Thursday, October 6, 2011

Selamat Jalan Steve Jobs!


Waktu denger berita meninggalnya Steve Jobs sore tadi, sebenernya saya masih antara percaya gak percaya. Saya Percaya berita itu mungkin benar, karena menurut saya penyakit Kanker Pankreas yang diderita oleh Steve Jobs emank udah lumayan parah, tapi disisi lain saya pun masih gak percaya, karena bulan lalu saat media berita ramai memberitakan bahwa pendiri Apple ini telah mangkat, pihak apple justru mengkonfirmasi bahwa Mbah Jobs masih hidup dan sedang menjalani pengobatan. Tapi waktu, saya buka situs resmi apple di apple.com sore tadi dan mendapati tampilan Home page berikut ini:




Akhirnya saya percaya bahwa berita wafatnya Pendiri Apple itu adalah benar. Berita wafatnya Steve Jobs ini pun telah dikonfirmasi dan diumumkan oleh pihak Apple Inc pada rabu malam waktu setempat *bukan waktu Indonesia. Dan berikut konfirmasi singkat Apple terkait mangkatnya sang pendiri sekaligus mantan CEO mereka:

"Kami mengumumkan bahwa Steve Jobs telah meninggal hari ini (Rabu), Kecemerlangan, semangat, dan energi Steve merupakan sumber inovasi tak ternilai yang memperkaya dan meningkatkan semua kehidupan kita."

Kabar terakhir memang menyebutkan Jobs menderita kanker pankreas yang langka pada 2004 dan sempat menjalani transplantasi hati pada 2009. Dan karena alasan kesehatan itulah, Jobs akhirnya mundur sebagai CEO Apple pada 24 Agustus lalu dan digantikan oleh Timothy D Cook sebagai CEO Apple yang baru. Namun, kendati demikian pihak apple enggan memberi keterangan lebih rinci terkait dimana pria berusia 56 tahun itu meninggal.

Semasa hidupnya Steve Jobs sendiri dikenal karena keramahannya kepada siapapun, baik para pesaing maupun partner bisnisnya, maka tak heran saat berita kepergian beliau diumumkan banyak pihak yang langsung berduyun-duyun memberikan ucapan bela sungkawa atas kepergian pendiri apple tersebut, bahkan Mbah Google pun secara resmi langsung memberikan Direct Link menuju apple.com di page pencariannya tersebut, seperti yang bisa anda lihat pada gambar berikut ini:


Selain memberikan Direct link ke apple.com Sergey Brin selaku Co-Founder Google Inc pun mengucapkan kalimat berikut:

"Sejak awal Google ada, Larry selalu menjadikan Jobs sebagai inspirasi bagi visi dan kepemimpinan perusahaan, kita harus melihat tidak lebih jauh dari Cupertino. Steve, semangat yang diberikannya merupakan keunggulan yang dirasakan oleh siapa saja yang pernah menyentuh produk Apple (termasuk Macbook di mana saya menulis ini sekarang). Dan saya telah menyaksikan secara pribadi beberapa kali kami telah bertemu."

"Atas nama Google dan dunia teknologi secara luas, kami sangat merasa kehilangan. Saya berbelasungkawa kepada keluarga, teman, dan rekan-rekan di Apple."

Dan selain Mbah Google, Berikut ucapan dukacita yang diberikan oleh para partner dan pesaing Apple untuk melepas kepergian punggawa Apple tersebut:

1. Yuanqing Yuan, Chief Executive Lenovo Group Ltd.

"Hari ini dunia kehilangan salah satu inovator terbesar dan visioner dengan meninggalnya Steve Jobs. Prestasi yang tak tertandingi di zaman kita. Kami mengagumi semangat, kreativitas, dan gairahnya. Dia tidak hanya mengubah industri teknologi, ia juga mengubah dunia dan membuatnya lebih baik.

Sementara kita semua akan merasakan kehilangan yang sangat besar ini, saya yakin bahwa industri ini akan mengambil pelajaran luar biasa dari Steve yang banyak mengajari kami tentang inovasi. Steve memimpin industri ini seperti sebuah mercusuar dalam dekade terakhir. Sebagai pesaing, ia membantu mendorong kami lebih keras dan saya yakin warisannya ini akan terus memberikan energi industri selama bertahun-tahun yang akan datang.

Roh-nya akan membawa kita dan akan menginspirasi kita semua untuk pencapaian yang lebih baik. Kami ingin menyampaikan simpati dari seluruh karyawan Lenovo yang berjumlah 27 ribu orang di seluruh dunia untuk keluarga dan teman-teman dan kami bergabung dengan dunia dalam berkabung atas meninggal dan mengenang hidupnya."

2. Randall Stephenson Chairman dan CEO AT&T

"Kami sedih dengan meninggalnya Steve Jobs. Steve penemu ikonik, visioner, dan pengusaha, dan kami mendapat kehormatan untuk mengenalnya sebagai mitra dan teman. Semua dari kita di AT&T menyampaikan belasungkawa dan berdoa, kepada istri Steve, keluarga, dan keluarganya di Apple."

3. Rupert Murdoch, Chairman dan CEO dari News Corp

"Hari ini, kita kehilangan salah satu pemikir paling berpengaruh, pencipta dan pengusaha dari semua waktu. Steve Jobs selalu berfikir simple ketika menjadi CEO terbesar dari generasinya. Sementara saya sangat sedih dengan kematiannya, saya teringat dampak menakjubkan dari dia dalam merevolusi cara orang mengkonsumsi media dan hiburan."

4. Beberapa Co- Chief dari Reserch In Motion Ltd.

"Steve Jobs adalah seorang visioner besar dan pesaing yang paling dihormati," kata Mike Lazaridis dan Jim Balsillie, co-Chiefs pembuat BlackBerry di RIM.

Meskipun perusahaannya baru-baru ini kehilangan penjualan smartphone di Amerika Utara yang telah dominasi oleh Apple dan Google dengan sistem operasi Androidnya. Mereka tetap mengajukan rasa belasungkawanya kepada Jobs.

"Kami memperpanjang belasungkawa kami yang terdalam kepada keluarga dan untuk semua karyawan dari Apple."

Bahkan tidak hanya dari dunia Teknologi, Frontman band rock U2, Bono pun ikut mengucapkan dukacitanya, bahkan menurutnya Jobs merupakan seorang miliader yang sangat dermawan yang tidak segan-segan mengeluarkan dana untuk membantu kegiataan sosial, yang salah satunya dirintis oleh Jobs. Bahkan Bono menyebut Jobs sebagai orang yang murah hati.

Kemurahan hati Jobs sendiri dirasakan langsung oleh Bono, saat dirinya yang merupakan pendiri dari organisasi kemanusiaan (Product) Red, mendekati CEO Apple tersebut untuk menggalang dana dalam kampanye memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria di Afrika. Tanpa diduga, Jobs memberikan respon positif dan menyerahkan dana jutaan dollar untuk kampanye kemanusiaan yang digagas vokalis tersebut.

Dan tidak hanya Buno, Pimpinan Microsoft Bill Gates, saingan lama Jobs dan bekas mitra bisnis Steve Jobs inipun mengatakan pada Rabu malam bahwa pengaruh Jobs pada dunia teknologi akan terasa “selama beberapa generasi mendatang.” Gates, pendukung awal komputer Macintosh, mengatakan bekerja dengan Jobs adalah “suatu kehormatan yang sangat besar.”

Bahkan Samsung selaku kompetitor pun memuji “semangat pembaharuan” Jobs, dengan menyebutnya seorang “usahawan hebat.” kendati beberapa waktu lalu kedua raksasa teknologi itu terlibat dalam serangkaian gugatan hukum mengenai hak paten sejak bulan April.

Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menyebut Jobs sebagai salah seorang pembaharu terhebat Amerika, Obama mengatakan “barangkali tidak ada penghormatan lebih hebat kepada kesuksesan Steve” daripada kenyataan bahwa “kebanyakan orang mengetahui tentang kematiannya melalui alat yang dia ciptakan.”

Dan masih banyak Ucapan belasungkawa lainnya dari para partner dan pesaing Apple yang tidak dapat saya muat satu persatu, yang pasti dibalik kritikan banyak pihak terhadap teknologi apple yang diciptakannya, sosok Steve Jobs tidak akan pernah berubah dimata orang-orang terdekatnya. Dan sebagai penghargaan atas dedikasi beliau dalam dunia teknologi, berikut saya salin sedikit biografi beliau:

Steven Paul "Steve" Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 – meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.

Pada akhir 1970-an, Jobs, bersama pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga 2011.

Tahun 1986, ia mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sebanyak 50,1% sampai diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena itu pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7% dan anggota Dewan Direktur Disney. Pada tanggal 24 Agustus 2011, Jobs mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai CEO Apple.

Pada 5 Oktober 2011, Apple mengumumkan bahwa Steve Jobs meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 56 tahun.

Itu sedikit Biografi beliau yang saya hadirkan sebagai bentuk penghormatan saya kepada beliau, Dan jika anda bertanya kenapa saya ingin ikut menghormati beliau? gak lain dan gak bukan karena menurut saya beliau lah pendiri Android yang sesungguhnya, kenapa? karena tanpa beliau menciptakan apple dan iOS sebagai platform berbayar saya rasa Google gak akan pernah membuat Android sebagai Platform Gratis untuk menandingi Apple.

Yang pasti melalui postingan ini, seluruh staf, CEO, serta direksi DJ Site *saya doank ingin mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian beliau, dan semoga karya yang sudah dirintis oleh beliau dapat terus dikembangkan oleh para penerusnya...

Selamat Jalan Steve Jobs! dan terima kasih atas dedikasi dan karyamu di dunia Teknologi...



9 komentar:

[L]ain said...

produk Apple didiskon ga yah :'(

smp 3 lembang said...

meski belum sempat merasakan hebatnya apple tapi agak sedih juga atas kepergian beliau, malam DJ nand

Akmal Fahrurizal said...

agak kaget juga pas awal liat berita tentang ini. Ya tapi semua ada waktunya. Semoga produk Apple diskon. amin.

tito Heyziputra said...

postingan kita sama nih fer,,


Saya tidak kenal Steve Jobs, saya juga tidak punya gadget dari apple. Tetapi saya adalah pengagum orang - orang hebat dan jenius seperti Jobs.. Selamat jalan steve...

narti said...

turut berduka cita :)

al kahfi said...

seseorang yg punya hasil karya yg besar,, kalau meninggal bakal kelak terus di kenang,, dan di hargai,,nah yg kita2 ini,, mo gimana,, sooo semangat terus berkarya,, met malam sob

Ami said...

Foto profilku juga lagi mengetik di Macbook, biarpun akhirnya rusak karena udah uzur. Produksi Apple memang kereeen...

Call me Batz said...

salut buat steve jobs.. selamat jalan Steve Jobs..

NuellubiS said...

gw lebih kaget lagi waktu tau dia pendiri Pixar... karya2nya pixar yang luar biasa itu rupanya di belakang nya ada orang yang hebat pula. :D

btw, i'm sorry to hear that. :'(

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian