Wednesday, March 7, 2012

Blogger Redirecting URL: Blogspot.Com to Blogspot.Co.Id (ccTLD or 302 Redirect)


Kira-kira Sebulan yang lalu (akhir Januari-an lah), waktu lagi ikut nongkrong di forum luar, sembari nimbrung obrolannya Blogger-blogger sana yang lagi pada asik ngomongin masalah Kode Baru Google AdSense yang mesti cepet-cepet dirombak klo gak mau ketinggalan fitur statistik real time untuk blog-blog yang pada masang Google AdSense, secara kebetulan ada Blogger India muncul dan nanyain masalah Blogger Redirecting URL.

Saya udah agak-agak lupa sih pertanyaan lengkapnya gimana *GUBRAK!!!, tapi intinya sih klo saya Bahasa Indonesia-in, Blogger asal India ini *Maaf, ID gak bisa saya sebutkan cuma pengen nanyain kebenaran kabar tentang rencana Google Inc. melalui Platform Blog Gratisannya ini (Blogger/Blogspot) untuk melakukan Redirect Domain default Blogspot.com ke url-url yang lebih spesifik dimasing-masing negara penggunanya dalam waktu dekat, especially Blogspot.Com to Blogspot.In yang menurutnya sudah mulai terealisasi biarpun belum merata.

Dan karena sekitar tanggal 9 Januari lampau lalu saya udah sempet denger kabar resmi terkait hal itu, yang saat itu masih dikatakan "dalam proses yang masih dilaksanakan" akhirnya Isenk-isenk saya tanggapin pertanyaan itu, yang klo saya bahasa Indonesiain kira-kira tanggapan saya kaya gini:

"Yupz, Saya denger sih gitu, soalnya awal Januari lalu pihak Google juga udah mulai ngumumin masalah URL Redirect ini kan, dan klo saya gak salah, dari tahun 2007 pun domain Blogspot.Co.Id yang kebetulan merupakan domain spesifik dari negara saya (Indonesia) juga udah dibeli atas nama Google Inc. kok :) So, bisa jadi dalam waktu dekat semua domain default yang masih menggunakan subdomain dari Blogspot.Com memang akan di redirect ke Domain default mereka dinegara-negara lain, termasuk India yang katanya udah mulai melihat perubahan tersebut."

Dan ternyata dia masih nanggapin lagi dan bilang gini:

"Oh ya? dan apakah Domain Blogspot.Co.Id sudah mulai digunakan di Indonesia sebagai Domain redirect default untuk menggantikan Blogspot.Com? like Blogspot.In in India?"

Saya Jawab:

"Untuk saat ini belum, tapi perkiraan saya, hal itu akan dilakukan Google Inc. sebelum akhir tahun, tepatnya sebelum Domain ini melewati masa Expired (Oktober 2012)"

Dia nanggapin lagi:

"Lantas apa alasan yang melatar belakangi Google Inc. melakukan hal ini? benarkah masih terkait SOPA & PIPA (penyensoran konten)"

Saya Jawab:

"Menurut mereka sih gitu, dan klo boleh saya kutip, berikut pernyataan resmi mereka:

Migrating to localized domains will allow us to continue promoting free expression and responsible publishing while providing greater flexibility in complying with valid removal requests pursuant to local law. By utilizing ccTLDs, content removals can be managed on a per country basis, which will limit their impact to the smallest number of readers. Content removed due to a specific country’s law will only be removed from the relevant ccTLD.


Mungkin bahasa gampangnya, mereka ingin mengatakan bahwa mereka sama sekali gak akan membatasi anda dalam menyampaikan kebebasan berekspresi melalui blog anda masing-masing, bahkan sekalipun konten anda melanggar HAK CIPTA sebenernya mereka gak perduli selama gak merugikan mereka, cuma yang jadi masalah setiap negara kebetulan punya undang-undang ICT masing-masing yang mungkin saja ada sebuah negara yang ingin memfilter sebuah konten tertentu dan untuk itu, menurut mereka cara terbaik mengatasi hal ini adalah dengan memberlakukan Rediredt URL tersebut. Tapi klo boleh ngasih tanggapan pribadi, saya justru gak terlalu setuju sama pernyataan resmi mereka itu, karena klo hal itu hanya mereka buat untuk menghadapi SOPA & PIPA, kenapa Domain utama untuk Search Engine mereka sudah di redirect dari dulu-dulu? dan kenapa juga domain Blogspot di negara lain sudah mereka amankan jauh sebelum masalah SOPA dan PIPA ini muncul, padahal andai mereka gak mengamankan domain lokal seperti .In dan Co.Id pun saya yakin asosiasi domain di masing-masing negara tidak akan semudah itu memberikan domain lokal tanpa syarat-syarat yang dibutuhkan, bahkan andai domain itu gak sengaja dibeli oleh orang lain pun saya yakin Google Inc pasti menang jika mereka menggugat Domain tersebut dengan alasan Hak Paten Brand :) Bener kan?

Dia Nanggapin lagi:

"Ya, saya rasa pendapat anda pun ada benarnya, tapi klo saya boleh tau, apakah saat ini anda masih menggunakan Domain default dari Blogger? atau sudah menggunakan Top Level Domain untuk menggantikan Domain Default atau justru tidak menggunakan Platform Blogger?"

Saya Jawab:

"Saya pengguna Blogger dan Wordpress, tapi blog utama saya, masih tetap saya pertahankan dengan domain default dari blogger :)"

Dia Nanggapin lagi:

"Lantas apakah pengaruh terbesar dari perubahan ini? dan apakah hal ini juga akan berpengaruh untuk Top Level Domain (TLD)?"

Saya Jawab:

"Gak ada perubahan apapun yang akan terjadi kecuali jika beberapa postingan yang anda muat dianggap melanggar HAK Cipta dan tidak diizinkan tayang di negara anda, tapi hal itu pun masih dapat anda atasi dengan menambahkan perintah NCR di belakang url blog anda agar blog anda tidak meredirect kemana-mana dan bisa menampilkan postingan-postingan yang tidak diizinkan tayang di negara anda, karena pada dasarnya postingan anda tidak akan dihapus oleh pihak Blogger, melainkan sengaja di Hidden untuk negara-negara tertentu yang melarangnya untuk tayang."

Dia Nanggapin lagi:

"Oh, like NCR for Search Engine?"

Saya Jawab:

"Yupz, No Country Redirect yang biasa sama-sama kita gunakan untuk masuk ke Google.Com dari negara kita masing-masing. So, klo anda ingin melihat domain semula anda, anda hanya tinggal membuatnya seperti ini:

http://dj-site.blogspot.com/ncr

Ganti warna merah dengan subdomain blog anda :)"

Dia Nanggapin lagi:

"Lantas bagaimana dengan SEO?"

Saya Jawab:

"Mungkin ada pakar SEO yang bisa menjawabnya secara lebih tepat di forum ini, tapi menurut saya tidak akan ada pengaruh SEO yang cukup besar pada perubahan ini, karena saya yakin Google pasti sudah memikirkan dampak terburuk sebelum mereka melakukan sesuatu, dan kalaupun ada dampak dari perubahan ini mungkin dampak terburuknya adalah kita harus rela kehilangan banyak visitor dari Search Engine karena blog kita dianggap memiliki Duplicat Content akibat konten kita di domain utama blogspot.com dianggap sama oleh Search Engine dengan domain kita di url Redirect semisal di Blogspot.In untuk negara anda. Tapi saya yakin masalah semacam itu tidak akan terjadi, karena Algoritma Google sudah cukup cerdas untuk mengenali hal itu, ambil Contoh jika sebelumnya anda menggunakan Domain Blogspot lalu kemudian anda menggantinya dengan Top Level Domain, apa Traffic ke situs anda menurun? menurut saya nggak karena secara otomatis dalam waktu 2 minggu sebenernya Google sudah dapat mengenali Domain baru anda sebagai domain lama anda dan begitu juga halnya dengan Domain redirect ini :) tapi klo anda mau berjaga-jaga, anda bisa menambahkan kode berikut setelah atau dibawah kode <head> :

<link expr:href='data:blog.canonicalUrl' rel='canonical'/>

Atau

<link href="Url Anda" rel="canonical"/>

Tujuannya? jelas untuk memberitahu Search Engine bahwa meskipun Urlnya berbeda konten tersebut tetap sama karena berasal dari domain yang sama, lebih jelasnya tentang "Canonical Link" dapat anda saksikan pada video dibawah ini:



Di video tersebut Matt Cutts dari Google Webmaster Help telah menjelaskan pada kita tentang Canonical Link ini :)"

Dia Nanggapin lagi:

"Okeh saya sudah memasukkan kode tersebut kedalam XML template saya, terima kasih atas sharingnya"

Saya Jawab:

"Welcome... "

Dan Obrolan saya pun selesai, dan klo selama ini anda masih bingung tentang apa sebenarnya yang dimaksud Google dengan Redirecting URL ini, anda bisa membaca percakapan saya dengan Blogger India diatas tadi, karena saya rasa bahasa obrolan saya sama dia itu bisa dianggap sebagai bahasa yang cukup mudah dipahami :) Dan klo anda nanya, url redirect mana aja yang udah mulai dipake sama Google, beberapa url yang bisa saya sebutkan antara lain:

dj-site.blogspot.in
dj-site.blogspot.com.au
dj-site.blogspot.pk
dj-site.blogspot.au
dj-site.blogspot.ru
dj-site.blogspot.nr

Dan Url lain yang masih berstatus Coming Soon *Kaya Film aja ada yang Coming Soon haha... dan sebagai catatan URL tersebut pun kadang hanya bisa dibuka untuk daerah tertentu saja dan belum untuk publik

Saya kira itu sedikit pengenalan yang bisa saya berikan kepada anda terkait rencana Google Inc melakukan redirect domain default blog gratisan mereka ini ke domain-domain lokal mereka diberbagai negara :) Dan klo dirasa postingan ini masih kurang dan ada diantara anda yang mau nambahin untuk memperjelas, saya persilahkan di kotak komentar, karena saya emank sengaja gak nulis semua hal terkait redirect URL ini yang saya anggap gak gitu penting untuk diketahui oleh anda yang punya fokus utama ngeblog untuk nulis bukan untuk SEO ataupun Monetize hehehe... :)

Terakhir, pesen saya gak usah buru-buru ketakutan dan cepet-cepet beli Domain untuk nge'gantiin domain default anda, karena blog anda tuh nilainya tetep sama di mata Google, mau anda pake Subdomain Default Blogspot.Com kek, mau anda pake TLD .Com kek ya tetep aja dianggapnya sama haha... dan biarpun Google secara resmi bilang klo perubahan ini gak akan berlaku untuk TLD coba deh anda pikir lagi, biarpun anda pake TLD, coba anda jujur anda Ngehost-nya dimana? tetep di Blogger kan? Blogger tetep punya Google kan? so, klo postingan anda ada yang direport dan gak boleh tayang di negara semisal Indonesia, ya tetep aja mau anda pake TLD pun postingan anda gak akan tayang :) Gak percaya? silahkan buktikan sendiri pada waktunya *Sok-Sok super kaya Mario Teguh haha..

Dan sebelum pamit, kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheeeerrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

#Blogger #RedirectingURL #Blogspot.Com #Blogspot.Co.Id #ccTLD #302Redirect


Ratings: 5

24 komentar:

AuL Howler said...

apa kalo udah dijadiin co.id nantinya kalau ada yang buka blog kita pake .com masih bisa kebuka??

*cemas*

DJ Site said...

@ AuL Howler : Bisa Aul, misal abank pake Url blog kamu yak, dan andai perubahan ini udah mulai berlaku klo orang ngetik blog kamu kaya gini:

aul-home.blogspot.com

dia otomatis redirect/ diarahin ke

aul-home.blogspot.co.id atau ke domain lain tergantung dari negara mana domain diakses :)

tapi klo kamu nambahin ncr tetep blogspot.com yang kebuka, dan untuk TLD semisal .com gak ada pengaruh apapun kecuali postingan sama-sama gak tayang klo kena report :)

Djangkies said...

Assalamu'alaikum Kang,
sik rodok ora tek mudeng ki Kang. Yang saya tangkap, kalo seandainya URL blogspot.com nggak ubah, maka jika ada kebijakan baru dari simbah, secara otomatis url kita akan diarahkan ke yang baru ya Kang ?.
pertanyaannya juga membuat saya bingung wkwkwk. Sugeng makaryo ae wis

Fajar said...

idem dengan pak ies.. durung mudheng.. hehe.e. so mirip dengan google.com gitu ya om.. kita ngetik google.com.. terus dilarikan ke google.co.id.... gitu dulu..saya bertanya om... tak nepi dulu dikali sama om katro...

DJ Site said...

@ Djangkies : Walaikum salam kang :) Ho..oh gampangnya sih gitu kang, wes ra sah dimumeti, lha wong sampean yo wes nganggo TLD kok, jadi mau aturannya berlaku pun tetep aja sampean gak akan ngalamin perubahan apapun hhe...

@ Fajar : Nah, sistemnya sama kaya gitu :)

Oohhh... lagi mandi bareng tah sama om - pak katro hahaha... :)

10 Hal Menarik Dunia Kita - Arham Vhy said...

Eman juga sempat baca yang seperti itu bro, kayaknya gak lama lagi diterapkan nih..

catatan kecilku said...

terus terang dan dengan malu2 aku akan bilang kalau aku masih bingung.. kurang begitu paham baca tulisan di atas. :(

Iskaruji dot com said...

Sebagai kesimpulan, pahami karakter google "yang penting untung". Selama konsep itu masih kita pegang sebagai parasit di layanan google termasuk blogspot, tidak ada yang perlu di khawatirkan. Konten (bukan layanan) apapun yang dilaporkan oleh pengguna bahkan pemerintah sekalipun tidak akan digubris oleh google selama tidak menyalahi aturan kebijakannya..

Berkaca kepada Google.co.id, mana ada kemampuan per negara (apa lagi Indonesia) yang cocok dengan tujuan tulisan:

content removals can be managed on a per country basis, which will limit their impact to the smallest number of readers. Content removed due to a specific country’s law will only be removed from the relevant ccTLD.

Gak percaya, ketik aja smp atau smu di http://images.google.co.id/. Pasti gambar bugil dari iskaruji dot com yang nongol...hehe. Itu kalo memang tujuannya "managed on a per country basis". Tapi kalo invansi usaha yang berhubungan dgn kemudahan ngatur untung dari adsense id, beda lagi ceritanya.

Khusus untuk Indonesia, Issue semacam ini pastinya diluar isi kepala pemegang kebijakan kita. Jadi sebagai kita sebagai blogger, peganglah prinsip dasar google (selama masih nebeng)...Mari sama2 kita ucapkan...

"Yang penting google untung"

munir ardi said...

wah terus trang saya juga masih cemas nih sob belum ngerti kalau hal ini betul-betul terjadi harus bagaimana

fb said...

Kalo aku lebih suka yang dot com. kalo co id berarti kan second level domain gitu.. Kecuali kalo bisa jadi blog.id.

Indra Kusuma said...

Aku hadir untuk menyimak Sob, dalam diskusi ringan dan bermanfaat ini.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Nyayu Amibae said...

huAaaaah sesuai dugaan ku karena baca linknya di CH,,, kayaknya bahasannya bakal aku ga ngerti,, eh,, dah nyampe sini ternyata aku memang harus nepok jidat!!!plaaak!!! ga ngerti aku sob,,hmm... aku kembalikan ke ahlinya saja,,,hehehe Tetap Semangaaat!!! :)

anaksmp dijual said...

idem ama mbak amibae
IQ ane gak nyampe kayaknya pak..
nagnkepku cuman pokoke aman tentram dan sumringah :D

makasih inpohnya pak :)

@mas iskaruji: wow, begituka h?
xixixi
@fajar bin mas habe: maas, balikiin handukku wkwkwkkwk
mumpung orangnya belum dateng, kabur disik :ngacir:

Ratnawati Utami said...

nice info gan. gak tau mesti omong apa... gak ngerti soal domain2 gitu

pumpkin said...

Apa mungkin bakal terealisasi, tapi klo misal brubah jadi .blogspot.co.id dampaknya apaan sih? ane ga ngerti. Kan itu cm redirect aja kan?

____________________________________
My paypal increase when i join as member here

obat sakit 2011 said...

happy blogging mas
redirect apapun ya diterima saja kan namanya juga gratisan

BlogS of Hariyanto said...

kalau pake co.id...mau-lah aku mencoba-nya..saya suka karena sangat menonjolkan Indonesia-nya :)

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Lumayan lah Mas Fer... satgas ini satgas itu kan cakep banget buat ngabisin anggaran. Dan, menampung sebanyak mungkin gerbongnya orang-orang SBY. #Investasi suara buat 2014 :))

LEMO HOMESTAY said...

nice share post ^_^

outbound malang said...

kunjungan sob .
sukses slalu ..:)

Wahyudi Blog ! said...

Wah, makasih sob atas infonya...
Pertanyaan ane dan terjawab sama artikel diatas... ^^

AdminBlog said...

kunjungan siang . . ^,^
nice post kawan . . .. . . .
sukses selaluu . . .. :)

Distributor001 said...

Terimakasih atas Ilmunya......

Prince said...

Aneh blog saya http://key-book.blogspot.com berubah jadi http://key-book.blogspot.co.in bukan http://key-book.blogspot.co.id
.co.in tu negara mana ya.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian