Tuesday, August 2, 2011

Asmara Subuh? Tradisi Apaan Nih?


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Ehm… hayo pada puasa gak nih? Hhe... bagus deh klo pada puasa, semoga gak Cuma sampe jam 12 ya wkwkwkwk.... *emank bocah? Dan untuk anda yang gak menjalankan Ibadah puasa karena emank gak wajib juga dalam kepercayaan anda, saran saya mendingan makan dulu dari rumah, soalnya gak asik juga kan klo anda mesti makan sendiri sembari ditontonin banyak orang yang lagi pada puasa wkwkwk... :D

---

Fiuh, jujur saya pengen banget nulisin blog ini tiap hari, Cuma karena lagi-lagi gak ada koneksi yang bisa saya manfaatkan selain koneksi Mobile, untuk sementara ini. Jadi biarpun banyak banget kata-kata yang pengen saya tulis, untuk sementara mungkin karakter demi karakter *Jiah elah bahasa lu kang itu hanya akan terendap di otak, maklum jari-jari saya yang rada gede ini emank agak susah untuk ngetik cepet di Keyboard Touch Screen :) jadi bisa publish satu postingan aja itu udah syukur Alhamdulillah banget :P *mungkin beda urusan klo nih HP ada Keypadnya hhe...

Skip...

Pagi ini, waktu lagi duduk santai sembari nontonin berita TV, ada sebuah berita tentang kegiatan di Bulan Ramadhan yang lumayan bikin saya bengong sembari nanya ke diri sendiri, Emank ada ya kegiatan kaya begini? Syukur Alhamdulillah kegiatan ini Cuma dikenal sama orang-orang didaratan Sumatera, jadi di Pulau Jawa emank Tradisi beginian gak pernah dikenal sama sekali dan semoga emank tetep gak perlu dikenal dan diikuti hhe... Nha lho? Kok gak perlu dikenal dan diikuti toh kang? Lha emank kegiatan apaan toh? Orang-orang yang tinggal disepanjang daratan Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung sering menyebutnya sebagai “Asmara Subuh”. Hayah dari namanya udah bener-bener rancu untuk diikuti hahaha...

Kenapa Dinamakan “Asmara Subuh“? Karena kegiatan ini memang dilakukan saat Ba’da subuh sampe sekitar jam 9 pagi, sebelum akhirnya mereka pulang kerumah masing-masing untuk tidur :P Eum, klo di Bandung *karena dulu saya sering puasa disana itu hampir-hampir mirip sama Tradisi Ngabuburit, Cuma bedanya klo Ngabuburit kan sekalian nunggu waktu Berbuka dan emank gak ada tujuan maksiatnya juga, orang Cuma ngobrol sembari jalan-jalan paling hhe... nha klo “Asmara Subuh” beda lagi urusannya hhe... kenapa? Karena selepas waktu Imsakiyah, ratusan pasangan langsung memadati jalan-jalan besar untuk memadu asmara, klo di Medan biasanya di kawasan Jalan Ring Road. Dan untuk yang gak punya pasangan, ya justru jadi ajang nyari pasangan atau sekedar untuk bergossip ria *hayah itu kenapa kegiatan ini saya bilang cukup rancu untuk dilakukan sekalipun mungkin memang sudah dilakukan sejak lama. Bahkan MUI Sumatera Utara klo gak salah udah mengeluarkan Fatwa Haram untuk kegiatan “Asmara Subuh” ini, Cuma dasarnya udah jadi budaya ya gak mungkin lenyap gitu aja kan hhe...

Cuma yang akhirnya menjadi pertanyaan saya adalah kenapa mesti dilakukannya pas puasa gitu? Udah tau puasa tujuannya nahan hawa nafsu, lha iki kok malah nyari nafsu toh? Piye toh iki haha... udah mengganggu lalu lintas, sempet ada yang tewas juga, Sholat Subuh ikut ditinggalin juga, ditambah lagi malah mesra-mesraan secara masal, mending amat klo itu Suami Istri, lha ini muhrim juga bukan *GUBRAK!!!

Haduh, kayanya kegiatan model gini malah memicu terjadinya pembatalan puasa secara masal deh, lha wong enek manfaat’e ae ora kok... Iya toh? lha klo ngumpul di Masjid dengerin Kuliah Subuh and Tadarusan bareng sih iya bermanfaat, lha iki, masih subuh ae wes mesra-mesraan apalagi tambah siank, lanjut ke kegiatasan asusila iya....

Mbuh lah. Saya sendiri gak mau ngasih nasehat apapun untuk mereka, karena ngeliat dari umur aja harusnya mereka bisa mikir mana yang baik dan buruk untuk dirinya kan? Atau klo diantara anda ada yang ingin memberikan nasehat atau sekedar wejangan, saya persilahkan di kotak komentar :P

Oiya, berhubung lagi puasa, untuk sementara gak ada kegiatan bersulang ya klo saya postingnya pagi haha....

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging ‘n Have a Nice Day... :P



24 komentar:

Akmal Fahrurizal said...

Baru denger dan baru tau ada kegiatan yg kaya gitu. Asli masih heran dan bengong banget!

honeylizious said...

enakan tidur di rumah daripada asmara subuh, at olahraga aja daripada mesra2an.. Ehehe

sda said...

wah wah....
jd inget kampung kalau jalan2 habis subuh :)
dulu, sering juga jalan2 habis subuh gitu, namanya anak remaja jd jgn heran kalau lama2 juga ada yg saling menunggu acara jalan2 selepas subuh seperti ini. Nah kalau udah ada 1 pasangan remaja jadian (remaja loh ya) udah deh gosip menyebar kemana2. Dari situ, kalau habis subuhan tuh jadi nyari, eh si A kemana, itu si B udah nungguin. hihihi...
nah yg lain, gangguin, dilempar pakai mercon. Mesti pd inget kan kapan jamannya main mercon?
Gak tau kenapa emang kalau ramadhan ada saja yg jadian, hihi...Banyak yg jadian ama teman sekampung. (aku engga loh) :)
Walau tak jarang yg terus bubaran juga.

sda said...

serasa aku orang jadul banget yah? hihi...
tapi gak ngerti kalau sekarang gimana.

Adi Chimenk said...

sudah menjadi semacam budaya dan tradisi, sama seperti waktu gw di Lombok. Sehabis subuh pada tumpah ruah di jalan Udayana. Ada yg nyalain petasan lah, ada yg jlan berduaan dengan cewek, terus gw?? yaaa,,ngliatin sama maen kembang api..hahaha

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Kang,
setuju dengan kalimat,puasa tujuannya nahan hawa nafsu, lha iki kok malah nyari nafsu. Lha kalo itu tujuannya, maka puasa hanya mendapat haus dan lapar saja fiuhhhh

KhamarDos Blog said...

Klo saya manfaatin waktu habis shubuh tu untuk jogging sob, mau puasa atau g g peduli, habis sudah kbiasaan jogging habis shubuh sob, sbntar2 jadilah.... hehehehee...

Yng brbdanya klo pas puasa ni habis shubuh lbih rame di banding biasanya sob ... pernah sih lihat 2 sjoli berdua2an ... (g tahu apa, ni lagi puasa)

tpi pas puasa pertama smalam insya allah g ada tu sob, lancar2 aja ... ehehehhee ... di tunggu kehadirannya di blogku y sob ...

.:diah:. said...

huaaaa, no comment deh, sebel jga liatnya, harusnya pada ngerti dan bisa nahan diri malah sepertinya dengan bangga melakukan tradisi spt itu.

Ami said...

mereka ini abege yang abis saur bingung mau ngapain ya janjian. emang lebih enak jalan pagi-pagi dibandingin sore...

NuellubiS said...

sudah menjadi tradisi juga yang namanya kolak

Sukadi said...

mungkin biar lebih dramatis dari sinetron, dikasih nama 'Asmara terlarang' saja hahaha..

Aneh-aneh saja, sampai-sampai MUI harus turun tangan dengan fatwa-nya, walau mungkin tidak di indahkan :(

Nuwun Kang..

ABoh EKA™ said...

Ada2 aja yah istilah yg muncul.. "Asmara Subuh" Masih muda dlm bilangan umur, tergoda & terbius akan tontonan yg tdk memberikan tuntunan baik. Tiada teladan dari lbh tua.

smp 3 lembang said...

tidak bisa dipungkiri ditempat sayapun demikian malah kegiatan nyari pasangan biasanya lebih giat sepulang shalat, setan kayaknya nggak mau nyerah biar di bulan ramadhan juga

TUKANG CoLoNG said...

saran kamu tentang makan dulu sebelum diliatin bener juga bro..hahaha. buat kamu juga biar puasanya kuat ampe sore jangan lupa makan siang dulu.. :)

btw, punya ipad yaaaaa ._.
aku juga gitu bro, pengen posting tapi terkendala internet. jadi cuma bikin draft aja. sial banget ga sengaja kemarin satu draft kehapus dan langsung gue CCleaner, jadi ilang permanen dah!

sebenernya masalah asmara ini sensi lebih sensi dari SARA bro. lo ga kasian ama yang jomblo, yang ga ada ngebangunin sahur, ga ada yang ditanya soal makan apa.. lo juga bisa bikin galau orang yang baru putus, jadi mengungkit memori mereka pas masa lalu...hahahahaha

Rawins said...

yah namanya juga anak muda
selalu saja ada pemanfaatan kesempatan
mau komen juga bingung
waktu muda juga suka cari cari seperti itu

Sofyan said...

hehehe,,ini yang namanya memanfaatkan momentum saat subuh hehehe,,,entahlah mas padahal ini Ramadhan mereka malah asik dengan asmara di waktu subuhnya,,opo yo gak kedinginan

Ayub Adiputra said...

Sebagai seorang Penyanyi Dangdut saya cuma bisa bilang , "terlalu" wakakakaka... Ya yang beginian di tempat saya ada kok mas. Biasanya habis subuh jalan-jalan bareng. Janjian lah, enath pacar atau cuma kenalan. Cuma yang ngelakuin anak SMP sih (bukannya malah tambah parah ya ) hahahahag... Hemm...berhubung sekarang makin banyak yang beginia mari kita sebagai generasi muda untuk mengingatkan agar tidur setelah sholat subuh untuk mengurangi tingkat per"Maksiatan" selama bulan Ramadhan wassalam... hehehe

Nyayu Amibae said...

Assalamualaikum sobat ku,,, pa kbr????

huahahaha.. bahas asrama,, eh salah asmara shubuh toh??

Hmm... emang iya hanya ada di sumatera ya? waduh,, ku kira selulruh Indonesia,, :)

Sama sob, aku juga tidak setuju dgn yg namanya asmara shubuh ini,, tapi ya gitu,,, sudah budaya,, dan sayangnya banyak anak muda sekarang yg mengikuti suatu budaya tanpa dibarengi ilmu yg benar...

Ga cuma asmara shubuh aja kok, di tepi aku lihat juga ada yg main mercon massal abis shubuh disatu lapangan,,, gubraaaak!! wkwkwk

Keep smile,,, kayaknya nasib kita sama,, 2 modem GSM ku dah pada KO,,sekarang tepaksa pake yg cdma,,, lemooooooooooooot.......... :D

windflowers said...

waduh..aku baru tau lho kl ada tradisi semacam ini..beneran rancu ya..kayanya kl udah tradisi susah dihapus deh..buktinya mpe skrg masih ada tuh tradisi..

yuliani indri lestari said...

assalamualaikum...
na'udzubillah tsumma na'udzubillah...
bneran kang, ni kali pertamanya sy dnger brita dan istilah yang beginian. merinding dan ngeri banget tau ttg ni. ko bisa2nya ya?
ya Allah... berikanlah hidayah pada org2 dsana smga cpt insaf dan mperbaiki diri dan sikap

Takuya said...

beneran ada tuh? hahaha.. kyaknya buat yg abis nge-asmara subuh, udah ga ada gunanya lagi kali ya mereka nahan lapar dan haus, hehe

ketty husnia said...

hihihiii...kirain mas Ferdinand yg sedang berada di berita itu,..menanti fajar menjelang dan menikmati langit terang :)

DJ Site said...

@ All: Mungkin karena memang sudah jadi Tradisi jadi sulit untuk dihilangkan begitu saja sekalipun mungkin sudah dibuat Fatwa Haram oleh pihak2 yg berwenang akan masalah semacam ini (MUI)...

IbuDini said...

Saya ada dengar juga....enaknya jalan pagi di dari pada habis sholat langsung tidur.
Kalau jalan pagi tujuan utama untuk kesehatan pasti ok dan didukung tapi kebanyakan remaja jalan pagi, trus kepelabuahn atau tepi pantai....cuma buat janjian sama pacar.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian