Tuesday, May 25, 2010

Peran Admin Situs Usaha/Jual-Beli Online



Siank Semua, Hello

Setelah kemaren sempet nulis postingan yang kayanya ga jelas banget intinya apaan haha, hari ini saya mau ngomongin tentang Peran Admin atau pengelola Situs Usaha/jual-beli Online. Saya yakin pasti diantara anda ada yg pernah membeli sebuah barang secara Online dari suatu situs usaha Online, entah itu barang elektronik atau mungkin hanya sebuah T-Shirt dari sebuah Distro Online. Yupz, saya sendiri pernah membeli barang secara Online biarpun cuma beberapa kali sih haha.....dan klo menurut saya sih sama aja dan ga beda jauh dengan mesti dateng ke tempat barang yang mau kita beli. Soalnya secara harga juga ga beda, paling perbedaannya kita cuma perlu tambah ongkos kirim dan kayanya sih wajar-wajar aja karna klo kita pergi ke toko benerannya juga kita mesti pake Transportasi kan hhe........

Nah, yg mau saya omongin hari ini masih sedikit nyambung sama Situs usaha/jual-beli Online, Setiap situs entah itu milik perusahaan tertentu atau situs usaha/jual-beli Online seperti tokobagus.com, jual-beli.com, glodokshop.com, or etc lah pasti punya Admin(Sama kaya kita yg jadi Admin Blog masing-masing).

Dan klo kaya situs perusahaan atau situs usaha/jual-beli, saya yakin ga mungkin hanya ada satu admin, minimal perlu sekitar 4 atau 5 orang Admin yang ngurus situs itu. Nah, Apa yang terjadi klo Admin dari Situs usaha Online salah menyematkan harga untuk setiap item yang mereka sediakan? Ada 2 jawaban, yang pertama jika harga yang mereka sematkan lebih rendah dari seharusnya otomatis mereka akan mengalami kerugian dan jika harga yang mereka sematkan lebih tinggi dari harga yang seharusnya otomatis pelanggan yang akan dirugikan dan secara tidak langsung akan berdampak dari sepinya order dari pelanggan.

Nah, itu yang baru saja terjadi pada sebuah situs usaha/jual-beli Online bernama 6pm.com. 6pm.com merupakan anak usaha dari toko sepatu Online terbesar zappos.com. tepatnya kemarin, situs usaha/jual-beli Online ini menyematka harga sekitar USD49,95 atau sekitar 500 ribu untuk setiap jenis produk yang mereka jual. Buset setiap item mau sama, mau beda harganya segitu? haha pasti rugi besar tuh......dan ternyata emank bener menurut pihak 6pm.com mereka menderita kerugian sekitar USD1,6 juta(waduh, bangkrut dah tuh haha).

Setelah menyadari kesalahan tersebut, situs online itupun sempat ditutup selama beberapa saat dan kemudian dibuka kembali dengan harga yang sudah mereka ganti, haha.....

Tapi berhubung kesalahan emank terletak pada Admin dari situs tersebut, jadi semua permintaan yang masuk akan tetap mereka penuhi biarpun akhirnya mereka harus menerima kerugian yang sekitar USD1,6 juta itu tadi.

Nah, berarti peran Admin cukup penting dalam suatu situs entah itu situs perusahaan ataupun situs usaha/jual-beli online. jadi, buat anda yang niat bergelut di dunia bisnis Online khususnya membuka Usaha online, pastikan anda benar2 mengecek harga yang anda sematkan. Jangan sampai tujuan anda mendapatkan keuntungan dari situs Usaha/jual-beli Online tersebut justru gagal karena kecerobohan anda sendiri hhe........

==================================================
Sekedar mau ngasih tau!



Biarpun gw bukan facebookers sejati kaya Sahabat Dj-Site yang mungkin OL Facebook setiap hari(soalnya gw OL Facebook cuma sekitar 1 bulan sekali itu juga klo ada niat haha), tapi gw tetep pengen ngasih tau klo 31 Mei besok kita akan memperingati hari tanpa Facebook Sedunia dan rencananya mulai dari tanggal 31 Mei itu banyak orang yang akan menutup akun facebook mereka, karena hari tanpa Facebook sedunia itu bukan dibuat karena kesuksesan facebook namun justru karena kebebrokan Social Networking facebook yang membuat kebijakan Privasi yang justru membuat banyak penggunanya memilih berhenti menggunakannya. Pilihan sepenuhnya ada ditangan anda, mau tetap menggunakannya atau ikut meninggalkannya........

Cuma itu doank koQ yang mau saya kasih tau.........

Buat Sahabat Dj-Site Semua Happy Blogging......

48 komentar:

Ҝarlz said...

q juga pernah liat d Tokobagus.com harga-nya Rp 1 semua ^_^ HAHAHAHA

narti said...

met siang juga...
kalau pas harga rendah begitu kita melakukan transaksi, harga tetep pd saat itu kan? walaupun setelah itu harga diganti...

mixedfresh said...

wah kasian amat jadi rugi hehehe.. kayanya pernah juga kejadian masalah salah harga di suatu hotel di luar negeri kalo ga salah.
btw blog ini adminnya berapa?

sda said...

fb? belum punya nih...udah mau pada tutup account...hehe...

archv3nture said...

fb bakalan bangkrut tuh..nhaha..kesuksesanya gak bertahan lama..klo disuruh milih ane lebih familiar ma bloger..

Manchester United Tech said...

iya nih sob...harga memang sangat menentukan..setiap orang mungkin khilaf..

iqbal said...

nice post,,,,

yudex said...

aku juga jarang OL di FB sob.. males, gak nyeni. xixixiii..

oya, makasih atas dukungan ancamanya ya??

etam grecek said...

kesalah sedikit bisa berakibat fatal...
makanya admin kudu ngecek setiap hari..kyak para blogger jg tuh sama

saya jg termasuk facebookjar..main fb jarang''..kurang menarik...jd klo 31 mei hari tanpa FB..oh no problem...

muzzy musthofa said...

wah aq dari kemarin2 dah dengeer ttg hal ini..... aq sich dukung banget..... coz aq juga dah jarang banget skr pake fb....iya nich banyak yg merugikan penggunanya.... pake aplikasi tertentu tapi minta isi akun2 kita. dasar tuch... bnyak kebohongan juga yang dilakukakan oleh fb sendiri

rizan said...

yang penting nggak ada hari tanpa blog kan sobat?
hehe

rizal said...

sukses tidaknya sebuah bisnis online memang tergantung admin...
nice altikel

thank udah follow akau follow balik ya

zoel said...

bener sob.. saya juga jarang banget OL di FB.. hehe.. akhirnya banting stir dh ke indoface.com (itung-itung mndukung produk dlm negri)

akhatam said...

Wahh sekarang adaa peringatannya juga yahh.. ditambahin tuh dalam kalender.. hehhe

rhiny said...

iya saya stuju dngn itu...

cellular said...

kerugian mencapai USD 1,6 juta, itu untuk penjualan dalam berapa hari sob??? koq admin-nya bisa ga pada curiga ya??? di saat banyak yg belanja online. tapi g salut mereka terima kesalahan-nya. itu baru namanya bisnis... rugi di awal... bangkrut belakangan..., he...he...

oketrik said...

wah aku g ngerti soal jual beli online, takut ke tipu hehehehehe:D

asep canda said...

betul juga tuh sob harus hati2 dan teliti heheheheheh ternyata tidak mudah juga ya

Sungai Awan said...

Aku juga pernah kawan menjual barang secara online.aku membuat blog yg khusus untuk pemasaran.

Hari demi hari berganti promosi sana sini, dan pada bulan berikutnya aku kuwalahan untuk menghandle, menjelaskan produk ke calon pembeli.

La wong aku kerja ikut orang lain aja sudah capek, lalu bikin blog jual beli online lagi.

Wah badan rasanya tidak mak nyus pegel kabeh awak.Memang sich ada juga pemasukan yang aku dapatkan pada bulan itu.

Tapi apa daya tenaga cuma satu, dan akhirnya aku sakit kencing batu dan harus opname di salah satu rumah sakit

setelah sembuh, aku pikir kembali kegiatanku di jual beli online, dan aku harus memilih salah satu pekerjaan, apakah di internet, atau di dunia offline.

Alhamdulillah setelah memilih salah satu akhirnya aku kembali ceria tidak menghandle banyaknya telpon, sms dan email yang masuk.

Wah kok jadi panjang yo.
Wis cukup segitu saja kawan ntar postingannya kalah panjang jadi gak enak

good luck dan sukses selalu menyertaimu kawan.
Thanks.

Uswah said...

Berkunjung untuk mencari info terbaru

backlink gratis said...

wah iya betul banget sob bisa cepet bangkrut..wkwkwkwk
tapi terkadang konsumen kita masih belum tertarik banget dengan produk online.. padahal harganya kan lebih murah dan juga praktis...
izin baca curhat cak tomo juga he he.. kabuur

Local Download said...

terimakasih atas infonya kawan^^
sukses selalu dan salam blogger :D

komunitas oejoeng said...

setelah baca2, oke juga infonya! Thanks

Amdhas said...

saya udah ga pernah main facebook

Butik Bella said...

woww Fer,, membahas tentang bisnis online yah..hehhe.. ada beberapa yang jadi masukan neh buat aku untuk Butik Bella. Namun aku sebagai admin-nya, yang notabene sebagai owner-nya juga.. menjalankan bisnis online ..emang kudu sabar dan tetap optimis. Usaha apapun itu..emang riskan ama kebangkrutan. jangan terlalu ngoyo ama keuntungan gede.. makanya aku barengin dengan artikel..hihii.. secara bisnis online yang sedang aku jalani adalah bisnis sampingan Fer.. mumpung masih berada di indonesia.. daripada kelayapan ga jelas..heu heu heu..
nice posting fer..
happy blogging yahh.. :)

katir said...

yah,,,,makasih atas ulasanya gan.....jadi lebih hati-hati lagi gan...
khususnya bagi admin suatu lembaga....
makasih gan....

angger said...

makasih infonya,menjadikan saya lebih mengerti

Narzis Blog said...

Weleh...kasian banget yah.
Rugi besar tuh, wkkakkaka...

Oh..ia, gue males ah ikutan hari tanpa FB.
Sayang, FB gue penuh dengan fans2 gue bro, wkakakkakakakak.....

Dunia Hape said...

Sebenernya kalo soal bisnis online, harganya lumayan murah.
Cuma kalo buat gue, bakalan mahal di ongkos kirim.
Kemarin pre-order bukunya Radityadika yang baru "Marmut Merah Jambu" abis 96rb.
Bukunya 36rb, ongkirnya 60rb, wkakakakkaka...
Ya..maklum, Jakarta - Jayapura bro :D

yudha said...

saya juga jadi admin online store, tapi jualan cendol+gorengan, jadi kalo salah harga ruginya gak gede2 amat hihi

Pak Liek said...

waw kapan ada kejadian begini lagi ya ......
lumayan dapat barang mahal tapi harga murah ....

munir ardi said...

maaf baru membalas kunjungan mas ferdinand, wah transaksi online jujur aku belum pernah mas habis gaptek sih aku ini, ayo tutup fb

blogger Bumi lasinrang said...

berkungjung baca artikel bermutu disini , ditunggu kunjungan baliknya

Umy Diary said...

ah yang bnr ne....
blm prcy ..
31 mei bukan besok bang

Rinda said...

halah itu mah rugi berat dwech @_@?
brrti kudu waspada nie kl ntar pny toko online..kapan coba huhuhu ^^

With Love,

|
|
V

Miss Rinda - Personal Blog

sasuke_stereobk said...

Tuh admin mau nanggung resiko kerugian demi ketersediaan stok barangnya. wah hebat. hahaha
Oh ya mas, emang kebijakan privacy yang mana yang melatarbelakangi aksi 31 mei mendatang???
stereobk.com last past>> PutraHosting.com Dapur Hosting Murah

buy cameras said...

bener" berperan besar ya...

attayaya said...

wahhhh jadi rugi besarrr tuh

yuuup sudah banyak yg komplen ma facebook

Tour, Food, and Health said...

mbututin bang atta..yipppiii...!!! *__*

aliem said...

aku gak komen lah mas... udah banyak.. heheh
salam!!

rahmatea said...

katanya facebook menjual informasi penggunanya ke pihak pemasang iklan ya?......

Nursidiq Arizal said...

sob ane udah pasang ente punya benner link, gantian ya ente pasang punya ane

TUKANG COLONG said...

widih fatal banget ampe rugi segitu besar, terus adminnya dipecat gag?

HAPIA Mesir said...

betul itu fatal banget....

RAMDHAN said...

kunjungan balik... thank dah berkunjung. nice posting. thank infonya gan

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Karlz : nah itu dia maksudku Sob hhaa....Admin'y kurang teliti....

@ narti : iya bener bgt pastinya yg harus kita bayar ya harga pas kita Order, entah abis itu harganya berubah gy atau nggak tetep aja kewajiban kita cuma bayar harga yg sebelumnya/ pas order dan biarpun harganya salah ya tetep aja Situs'y yg mesti tanggung jawab....

@ mixedfresh : waduh klo hotel mah kebangetan tuh Sob haha.....Adminnya ya cuma saya sendiri Sob haha...

@ sda : hahaha....gpp koQ klo mau bikin lagi juga facebook udah ganti peraturan Privasinya...

@ archv3nture: iya juga tuh Sob....ga bertahan lama akhirnya tumbang juga ya haha....sama ane juga lebih milih blogger...

@ Manchester United Tech : ya emank faktor khilaf doank yg mungkin terjadi Sob....

@ iqbal : thnx a lot mate...

@ yudex: hahaha...ga nyeni....iya dah sama2 Sob...

@ etam grecek : hahaha bener tuh Sob.....Admin emank kudu ng'cek tiap hari.....hahaha sama klo gtu Sob...

@ muzzy musthofa : wah ternyata banyak yg emank merasakan kebobrokan FB nie hhe.....

@ rizan : hahaha wah itu yg penting.....kayanya bakalan aneh klo ada hari tanpa Blogging...

@ rizal : itu maksudku Sob....makasih udah Follow balik...

@ zoel : waduh klo aku C nggak deh....FB aja jarang d'buka apalagi Indoface haha...

@ akhatam : ahhaha...ga usah deh mendingan ga penting Sob haha...

@ rhiny : makasih..

@ cellular : itu hanya dalam satu hari Sob......hahaha bener tuh Rugi diawal bangkrut belakangan ahaha...

@ oketrik : weleh.....aman koQ sob...aku aja sering beli barang Online....

@ asep canda: hahaha bener tuh Sob.....pastinya sih emank ga mudah ...

@ tomo : wah Cak tomo curhat nie hha.....ya emank itu resikonya klo punya usaha Online Cak.....haha akhirnya kembali ke kerjaan Offline toh.....Sukses juga Cak....

@ Uswah : makasih udah mampir Sob...

@ backlink gratis : haha iya Sob...kebanyakan konsumen di indonesia masih lebih puas klo bisa langsung Ng'liat barangnya haha....

@ Local Download: sama2 Sob......

@ komunitas oejoeng: sama2 Sob.....makasih juga udah mau baca2..

@ blogger admin: wah sama klo gtu Sob...

@ Butik Bella : haha.....iya tuh Bell emank mesti sabar klo jalanin bisnis gtu yg penting dinikmatin aja hhe.....Wah emank mau kemana gy toh bell??

@ katir : wah jadi admin lmbaga tertentu toh Sob.......sama2 Sob...

@ angger : sama2 Sob...

@ Narzis Blog : ahaha....kan gw bilang tewrserah Brow....klo masih mau OL FB ya moggo wae haha...

@ Dunia Hape : nah itu dia Sob...gw juga waktu itu pesen barang mahal di ongkos kirim secara yg punya barang di Bandng gw di Jakarta haha.....tp akhirnya puas juga kan Sob hhe...

@ yudha : haha...bisa aja nie sobat....klo Gorengan'y omset 10 jt sehari mah lumayan juga haha...

@ Pak Liek: iya tuh pak liek, aku juga ikutan nunggu yg kaya bgini lagi ahah...

@ munir ardi : iya gpp Sob....hehe sama aja koq sama beli barang biasa.....haha ada anceman nie Sob haha...

@ blogger Bumi lasinrang : makasih udah mampir Sob......Ok aku pasti mampir balik...

@ Umy Diary : iya Umy...cek aja klo ga percaya....iya bulan nie...

@ Miss Rinda : iya tuh Rin....hahaha......emank kudu waspada tuh...

@ sasuke_stereobk: iya secara terpaksa mereka mau nanggung Sob......Penjualan informasi pengguna Sob...

@ buy cameras : iya tuh Sob...

@ attayaya: iya tuh Sob....haha emank kayanya udah pada males Ol FB ..

@ Tour, Food, and Health: haha.....

@ aliem: weleh ni mah namanya koment sob haha....

@ rahmatea : iay bener bgt tuh Sob....makanya banyak yg mau ninggalin FB...

@ Sidiq : OK Sob....

@ TUKANG COLONG : haha iya tuh Sob....belum dpecat sih.....tp mungkin dipecat Sob.....soalnya karna kelalaiannya jadi rigi segitu besar haha...

@ HAPIA Mesir : iya tuh Sob...

@ RAMDHAN : sama2 Sob....majkasih juga udah mampir balik,....sama2...

pamuji99 said...

Masalah Bisnis online dan Ofline sebenarnya hampir sama cuman Media yang digunakan saja yang berbeda yaitu ...
1.Online Media Dunia Maya / internet
2. Offline Media Dunia Nyata
dan Nggak perlu terlalu diambil pusing untuk konsen yang mana ini atau itu karena Pada dasarnya /terutama yang online kan Bisa dibuat Bisnis sampingan...gitu aja

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ pamuji99: Bener sob....emank sama aja kaya di dunia maya......

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan