Friday, September 16, 2011

Antara Vitamin C dan Logo Doodle Google Hari Ini [Ulang Tahun Albert Szent Gyorgyi yang ke 118]


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Ehm, udah pada bangun kan nih? haha... *ya udah lah, emank lo... lagian orang-orang juga udah pada berangkat kerja kali kang, lha sampean dewe a'gi tangi toh kang? Huss, ngawur... sebelum ayam kokok-kokok juga saya udah bangun, eh bentar perasaan deket-deket rumahku ndak ada yang melihara ayam deh *GUBRAK!!! wes lah, lagian saya-nya juga udah sampe kantor kok wkwkwk.. :)

Okeh, Karena 2 minggu kemaren saya udah Hectic abis-abisan sama project-project gambar dan animasi yang entah dateng dari mana dan ujuk-ujuk jadi deadline tunggal saya selama 2 minggu ini *boss klo sukses inget saya ya *Cring pagi ini, saya mau refreshing ria dulu di Blogsphere tercinta ini soalnya saraf-saraf otak juga udah pada mulai ngambek gara-gara jarang diajak nulisin blog ini haha.... :) *Peace

Owh, ngono ... Lha terus pagi ini kita mau ngomongin apa toh kang? Eum, sebenernya sih saya mau langsung cerita tentang "Hujan", cuma begitu mampir ke rumahnya Mbah Google barusan, ternyata cucu serabutannya ini malah dikasih oleh-oleh buah-buahan pas mau pulang, jadi sebagai ucapan terima kasih dan biar ndak kualat juga sama Orang tua, saya mau ngajak anda ngomongin Doodle-nya si Mbah dulu...

Oiya, wes do' mampir neng ngomah'e si mbah rung ki? klo belum mending anda pada mampir dulu deh, baru balik kesini lagi untuk baca postingan ini, soalnya si Mbah tadi bilang lagi nungguin Cucu-cucu kesayangannya dari Indonesia, bosen katanya dia ngeliat cucu serabutannya doank :D

So, untuk yang belum mampir ke rumahnya si mbah saya persilahkan klo mau mampir, dan untuk yang udah mampir atau gak sempet untuk mampir tapi pengen tau cerita dibalik Doodle Google yang serba simple dan "Fresh" kali ini, monggo lanjut baca postingan ini sampe abis.

---

Sumpah, pertama kali buka Google pagi ini saya agak kaget sama Doodle yang dipajang sama si Mbah kali ini, bukannya apa-apa, si Mbah klo bikin Doodle biasanya Ng'Flash atau pake HTML5 Canvas API kan, lha iki kok tau-tau cuma File Image biasa aja toh? ditambah lagi gambar yang ditampilin paling depan kok ya malah gambar jeruk toh? ki enek peringatan Hari Berkebun Internasional toh mbah? *pertanyaan ngawur saya.

Dan karena udah terjebak sama ajaran Ibu saya sedari kecil dulu *hayah klo pagi-pagi itu gak boleh makan jeruk karena bisa sakit perut *hayah GUBRAK!!! Ndeso jadi sebelum niat untuk nyari tau tentang Doodle ini muncul, kebetulan perut saya udah kontraksi duluan untuk nimbun emas, jadi cerita saya skip dulu...

---

Hah... Lega.... Okeh lanjut

Lantas apa hubungan antara Jeruk dan Google? aku kok malah jadi inget sama Iklan jaman dulu (Jeruk kok makan Google Jeruk) haha... gini-gini.... Sebenernya klo anda perhatikan lebih detail gak hanya Jeruk yang jadai Icon tunggal di Doodle Mbah Google hari ini, melainkan ada juga Nanas yang cuma keliatan daunnya, Strawberry yang keliatan jelas warna merahnya, serta Jeruk Lemon yang di paling depan yang awalnya saya kita jeruk biasa.

Nah lho malah makin ruwet, terus apa hubungan semua buah-buahan itu sama Google? Jelas ada, karena tepat hari ini, 16 September 2011, Mbah Google sedang memperingati Ulang tahun seorang tokoh penting bernama Albert Szent-Györgyi. Kui sopo mneh toh kang? lha kok aku malah agi denger iki jeneng'e? Albert Szent-Györgyi adalah seorang fisiolog Hungaria yang menemukan vitamin C dan komponen-komponen serta reaksi dari siklus asam sitrat.Wes nyambung rung otakmu? Walah masih bingung aku kang, coba lebih spesifik lagi relasinya ki enek ngendi? Wah gini nih klo jarang makan buah, sampe otak ae kurang serat *Peace... Sebelum lanjut ke relasi antara Vitamin C dan Google, coba kita balik ke masalah buah-buahan,ada gak relasi antara Buah-buahan sama Vitamin C? lha ya jelas ada toh kang... apalagi klo yang diomongin buah-buahan yang sampean sebut tadi, ambil contoh ae ya kang, Jeruk klo ndak salah mengandung 45 mg (54%) Vitamin C per 100g, Nanas mengandung 36,2 mg (44%) per 100g, terus lemon katanya yang tertinggi kang sampe 53,0 mg (64%) Vitamin C per porsi 100g klo ndak salah. Strawberry yo sumber vitamin C dengan 82mg per porsi 144g.

Nha pinter, artinya kowe wes paham toh sama hubungan terlarang antara Vitamin C Dan Mbah Google? lha ya belum kang, aku baru paham hubungan si buah sama Vitamin C *hayah GUBRAK!!! wes-wes langsung aku jelasin ae, capek nerangin sampean pake Logika haha... Gini, Relasinya sebenernya gampang aja, hari ini Google lagi nayangin Doodle yang gambarnya buah-buahan toh? Nah buah-buahan yang ditayangkan di Doodle Google hari ini kebetulan hanya buah-buah yang memiliki Kandungan Vitamin C tinggi atau bisa dikatakan sebagai Sumber Vitamin C, Kenapa? karena Google memang ingin memperingati Ulang Tahun Albert Szent-Györgyi yang ke 118 yang juga adalah penemu Vitamin C itu sendiri... wes paham toh? nah klo kaya gini aku paham, ndak njelimet kaya penjelasan sampean yang sebelumnya... *hayah

Nah selaku Penemu Vitamin C dan dan komponen-komponen serta reaksi dari siklus asam sitrat, Albert Szent-Györgyi sendiri pernah mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran, yang gak lain dan gak bukan adalah karena kontribusi beliau dalam bidang Science dari fungsi sistem kehidupan. Untuk yang penasaran sama Biografi dari Albert Szent Gyorgyi, Berikut Biografi Singkat tentang Beliau yang saya kutip dari Wikipedia:



Szent-Gyorgyi atau Szent-Gyorgyi lahir di Budapest (Austria-Hongaria) pada 16 September 1893. Ia memulai Kuliahnya di Universitas Semmelweis pada tahun 1911, cuma karena katanya Mbah Gyorgyi ini orangnya cepet bosanan sama kebiasaan di kelas, iapun lantas memulai penelitian di laboratorium anatomi pamannya. Cuma, kegiatan laboratorium ini sempat terhenti pada 1914 soalnya si Mbah ditugasin sebagai tenaga medis militer dalam Perang Dunia I.

Setelah perang, ia melanjutkan karir penelitiannya, Albert Szent-Gyorgyi pun beberapa kali pindah sekolah selama beberapa tahun berikutnya, sampai akhirnya berakhir di University of Groningen di mana ia fokus pada studi “the chemistry of cellular respiration.”.

Lewat karyanya pada studi inilah, akhirnya dia menduduki posisi sebagai “Rockefeller Foundation fellow” di Cambridge University. Di sana, ia menerima gelar PhD pada tahun 1927 untuk karyanya yang kemudian disebut “Hexuronic Acid” dari jaringan kelenjar adrenal. Untuk yang gak tau, Asam Hexuronic sekarang dikenal sebagai Ascorbic Acid, senyawa organik dan salah satu bentuk dari Vitamin C.

Albert Szent-Gyorgyi awalanya menduga bahwa asam Hexuronic menjadi “faktor antiscorbutic,” tapi tidak bisa dibuktikan tanpa uji biologis. Studi dan penilitian tentang “Ascorbic Acid” akhirnya dilakukan dan diselesaikan oleh “King’s Laboratory” di University of Pittsburgh. Laboratorium memperoleh “Adrenal Hexuronic Acid” secara tidak langsung dari Albert Szent-Györgyi dan kemudian membuktikan bahwa itu adalah vitamin C di awal 1932.

Albert Szent-Györgyi bermigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1947 di mana dia menikah dengan istri pertamanya pada tahun 1965, dan kemudian menikah untuk yang keempat pada tahun 1975. Dia meninggal pada 22 Oktober 1986 di Woods Hole, Massachusetts, Amerika Serikat, 22 Oktober 1986 pada usia 93 tahun.

Itu mungkin sedikit Biografi beliau yang bisa saya jelaskan kepada anda, dan klo anda rasa masih kurang monggo searching sendiri tentang Albert Szent Gyorgyi, tapi saran saya sih jangan pake Google.co.id melainkan pake Google.com dengan Keyword British soalnya si Mbah gak gitu terkenal di Indonesia hhe...

Okeh, tuntas tugas saya menceritakan Doodle Mbah Google hari ini, dan klo anda mau nambahin saya persilahkan dikotak komentar :) Terakhir sebelum pamit, kaya biasa kita bersulang dulu.... Cheerrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)


15 komentar:

narti said...

iya, imagenya polos, simple.
thanks infonya ya, makin jelas soal vitamin C
:)

sda said...

OOT: baru kebaca komentarnya coz masuk spam.
iya, sebulan gak update tuh. Gak ada yg di delete koq.

CahNdeso said...

Woalah, Gedubrak..!!! Gitu to hikayat eee... sejarahnya? Saya sangat terharu campur tertarik dan sekaligus merasa terhibur karena gaya bahasa Sahabatku yang sungguh-sungguh nyantai.
Siiiiip banget, dan jossss infonya. Godbless you, Guys

DJ Site said...

@ narti : sama2 Mbak... aku juga baru tau klo Mbah Albert yg nemuin kandungan Vitamin C hhe.. :)

@ sda: Eh moso? bukannya postingan terakhir yg anyaman itu ya? apa aku yg salah inget haha...

@ CahNdeso : Haha... biasa sob, klo keseringan ngawur suruh jelasin biografi orang penting kaya gini juga gak bisa serius wkwkwk... makasih banget klo terhibur sama tulisanku :)

GBU too kawan... :)

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola said...

Wah hebat bener yah nih orang, aku baru tahu penemu nya nih..

makasih yah sob, untuk jadwal minggu ini bisa diliat di jadwal liga inggris yang ada di blog aku sob..
ada bigmatch nanti MU vs Chelsea

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Kang
iya tadi pagi selain liat gambar gugel kek ada buah, juga tampilan dasbor blogger juga baru, lebih bersih.

kira-kira, sampeann terinspirasi nikah 4 kali ndak hhhh.

Sadako Kenzhi said...

saya udah liattttttttttt ya pas tadi pagi onlen, sesudah liat itu trus liat tampilan baru blogger yang ternyata yang lain dah pada tahu sebelumnya :D

anisayu said...

owwww ngono tho bha'e hehehe

manteb infonya
maaf lahir batin juga ya....

DJ Site said...

@ Manchester United Tech | Berita Sepak Bola : Iya sama aku juga baru tau klo yang nemuin Vitamin C itu Mbah Albert hhe..

Wew, ada toh Menu Jadwal Liga Inggris? baru tau segera meluncur Sob... MU VS Chealsea main? berangkat....

@ Djangan Pakies : Walaikum salam kang... hho wes akeh sing nikmati Login dan dashboard baru toh, aku doank kayanya yg lbih suka Dashboard lama wkwkwk..

Aduh klo inspirasi nikah 4 kali gak ikut-ikutan deh sama Mbah Albert tapi klo sampean mau nyusul yg ke-2 boleh aku tunggu Undangannya hahaa...

@ Sadako Kenzhi : Hoho... udah liat juga toh kamu Jeng... :) iya itu tampilan login beda2 waktu nikmatinnya gak samaan :)

@ anisayu : Nggih Mbak... :)

Herdoni Wahyono said...

Ingat buah Jeruk jadi ingat vitamin C. Google juga menghargai dan memperingati hari kelahiran 'orang-orang besar' yang berjasa kepada dunia. Terima kasih Bapak Albert Szent-Györgyi atas segala jasamu.

Munir ardi said...

wah jeruknya manis pasti , google doodle apa sudah ada orang indonesia ya yang diperingati

Rawins said...

aku lagi pengen vitamin c juga..
cium...

A-NX said...

Mampir sob ,,,
Tq yah buat Info ny '

Rumah Dijual said...

wih mantabb tw infonya...

Lina CahNdeso said...

Masyaallah, panjenengan ki tindak pundi to, Kangmas; suwi betul kagak jamu...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian