Monday, November 5, 2012

Speechless...


Cuma kata "Speechless" kayanya yang bisa menggambarkan ekspresi kekaguman saya pas nonton "LOMBA CIPTA LAGU POP DAERAH NUSANTARA 2012" semalem.

Dan klo ditanya seberapa keren lagu-lagu daerah yang dibawain di ajang lomba ini semalem? Jujur, klo ada kosakata yang lebih tepat untuk ngungkapin kalimat "Sangat-sangat luar biasa keren" mungkin kosakata iu yang akan saya pake untuk ngejawab pertanyaan barusan :)

---

LOMBA CIPTA LAGU POP DAERAH NUSANTARA 2012 ini sendiri, dibuat oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, dengan tujuan agar generasi muda kita ini, bisa sedikit lebih respect sama keberadaan lagu-lagu daerah yang sedikit demi sedikit kini mulai dilupakan.

Dan setelah melalui proses penyaringan, ada 6 lagu daerah terbaik yang akhirnya kepilih untuk dibawain di acara Grand Final semalem, yaitu Bangkit Budak Melayu, Ingot Toba, Ranah Bundo, Sio Ugude, Tanah Jawi, dan Lagu Darjo.

Cuma dari 6 lagu itu, sayangnya saya cuma bisa nonton 5 lagu, karena sempet ketinggalan satu lagu opening dari daerah Riau. Jadi, klo mugkin ada diantara anda yang kebetulan ngerekam lagu itu dan mau berbaik hati untuk nge-share disini, dengan senang hati akan langsung saya masukkin  di postingan ini hhe..

Begitu juga dengan 5 lagu lainnya, karena sampe saat postingan ini saya ketik, saya cuma berhasil nemuin rekaman lagu "Ranah Bundo" doank, dari keseluruhan 6 lagu daerah yang dinyanyiin semalem, dan ini dia video rekamannya :)



Credit video:  

Oiya lagu itu diciptain sama Chiquita Meidy dan dinyanyiin sama Putri Ayu. Dan klo diantara anda ada yang bisa bahasa Minang dan mau ngebikinin lirik lagunya, dengan senang hati akan saya masukkin  ke postingan ini, soalnya saya cuma bisa bahasa jawa thok haha... 

Untuk lagu lainnya, belum berhasil saya temuin haha... pokoknya ada Lea Simanjuntak yang nyanyiin Ingot Toba *keren banget suaranya Lea, Michael yang nyanyiin lagu Sio Ugude yang akhirnya kepilih jadi lagu terbaik, Mario yang nyanyiin Lagu Darjo, sama terakhir ada Rini yang nyanyiin Tanah Jawi. Lagu pertama saya nggak tau judulnya apa dan dinyanyiin sama siapa karena saya nggak nonton hahaha...

Pokoknya salut lah sama semua penciptanya... :) 

#LCLPDN2012

12 komentar:

fb said...

Wah iya gitu dong lagu daerah bikin yang baru.. Jangan yang itu-itu aja..

BTW Chiquita Meidy itu yang bekas penyanyi cilik ya?...

chici said...

Baru tau tentang lomba cipta lagu daerah ini. Bagus tuh, karena sekarang anak-anak muda Indonesia juga udah jarang pake bahasa daerah di kesehariannya.
Eh tapi ada loh beberapa musisi muda di Takengon (Aceh) yang tetap melestarikan lagu berbahasa daerah, tapi ya itu, ruang lingkupnya lokal aja, nggak men-nasional..
*aissh istilah apa ini? hehehe...

Djangkies said...

Ini langkah hebat dan patut diacungkan jempol, dengan mengangkat pontensi daerah agar generasi muda lebih melek akan kekayaan budaya. Bukannya berlomba nyanyikan lagu yang mengumbar aurat dan hawa nafsu

krozbonek said...

wah dimana cak tempat penyelenggaraannya?
event kayak gini perlu diperbanyak nih :D

Rawins said...

jadi inget kalo dulu punya program bikin jurnal pake bahasa jawa minimal sebulan sekali
makasih jadi diingetin...

DJ Site said...

@ fb : Yupz, Chiquita Meidy yang dulu penyanyi cilik hhe...

@ chici: Iya ya, sayang banget banyak musisi daerah yg cuma terkenal diruang linkup lokal, padahal banyak lagu daerah yg mnurutku keren-keren, biarpun aku sndiri kadang gak ngerti sih hhe... paling cuma Viky Sianipar yg dikenalnya men-nasional *istilahnya tak pake haha...

@ Djangkies: Sayang'e Audisi KPOP jauh lebih disenengin anak muda kang ketimbang Lomba lagu daerah :)

@ krozbonek : di Epicentrum, Kuninangan Cak...

@ Rawins : Oh iya, dulu-dulu seingetku ada jadwal nganggo bahasa ngapak diblogmu kang haha..

Fajar said...

wuih..keren banget..ki.. yo..lagu daerah moncer meneh...

waiki.. penyanyine..tampil..wkk.wkk... tak darani.sampeyan je..kang..sing nyanyi..tanah..jawi.. ternyata..mbak..rini.. kyne..pas..juga..sampeyan nembang..ki.. #cincingsarung #kabuuuur.... #praaang... awas ono piring terbang.. seko..kang Dj...

Kang Tomo said...

ya memang seharusnya moncer selamanya lagu daerah itu cak

alkatro said...

apalagi di kota pak,
wong nggonku yg ndeso ae bocah2 cilik lebih seneng nyanyi lagu impor 'yang dia sendiri gak tau apa artinya' wkwkwk

tak tunggu lagu ciptaan dirimu pak
aku pesen judul 'ing pojok rejowinangun' #kabuur

Nyayu Amibae said...

gimana klo tuk speechless nya diganti dengan cetar nya sahrini,, kan lebih dari seusatu bangeet!!! wkwkwkwkwk (bisa ku bayangkan sob nand mual2 deh denger kata cetar dan sesuatu) :D

siip,, semoga lagu2 daerah semakin membudaya dinegerinya sendiri

hmmm,,, mulai puter lagu gending sriwijaya aaah,,,

met malam sob,, yuuk bersulang,, air putinya manaaa??? :D

munir ardi said...

Keren dan wow ini baru kontes yang bermutu tapi ini nggak disiarkan ya Sob di TV , sayang sekali ya

Mr Nyariadi said...

Nah ini bener
Dengan gegap gempitanya pendidikan karakter bangsa , masak ajang-ajang yg menumbuhkan cinta tanah air kayak lomba cipta lagu daerah nasional harus sering diadakan, anak2 saya gak kenal lagu daerah jadinya. Yang dia nyanyikan tetapi lagu2nya klompok penyanyi cilik, tapi lagu"nya romantis. heddeh pokok

Jadi ingat saat mengajak nyanyi lagu Gundul2 pacul kepada anak2 di daerah Pak Munir. hehehe Salam

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian