Wednesday, June 2, 2010

Pembajakan itu baik atau tidak sebenarnya?


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua….


Setelah kemaren saya posting tentang kejadian Gokil yang saya alami(jiah Lebay banget haha) di Postingan Saran Sederhana Untuk Pengusaha Digital Printing, hari ini saya masih pengen sedikit posting yang ga terlalu berat, tapi masih sedikit berhubungan sama Dunia Teknologi khususnya Pembajakan.


Kaya yang kita tau bersama klo pembajakan di Indonesia udah sampai pada tahap yang memprihatinkan(itu kata berita-berita di TV). Tapi biarpun begitu, Dunia Pembajakan juga cukup membantu kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dengan harga yang lebih murah walaupun kualitasnya tidak sebanding dengan Originalnya(itu kata saya).


Nah trus, Pembajakan itu baik atau Tidak sebenarnya?(udah pas kan tuh EYD’nya?)


Sebentar, sebelum saya jawab saya mau sedikit cerita lagi,


Beberapa Minggu yang lalu, saya sama Sahabat saya lagi niat banget tuh buat nonton Iron man 2, udah pada nonton kan? Berhubung temen saya yang lain lagi pada sibuk ya saya Cuma berdua sama sahabat saya ini….Berhubung film’y mulainya jam 14.45 dan ternyata baru jam 13.20, maklum salah Ng’liat jam tayang di Website Resminya hha jadi saya dan Sahabat saya ini ngiterin satu mall tanpa ada tujuannya dan sampailah saya Dan sahabat saya ini di tempat DVD bajakan. “Dari pada kelamaan nunggu mending Ng’liat Film bajakan dulu”, kata Sahabat Saya… Dan akhirnya saya sama sahabat saya ini Ngobrol sama tuh Tukang DVD Bajakan….Begini Obrolannya:


Tukang DVD Bajakan: Mau Nyari Film apa Bozz? Baru turun semua nie yang baru…

Sahabat Saya: lah gw aja lagi nuggu mau nonton film malah ditawarin film Boy, Baru turun dari mana emank tuh film?

Tukang DVD Bajakan: Lah, dari pada nonton di Theater mending juga beli yang bajakan aja Bozz sama aja sih gambarnya, ya baru turun dari atas bozz DVDnya….

Saya: Buset sekarang DVD Bajakan di produksi di Surga ya(kata-kata bodoh)…

Tukang DVD Bajakan: ya Kga Bozz, maksudnya dari Theater kan Theaternya diatas(Tempat DVD Bajakan di lantai dasar, sedangkan Theaternya ada di Lantai 7 klo ga salah)…

Sahabat Saya: Iron man 2 ada kali Boy?

Tukang DVD Bajakan: yach jangankan Iron man 2 bozz, Daybreakers yang belum keluar aja udah Ori…..

Sahabat Saya: tai dah, film’y aja belum keluar gimana udah ada Bajakannya sih boy? Ngaco aja Lu…

Tukang DVD Bajakan: Kan klo diluar negri mah udah lama beredar Bozz, jadi gambarnya juga udah Ori….

Saya: Anjrit, pinter juga Lu Bang….

Tukang DVD Bajakan: saya sih Cuma berusaha memuaskan konsumen….

Saya: Jiah…bahasa Lu Bang, udah kaya di iklan-iklan aja haha…..

Sahabat Saya: ywdh coba test, penasaran gw…..


Akhirnya Di test dah tuh film Daybreakers dan Iron Man 2..


Tukang DVD Bajakan: udah ori kan Bozz……

Sahabat Saya: lah iya ya, Je(manggil saya, kan biasanya manggil DJ) mending kita beli Bajakannya aja dah udah Ori Sih….

Saya: lah gw mah terserah lu aja, Bajakannya juga gpp wkwkwkw…


Akhirnya setelah dicoba tuh semua film yang menurut gw dan Sahabat gw itu bagus…dapetlah 8 DVD (Iron Man 2, Daybreakers, Salomon Kane, DVD The pacific part 1-8, Clash Of The Titans)Bajakan….


Sahabat Saya: Berapa nie Boy? Ngambil banyak nie gw?

Tukang DVD Bajakan: ywdh di itung 50.000 aja semua…..

Sahabat Saya: yaelah udah banyak bgt nie, kurangin lagi npa, klo ga bonus satu lagi dah …

Tukang DVD Bajakan: ya tega lu bozz, kan bukan punya gw dagangannya…..ywdh ambil satu lagi dah…

Akhirnya Sahabat saya itu ngambil DVD Serigala Terakhir, soalnya dia belum nonton….


Nah, trus akhirnya jadi nonton apa ga? Menurut anda? Ya nggak lah orang yang mau ditonton udah dibeli Bajakannya hahaha…….


Itu sedikit cerita yang saya ga nyuruh untuk anda ikutin hha…..Saya Cuma mau mastiin klo yang dibilang diberita bahwa Indonesia ada di urutan 6 Dunia dalam hal pembajakan itu benar.


Balik lagi ke pertanyaan diatas, Pembajakan itu baik atau tidak sebenarnya?


Klo disuruh jawab, ya menurut saya kadang Baik, kadang tidak….


Baik? Pembajakan yang merugikan Negara dibilang baik? Masih waras ga sih otaQ gw? Nyantai aja saya masih waras koQ hhe….terlepas dari merugikan atau nggak ya itu sih tugas Negara aja lah ga usah bawa-bawa gw, tp klo menurut gw kadang Pembajakan itu perlu, terutama untuk Jenis Software ataupun Game Installer….kenapa? klo saya sendiri sih jujur aja Software yang Original di PC saya ya Cuma OS, Ms. Office, dan Corell, selebihnya Bajakan soalnya ga sanggup juga klo mesti beli yang Original semua….itu alasan yang pertama, selain itu, menurut saya Software Bajakan justru membantu Produsen Software untuk semakin meng-update Software mereka, coba bayangin masa iya Softwarenya dibajak tuh Produsen diem-diem aja ga mungkin kan? Pastinya dia bakal lebih ningkatin performa Softwarenya, ibaratnya Kaya Website Perusahaan atau Instansi Pemerintahan, sedikit mau ngasih tau aja, website-website tersebut saya bisa yakini pasti di Hack dengan periode waktu tertentu oleh Adminnya sendiri dengan tujuan menutup sekecil apapun celah yang mungkin menghambat Sistem Informasinya. Dan harusnya demikian juga dengan Software dan game Installer, yang kita kenal dengan istilah Patch & Update. Dan hal yang sama juga dilakukan di Industri Musik kaya yang kita tau akibat Pembajakan Banyak CD yang udah ga laku lagi, karena banyak orang yang lebih memilih CD Bajakan. Dan apakah Industri musik kita tinggal diam? Nggak lah, dengan Ringtone, Artis kita masih mendapatkan Royalti kan dan itu artinya ada dampak baiknya juga yaitu menumbuhkan ide menjual Ringtone…..


Nah, trus sisi Negatif atau tidak baiknya apa? Yang pertama jelas melanggar Hak Cipta, Royalti yang seharusnya sampai kepada produsen justru sampai ke pengusaha Bajakan. Kedua dan seterusnya kayanya anda udah tau, jadi ga perlu saya tulis hhe….



Intinya, selama membantu anda silahkan aja anda pake yang Bajakan, terutama sih Software(Harga Originalnya pasti diatas 200 ribu, sedangkan harga bajakannya hanya 10-75 ribu) dan klo mau yang lebih murah ya silahkan aja Download kan banyak tuh Sobat Blogger yang share Software hhe……


Okeh kar’na udah panjang banget nie postingan jadi cukup aja deh hhe……


Happy Blogging All….


32 komentar:

ph-internet said...

kalau menurut saya baik2 aja sob soalnya faktor ekonomi saya ga mampu untuk membeli yang asli

berita untuk negri said...

ini sebenarnya kebutuhan dan dari segi mana kita menilainya,,kenapa banyak beredar??karena memang pemerintah tidak memperhatikannya dan undang2nya belum transparan di mata masyarakat,

Ҝarlz said...

ada baik-nya dan ada buruk-nya..
kenapa klo mengganggu masih ada yg jual ?
kenapa produsen-nya ga d tangkap ?

(baik)membuka lapangan pekerjaan.. dll.
(buruk)dirugikan yg bikin film, album ato apalah..

etam grecek said...

ooo..ooow..dj ketahuan.bajak...biasanya alat yg digunakan untuk menggemburkan sawah.biasanya dipasangkan pada kerbau....ada nyambungnya gak ya?
biasanya ane suka bli DVD musik aje.
kalo aku pribadi smpai saat ini blm beli tuh kaset bajakan,alasannya begitulah.klo untuk film mmng kurang tertarik karena disini jg blm ada bioskop,klo mau nnton ke 21 harus kluar kota yg jaraknya lumayan jauh...jng di lnjutkan sob

akhatam said...

Hmm jelas melanggar hak Cipta tuh..

muzzy musthofa said...

kalo aq sich sob, dah mulai mengurangi u/ membajak hak cipta. jadi software yang bajakan di kompieku cm office doang. yang lain free semua.... sbnrnya sich mo pake yg gratisan yaitu open office, tp fiturnya kurang lengkap...

Bima85 said...

wahh ribet juga yaa bro . . .

Aguestri said...

Hidup bajakan, maklum ane kagak kuat cuy beli yang ori hehehe
jadi beli yang bajakan adja.

Manchester United Tech said...

yah w jg biasanya pake bajakan soalnya murah tp itu melanggar hukum...

alkatro said...

kecenderungan pilih bajakan atw ori tergantung sama isi kantong he he..

secangkir teh dan sekerat roti said...

kalo yang dibajak itu benda2 amrik ato israel sepertiya bukan masalah

mixedfresh said...

ada baiknya, ada buruknya juga, tapi kalo aku jujur sih masih sering beli bajakan juga, lebih murah sih, hehehe..

TUKANG CoLoNG said...

kembali dari mana kita mandangnya..:)

Sungai Awan said...

beli aja yang ori kawan.
Awet

uswah said...

berkunjung cari info baru

Vanestorrz said...

itu hak kita Sob, saya pernah ngalamin datang ke Toko Kumputer, trus liat AV pas ditanya

saya:"Mas, itu AV harganya berapa"
Penjual: "300rb"

buset dah, duit dari mana, pas saya cari di Internet bener aja dah banyak SERIALnya, jadi kan gak usah ngluarin uang 300rb, mnding beli Baso dah, dapet berapa mangkok tuh.....
hhe,

Tapi kerugiannya, ya itu, kalau Produsen Rugi n Bangkrut, terus siapa yg mw jd Produsen?
bayangin Aja klau Microsoft ma Apple bangkrut, migrasi ke Linux?
belajar dari awal lagi dong,
hhe,.....

Butik Bella said...

Duh.. Say No To Bajakan ! hihiii.. Bo'ong banget yah. Aku juga pernah beli CD bajakan.. ^^V

cellular said...

segala barang yang bajakan itu baik buat isi kantong yang membajak, tapi kalo lg ada razia dan ketangkap, saat ditanya petugas pasti jawabnya bajakan itu tidak baik. bai de wei kapal apa sich yang di bajak sob, wkwkwk......

ayel bertuah said...

salam kenal, kunjungan persahabatan...

Ghani said...

wah mendingan nyewa aja sama ultra disc, soalnya bayar cuma 3 ribu bisa dapet kaset orsinil dan dibajak pula.... jadi nya enak, ngebajak buat sendiri.... nggak terlalu merugikan !

RAMDHAN said...

Klo sy sih tergantung sikon. klo DVD nya dianngap perlu dan penting tuk jangka panjang, biasanya sy beli yg asli. tp klo tidak terlalu penting, yaa.. gitu deh, beli yg bajakan hehe.. atau kopas aja punya tmn trus disimpan dalam laptop dan sebagian di backup utk jaga2, tp tdk diperjual belikan..

Rinda said...

aduH gmn y feR..binun komentnya,abis brasa maLu c coz hobi jg beli film bajakan...wkwkwkwk

abis asli'y skrg udh gda wqt bwt k 21,jd terpaksa deh bli yg bajakan tp udh ori,apalg dpn kampus ada 2 lapak dvd bjkan,udh dehhh beli ^^

tp klo klewat film indo ttp nyewa di Ultra Disc fer,males bli film indo yg bjakan,coz kl film luar g bosen dotonton lgnya ^_^

duh ia y ilang foot comment'y...hehehe
oh y klo liat commentQ be4 ada yg komeng pke anonim n minta maaf gt fer,kta'y mrasa terkait gt,mngkn suaminya x..coz web'y udh diapus gt..g ngerti deh..whatever yg pntg udh pusing sm kul fer..hehehe

udh ah kabur lg ntar baliq lg iaa ^^

With Lope sm With elap peL aja y fer,wkwkwk

Om Rame said...

*baik* bagi pembeLi yang secara faktor ekonomi dapat menghemat kocek dan enggak munkin kan tuh fiLm ditonton berkaLi-kaLi sampe Lecek, paLing mentok untu koLeksi.
*tidak baik* bagi produsen dan negara yang katanya meLanggar hak cipta dan merugikan.
nah sebagai jaLan tengahnya, dari pada beLi yang originaL uangnya enggak cukup dan beLi bajakan juga enggak etis kata peLaku hak cipta, jadi mendingan minjem aja sama tetangga. kan jadinya impas tuh, secara ekonomi hemat dan enggak di kecam sama peLaku hak cipta. wkwkwkwkwk.......
----------------
cuma kurang nuLis huruf *S* aja pada ribut-ribut sih, udah di edit tuh juduL postingannya. gitu aja koq repot. hehehehee......

aliem said...

perasaan... jarang banget gw punya barang aseli... :kabur:

odonk's said...

binun brad...
tp biasanya ane suka ke 21..
meskipun klo film wkto ntn iron man2 ngntrinya minta ampun
klo g nywa d ultra yg filmnya ori smua..

kang tejo said...

bajakan banyak manfaatnya daripada yg ori ya meskipun memang bnyk faktor x-nya..
klo gak ada software bajakan gak akan terkenal software n developnya kan rata2 produk itu terkenal karna faktor bajakan..alias selera rakyat..klo ori itu ma cocoknya tuk yang kantong tebel..klo saya mending ngopy da..hehhe

TUKANG CoLoNG said...

kunjungan rutinn..:)

yudex said...

mungkin hanya 40% baiknya.. tapi yang 40% itu yang paling banyak dicari orang.

maaf sob, aku baru bisa berkunjung sekarang.. sibuk. :)

Umy Diary said...

berkunjung....

ckckckc

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ ph-internet: sama sob menurutku juga baik2 aja hhe.....

@ berita untuk negri : bener Sob..tergantung cara pandang masing-masing sih hhe......Yupz tepat....klo peraturan dari pemerintah udah jelas pasti yg Ng'bajak juga ga berani jual terang-terangan hhe...

@ Karlz : nah, itu yg aku bilang setengah baik N setengah Buruk hhe....

@ etam grecek : hahaha.....Gpp lah yang penting bukan aku yg bajak hahaha......Wah klo gtu mah sobat juga sama aja haha...

@ akhatam : iya tp klo kebutuhan mendesak mau apa lagi....hak Cipta urusan belakangan Sob hhe...

@ muzzy musthofa: wah udah berusaha mengurangi nie hha......aku juga kebanyakan yg Freeware Sih....

@ Bima85 : iya Sob...wkwkwkw...

@ Aguestri : hahaha....samaan klo gtu haha...

@ Manchester United Tech: hahah....iya bener Sob...gw sendiri tau itu melanggar hukum tapi mau gmn lagi haha...

@ alkatro : hahaha...bener tuh Sob....

@ secangkir teh dan sekerat roti : hahaha.....Setuju Sob.....

@ mixedfresh : bener Sob....hahaha samaan Sob...

@ TUKANG CoLoNG : ya bener Sob...

@ tomo : iya Sih Cak...tp Software yg biasa aku pake Buat Design kebanyakan yg mahal hhe....

@ uswah : Makasih buat kunjungannya...

@ Vanestorrz : hahaha...klo lgw sih biasanya udah tau harha dulu baru beli(U/ ori)....hahaha tp ga sampe ngulang juga X Sob...

@ Butik Bella : hahaha......ketauan si Bella..wkwkwkw...

@ cellular : hahahaha......Bener bgt tuh Sob.....klo ga ada Polisi ya Baek klo ada polisi ya jadi ga baek haha....kapal kemanusiaan Sob...

@ ayel bertuah : salam kenal juga Sob...makasih udah mampir...

@ Ghani : wah klo itu mah lebih parah Sob.....Jadi kita yg bikin bajakannya hahaha...

@ RAMDHAN: hahaha...liat sikon dulu ya Sob...Ok deh..

@ Miss Rinda : hahaha.....D'depan kampuz malah ada yg jual ya wkwkwkwk.........iya nie berasa aneh aja klo ga daa Foot'y.....Wah sampe ditutup gtu.....beh klo aku mah mending Perang dari pada nutup BLog hahaha.....Ocre deh...

@ "om_rame" : hahaha...bener Om mending minjem klo punya tetangga Ori klo punya tetangga bajakan juga ya sama aja hahaha...Owh beneran salah toh haha...

@ aliem : hahaha......iya ya Sob...

@ odonk's: wah jangan bingung2 Sob hhe......Iya sih gw juga sering Nyewa cuma sekarang ga ada waktu jadi ya mending bajakan aja dah haha...

@ kang tejo: hahaha setuju Kang.....

@ TUKANG CoLoNG : weleh mamapir gy toh Sob.....

@ yudex : wkwkwkwk...iya bener tuh Sob....GPP..

@ Umy Diary: hho..nyari aman nie kayanya ga ikutan koment cuma ktawa hha....

Bima85 said...

siang bro :D

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Bima85 : siank juga Brow...langsung ane kesitu....

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan