Tuesday, October 12, 2010

Indomie, Terkenal Tanpa Membayar Harus Membuat Dan Menayangkan Iklan


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Ehm... Test... test... Setelah tadi pagi saya posting tentang apa aja yang udah Di Renovasi Di DJ Site, Sore ini saya mau ngomongin berita tentang Indomie yang lagi jadi TT di berbagai media(Elektronik, Cetak, Dan Internet), tapi seperti biasa... saya mau ng'bahasnya ngawur ala saya haha...

Sebelumnya saya mau ngucapin makasih banget atas semua tanggapan sahabat di postingan tadi pagi dan Untuk kasus Hak Ciptanya pasti saya posting besok pagi, karena selama beberapa tahun ini saya juga baru sekali ngalamin hal yang kaya gitu dan kayanya mesti anda ketahui juga hhe....

seperti biasa kita bersulang dulu... Cheerrrsss....(glek..glek...glek...)....

Udah pada denger kan berita tentang Indomie yang ditarik dari pasaran Taiwan karena menurut pemerintah setempat Indomie mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk tubuh kita? Yupz salah satunya Nipagin. Apa itu Nipagin?

Nipagin adalah salah satu merk methyl p-hydroxybenzoate(apaan tuh? saya juga gak tau wkwkw). Salah satu jenis bahan pengawet ini memang lazim dipakai dalam makanan. Produk ini juga sudah diatur pemakaiannya oleh badan pangan dunia(terus kenapa dipermasalahin? Ssttt).

Codex Alimentarius Commission (CAC), badan yang didirikan Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengatur standar pangan, telah memperbolehkan pamakaian zat pengawet ini dalam batas tertentu(berarti saya tekankan dulu klo bahan tersebut aman untuk tubuh kita).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), menyatakan bahwa Indonesia berpatokan pada CAC dan mengizinkan penggunaan Nipagin dalam batas tertentu. Artinya gak ada yang perlu kita permasalahkan dengan Indomie yang selama ini kita makan

Hasil uji sampel kecap pada mie instan yang mengandung nipagin dalam lima tahun terakhir menunjukkan, tidak ada kandungan zat pengawet tersebut yang melebihi batas maksimal. Apa sebenarnya zat yang bernama methyl p-hydroxybenzoate yang berada dalam kecap mi instan Indomie yang dicemaskan pemerintah Taiwan itu?

Nipagin memiliki nama lain yakni methylparaben dengan rumus kimia CH3(C6H4(OH)COO). Jenis paraben lain yang juga banyak digunakan adalah propylparaben dan butylparaben. Methylparaben adalah jenis paraben yang dapat dihasilkan secara alami dan ditemukan dalam sejumlah buah-buahan terutama blueberry dan jenis paraben lainnya.

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa methylparaben dapat menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan pada konsentrasi tertentu dalam penggunaan perawatan tubuh atau kosmetik. FDA menilai methylparaben sebagai pengawet yang aman atau GRAS (generally regarded as safe) untuk kosmetik. Di Eropa, methylparaben digunakan sebagai pengawet makanan yang mendapat persetujuan Uni Eropa dengan kode E-218.

Methylparaben juga dapat dimetabolisme oleh bakteri tanah, sehingga benar-benar terurai. Methylparaben mudah diserap dari saluran pencernaan atau melalui kulit. Hal ini dihidrolisis menjadi asam p-hidroksibenzoat dan cepat dikeluarkan tanpa akumulasi dalam tubuh.

Di setiap negara, batas maksimum pemakaian methyl p-hydroxybenzoate berbeda. Di Amerika Serikat, Kanada dan Singapura, kadar maksimum methyl p-hydroxybenzoate adalah 1.000 mg per kg bahan. Sedangkan di Hongkong 550 mg per kg bahan. Di Indonesia sendiri, Badan POM telah menetapkan batas maksimal penggunaan nipagin 250 mg per kg bahan.

Jadi jelas, standart yang ditetapkan Indonesia justru jauh lebih baik dari pada Taiwan, Hongkong, bahkan Amerika Serikat. Terus kenapa tau-tau Indomie ditarik dari peredaran? biarpun saya bukan Orang yang mengerti tentang Ekonomi cuma kayanya ini gak lebih dari persaingan dagang dinegara tersebut... Maklum Indomie merupakan Mie Instan terlaris di Dunia Soalnya rata-rata mie Instan lain kan rasanya gak terlalu enak, coba aja pernah gak Mie Instan dari China laku di Indonesia? kayanya nggak deh, lagipula konsumen indonesia rata-rata pasti lebih milih produknya sendiri yang udah jelas halal dan gak mengandung Lemak Babi kaya beberapa makanan di negara lain hhe... Jadi, intinya Indomie emank aman untuk dikonsumsi.

Tapi nanti dulu, yang saya mau bahas dipostingan sore hari ini bukan itu .... GUBRAK!!! Haha.. terus apaan yang mau dibahas Kang?

Kan tadi saya udah bilang saya mau ng'bahas beritanya versi ngawur dari saya, jadi sore ini yang jadi perhatian saya justru pengiklanannya. Maksudnya? sebagian dari anda mungkin gak terlalu perduli, tapi karena kerjaan saya masih berhubugan sama Advertise, jadi saya cukup perduli dengan hal itu. Gini, saya mau tanya, Menurut anda Indomie dirugikan gak dengan pemberitaan mengenai Produknya yang dianggap gak aman? dirugikan? klo anda menganggap Indomie dirugikan berarti anda salah hhe... karena dalam hal ini Indomie justru diuntungkan. Tau kenapa? karena tanpa susah-susah bayar Graphic Designer buat bikin Iklan yang bermutu, Indomie dipromosiin habis-habisan oleh semua media massa, biasanya beberapa menit nayangin Iklan aja mereka harus bayar puluhan juta kan, tapi beberapa hari ini hampir tiap jam berita tentang Indomie menyebar ke seantero Dunia khususnya Indonesia. Bener nggak? tapi kan yang diberitakan tentang Keburukan Gizi yang terkandung di Indomie Kang? kata siapa? Buktinya semua peneliti BPOM, Mentri Kesehatan, dan Dokter Ahli dibidang Gizi ikut menegaskan klo Indomie aman untuk dikonsumsi... Iya gak? jadi satu lagi tuh keuntungan yang diperoleh Indomie dalam hal ini, yaitu turut "di labeli" aman oleh pihak-pihak yang kompeten di bidang Gizi dan justru hal ini semakin menambah kokoh posisi Indomie di Dunia hahaha... Dan dalam hal ini saya salut banget sama Indomie wkwkw...

Gimana Menurut Anda? bener gak? Silahkan pikirkan sendiri ...

Buat Sahabat DJ Site Semua, happy Blogging N have a Nice day..


28 komentar:

Belantara Indonesia said...

untung aku suka mie SEDAP..hehe..iklan gratis ini ...

Belantara Indonesia said...

lanjut: update bareng..komen kok yo bareng..semoga bukan tanda jodoh yak sob...wkwkwkwkwkwkwkwww....kabur aku kalo jodoh..clink...**

Ayub Adiputra said...

hahahag...kalau aku jujur saja mas penggemar berat Indomie. seminggu minimal 2 lah...wakaka...pengaruh dalam tubuh belum ada sih, ea nanti tinggal lihat ke depannya bagaimana.
sama mas, saya juga kepikiran sebenarnya itu malah ngiklanin Indomie soalnya nggak ada satu pun badan pemerintah yang menganggap Indomie itu barang penuh dosa...maksudnya racun...hahag...
semoga cepat klir dah, berat klau nanti nggak bisa makan Indomie lagi. kalau gitu tak bikin dulu ya mas, jadi kepengen...hahahag...

Rizky2009 said...

tapi menurut beritanya itu yg di tarik dari taiwan sebenranya bukan u/ di edarkan disana, katanya juga mungkin itu ilegal, ada rencana juga di singapore juga mau di tarik

Belantara Indonesia said...

@Ayub Adiputra pantes rambutnya kriting...xixiixiixixixix...pijet

fanny said...

makanan kesukaan ku nih.

DJ Site said...

@ Belantara Indonesia: halah haha.... sayang aku suka Supermie wkwkw....

>> iya juga ya koment koQ sampe bareng haha... lha wong tak lihat blogernas sama Belantara update ya aku meluncur wkwkw... walah ra gelem aku jodoh karo kowe Sob haha.... apa kata Dunia haha..... Jeruk kok maka jeruk hahah....

@ Ayub Adiputra : walah sama kita Sob.. aku juga udah Ng'fans berat sam Indomie... haha.... wah ternyata pikiranmu sama haha....

@ Rizky2009 : gtu toh Sob... klo gtu kita ikuti aja berita lanjutannya hhe.. tapi klo aku masih tetep suka haha..... Indomie seleraku

Kapuk Online said...

Aku sekeluarga juga suka tuh Indomie, tp aku punya jurus jitu memasaknya: lakukan dengan 2 kali penggodokan, tau khan maksud inyong...
1. Masak mie sampai setengah matang, buang airnya
2. Masak lagi dengan air mendidih, buang airnya lagi.
3. Campur dengan bumbu, santap selagi hangat.
Itu aja resep masak mie keluarga inyong

Takuya said...

hahahha.. dasar Taiwan, fitnah aje.. aku suka Indomie, indomie.. seleraku b^^d

chikarei said...

agak kaget juga tadi liat beritanya :D
abisnya chika suka juga maem indomie
kok bisa2nya baru sekarang dilarang peredarannya

rawins said...

kalo soal ngiklannya kurang paham neh. tapi kalo soal rasa, lidah emang gabisa boong. indomie lebih enak. suer..

kakve_santi said...

peduli setan saya mah, yang saya yakini indomie itu gak ada masalah adn yang bikin masalah adalah produsen taiwan yang ingin cari gara - gara dan takut tersaingi.. so.. apa yang anda akan lakukan dengan produk makanan taiwan..?

WONG SIKAMPUH said...

Ya bener bgt sob berita ini aq bru lihat di tv tadi sore. Disini (malaysia) juga melarang peredaran indomie asli dari indonesia.Bahkan menteri kesehatan malaysia juga sdh menegas kan bahwa indomie mengandung bahan pengawet yg berbahaya. Jadi indomie haram di makan.(kata menteri kesehatan di sini)

Salam hangat dr Rantau seberang sob.btw sob,aq minta alamat email mu sob.Trims

DJ Site said...

@ fanny: sama Donk aku juga wkwkw...

@ Kapuk Online: hho.. biar bahan kimianya gak terbawa semua ya Sob.. wkwkw mantabz.... tapi bukannya rasanya kurang pas SOb?

@ Takuya: Jiah dia ikut iklan wkwkw...

@ chikarei: makanya itu Chikk.. kayanya banyak yg gak seneng sama Indomie...

@ rawins: Jiah... itu bukannya iklan MIe Sedap Sob hhaha...

@ kakve_santi: gak usah kita beli haha..... pertanyaan yg langsung ke inti SOb wkwkwk..

@ WONG SIKAMPUH: walah sampe di Malaysia dilarang juga toh halah.... parah bener Okeh Sob aku meluncur....

CP said...

Indomie dari dan bagi..... INDONESIA, Indomie seleraku !

Aboh EKA said...

Seperti berjuta org Indonesia yg suka Indomie (termasuk saya juga), terutama anak2 kost dgn duit nanggung Indomie mmg andalan ujung bulan. Spt disambar petir ketika Taiwan merazia dan melarang edar, krn mengandung bhn berbahaya. Pertanyaan besar muncul.. Apa bener tuduhan itu ? Atau ada unsur yg lain. Umur, Jodoh dan sehat di tangan Tuhan. Makan Indomie dulu ah... (Sorry, jd spt iklan drpd komentar).

om rame said...

(kaLo enggak saLah) nipagin adaLah zat seperti LiLin yang berfungsi untuk memisahkan mie instan agar tidak menempeL, zat tersebut akan di serap oLeh tubuh daLam ambang batas kewajaran. dan akan dapat dibersihkan oLeh enzim empedu (Liver) secara aLami sekitar Lebih dari 2 hari.

masaLahnya, biLa tiap hari mengkonsumsi mie instan maka betapa beratnya kinerja dari fungsi Liver dan Lambat Laun kinerjanya akan mudah menurun, sehingga muncuLah penyakit tertentu.

menyimak haL tersebut, kiranya daLam mengkonsumsi mie instan boLeh2 saja tapi jangan terLaLu sering dan meLuLu.

disamping itu, perLunya dinas terkait untuk memperhatikan haL ini agar standarisasi kandungan tersebut dapat di tekan dan biLa berLu diganti dengan yang Lebih sehat. bertujuan untuk menciptakan suatu bahan konsumsi yang memang benar sehat untuk dikonsumsi.

Kopi Susu Pahit said...

Makanan Pokok Mie Pokoknya Mie Instan ....
ikutan ngiklan gratis. ....
huehehhehe ....

penghuni60 said...

HAHA, bnr jg tuh sob, tanpa perlu kluar speser pun semua media pada nampilan sosok yg namanya "Indomie" itu.. termasuk blog ini...
hehe...

salut bwt Indomie
saya jg bgt sama Indomie!
gak perduli sama isu sana isu sini deh...

(oya, mksh atas jawaban pertanyaanku yg kemaren...meskipun msh agak bingung.. tar diplajari lg deh)

.:diah:. said...

horeee horeee, mari makan indomie :D

Popi said...

iklan gratis ya?betul sekali. Tapi benernya sih jangan terlalu sering deh makan mie!! selain kantong bisa cekak, bisa2 tu rambut jadi kriwil kayak mie!

TUKANG CoLoNG said...

jangan2 ini skenario tim iklannya indomie?

Gaphe said...

waduh..produk kebanggaan Indonesia padahal.. tapi kalo saya sih positif thinking aja, palingan cuma salah paham. ntar juga reda sendiri.. hehee

sorry sob, baru sempet mampir setelah sekian lama

Piacerre Sinyorin ☺ said...

aku sih ga terlalu addicted sama indomie heheee :p emang ga sehat kan karna make bahan pengawet. jadi kalo bisa dikurangi.

berpikir positif said...

bener setelah ada pemberitaan itu meski sedikit berpengaruh buat saham indomie di BSI tapi setiap saat muncul di TV pasti untung, apalagi setelah ada bantahan dari semua pihak yang BPOM dan dinas kesehatan kepercayaan masyarakat kembali pulih dan ngelupain masalah itu, Aku kalau makan indomie pake dua kali air panasnya sob yang pertama untuk menghilangkan zat yang menyerupai lilin itu tapi hanay sekedar di celup aja lalu di keluarkan , nah setelah itu baru pake air yang kedua, itusih cuma kira-kira (semoga NIPAGIN nnya hilang soalnya dari Mahasiswa doyan banget Intel = Indomie Telur)

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Bener Fer, pihak indomie justru diuntungkan dengan adanya pemberitaan ini. Mereka ga perlu capek2 memaparkan kandungan Indomie yang memang "aman". Banyak pihak yang mendukung, dan gratis pula :D

Btw, aku malah kenalnya sama methyl-prednisolone ( salah satu obat untuk Myasthenia Gravis..hehe )

rizal said...

yang saya hean kenapa baru-baru ini hebohnya, dan juga ditarik dari peredarannya.

indomie adalah sala satu makanan favorite ku, apalagi kalau malamhari...

thank for shere

Home Tivi said...

peduli setan saya mah, yang saya yakini indomie itu gak ada masalah adn yang bikin masalah adalah produsen taiwan yang ingin cari gara - gara dan takut tersaingi.. so.. apa yang anda akan lakukan dengan produk makanan taiwan..?

Visit the Site
Welcome To dj-site.blogspot.com This Template Is Changed By DJ Site blogger template by DJ Site.