Friday, May 4, 2012

Mengenal Google Drive Lebih Jauh


Saya kurang tau berapa banyak diantara anda yang saat ini sudah memanfaatkan "Cloud Storage" sebagai media alternatif atau media cadangan untuk menyimpan file-file penting yang anda miliki, entah itu file yang berhubungan dengan kerjaan anda, akademik anda, atau file apapun yang sebisa mungkin dapat terus terkoneksi dengan anda kapan pun dan dimana pun anda berada.

Tapi klo saya nanya ke anda semua tentang "File Sharing", saya yakin sebagian besar diantara anda pernah menggunakannya, entah secara sadar atau pun nggak, karena saya yakin sekecil apapun, anda pasti pernah mendownload file dari salah satu File Sharing Online yang tersedia dirumah virtual kita ini, baik secara Free maupun berbayar.

Dan saat kita ngomongin "Cloud Storage", nggak bisa dipungkiri klo kelahiran "Cloud Storage" sedikit banyak, pasti terpengaruh dari banyak bermunculannya "File Sharing Online" yang bahkan beberapa diantaranya, berani membayar membernya untuk setiap file yang di download oleh orang lain, karena baik "Cloud Storage" maupun "File Sharing Online" sama-sama memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan penyimpanan File secara online.

Namun, sedikit berbeda dari "File Sharing Online" yang kebanyakan diantaranya hanya bisa anda gunakan untuk meng-upload, menyimpan dan men-download file, Selain menyediakan fitur "Sharing", "Cloud Storage" bisa dibilang sedikit lebih unggul untuk urusan Create dan Editing file, terutama jika itu adalah file-file yang berbentuk document, presentasi, dan sejenisnya. Bahkan kabar baiknya, beberapa penyedia "Cloud Storage" juga menyediakan layanan mobile mereka untuk para user smartphone dan tablet, diantaranya adalah Dropbox, SkyDrive, serta Google Drive.

Dan dari 3 layanan "Cloud Storage" tersebut, Google Drive adalah yang paling akhir muncul, karena seperti yang sama-sama kita tau, Google Drive baru mulai diperkenalkan kepada public sekitar 1 atau 2 minggu lalu. Dan dalam waktu yang relatif singkat itu, Google telah berhasil mendapatkan pasar tersendiri, berkat keputusan cepat mereka untuk menyatukan Google Docs yang sudah lebih dulu terkenal kedalam layanan Google Drive-nya ini.

Dan klo anda nanya ke saya, apa yang membuat banyak orang lebih memilih Google Drive? mungkin beberapa point berikut dapat anda jadikan sebagai jawabannya:

1. Karena para pengguna Google Drive, bisa saja adalah para pengguna Google Docs (yang saat ini telah terintegrasi dengan Google Drive).
2. Karena untuk layanan Free-nya, Google Drive memberikan ruang yang cukup banyak untuk file-file anda, yaitu sebesar 5 GB, bandingkan dengan Dropbox yang hanya memberikan space sebesar 2 GB.
3. Anda dapat mengakses file yang anda Upload dari manapun dan kapanpun hanya dengan koneksi Internet.
4. Tidak hanya mengizinkan anda untuk melakukan proses editing file secara online, Google Drive pun mengizinkan anda untuk membuat file baru, baik untuk disimpan secara online maupun untuk anda bagikan kepada orang lain hanya lewat Browser, bandingkan dengan Dropbox yang untuk melakukan proses editing dan create fila saja anda membutuhkan Aplikasi pihak ketiga.
5. Fasilitas file sharing juga tersedia, jika anda ingin menggunakannya, dan bisa saya bilang fasilitas ini sedikit banyak akan mulai mengubah pola sharing lokal via FTP yang selama ini masih banyak digunakan di Indonesia :)
6. Google Drive memberikan anda kemudahan dalam proses pencarian file, dengan menyediakan options pencarian file berdasarkan format file, tidak hanya berdasarkan nama file seperti para pesaingnya.

Dan untuk masalah kekurangannya, sampai saat ini Google Drive kebetulan tidak menyediakan fitur sharing photo, dan untuk melakukan sharing photo, anda hanya dapat memanfaatkan Picasa dan Google+, dan disinilah Dropbox dan Skydrive bisa dikatakan lebih unggul. Apalagi, integrasi Google Drive dengan Social Media bisa dikatakan cukup lemah :)

Dan untuk anda yang mungkin ingin melihat User Interface aplikasi Mobile mereka, berikut saya berikan Screenshoot penampakan Google Drive dari Gadget saya :)


























Dan untuk melihat versi Desktopnya, anda bisa menuju http://drive.google.com dan Login menggunakan Google Account anda masing-masing :D

Saya kira itu, sedikit pengenalan tentang "Google Drive" yang bisa saya berikan kepada anda semua, dan sebagai tambahan, monggo anda baca juga postingan saya yang ini:

Mengenal Google Drive Part 2




#GoogleDrive


26 komentar:

Deeahzone said...

Makasih DJ-Nan dah share mengenai Google Drive ini, diriku jarang menggunakan fasilitas Google. Post ini sangat bermanfaat karna jadi lebih tahu ada semacam file penyimpanan lain selain Google Docs.

Eka said...

Sangat membantu sekali sob .... terima kasih, gmna kabarnya nih ... hehehe :)

Rawins said...

5gb ya..?
lumayan tuh dibanding skydrive cuman 2 gb
cobain aaah...
thks bro

fb said...

Jadi kalo mau kemana-mana enggak perlu repot-repot bawa flasdisk ya.. tinggal simpen aja datanya di google drive.. cocok buat yang skripsian tuh.. Inget dulu teman w waktu skripsi hardisknya malah jebol jadi ilang deh semua data skripsinya.. Kalo dulu ud ada google drive selamet lah srkipsi dia tuh..

Obat Herbal Kanker Prostat said...

google drive baru tahu gan,,tapi file sharing online saya sering pake ^_^,,sering gak tahu istilahnya,,terima kasih buat infonya..5 gb gede juga ya

Asis Sugianto said...

waw mantabs, kapasitasnya samapi 5 GB mantabs nih Google Drive

Iskaruji dot com said...

Perlu dicoba lebih lanjut..khususnya yg mobile. Sementara cuma aktif di docs, walalu fiturnya baru sekitar 75% yang dipakai. Dibalik semua itu, semakin mudah dan gratis selalu menjadi syarat cloud computing biar lebih digemari...Happy blogging!

Fajar said...

wah;akhirnya tahu akan google drive..sempat mau masuk..cuman nyari info dulu tentang google drive..akhirnya dapat disini... thanks..om....

Zippy said...

Gue malah baru tau sob soal Google Drive ini :D
Kalo Google Docs sih udah tau dari lama :D
Makin beragam aja ya pilihan dan kemudahan yang diberikan oleh si Google ini :D

narti said...

aku malah baru tau nih
tetep aja ada kurang lebihnya dari masing2 penyedia yah, namanya jg gratis... :D

TFS :)

outbound training di malang said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Tuhan lebih tau segala hal daripada kita.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

alkatro said...

yeaach, inyong like this tenanan ..
5gb lebih nyaman di gretongan gugel daripada host gretong yang bisa tutup sewaktu-waktu, plus
ngirit flashdisk wkwkwk
thanks inpohnya.. met wik en #ngacir

How To Be Vegetarian said...

gan dj...
gmana yah cara menjadi salah satu link sahabat anda

yg di sidebar itu loh (My Friend's Belong).

ane naruhnya link sahabat di footer link ane :D

ane berniat banget jdi salah satunya..

konfirm yah gan :D

makasih

Website Designer said...

wahhhh
whats blog,i really impresed with your blogging,keep its,thanku

seo services lucklnow said...

I want to do linkl exchange with you please add my lnik on your page,and send me your blog details.

Nyayu Amibae said...

hmmm,, terima kasih sob aku dikenalin dengan lemari penyimpanan yang baru,,, asiiik,,,, thankyuuuuu buangeeeeeeeeeeeeeeeeetttt,,,,

oot: ku lihat di tv jakarta banjir,, jgn lupa bawa pelampung,,huahahahaha

munir ardi said...

cloud storage ya sob sebenarnya aku juga mulai berpikir untuk makai hal-hal seperti ini tapi jujur akubelum pernah sebelumnya, google docs juga belum punya

web hosting said...

wah baru tau cak sama google drive.
kapasitas 2 GB, wah kayak USB online ya.
boleh dicoba nih.

davidafriwinsyah said...

wah thanks banget sob..

Cak Tomo said...

ini yang baru aku dengar mas
Space memorinya lumayan gede namun sayang tak bisa mengunggah foto

cenk sain said...

wahh saya ketinggalan info rupax. Baru tau hebatx google drive. makasih ya infox....

Kata Bergambar said...

sngat terbantu dg tulisan ini..mksih..sobt sharingnya..

Indonesian said...

makasih gan, infonya baru tau soalnya nih, berarti simpan2 gambar, foto.. bisa juga ya. thanks

DJ Site said...

@ All: monggo dijajal, sebenernya nyimpen file apapun bisa sih, cuma untuk Image saran saya mending di Picasa aja yg masih punya Google juga, karna di Google Drive nggak ada previewnya kalo Image, klo Video, MP3, sama file dokumen ada setau saya...

Postingan lanjutan:

http://www.serabutan.com/2012/09/google-drive.html

Redanorak said...

ini ngak bakalan di hapus kan kalo ngak di download... kyk kebanyakan hostingan :D ??? nice info kunjung balik yah http://redanorak.blogspot.com follow aja nanti ane follow balik, thanks :D

DJ Site said...

@ Redanorak: dijamin nggak, asal gak ngelanggar rules mereka, aku dari awal ampe skrg blm ada file yg ilang

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian