Thursday, December 22, 2011

Pearl Jam 20, One License, One Concert, One Music


Saking seringnya saya ngelontarin pertanyaan-pertanyaan polos, like: "Lagu apaan tuh?" "Lagunya siapa nih?" "Halah lagu apa ini?" dan pertanyaan-pertanyaan lain dengan kerangka serupa yang maknanya sebenernya sama aja, ke orang-orang disekitar saya yang lagi pada asik dengerin lagu-lagu Indonesia yang kata mereka "lagi musim" untuk didengerin.

Tanpa sadar, ternyata makin banyak orang yang nanya ke saya: "Je emank lu kaga punya TV yak?" "Lu pernah denger ada acara namanya Inbox, Derings or Dahsyat gak je di TV?" "Je, selain iklan pocari sweat lu gak punya lagu favorit lain yak?" dan masih banyak pertanyaan-pertanyan gak penting lainnya yang sempet bikin saya cengo sembari mikir, "perasaan peradaban music gw gak purba-purba banget dah? gw juga tau kali lagu-lagunya Slank, Bang Iwan Fals, Padi, Dewa 19 yang masih Ari Lasso *GUBRAK!!!, Kla Project, Alv Bandnya Nugie yang udah bubar *Toneng!!!, Endah 'n Ressa, Kotak, Night To Remember, Sonic Flux sama Saykoji yang sempet manggung di Pesta Blogger+ 2010, etc"

Cuma ya emank saya akuin, klo saya ini paling anti sama yang namanya lagu-lagu borongan yang dinyanyiin sama 3-10 orang dengan satu nada suara yang sama, like Boyband atau Girlband Indonesia lah, dan itu mungkin yang membuat banyak orang disekitar saya mikir, klo saya ini kurang "Gaul sama peradaban Music Modern di Indonesia". Eh iya tah? yo wes, Whatever lah haha... seenggaknya selera music saya gak malu-maluin untuk dinyanyiin di Toilet Umum huahahaha.... :)

Ngomongin tentang Music, biarpun 3/4 hati saya masih lebih berat ke Music Jepang, dari pada ke Music Lokal atau Music Barat bahkan latin *Emank sampean pernah denger music latin tah kang? nggak tuh GUBRAK!!! sebenernya selain YUI dan Paramore masih ada satu Band luar yang saya suka, yang saking sukanya, kadang gak bisa saya gambarkan dan tuliskan di blog ini kaya gambaran kecintaan saya sama YUI dan Paramore yang dua-duanya pernah dan akan terus saya tulis di blog ini, karena jelas saya lebih cinta sama lagu-lagu dari Band yang satu ini, ketimbang dua pesaingnya itu hahhaa... *maafin akang ya neng YUI, lagunya eneng tetep jadi lagu No.1 kok di list MP3 Handphone akang *plak

Ada yang tau Band apa yang saya maksud? Linkin Park ya kang? Aduh maaf berat nih, tapi saya justru gak pernah selera dengerin lagu-lagunya Linkin selain yang Numb hhe... udah-udah gak usah dipaksain deh klo gak tau, lagian kita juga lagi main Kuis "Are You Smarter Than a 5th Grader?" kok haha....

Band yang saya maksud adalah Pearl Jam.

Ada yang tau? atau malah gak tau semua? klo gak tau, anda bisa nanya ke Ibu atau Bapak anda klo mereka masih pada muda, kali aja dulu waktu masih jaman-jaman mereka pacaran mereka sempet denger lagu-lagunya Pearl Jam yang emank gak ada romantis-romantisnya banget *Toneng!!! soalnya mohon maaf nih yak, klo saat ini anda masih SMP, SMA, atau baru mulai Kuliah, bisa saya pastikan anda gak akan pernah tau klo di dunia ini pernah ada Band Fenomenal bernama Pearl Jam yang masih eksis sampai hari ini, bukan karena saya gak yakin klo selera music anda masih pada bagus dan bermutu lho ya, tapi lebih karena, selama ini, yang saya liat music korea masih lumayan mendominasi musik-musik Indonesia, biarpun sedikit bocoran dari saya, baru-baru ini menurut survei terakhir yang dilakukan salah satu LSM luar, Kebudayaan, Music bahkan Film-film Jepang masih jauh lebih diminati di Indonesia ketimbang Kebudayaan, Music dan Film-film Korea, dan ternyata Indonesia jadi satu-satunya Negara yang gak terpengaruh sama budaya Korea hahaha.... Hooooooreeeeee

Jadi percumah gak nih klo saya ceritain panjang lebar tentang Band yang satu ini? haha... Okeh gini aja deh, mungkin postingan ini akan saya khususkan untuk yang suka aja, atau untuk yang belum tau tapi mau tau dan untuk yang gak suka dan gak mau tau tolong jangan ninggalin pertanyaan gak penting kaya: "Ini Band apaan?" "Ini band Mana?" dan pertanyaan-pertanyaan serupa yang saya pastikan gak akan saya jawab. Deal? ok!

Pearl Jam dibentuk pada tahun 1990 di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Dan klo anda pernah denger istilah music Grunge, sebenernya itu bukan istilah music yang disematkan hanya untuk Nirvana, tapi juga untuk Pearl Jam, Alice in Chains dan Soundgarden.

Dan klo mau dirunutin dari awal saya rasa sejarah terbentuknya Band ini terlalu panjang untuk ditulis, karena mereka dulunya sama-sama punya Band masing-masing, tapi gampangnya yang bisa anda inget, waktu SMA mereka semua satu sekolah. Cuma ya itu, Drummernya Pearl jam emank tiap Album selalu ganti haha... yang saya inget Drummernya Soundgarden sama Red Hot Chili Peppers itu ya Drummernya Pearl Jam, soalnya ya emank temen sekolah semua, dan klo yang satu manggung pasti yang lain ikut nonton :) Ibarat Padi sama Dewa 19 lah klo di Indonesia wkwkwk...

Tapi sebelum menggunakan Nama Pearl Jam, mereka sempat menggunakan nama Mookie Blaylock yang adalah nama seorang Bintang NBA saat itu, cuma karena masalah legalitas dan Hak Cipta, mereka berganti nama menjadi Pearl Jam, sampai saat ini. Dan klo ditanya tentang Album, mungkin udah terlalu banyak yang mereka keluarin dan rasa-rasanya bakalan terlalu panjang juga untuk saya ceritain satu-persatu, jadi untuk lebih jelasnya anda Searching dan cari tau aja sendiri...

Yang pasti, baru-baru ini mereka akhirnya merilis sebuah Film Dokumenter bertajuk Pearl Jam 20 (PJ20). Yang CD atau DVDnya sudah bisa anda dapatkan di Toko Music kaya Duta Suara, dan lainnya dengan harga sekitar 175-200 Ribu untuk kualitas USA, dan lebih murah dari itu untuk Kualitas Indonesia, bedanya? silahkan dengerin aja sendiri haha... :)

Tapi, ada satu event penting yang dilakukan di semua base camp Pearl Jam di seluruh dunia, sebelum acara perilisan CD dan DVD PJ20 tersebut, yaitu acara nonton bareng yang di Indonesia, dilaksanakan di Bioskop Merdeka, Jakarta, beberapa bulan lalu, yang saya liat ikut dihadiri oleh beberapa Artis, seperti Ipank hhe... :)

Dan yang special dari acara nonton bareng ini adalah karena acara nonton bareng ini hanya dilakukan satu kali untuk selamanya dan gak ada siaran ulangnya lagi, karena selesai Film Dokumenter tersebut diputar, maka secara bersamaan semua master film itu akan secara otomatis terdelete. Dan klo ditanya kenapa Indonesia bisa sampe dapet Izin penayangan perdana Film tersebut, gak lain dan gak bukan, karena memang Fans Pearl Jam di Indonesia luar biasa banyak, dan komunitas Pearl Jam Indonesia, sudah diakui oleh Pearl jam pusat sebagai komunitas sah yang ada di Indonesia, so berterima kasihlah karena Indonesia akhirnya memperoleh license untuk memutar Film Dokumenter tersebut, biarpun lagi-lagi acara ini memang dilakukan secara terbatas.

Dan harapan dari semua yang nonton saat itu, ya apalagi selain suatu saat nanti Pearl Jam bisa menjejakkan kaki mereka di Indonesia, biarpun hanya sekali hhe... Karena sampai saat ini Pearl Jam emank belum pernah ngadain konser di Indonesia, bukan karena mereka gak tau klo mereka punya banyak Fans di Indonesia, tapi karena dari dulu mereka gak mau ngadain konser dengan harga tiket yang klo di rupiahin lebih mahal dari 30 ribu rupiah, dan coba anda inget-inget lagi, berapa harga tiket Artis-artis luar yang pernah konser di Indonesia? Yupz, semuanya diatas 500 Ribu, so wajar klo Pearl Jam belum mau menjejakkan kakinya di Indonesia :) dan klo ditanya apa alasan mereka mematokkan tarif rendah untuk konser mereka? adalah karena dulunya sebagian besar penikmat musik mereka adalah anak-anak SMA yang pasti punya keterbatasan dana untuk nonton sebuah konser musik, itu kenapa mereka mematokkan harga rendah agar siapapun termasuk anak-anak SMA bisa nonton konser mereka... :) dan kayanya gak ada satu pun Band yang punya pandangan kaya mereka haha...

Oiya, karena saya terlalu enjoy dan gak sempet moto apapun saat acara itu, jadi saya kasih foto-foto Buckletnya aja yak:















Yang mau Image Versi aslinya silahkan PM saya, nanti saya sent Image aslinya, soalnya saya takut load postingan ini keberatan klo saya upload image ukuran aslinya haha... :)

Dan sejujurnya, klo gak karena tadi pagi saya download lagu-lagu Live Concertnya Pearl Jam yang udah dikompilasi dan diurutin sama Mike(http://rus-pearljam.blogspot.com/), blas saya bener-bener lupa untuk nyeritain tentang ini haha... So, Thank you so much Mike untuk semua Album Kompilasi yang udah di share secara Free hhe....

Dan hari ini, saya bener-bener enjoy sampe joget-joget sendiri dengerin 8 Album kompilasi yang saya Download tadi pagi itu.... Semoga ada Promotor Indonesia yang juga Ng'Fans sama Pearl Jam, dan hanya mematok tiket seharga 30 Ribu rupiah, yang siapa tau bisa membuat Pearl Jam berubah pikiran dan mau datang ke Indonesia :)

Dan terakhir, untuk yang pada nanyain Cerita di On|Off 2011 kemaren, karena setelah saya itung-itung semua cerita itu bisa jadi sekitar 20-30 postingan klo saya ceritain secara lengkap, jadi kemungkinan besar baru akan saya ceritain setelah Tahun Baru, atau doa-in aja supaya saya berubah pikiran dan secepatnya nulisin semua cerita itu untuk anda dan klo sempet, mungkin saya juga bakal nyeritain lanjutan perjalanan saya di Pesta Blogger+ 2010 lalu yang belum sempet saya terusin sampe hari ini *GUBRAK!!! hahaha... :)

And Now, saatnya kita bersulang.... Cheeerrrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day...

#PJ20 @BioskopMerdeka #Jakarta PearlJamIndonesia.Com

Last Updated - 9:20 PM: Bacain banyak banget postingan keren tentang Wanita-wanita hebat yang disebut Ibu, Bukan Mama, bukan Mamak, bukan Bunda, dan bukan Mami klo kata Angsa Jenius :) bikin saya tambah bersyukur karena saya bisa ngeblog dan nyelesain masa hiatus saya hari ini, ya biarpun postingan tentang Ibu mungkin baru akan saya tulis besok sih :) lagian gak ada yang bilang tanggal 23 gak boleh dijadiin hari Ibuk kan :D But, sebelum Offline, saya mau ngucapin Selamat Hari Ibu, Untuk Semua Ibu di dunia.... :) Thank's for Listening and Understanding klo kata sobat Tito :)

Ratings: 5


28 komentar:

Arif Chasan said...

wiiiih,,,, mantaaapp,,, XD

cheers.,,,,

Nyayu Amibae said...

akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa posting jugaaa..hehehe

hmm,, jujur saja aku ga tau ttg PJ,, tapi ya ga apa2 toh,, tiap orang mempunyai selera berbeda, yg penting be your self aja deh...

klo kayak pelajaran waktu jaman SD dulu,, itu yg nama nya BHINEKA TUNGGAL IKA!!! wkwkwk.. nyambung ga ya?? yo wess lah.. pokeke happy ya sob.. :)

Untje van Wiebs said...

Siapa ituuu, gatau :D

benykla said...

wahhh pearl jam !!!
REQUEST LAST KISS ama SOLDIER OF LOVE... baru tadi malem liat youtube

Help Me Jesus said...

hhe :)
klo saya nyampur , luar n dalem asalkan enak didengar XD

Iskaruji dot com said...

hoho..back to 90's nich..hehe. Kayaknya jaman gue banget tuch. namanya anak band kampus pada taon segitu belum ngeband kalo gak bisa mainin "once" nya Gossard. Sayang, gue gak suka musik rock atau karena ketutup sama Nirvana and Red Hot CP ya..hehe. Nice share Sob and happy blogging!

Gaphe said...

kemanaaa kemanaaa kemanaaaa..
kemana ajee bung, lama nggak nongol. wkwkwk.

soal pearl jam, ini kan band termasuk angkatan lama kan?. kalo gw sih gak terlalu ngerti soal ini fer, apalagi musiknya. mungkin kalo udah sempet ngedengerin liriknya dikit dan nadanya bakalan ngeh.. tapi tetep nggak tau. hahaha..

lebih suka 2NE1 aja deh! #PLaaak!

DJ Site said...

@ Arif Chasan : Cheerrrsss... juga sob.. :)

@ Nyayu Amibae : Kan aku udah bilang kemaren, klo aku pasti nulis, tapi ya gitu mesti nyari tema yg pas dulu untuk mulai nulis haha :)

Yupz, selera masing-masing kok, sama kaya aku yg dianggap terlalu purba untuk kenalan sama musik2 Indonesia jamans sekarang :)

@ Untje van Wiebs : Hayah perasaan udah kutulis deh klo aku gak mau jawab pertanyaan yg kaya gini :) makanya aku nulis kan biar pada tau hhe

@ benykla : Wew... ternyata suka sama Pearl Jam juga dia haha... kenapa pas di On|Off gak ada yang ngomongin Pearl jam ya? haha...

@ Help Me Jesus : Aku juga kok :)

@ Iskaruji dot com : Ya klo ketutup sama red Hot gak mungkin lha wong Red Hot temen SMA-nya Pearl jam haha... malah Drummernya juga Drummernya Pearl Jam kan hha... klo Nirvana, itu kenapa aku bilang jarang yg tau klo Music Grunge bukan cuma istilah buat Nirvana tapi juga buat Pearl jam, Alice in Chains dan Soundgarden.

@ Gaphe : Biasa boss.. akhir tahun banyak kerjaan haha... *alesan

he.. eh makanya gw bilang klo gak tau tanya aja sama bapak ato ibuk klo mereka masih muda siapa tau mereka tau hhi... klo gitu lu download salah satu lagunya trus dengerin phe :)

halah 2NE1, tetep YUI lah gw haha...

zone said...

mungkin karena mas ferdinand adalah kelas musik zaman dahulu kala jd gak apal ma adek kelasnya...
:P

tejo said...

Pearl Jam bukannya Base JAm hahahah...kagak tau saya bos..tapi kayaknya keren tu acaranya..salam kenal xixxixi

zan said...

jadi ingat jaman dulu nih brader, jaman musim nya pake celana jeans dengkul nya sobek2 :D

pearl jam ane kurang suka sih, tapi paling seneng denger vokal nya Om Eddie veder...

kalo gw sih pengennya Red Hot Chilli Peppers yang main ke sini :D

Rawins said...

hahaha sama bro
aku juga ga seneng sama penyanyi borongan
kesane jadi ga jelas kualitas personalnya
kecuali grup band cewek ya
ga dengerin lagunya sih
cuman liat tampang imutnya doang

rezkaocta said...

abis bc postingan ini,bru tw kalo ad band luar yg namany pearl jam,tauny base jam niih .he *nepokjidat*
tp nanggung niih kak,cb dshare jg cth laguny yg keren
=D,

Ejawantah's Blog said...

Untuk masalah lagu kalau saya yang penting enak didengar Sob !

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

tito Heyziputra said...

Lama liburan nongol2 postingannya ada nama gw,,, long time no see bang fer, kmana aja.. hhe

GW ORANG PERTAMA yg ada d belakang lo deh klo buat anti lagu 'keroyokan' apa lagi klo artisnya indonesia.

Boyband gw suka seperti dulu westlife, backstreet boys.. skrang ada maroon5 juga. Tp klo kayak yg sering di inb*x and D*rings makasih deh..

uci cigrey said...

Saya tau :D, saya suka juga pearl jam wohoooooooo

windflowers said...

wah..setelah aku bertanya2 tentang kabarmu, ternyata nongol juga deh akhirnya..ehehehe...

peral jam pernah dnger, tp cm selintas gitu aja fer..hehehe...
kl ttg grup yg kroyokan aku jg kurang suka deh..kaya ga ada keberanian aja bwt nyanyi sendiri atau bikin band..hihihihi

alkatro said...

intronya tak itung 5 paragraf, gak nyambung jadi kurang seo wkwkwk..
tadi aku tanya ke simbokku kok ya gak ngerti grup pearl jam pak, taunya koesplus sama panbers xixixi

simple tips said...

aku ngertine cuman ayu ting ting,didikempot sama ngamen 3 :gubrak:
ra tau nonton tipi bar nunyuk qibod biasanya lsg tiarap wkwkwk; pearl jam om ku yang seneng sama si genesis

deny said...

kunjungan perdana saya nie...mampir balik ya sekalian follow...happy blogging :D

narti said...

hallo hallo hallo...aku lama gak kemari juga nih :)
1. koq gak ada photo dirimu Kang?
2. salut ama pendirian Pearl Jam yg mematok tiket kurang dari 30 ribu... dan kayaknya memang gk ada band lain yg seperti itu deh.
3. hihi iya tuh masih punya utang cerita Pesta Blogger 2010 :) Mana cerita gadis berkerudungnya?
sekarang udah ada On|Off...masih banyak draft aja nih :)
4. selamat menikmati liburan akhir tahun n hiatusnya :)

sda said...

jd malu, aku malah gak bikin artikel tentang hari ibu.

headernya keren tuh Kang :)

obat tradisonal demam berdarah said...

yap,saya emang gak tau pearl jam tapi baca dari tulisan di atas keren banget,nyampe gak mau dateng karena harga tiketnya yg muahall,,

hem saya juga gak tau lagu-lagu indo yang sekarang katanya lagi pada booming,kalau lagunya bang iwan,padi,saya tau,sama mas saya juga suka YUI

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

aku suka banget lagunya pearl jam yang last kiss
walaupun udah lama bgt lagunya tp masih enak ditelinga :D

Ario Antoko said...

aku baru tahu kalau dulu Pearl Jam pakai nama Mookie Blaylock, maklum aku penggemar bon jovi :D

smp3lembang said...

Pearl Jam, jujur luar negeri aku cuma tahu lagu lawas sob kalau yang band-band sekarang nggak , eh iya dulu sih suka linkin park tapi sekarang nggak tahu lebih suka dengerin lagu band lama bawaan umur kali

jobkolom said...

pearljam.. i LIKE...!!!! request dong review band retro kaya the Beatles or white shoes and the couple company.. :D

Zippy said...

Pearl Jam? Saya baru denger tuh, hahahha... :))
Btw, saya sih sukanya musik2 barat, ya daripada musik indonesia yang (maaf) kurang maknyus dengernya :D
Bukannya gak menghargai musik bangsa sendiri sih, tapi ya mau gimana kalo emang dasarnya lebih suka ke musik bule :D

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian