Monday, April 23, 2012

Cara Menginstall Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) Via Google Docs


Adakah diantara anda yang nggak punya akun E-mail sama sekali? atau adakah yang mungkin belum tau apa itu E-mail, gimana bentuknya, dan apa kegunaan dari makhluk asing yang satu ini?

Klo ada, saya persilahkan anda untuk membuatnya terlebih dahulu (terserah mau bikin di Gmail, Yahoo, MSN, atau lainnya), atau silahkan anda cari tau dulu apa itu E-mail? dan apa fungsinya? karena kali ini, saya memang tidak akan menjelaskan kembali apa itu Email, apa fungsinya dan kenapa itu dibutuhkan, karena saya anggap sebagian besar diantara anda pasti sudah tau, dan bahkan sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Malah klo saya boleh nebak, saya yakin beberapa orang diantara anda pasti memiliki lebih dari satu akun email, entah untuk kepentingan apapun E-mail-Email tersebut dibuat, Right? :)

Nah, jika anda termasuk pengguna Gmail (Free E-mail service milik Google), kali ini saya ingin mengajak anda untuk memaksimalkan fungsi E-mail yang anda miliki itu dengan menginstall-kan Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) sebagai tools yang akan membantu anda untuk memantau dan memberikan report tentang aktivitas apa saja yang selama beberapa minggu atau beberapa bulan terakhir ini anda lakukan dengan E-mail anda itu.

Contoh gampangnya gini, saya yakin hampir semua orang bahkan termasuk saya dan anda, gak akan kerajinan ngitunging seberapa panjang atau seberapa pendek biasanya kita ngirim E-mail ke seseorang, bener nggak? Nah, dengan tools ini anda bisa mengetahui kebiasaan anda tersebut.

Ada yang ngerasa klo contoh diatas agak kurang berguna?

Okeh saya kasih contoh lain, lagi-lagi saya yakin anda nggak bakal kerajinan untuk ngitung rata-rata waktu yang anda perlukan untuk membalas sebuah Email, bener nggak? Bahkan kadang, ada E-mail yang baru sempet kita bales seminggu, sebulan atau bahkan setahun kemudian *andai-andai aja padahal, bisa aja E-mail yang belum sempet kita bales itu adalah E-mail yang sangat-sangat penting dan butuh balasan dengan segera, ambil contoh itu adalah E-mail yang isinya anda dipecat oleh Boss anda *GUBRAK!!! Nah, untuk anda yang kira-kira ingin mengetahui seberapa lama biasanya anda membalas sebuah Email, anda bisa menggunakan Gmail Meter (Gmail Analytics Tool).

Dan hampir sama kaya Google Analytics yang biasanya kita manfaatkan untuk memantau statistik blog, tools ini pun menyediakan statistik yang akan membantu kita untuk mengetahui pada hari-hari apa saja kita cenderung sibuk dengan E-mail dan menggunakannya jauh lebih sering dan lebih lama. Dan yang paling penting Gmail Meter dapat berfungsi sebagai reminder yang akan mengingatkan anda untuk membalas E-mail-email penting yang masuk ke Inbox anda.

Tapi tunggu dulu, dibalik semua kehebatannya itu, Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) juga mempunya beberapa kekurangan, yang mungkin perlu anda tau, antara lain:

1. Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) tidak bersifat real time, jadi anda nggak bisa ngecek aktivitas anda sesukanya, melainkan dengan tools ini, anda hanya akan diberikan report setiap awal bulan.
2. Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) bukan merupakan Officials tools yang dibuat oleh Google, jadi tolong jangan salah artikan postingan Google di Officials blognya yang membahas tentang tools ini, dan mengartikannya sebagai Officials tools yang dibuat oleh Google, karena ada beberapa Website luar yang memberikan judul "Google Launches This Tools" dan lain sebagainya.

Dan saya yakin yang jadi pertanyaan anda selanjutnya adalah, amankah kita menggunakan tools ini? dan klo ditanya tentang aman atau nggak saya sendiri nggak bisa jamin bahwa tools ini akan aman 100%, tapi klo boleh ngasih pendapat, menurut saya, sebuah tools yang dikategorikan nggak aman nggak akan pernah dibahas oleh Google melalui blog resminya, dan klo tools ini yang sebenernya adalah tools pihak ketiga sampe dibahas sama Google saya yakin Google pun mengkategorikan ini aman, dan saya sendiri kebetulan sudah mengggunakannya sejak 2 hari lalu.

Dan bagi anda yang ingin ikut menggunakannya, berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menginstall Gmail Meter (Gmail Analytics Tool) ini:

1. Pastikan anda telah berada dalam keadaan Log In disalah satu akun Google yang anda miliki, entah itu akun Gmail, Google+, blog atau apapun.
2. Buka Google Docs, klik Create dan pilih spreadsheet, perhatikan gambar dibawah ini:



3. Jika spreadsheet sudah terbuka di tab baru, Klik menu tools dan pilih Script Gallery, perhatikan gambar dibawah ini:



4. Akan muncul, sebuah pop-up, seperti berikut:



5. Tugas anda sekarang adalah mencari "Gmail Meter" dengan searh form tersebut, dan jika sudah anda temukan, Klik Install, dan tunggu proses penginstallan selesai.
6. Jika proses Installasi telah selesai, anda akan ditanya, apakah anda yakin akan memberikan akses kepada tools ini atau tidak dan silahkan pilih Authorize, perhatikan gambar dibawah ini:



7. Anda akan dibawa ke page berikut ini:



8. Klik Grant Acces, dan anda segera akan diberitahu bahwa proses Installasi telah selesai.

9. Klik Close dan silahkan cek apakah tools ini memang sudah terinstall atau belum. Caranya? silahkan perhatikan Menu Bar di spreadsheet yang sudah anda buat tadi, jika ada menu Gmail Meter artinya anda telah sukses menginstallnya. Penampakannya seperti berikut:



Dan itu artinya anda telah siap untuk menerima Report dari mereka setiap awal bulan. Dan untuk anda yang masih bingung tentang proses Installasinya, video berikut mungkin bisa sedikit membantu anda:



Atau jika ingin membuatnya sendiri, silahkan ambil Source Code-nya DISINI, atau anda bisa langsung mengajukan pertanyaan kepada Romain Vialard selaku developer tools ini melalui Link Google+ nya itu.

Credit: Officials Gmail Blogs

#GmailMeter #Analytics #Tool


Ratings: 4.5

11 komentar:

Pro Komputek said...

Thank's sob tips nya, ane coba di Gmailku

Deeahzone said...

makasih dah share Gmail meternya Dj-Nan! headernya bukti bahwa tindakan nyata lebih berarti bagi bumi ini..

narti said...

namanya gmail meter tapi bukan milik google? hebat deh...

makasih banyak sharingnya kang, aq belum mau makai.
jd malu kl sering telat balas email nih.

H. Nizam said...

Informasi yang berguna bagi pemilik email Gmail termasuk saya. Terima kasih ya.

Fajar said...

#glunthaaaang....wkkk.wkkk.. mau njajal gmail meter...nih...om... meluncur ke te ka pe..

DJ Site said...

@ Mbak Narti: Podo e..' Mbak, aku yo sering telat kok bales E-mail orang, makanya tak jajal nganggo Gmail Metter, itung-itung ngerasain jadi orang yang yang lagi bener-bener nunggu email balesan wkwkk..

@ Fajar: Ealah.. Glunthang'e Pak katro wes metu jam semene haha.. nggeh monggo nek arep melu meluncur...

Asis Sugianto said...

saya sering menggunakan Google Docs, tapi baru tahu tools ini sobat...

melblogs TTM / iffa said...

waah mak nyuss infone....pingin nyoba nih kebetulan seringkali repot ngecek email yg blm dibls terutama di kantor. Tapi kok satu bulan sekali ya reportnya? Moga bisa minimal 2 hari dech...*berharap.com

simple tips said...

gugel docs sering pake ngecek laporan utang xls thok, gak punya ms office hehe #kismin
fitur ini perlu tak cuba, nampaknya menggairahkan pak #glunthang (hashtag asli indonesia)
kabuur

nuel said...

eh ada yah yang ga punya email di jaman sekarang? hehehhe

Outbound said...

Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

Salam,

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian