Tuesday, February 28, 2012

Blogger Threaded Comments, Antara Membantu dan Menyusahkan


Ada diantara anda yang belum tau apa itu Threaded Comments? klo ada, silahkan buka forum bantuan Google dan tanyakan langsung ke si Mbah apa definisi dari Threaded Comments, karena kali ini saya lagi gak minat untuk ngebahas pengertian Threaded Comments secara panjang lebar *GUBRAK!!! gak niat njelasin kok pake ditanyain secara sederhana Threaded Comments bisa anda artikan sebagai bentuk komentar interaktif yang fungsi utamanya adalah untuk memudahkan anda membalas komentar yang masuk ke blog anda dengan fitur Reply-nya, yang jika anda gunakan, komentar balasan anda tidak akan masuk menjadi komentar paling akhir di dalam postingan itu, melainkan akan muncul tepat dibawah komentar yang ingin anda balas.

Contoh gampangnya sih, anda liat aja sistem komentar di blog-blog ber-platform Wordpress yang ownernya kebetulan menggunakan plugin Threaded Comments untuk sistem komentarnya (Like Alkatro.Com lah *lol), atau klo anda mau liat versi Blogspotnya, silahkan ke blog sahabat baik saya Bang Munir (KLIK DISINI) :)

Weh, lha kok contoh'e blog'e wong lia kabeh tah kang? sampean ki bukan'e wes melu masang Threaded Comments tah di blog ini?

Ho... oh.. Kemaren-kemaren sih saya emank sempet masang, cuma karena saya rasa fitur itu agak nyusahin orang-orang yang mau ngasih komentar di blog ini, especially untuk mereka yang terlanjur terperangkap sama iklan Modem "Iloveslow" *lol, akhirnya dengan sangat terpaksa fitur Threaded Comments sengaja saya hilangkan dari blog ini sementara waktu. So, tolong nikmatin aja sistem komentar "Pop Up" yang akan stay nggak tau sampe kapan di blog ini hahaha dan klo anda mau main reply-reply-an silahkan pake simbol (@) ajah *lol...

Terus dimana letak nyusahinnya? letak nyusahinnya bisa anda rasakan ketika anda ingin meninggalkan komentar di blog dengan Platform Blogspot yang sudah menggunakan fitur Threaded Comments.

Emank sih, biarpun page blog masih reload, kotak komentar udah bisa muncul sempurna dan tanpa perlu nunggu loading blog sampe tuntas pun anda udah bisa ngetik komentar yang mau anda tulis, tapi klo anda kecap dan resapi secara perlahan *Hayah saya yakin setelah loading blog tuntas 100%, komentar yang baru aja anda tulis akan ilang karena kotak komentarnya pun ikut ilang sebelum akhirnya tayang secara sempurna dan bisa digunakan untuk menuliskan komentar kembali, bener gak?

Nha itu kenapa, dengan sangat terpaksa fitur Threaded Comments tersebut harus saya lepas sementara dari blog ini. Bukan karena fitur itu gak ada manfaatnya, tapi lebih karena saya gak mau nyusahin anda yang pengen pada ninggalin komentar di blog serabutan ini, yupz apapun jenis komentarnya :) Dan dengan saya nulis postingan ini, bukan berarti saya ngajak anda untuk ikut men-disabled sistem komentar Threaded Comments yang mungkin sedang anda pasang di blog anda lho ya hhe... soalnya klo menurut anda fitur itu sangat membantu, lha nggeh monggo untuk terus dipake, karena klo saya koment di blog anda pun saya gak akan dengan jujur mengeluhkan hal itu hahaha... tapi klo anda mulai sakaw sama pengaruh postingan ini, dan ingin ikut men-disablednya, sebenernya caranya sangat-sangat gampang, yaitu anda tinggal mengganti gaya kotak komentar anda yang embedded, menjadi bentuk Pop-up atau Full Page. Atau klo masih tetep kekeh mau pake bentuk embedded, anda bisa menuju Rancangan terus ke Edit HTML dan silahkan cari kode berikut:

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>
</b:if>

Dan silahkan ganti kode diatas dengan kode berikut:

<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:include data='post' name='comments'/>

</b:if>


Atau klo anda lebih suka melakukan remark silahkan lakukan remark di kode yang secara default digunakan blogger untuk memunculkan Threaded Comments :) Caranya bikin remark? kasih aja simbol ini: <!-- --> diawal dan akhir kode yang ingin anda remark.

Tapi sekali lagi, saya gak nyuruh apalagi memaksa anda untuk ikutan men-disabled fitur Threaded Comment dari blog anda lho ya, karena biarpun menurut saya fitur ini agak nyusahin dalam artian bug ketika proses loading belum selesai itu, disisi lain, andai fitur ini kedepannya disempurnakan lagi sama Mbah Google, kemungkinan saya akan kembali mengunakannya, karena emank agak ringkes klo dipake ngebales komentar :)

Dan terakhir, klo boleh tau, menurut anda, fitur Threaded Comments yang belum lama dibuat oleh blogger ini, sangat ngebantu atau justru lumayan nyusahin ya (khususnya untuk anda yang punya keterbatasan koneksi internet)?

Dan sebelum pamit, kaya biasa kita bersulang dulu.... Cheeeerrrrssss.... (glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

#Blogger #ThreadedComments


Ratings: 4.5

26 komentar:

Teknokers said...

saya jug agitu sob, sempat sih pasang selama beberapa hari ternyata ada bug yg ngak aku temuin di blog lain, pas komentar lebih dari 200 ngak bisa dibuka, loading terus ngak selesai2 hihi akhirnya setelah menimbang2 lagi langsung tak copot dah secara sepihak tuh trred koment wkwkwkwkkwk

DJ Site said...

@ Teknokers: Ealaah... tak kira cuma aku aja sob yang ngerasain bug dari fitur ini ternyata sampean justru lebih parah, komentar udah dibatesin sampe 200 doank wkwkwk... yo wes mari kita tunggu fitur ini dibetulis sama Mbah Google :)

Iskaruji dot com said...

Personally, saya lebih enjoy dengan keadaan seperti di blog saya sekarang Sob. Jauh sebelum fitur ini diadopsi oleh blogspot, tips opreknya dah bertebaran, tapi tetap tidak saya pakai. Selain alasan teknis yg sudah disebutkan diatas, juga alasan kenyamanan saya saat membalas komentar. Tapi intinya, kotak komentar tetap harus ada di blog. Jangan seperti blog khusus "ngebul" yang serasa website...hahah...happy blogging

Adit Mahameru said...

kayak punyaku tu threaded comment ya sob?....kok aku nyaman aj pae itu dan juga balas komen?...

anazkia said...

iki nulis tentang opo tho, Fer? Lolak-lolok orang dudul. Punya ku pake threed comment juga, tapi kayake biasa aja, soale aku pake yang langsung dari blogspot jew. Lagian komen2 di blogku kan gak banyak. Iki nanya beneran lho. Nanti aku balik lagi :D

BlogS of Hariyanto said...

ternyata efek negatif threaded comment sudah mulai nampak ya

DJ Site said...

@ Iskaruji dot com : Aku juga gak pernah pake tutorial manapun kok sob, kan yang aku maksud Threaded Comments bawaan Blogger, bukan Threaded Comments yang tutorialnya bisa diliat dibanyak blog itu haha.. :) klo Threaded Comments versi yang tutorialnya bisa ditemui dibanyak blog itu sih aku gak tau ada bugnya ato nggak soalnya gak pernah make, dan untuk Threaded Comments bawaan blogger pun aku sih enjoy-enjoy aja, cuma ya itu aku ngerasa gak enak aja sama yang koneksinya pas-pas'an masa cuma mau koment aja mesti nunggu loading selesai haha... :)

@ Adit Mahameru : Gak, punyamu gak termasuk Threaded Comments kok sob, klo punyamu kan sama kaya replyku yang sebelumnya :)

@ anazkia : podo ki, aku yo nganggo Threaded Comments bawaan Blogger kok :) klo untukku prbadi sih gak masalah, cuma karena banyak yang koneksinya terbatas pada protes mending aku yang ngalah haha... makanya pertanyaan terakhir aku tunjukkan untuk yang koneksinya terbatas :) coba kita tunggu tanggapannya yang punya Blog Rawins hahaha..

@ BlogS of Hariyanto : Aku gak bilang negatif sih, cuma agak nyusahin yang punya koneksi terbatas aja *sama aja itu mah

narti said...

komen versi ini memang dari blogger tah? kirain hasil utak atik para blogger sendiri... haduh kuper tenan diriku.

untuk versi ini aku pernah nulis di blog Rio krn kompiku yg satu gak mau nerima (gak ketampil kotak komennya).
masak mau nulis komen mesti ganti kompi dulu sih?
dan ternyata ada efek yg lainnya yah?
TFS :)

*untung belum ikutan pasang*

anazkia said...

Owalah ngunu? Hmm, iya, yah? sekarang sih aku boleh asyik2 aja pake koneksi dewa di negeri tetangga. Hiks.. nanti kalau pulang baru tahu rasa...


OOT
Aku lagi males ngeblog :( udah seminggu lebih gak posting, tapi tetep nulis, sih di kompasiana atau multiply hehehe...

Bukunya iya, kudu untuk anak2. Kalau banner, itu banner sejak tahun 2009. Gak tahu blogger mana yang bikinin aku lupa

Adit Mahameru said...

wh gtu ya SMA*SH..ya sudahlah...tu aku pake bukan punya blogspot sih..aku ambil darimana lupa....cmiiw

Fajar said...

konsekuensi ada threaded komeng.. ya bagi yang tidak terbiasa berbalas pantun eh keliru.. koment ya mau tidak mau harus membalasnya.. karena kalau ada threded komen tapi tidak difungsikan ya sama saja... so mending dihapus aja.. utk sementara..saya tetap pake..dulu aja om.. he.he.h weh..kedawan yo..om....he.eh.he..

munir ardi said...

wah jadi mikir nih sob memang demikianlah kejadiannya, apa di nonaktifkan saja ya

anisayu said...

dulu aku sempat bingung kenapa di tempat teman ada vitur balkas

eh sekarang malah dah otomatis ga usah susah edit html ada fitur balas nya hehehe

senyum aku jadinya :)

Akmal Fahrurizal said...

Saya malah jadi kepengen nyoba fitur baru threaded comments itu. Soalnya biar lebih jelas kita ngerespon komentar yang mana-mananya. Tapi kalo ada masalah seperti itu, kayanya pikir-pikir lagi. Thanks sob, saya gak pernah seteliti itu juga sih. :D

Obat Tradisional Penyakit Heptitis B & C said...

makasih banyak gan atas infonya sangat bermanfaat sekali bagi saya.....?

Sukadi said...

Halo Kang, gimana kabarnya?

Saya juga menggunakan @ untuk membalas komentar, Kang.
Terkadang saya merasa kesulitan dan merasa tidak nyaman dengan reply komentar versi blogspot, terkadang belum sempat komentar su reload sendiri.
Pokoke golek sing penak, tidak up to date tidak masalah, yang penting nyaman hehe..

alkatro said...

kl tiap hari dapet backlink gratis gene , inyong bisa dapet pagerank 8 bulan depan :lol:

thread komen itu penting banged pak, asalkan blogger ngadain ppc khusus thread comment wkwkkwk; jd kl klik reply bakal dapat receh , ane langsung pasang;
efek nofollownya sempat membikin kerusuhan antar warga :halah:, jsnya dia ternyata ampe 2000 baris lebih, y pasti bakal bikin merana para pengguna modem ihatecabe ; ndlap ndlup lagi, huaa cabe dee :D

krozbonek said...

wahaha baru tahu aku cak, ya kalau kejadian bisa-bisa galau nanti yang mau komentar :D

Nyayu Amibae said...

pagi menjelang siang sob nand yg baek... semogaa selalu semangaat!!

hmm,, klo masalah ini, awalnya aku pingin bener CH pake sistem komen yg kayak gini,, dah coba ikutin setting yg klo ga salah sob nand pernah review,, eeh tau nya dasar aku nya yg memang ga punya bakat otak-atik blog,, maka tampilan tetap ga berubah... yo wess aku terima nasib aja lah,,, huahaha,, kan yg penting proses nge-blog nya,, btw kapan nih ebook nya jadi?? n ajarin aku cara buat ebook,,, ya,,ya,, please,,,,,,,,,, :)

DJ Site said...

@ Mbak narti : Ho.. oh Mbak Threaded Comments emank murni dari Blogger kok, jadi gak perlu ngedit apapun untuk bisa nikmatin Threaded Comments, pokoknya asal masang kotak komentar bentuk embedded pasti bisa ngerasain sistem komentar model gitu, tapi gak disemua template langsung otomatis berubah sih :)

Ternyata disana dirimu pun mengalami kejadian susah koment ya Mbak hihihi...

@ anazkia: Senangnya yang masih bisa nikmatin koneksi para dewa *lol

OOT
Aku sih klo ngeblog gak ngerasa bosen, cuma ya itu sebisa dan sesempetnya ajah makanya jarang nongol, semangattttt :) Ganbatte Kudasai Anazkiaaa sannnnn :)

Oh Banner ternyata ada yang bikinin tah dulu... :)

@ Adit Mahameru: Ho.. oh yang kaya gitu justru nyaman SM*SH haha...

@ Fajar : Monggo... makanya aku bilang gak maksa siapun untuk ikut nyopot Threaded Comments-nya :)

@ munir ardi : Wah klo merasa masih bermanfaat mendingan jangan dicopot sob, klo aku kan cuma karena gak enak sama yang pada koment :)

@ anisayu : Ho.. oh emank itu fitur otomatis dari blogger kok

@ Akmal Fahrurizal : Klo gitu mending dicoba dulu sob, kan ini cuma pendapatku doank :)

@ Obat Tradisional Penyakit Heptitis B & C : sama :)

@ Sukadi : Alhamdulillah baik kang,

podo kang, aku yo nggolek sing kepenak ae haha... dan gara2 diri sendiri kurang nyaman+ada yang protes makanya aku copot dulu hhi..

@ alkatro : Huahhaa... klo gitu aku bisa kebagian PR 7 donk dari yang duluan dapet PR 8 wkwkwk..

GUBRAKK!!! dibilang penting tapi dikaitinnya sama PPC hahhaa... tapi boleh juga tuh pak klo sampe ada PPC model gitu, jadi semua iklan bisa kucopot wkwkwk...

@ krozbonek : makanya aku yang ngalah Cak...

@ Nyayu Amibae: Siank sob Ami :) tetep semanta jugakah dirimu??? hihi...

Ealah... dirimu ternyata malah udah berusaha make sistem komentar Threaded Comments tapi gak bisa tah? klo gak bisa tuker aja kode kedua diatas sama yang pertama :)

Klo kapannya aku gak tau, soalnya nulisnya cuma klo sempet, siapp... nanti aku bikin tutornya klo perlu hahaha...

obat tradisional tumor jinak said...

hualahhh
asikk nii hangout ke jogja
aku jadi kepengen nii

Mr Nyariadi said...

pasang balasan koment di blogspot dengan setting embed coment, enak untuk interaktiv.
gak nyadar saya klo membuat loadingnya berat

smp negeri bulo said...

apakah bisa bikin template rusak kalau pakai reply?
atas jawabannya terima kasih.

Obat Alami untuk Demam Berdarah said...

mantapp mas...
ijin copas...
coba terapin ke blog saya...

shasa said...

Kalau komen di blogku susah gak, Om? Eh, Om kan belum mampir di blog aku kan?

Saung Web said...

Ku juga pusing nih kang komentarku banyak yang diatas 200 bahkan hampir 1.000 gak mau tampil. pusiiing... tapi masih blum nyerah nih..masih utak atik dulu

Visit the Site
Welcome To dj-site.blogspot.com This Template Is Changed By DJ Site blogger template by DJ Site.