kalau nggak ya semoga dapat kompensasi dari Google. Kalau nggak dapat ya sudah, tetep nulis saja, siapa tahu 10 tahun yang akan datang ada perubahan. Walaupun nggak terlalu mudeng dengan promosi, tapi saya masih yakin masih ada jalan *padahal dalam hati ngarep sama Google wakakaka...

NuellubiS said...

@tito Heyziputra

saya setuju sama pendapatnya ini. itu seharusnya ga perlu jadi pertimbangan. itu lebih mengacu ke gaya masing2 penulis. masak harus dipaksa agar menulis sesuai EYD? jujur gw sih ga sreg aja kalo nulis pake EYD. lebih enjoy npake bahasa gaul geto loooh. hehhehe... plus banyak juga koq blog2 malay yang kosa katanya gw ga bisa mengerti.

Sofyan said...

saya rasa 23 sudah cukup tuh untuk jadi referensi memperbaiki blog,,,hehehe

Tapi blogku hanya utuk catatan aja kok agak mau ambil pusing sama teori diatas,,hanya pingin tau aja,,,terima kasih

Aini Sastra said...

mantap nih infonya, terima kasih banyak mas bro...

Umy Diary said...

weleeehh, tinggi banget,,,

krozbonek said...

wah pagerank pengaruhnya kecil XD
sampai bingung mau komentar apa :D

dindasaurus said...

== PR aja aku masih 2.aku ngeblog ga ngarep PR atau wateper lah aku ngeblog buat nyebarin virus anak gawl masa kini.lagian kalo ngeblog pake EYD berasa khotbah onlain ==a wkwkwkw

alkatro said...

Komfliit,
Memang bener, nek mbahas biz baiknya pake bahasa 'manusia', ane pernah dikritik temen.. cuek wae wkwkwk
Agc tetep masih banyak nungul,
Biarpun mungkin Co.cc ditendang gugel, masih ada yahu, bing dkk yang nampung :D
ptr ane nampaknya tambah sepi.. Huaa.. Mendingan macul wae kabuur

Zippy said...

Mungkin gara2 ini PR Blog gue turun jadi 2, wkwkwkw...
Tapi kalo gue sih males tau aja dengan si Panda yang satu ini.
Tapi lumayan kesel juga sih kalo dampaknya sampai ke Page Rank :))
Apa kabar sob?
Lama nih gue gak kesini :(

Sukadi said...

Ora mudeng Kang... Kalau saya ngikut saja maunya google, lha nggak tahu juga mesti ngapain kok hehe.. Kalau cara ngecek duplikat konten itu pakai apa/bagaimana caranya Kang? jadi penasaran pingin tahu juga berapa tulisan blogku yang terduplikasi hehe..

Semangat Kang, Panda datang dengan "keasyikan" baru haha...

Herdoni Wahyono said...

Google memang search engine terbesar di dunia. Sebagai search engine 'terbaik dan terunggul' di dunia, tentunya yang masuk di halaman pertama hasil pencarian Google adalah situs atau blog yang 'terbaik'. Situs atau blog 'terbaik' yang memenuhi '23 kriteria' seperti tersebut diatas. Patokan telah diisyaratkan oleh Google, tinggal para Blogger bagaimana untuk meresponnya. Trims infonya Sobat. Menarik sekali ulasannya. Salam sukses.

NHRSM said...

sekedar nimbrung om

apakah PR saya juga hadiah ya?

tapi jujur nih om, belum begitu ngeh dengan algoritma yang baru ini. tapi hasilnya lumayan, blog saya kadang nangkring di pejwan :D

Aulawi Ahmad said...

namanya perusahaan komersil pasti ujung2nya profit bro :) dimaklumi dan dinikmati aja hehehe

DJ Site said...

@ All: Pertanyaan2 diatas menurut saya juga lebih ditepat diberikan kepada Website perusahan atau Online Bisnis ketimbang kepada kita yg hanya memiliki Blog pribadi... Intinya sih, Google cuma gak mau kita terlalu puyeng nanyain Algortima baru mereka.. itu doank..

Planking said...

Kapan ya Panda berubah jadi yang lain , habis dummy aku digebuk semua hikks

DJ Site said...

@ Planking : Hahaa.... ntar kli jadi Google Kanguru wkwkwk... iya ya, sepertinya yg .info tuh yg kegebuk hhe..

Om Didien said...

udah baca dari awal sampe ahir postingan, malah bingung maw koment apa... :-/
tp pertamax gan.. sukses yaw... :)

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian