Wednesday, January 11, 2012

Akankah Facebook Benar-benar Membuat FaceSense Untuk Menandingi Google AdSense?


Agak ngawur mungkin, klo saya katakan dalam waktu dekat bahkan dalam tahun-tahun ini, Facebook mungkin saja memiliki rencana untuk menjadi Rival abadi Google dengan membuat sebuah jaringan iklan web sendiri alias "A web ad network" untuk menandingi "Google AdSense".

Apalagi seperti yang sama-sama kita ketahui, sejak diperkenalkan 10 tahun lalu sampai saat ini, Google AdSense bahkan sudah memiliki ratusan juta bahkan miliaran Publisher dan Advertiser yang masih sangat menggantungkan bisnis dan pekerjaan mereka pada Jaringan iklan terbesar di dunia ini.

Gak percaya? coba anda liat portal-portal Online lokal, entah itu portal berita, komunitas atau portal apapun yang saat ini ramai menjadi salah satu menu wajib yang setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit dikunjungi oleh para netter Indonesia.

Klo sempet, coba anda perhatikan dengan detail semua sudut dan bagian dari Web Portal tersebut, mulai dari bagian header paling atas sampe bagian footer paling bawah. Dan klo udah, sekarang saya mau nanya ke anda semua, adakah diantara portal-portal Online lokal yang baru aja anda perhatikan barusan yang tidak memasang iklan apapun? saya yakin hampir 90% diantara anda akan menjawab tidak ada, karena nyatanya hampir semua portal online lokal suka gak suka, terpaksa atau nggak, pasti akan menyediakan space kosong di website mereka untuk menjadi ruang iklan yang entah disadari atau pun nggak, iklan-iklan itulah yang ternyata telah menjadi sumber donasi utama bagi pengoperasian portal mereka.

Dan diantara sekian banyak portal Online yang menjamur di Indonesia, bisa saya pastikan lebih dari setengahnya pasti memasang Google AdSense disalah satu ruang di website mereka. Entah mereka terdaftar sebagai publisher biasa ataupun publisher premium.

Kenapa saya bisa bilang gitu? karena gak ada jaringan iklan web lain yang bisa membuat anda menghasilkan puluhan bahkan ratusan dollar dalam sehari selain Google AdSense.

Dan suka gak suka, alasan "Earnings" itulah yang akhirnya membuat banyak Blogger Indonesia menggunakan cara apapun untuk mendapatkan akun Google AdSense, mencoba mendapatkan beberapa Dollar dalam sehari dari akun yang mereka miliki, dan mencoba mempertahankan akun tersebut hingga mereka benar-benar secara nyata merasakan PO (payout) dari akun mereka sendiri.

Bahkan berapa puluh kali pun di Banned, saya yakin hanya sekitar 5% dari keseluruhan publisher Indonesia yang akan benar-benar memutuskan untuk pensiun dari Google AdSense.

Kenapa saya bilang gitu? karena saya sendiri juga adalah Publisher Google AdSense, yang hingga kini Alhamdulillah pernah memiliki 13 Akun, yang 11 akun diantaranya udah Di Banned dalam rentang waktu antara 2010-2011 dan 2 akun sisa yang masih saya istirahatkan untuk beberapa bulan kedepan :) Dan jujur aja, setiap kali nerima E-mail Banned dari Google AdSense, bukannya "Galau" dan putus asa, saya justru makin tertarik untuk daftar lagi, jadi publisher lagi dan nyari celah lain yang bisa saya manfaatkan untuk tetap menghasilkan "Earnings" dari akun tersebut, sekalipun secara sadar saya akui bahwa saya sudah memiliki pekerjaan utama sebagai "Graphic Designer" dan andaipun saya masih setia memasang iklan Google AdSense, gak lain cuma karena faktor penasaran, yang klo pun sampe PO (payout) mungkin akan saya anggap sebagai bonus dari setiap tulisan yang pernah saya publish :)

Intinya saya cuma mau bilang kepada anda bahwa melalui Google AdSense-nya, Google memang sudah memiliki fondasi yang cukup kokoh untuk tetap bertahan dalam ranah jaringan iklan web dunia, bahkan sekalipun banyak bermunculan jaringan iklan web lain yang membuntut dibelakangnya.

Bahkan seperti yang sama-sama kita tau, bukannya merasa terancam dengan jaringan iklan web saingannya, dalam perjalanannya, Google justru mengakuisisi Doubleclick dan AdMob untuk bergabung kedalam jaringan iklan mereka. So, bukan pekerjaan mudah memang untuk menyaingin Google dalam ranah Jaringan Iklan Web.

But, disisi lain jangan lupakan facebook yang dalam postingan ini menjadi inti pembicaraan kita, kenapa? karena dalam ranah Social Networking, facebook masih mengambil tempat dihati banyak orang diseluruh dunia, bahkan jauh melebihi perhatian yang diberikan banyak orang kepada Google+ :) *sekalipun saya justru lebih menyukai Google+ hhe...

Dan klo aja facebook mau mengumumkan dirinya sebagai perusahaan publik dan mulai berpikir untuk mengeluarkan jaringan iklan pihak ketiga sendiri, layaknya Google AdSense. Bukan mustahil klo suatu saat nanti, facebook bahkan bisa mengimbangi Google AdSense di ranah jaringan iklan web, ambil contoh jika kita akan menamakan jaringan iklan mereka dengan nama FaceSense. Tapi lagi-lagi, itu cuma pendapat ngawur saya yang tentu beda jauh sama anggapan banyak pengamat dan pemerhati sosial media yang justru berpendapat klo gimana pun caranya Facebook harus tetap menjadi perusahaan yang tetap menjaga privasinya dan penggunanya.

Biarpun lagi-lagi, dengan pemikiran "simple" aja, harusnya kita udah bisa nebak alur bisnis yang akan diambil Facebook. Apalagi, secara resmi facebook juga sudah mengumumkan pemasangan iklan di Websitenya tersebut beberapa waktu lalu, biarpun memang program iklan mereka masih terbatas hanya pada Advertiser dan bukan untuk publisher layaknya Google AdSense. Tapi dari situ aja, kita udah bisa ngeliat klo tujuan akhir mereka pasti lebih besar dari itu. Apalagi, akhir-akhir ini saya sering ngeliat iklan Google AdSense yang isinya ternyata justru mempromosikan program iklan Facebook :) So, sampai disini kita masih bisa berandai klo suatu saat nanti mungkin saja Facebook akan berencana membuat jaringan iklan web mereka sendiri, yang masih dalam andai-andai, kita namakan dengan FaceSense.

Biarpun dalam sebuah wawancara yang saya tonton secara streaming Mark Zuckerberg, Carolyn Everson, Bret Taylor, dan Sheryl Sandberg justru mengatakan bahwa "saat ini, mereka sama sekali tidak tertarik untuk meluncurkan jaringan iklan web sendiri sebagai pihak ketiga". But, itu pernyataan mereka saat ini, bukan 1 hari, 1 bulan, atau 1 tahun mendatang :)

Dan pendapat ngawur saya justru bilang, klo dalam waktu dekat facebook pasti akan menjadi perusahaan publik yang mau gak mau, gak akan pernah bisa dipaksa untuk tetap menjaga keprivasian penggunanya. Dan untuk menjadi sebuah perusahaan publik mereka pasti butuh banyak dana yang salah satu "options"-nya bisa mereka dapatkan dari bisnis multi milyar dollar yang saat ini masih dikuasai oleh Google AdSense. Cuma balik lagi, itu semua tergantung sama keputusan akhir mereka hhe...

Dan andai mereka berani "Gambling" dan ngambil resiko untuk membuat jaringan iklan web pihak ketiga mereka sendiri seperti Google AdSense, saya yakin gak butuh waktu lama untuk mereka benar-benar menjadi perusahaan publik. Kenapa? karena hari ini, hampir semua Website sudah memanfaatkan facebook dan semua tools-tools yang dikeluarkannya untuk website mereka, ambil contoh tombol like dan recomend, tombol share, tombol connect, bahkan plugin kotak komentar Facebook yang bisa kita temui di berbagai website :) So, sadar atau nggak Facebook emank udah punya citra bagus dimata para owner website dan blog. Dan tinggal bagaimana akhirnya mereka memanfaatkan moment yang mereka punya itu sebaik yang mereka bisa :)

Karena kabar baiknya, para founder Google AdSense ternyata banyak yang kini memilih untuk bergabung bersama dengan Facebook, dan diantaranya ada Sheryl Sandberg, David Fischer dan terakhir ada nama Bapak AdSense dunia "Gokul Rajaram"

So, pertanyaan terakhir yang bisa saya ajukan adalah, beranikah Facebook mencoba membuat jaringan iklan web mereka sendiri? :) ambil contoh dengan mengistilahkannya sebagai FaceSense :D

But, it's just my predictions and opinion...

#Facebook #FaceSense #GoogleAdSense

44 komentar:

Asis Sugianto said...

semoga saja facebook mengeluar fitur terbarunya dan semoga blog saya diterima oleh facebook...

GoogleAdsense selalau meolak blog saya untuk pemasang GA sob...

DJ Site said...

@ Asis Sugianto : Sebenernya itu cuma prediksi ngawurku sih sob, tapi ya mungkin aja suatu saat mereka emank bener2 mau bikin Jaringan Iklan sendiri :)

And semoga kita diterima jadi publisher mereka, andai mereka bener2 bikin jaringan iklan sendiri :)

Iskaruji dot com said...

wow..kayaknya kalo dilihat dari sisi idealisme the man behind fb sekarang, sepertinya sulit untuk di capai. Tp benar kata sobat, itu sekarang...Pilihan yang paling gampang kalo fb mikir duit, cukup terima aja ajakan google untuk nampilin adsense di FB maka=kaya raya. Lha wong blog adsense saya yang kunjungannya gak nyampe lima ribuan aja bisa menghidupi keluarga, apalagi facebook. alah...malah pusing gue ngebayangin earningnya...hehe..Nice post and happy blogging

anazkia said...

His, dirimu ini kalau ngelink kok langsung ke postingan baru, nggaka syik
kemarin saya lagi BW baca postinganmu, udah ngakak2 aja belum sempet komentar itu lho mbahas yang komen herbal2 ahahahaha...

Lah tiba2ku lapiku langung matek :((
Ini lapk dah sering banget kek githu, tiba2 mati :( hiks

Eh, aku mau lanjut baca yang kemarin, yang ini belum aku baca :P buehehehe

anazkia said...

Ajarin saya GA #nyengir
Bertahun2 ngeblog, nggak pernah bisa hehehe eh kayaknya nggak pernah nyoba ndink :D

anazkia said...

Komentarmu yang kemarin, itu yang di jurnal dicombalingin di blog hehehe...

Hehehehe, iyah kek obat herbal :P D
Serba salah juga, aku juga banyak kok komentarnya

priagoenks said...

Moga aja bisa meredakan amarah para publishers ID yang dapat surat cinta dari si mbah

Muji Anto said...

bakal seru nih cak, kalau ada lawan seimbang tentu pihak publisher yang diuntungkan. Karena sepertinya akan terjadi "rebutan publisher".

Cara Mengobati Penyakit Kolesterol Secara Alami said...

wah,,,pasti seru sekali kalo itu terjadi gan,,,hehehe,,
kalo kita si hanya tinggal nunggu dan ikut menikmatinya,,hehe

Andre Eka said...

Hahaha ... asyik asyik ... kayak'e keren tuh ide pembuatan facesense ! moga saja tulisan di atas di baca pihak facebook haha, dan yang pasti saya akan buat 100 akun facebook buat cari dollar hahahaha ! mantab gan

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

hanya mengaminkan :)

Labbay Modjo Lelo said...

Jangan sampek dech facebook ikut-ikutan dalam periklanan seperti: google adsense.
Gak enak fb an ada iklannya !

Rizal said...

AKU LAGE BERDUKA KAK,,,JADI MAAF AKU BLUM SEMPAT NGOMENT POSTINGANNYA.....MINTA SARANNYA BLEH,, DI

smp3lembang said...

xi xi aku baru saja nerima pin akun baru lagi sob jadi sekarang kembali 2 akunnya cuma blognya aku umpetin aja biar dikenal di indonesia, mengenai facebook semoga deh bikin facesense

Muhammad Fajar said...

Cuma niru2 google... Gak ada yg lain apa...

DJ Site said...

@ Iskaruji dot com : Klo kata petingginya sih gitu sob, tapi kan yang namanya bisnis alurnya suka gak pasti, makanya aku berani bilang bisa jadi 1 hari, 1 bulan atau 1 tahun lagi mereka justru narik ucapannya sendiri :)

Tapi klo untuk masang iklan GA di websitenya kayanya gak bakalan dilakuin sama FB sob, soalnya pasti gengsi si FB klo tau2 GA nayangin iklan Google+ haha... padahal ya bener katamu, aku aja gak nyampe sebulan juga klo mbah Google gak isenk banned kadang udah PO kok... cuma kan disini mereka rival sob, jadi gak mungkin lah tiba2 FB mau nerima ajakan masang GA haha :)

@ anazkia : Komentarmu aku bales di Google+ sama Blogmu Mbak, kepanjangan klo mesti kutulis disini haha :)

@ priagoenks : Haha... klo beneran FB bikin Adsense sendiri sih pasti lumayan meredamkan sob... lha wong tiap hari ada aja kok publisher ID yg dapet surat cerai dari Mbah Google haha...

@ Muji Anto : Tul cak, dan Google pasti mikir 2 kali untuk ngebanned publishernya kaya kita2 ini, soalnya klo sampe publishernya pindah ke facebook semua yg ada advertisernya juga melu pindah :)

@ Cara Mengobati Penyakit Kolesterol Secara Alami : Klo gitu siapin gorengan sama kopi untuk nonton sob haha... :)

@ Andre Eka : Walah akeh emen arep ndue akun FB ampe 100 biji haha... antisipasi banned tah klo beneran Facebook bikin AdSense hahaha..

@ Honeylizious Rohani Syawaliah: AMIN... :)

@ Labbay Modjo Lelo : Ini mah andai-andai iklan untuk Blogger sob, bukan untuk dipasang di situsnya FB haha... jadi ya andai beneran terwujud juga gak bakal ngaruh ke FB juga haha...

@ Rizal : Wah berat nih kayanya... meluncur... :)

@ smp3lembang : Klo gitu kita samaan, sama2 punya akun tinggal 2 haha... tapi 2 akun yg ini aku sayang sob, soalnya satunya udah dari 2009 dan satunya keterima pake blog ini, jadi nanti aku rencana mau ngajuin baru aja deh baru main lagi... wah jadi penasaran aku sama blog barumu.. okelah sukses :)

@ Muhammad Fajar : Coba dibalikkin ke kasus Google+ sob, Google juga cuma niru2 FB tah hahha...

anak smpku said...

prediksiku ; dj adsense wae pak, biar ane diapproved n ga bakal dibanned xixixi
met sore.. kabuur

Ario Antoko said...

kalaupun Facebook punya layanan iklan, publishernya siapa? blogger? atau malah dipasang sendiri di FB?

FB itu rakus, ga kayak google yg mau berbagi pendapatn iklannya dgn publisher seperti blogger

Pengobatan Penyakit Glukoma said...

hem bener gan semuanya pasti ada iklannya,,

kalau prediksinya bener terjadi gimana tuh gan??gak mau deh jadi korban facesense :D

deeahzone said...

Makasih Ferdinad! Deasy-World blog lama yg masih terus di update, meski jarang banget..itu buat belajar ads.. Deeahzone, pertamanya personal blog..tapi gak enak juga ketika temen bilang taro ads, yah mau gak mau musthi rajin update sekalian terus belajar ngeblog. ehmm koq jadi ngawur komment-nya.

Anyway klo beneran Fb bakal launch Faceads..itu artinya ia juga akan mulai membangun kerajaan untuk menguasai dunia seperti Google. Kita tunggu aja!

randy oktaran said...

wah bakal seru nih,karena sempat kecewa ama google adsense :(

Ratnawati Utami said...

Aku sebel sama TIMELINEnya facebook, gak bakalan aku ganti model timeline. soal iklan, yah, banyak iklan menjebak, gambar dan isi beda bangeeet

tejo said...

Saya Yakin mereka berani,tapi bukanya tanpa membuka FaceSense (istilah karangan cowok penggoda mbak2 kasir indomaret*lirik empu blog), facebook telah punya jaringan iklan yang selalu ngisi space sebelah kanan FB di halaman home,kayaknya dari segi iklan ini saja FB udah kaya raya.Apalagi jika punya FaceSense???..tapi kmudian yang jadi pertanyya jika jaringan iklan FaceSense itu misalnya ada?terus mau ditaruh dimana pak?ditaruh diblog?kemudian apa FB akan punya penghitung meter layaknya PR pada google yang nantinya ngitung account FB mana saja yang bisa daftar FaceSense..Nah klo biasa Adssense ngiiklan dihalaman blog atau postingan..APAKAH IKLAN YANG DARI FACESENSE AKAN NGIKLAN DIBAWAH SETIAP STATUS..WEDEW SUMPAH NGEBAYANGIN AJA LUCU..ketika update status terus dibawah status muncul tulisan status ini disponsori oleh XL-Like this yo..wkwkkwkw..Wedew akeh tenan..#kabur gawe ontele alkatro

Dhani said...

faceSwnsw? wahh.. kalo ada itu Facebook makim mantab aja ya :D

obat herbal jantung koroner said...

google adsense-nya terlalu kuat ya mas

jadi facebook harus mikir dua kali

MENONE said...

paling sebel klo liat web iklannya ngerumpel buanyaaakkkk hehehehehehe...

Salam persahabatan selalu dr MENONE

narti said...

kalau nanti beneran ada, kayaknya bisa ndaftar deh, coz GA banned2 mulu nih xixixi...

Suprih's Blog said...

semoga aja pendapat Anda benar, Jika ya maka harapan saya adalah Facesense dapat menerima blog dengan bahasa indonesia

Tips Komputer dan Free Software said...

bro tukeran link yuk?? jika berkenan, konfirmasi ya di http://dexamaker.blogspot.com/p/link-exchange.html thx :)

Asis Sugianto said...

walapun cuman sebatas prediksi sobat, tapi tidak menuntut kemungkinan facebook akan membuat jaringan iklan sendiri, dan harapan kita semua supaya diterima sebagai publisher dan tidak memilih dan memandang publisher hanya sebelah mata saja...

Sofyan said...

Kayaknya prediksi Mas Ferdinan gak akan meleset,,semoga akan ada FaceSense supaya saya gak kesultan untuk mencari cring² disunia maya soalnya, sama google ditolak terus hehehe

fb said...

Sudah seharusnya facebook berbagi keuntungkan iklannya ke membernya yang secara tidak langsung telah memberikan content dan trafik bagi facebook

waloetz said...

kayaknya bagus juga tuh, kalo bisa juga blog support bhs Indonesia..

PPC Indonesia ga ada yg benerr, IBN dgn ppc lumayan gede saat ini juga iklannya ga pernah nongol..
hehe..
salam kenal..

Gaphe said...

ya kalo mau bikin juga itu namanya facebook liat peluang kali ya.. penggunanya aja udah milyaran. kebayang doonk gimana potensinya.

hmm tapi soal penerapannya gimana kita serahkan sama om mark aja deh.

alkatro com said...

facebook mungkin akan bikin juga, cuman fb sayangnya gak mudeng :D

pak bikin dj-adsense kalo dah jadi, ane mo daftar :gubrak:

@kang tejo: balikin sepeda onthelkuu wkwkwk

obat herbal kanker prostat said...

no komment ajah dahh aku bingung

DJ Site said...

Huahaa... jane asal enek modal'e, aku pasti langsung bikin Ads By Serabutan pak :) ya do'a-in aja supaya ada Bank yg khilaf dan mendadak minjemin modal tuk bikin adsense dewe hahahaha.... :) kujamin gak akan ada yg kubanned klo aku yg punya, yg ada advertiser paling rendah kutarikin 1k / klik :)

DJ Site said...

Yang kubahas kan klo FB bikin iklan pihak ketiga sob, bukan ngiklan langsung di facebook, klo iklan yang untuk dipasang di FB sendiri mah udah lama ada kan, maksudku tuh andai FB bikin iklan pihak ketiga kaya AdSense, jadi ya gak cuma ada advertiser tapi juga ada publisher :)

Fajar said...

Mgkin nama'a bkan facesense, mgkin aja faceads, adsface, fbads, adsbook, bookads, fajarads mungkin? :D
trsrah mau bkin apa ga, bgi blogger newbie yg msh SMP dan cma modal hp doank mah yg pntg bsa ngrasain PayOut (dri jaringan priklanan manapun) aja (biar bisa nyenengin ortu). Maka'a om, kasih tau donk cara jitu ya buat mghasilkan minimal seratusribu perbulan yg dikirim dari western union donk... :ngarep: dan :ngayal:

Obat Herbal Keputihan said...

kayak nya seru nih,
I like it.

Obat Alami untuk Usus Buntu said...

wahh pasar baru...
asal gak bedampak buruk gpp sihh...

keluarga ale said...

waw... saya baru tau banget berita ini,,, entah saya harus mengamini atau tidak,, saya akan liat perkembanganya..... main2 ketempat sya bila sempat

usaha sukses said...

wah mantap mas pernah punya 13 account GA, saya 1 account aja belum ada yang di approve. hehe.. salam kenal..

madjongke said...

Tapi kayaknya gak deh.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian