Tuesday, November 16, 2010

Antara Indonesia Dan Jepang...

Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Ehm... pada niat(Puasa) gak nie? hhe, ya klo nggak juga gpp sih, cuma hari ini kayanya saya gak akan ngajak anda bersulang soalnya saya lagi niat hhe... tapi yang gak niat.... silahkan bersulang kaya biasa wkwkw...

Setelah kemaren siank saya sempet posting tentang Nostalgia Bersama ReBorn Dan Pembuangan Alexa Widget Bersama Alkatro, seperti yang saya bilang, saya langsung Log Out jadi maaf banget atas keterlambatan kunjungan saya. Tapi tenang aja, pasti saya kunjungin balik koQ hhe...

Terus pagi ini enaknya kita ngomongin apaan nie? karena udah banyak yang ngomongin Idul Adha, jadi saya gak ikutan ambil bagian deh hhe... dan pagi ini saya mau ngomongin tentang Jepang. Kenapa? saya sendiri bingung kenapa tau-tau mau ngomongin tentang Jepang, padahal pagi ini gak ada berita apa-apa dari negri Jepang pas saya baca berita. Dan justru, sebenernya berita dari negri sendiri banyak banget yang bisa dibikin postingan, Kaya "Polisi Di gigit Gayus", ", "Jemaah Haji Indonesia Di Hambat Upin-Ipin", dan lainnya....(*Silahkan artikan sendiri maknanya)... tapi dasarnya naluri nulis masih pengen ng'bahas Jepang ya kenapa juga gak saya tulis haha..

Kadang saya kagum sama orang Jepang, soalnya Disiplinnya keren banget. terlambat 1 Menit aja karyawan udah gak boleh masuk dan gaji pastinya langsung dipotong, malah klo ada pimpinan perusahaan yang merasa dirinya gak mampu dan gak becus ngurus perusahaannya sang pimpinan lebih milih untuk bunuh diri karena malu sama kepemimpinannya. Dibilang bodoh mungkin iya, karena masih ada banyak jalan lain untuk kita yang berpikiran bahwa "Kegagalan bukanlah Akhir", tapi untuk mereka yang punya adat dan budaya yang berbeda, mungkin bunuh diri lebih terhormat(*diluar konteks kepercayaan atau Agama) dari pada melalaikan tanggung jawabnya... Dan klo dibandingkan dengan negara kita, saya rasa anda tau jawabannya hhe...




Selain soal disiplin, kadang saya pun kagum sama peraturan di Jepang khususnya peraturan yang ditetapkan Universitas atau perusahaan tertentu yang mewajibkan karyawan atau mahasiswanya untuk memakai sepeda ke area mereka... dan mungkin itu juga salah satu sebab Polusi gak pernah ada di Jepang hhe... Padahal klo dipikir-pikir, hampir sebagian "produk" kendaraan bermotor baik mobil atau motor adalah buatan Jepang(Yamaha, Honda, Suzuki, dll)... Beda sama negara kita, yang sampe kehabisan lahan karena penumpukan kendaraan bermotor... Disiapin bus way, kendaraan pribadi tetep nyerobot jalur Bus way, ditilang cuma disuruh Hormat haha...

Oiya, karena di Jepang Sepeda itu Transportasi utama, jadi ada aturannya juga, antara lain:

1. Harus dilajur sebelah kiri.
2. Ikuti lampu lalu lintas (terutama jika ada papan petunjuk
lampu khusus untuk pejalan kaki dan sepeda).
3. Di persimpangan yang ada tanda harus berhenti sejenak,
sepeda pun harus ikut berhenti juga.
4. Perhatikan keselamatan pejalan kaki kalau bersepeda di
trotoar pejalan kaki
5. Tidak boleh sambil memegang payung atau menggunakan handphone ketika
mengendarai sepeda.
6. Ketika gelap, nyalakan lampu sepeda (termasuk reflektor di belakang
harus ada).
7. Tidak boleh berboncengan. Perkecualian untuk membonceng anak usia di
bawah 6 tahun. Pakaikan helm untuk anak-anak.
8. Daftarkan asuransi, untuk meng-cover klo-klo terjadi kecelakaan.
9. Setelah “Minum Alkohol”, jangan mengendarai sepeda. (katanya sih hukumannya lumayan parah hhe)

Dan saking pentingnya sepeda untuk masyarakat Jepang miyabi(Maria Ozawa) pun pernah membintangi salah satu iklan sepeda disana, nie dia fotonya:


Gak bermaksud mengundang hasrat nie, saya cuma mau ngasih liat bukti pentingnya sepeda untuk orang Jepang doank... Untuk lebih jelasnya anda bisa Googling sendiri....

Dan terkahir, ini yang lumayan bikin saya kagum. Sawah Di dalem Gedung perusahaan. Weleh-weleh.. Edan tenan haha... penampakannya kaya foto di bawah ini:


Eitz, jangan salah ini bukan untuk pamer atau gaya-gayaan sama Negara lain, tapi ini adalah salah satu ide yang digagas untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Jadi di Perusahaan ini setiap karyawan wajib untuk ikut nanem Padi, dan nantinya hasil panen padi ini yang akan mereka konsumsi sendiri... saya kurang tau berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun sawah di dalem gedung ini, yang pasti suhu dan pencahayaannya udah dibikin sama kaya sawah beneran, jadi padinya udah pasti tumbuh karena terbukti udah sempet dipanen beberapa kali... Hemm.. Hebat... klo Di Indonesia mah bukan sawah yang dibikin di dalem gedung, tapi Gedung yang dibikin di atas lahan sawah haha.....

Itu sebagian perbandingan Indonesia dan Jepang versi saya... klo ada yang mau nambahin kaya biasa silahkan di kotak komentar hhe....

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging :P



27 komentar:

harto said...

Masya Allah (itu yang naik sepeda.....)
Kapan Indonesia bisa seperti Jepang yaaa...

Selamat Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1431H). Semoga Allah menerima amal-amal kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan menerima qurban kita sebagai bentuk takwa kepada-Nya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin
Semoga sukses selalu n tetap semangat

riesta said...

aku juga mas Fer,,,
telat 1 menit kena potongan,,,balik lebih cepet dari jadwal juga kena potong...hiks..hiks...

Djangan Pakies said...

Aww Kang,
- eiits ada ning Mia mata langsung terpejam (bukan mbayangin, tapi ada lalat nemplok) hhhhh

- Jepang memang inspiratif, itulah kenapa saya sangat senang nonton zona champions, melihat segala bentuk kreativitas orang sono. Apa kebanyakan makan ikan mentah kali ya kang jadi ide-idenya banyak bermunculan

lariiii ada ning mia ngliriiikkkk ...

NgePas said...

Wah.... ga bisa berkata2...
saya cuma terkesima sama FOTO-nya... wkwkwk... batal nih puasa :D

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
yang paling menunjukkan perbedaan pada image yang cewek itu mas hehehehe good luck

ReBorn said...

salut buat orang jepang. sudah terbukti bahwa petani sana berdasi. kapan ya petani kita bisa berdasi?

vhanz said...

jepang bisa menyatukan teknologi dengan budaya ya

windflowers said...

Wah-wah..jepang emang keren..dia jg smart..krn dia hanya memproduksi motor dan mobil utk negara lain..sedangkan di sana cukup pake sepeda..wah..saluuttt, jg utk nanem padi di dlm gedung, kebalikan dr kita yg mendirikan gedung di atas lahan sawah ehehehe...

berpikir positif said...

Selamat siang sob , wah yang diatas pada ngomongin siapa ya koneksiku lelet gambarnya nggak nampak nih , kalau Jepang memang hebat banget masalah displinnya apalagi pimpinannya kalau merasa diri gagal langsung mundur sendiri

BeDa said...

Ada banyak hal positif di Jepang yang perlu diadopsi untuk kemajuan bangsa. Terutama kedisiplinan, semangat, dan kreatifitasnya.

Salam ukhuwah

Belantara Indonesia said...

bakal susah dah imbangi gaya japan soal modernisitas...yang bisa paling banter gaya rambut doankkk.a...alay....hahahahaa....

→BLOG SANTAI← ™♪♫ said...

Jepang, negara dg Macan Asia yg masih mempertahankan budayanya :)

.:diah:. said...

kerja ma orang Jepang emang penuh dengan disiplin, harus perfecto juga.

aduuhhh Fer, koq harus pajang foto si sekseehh itu siih, kirain tadi dirimu itu lagi niat puasa, toh gk ada cheers2n jg kan ya?? hohohhoh

anyway met lebaran :)

Asis Sugianto said...

hahahahaha..... saya suka tuh miyabi yang naik sepeda,,,, wkwkwkwkwkwkwkwkwk..... hancur,,,,

febriyanto said...

pengen kyk gitu juga sih sbenernya, tapi pemerintah kurang mendukung adanya keexisan seperti itu di kota saya....... mungkin salah satu cara biar hal seperti ini terlaksana adalah menaikan harga BBM jadi Rp.Muahal/liter untuk kendaraan peribadi........ hha
untuk yg jepang2 saya menganut budaya jalan kakinya aja, mantap gan.....
sawah di dalam gedung? kyk kolam renang ya....... :))

Info Ponsel said...

Jepang negara maju yang miskin sumber daya alam. Jadi mereka memaksimalkan segala hal yang mereka punya termasuk sumber daya manusianya. SDM mereka telah terdidik untuk disiplin dan selalu bekerja keras demi memajukan negaranya.

Optimasi SEO feed blogger said...

yen takpikir-pikir orang negeri kita banyak yang norak yo.. sawah ditanemin padi malah ditanemin gedung he he

pejabat jepang banyak yang bunuh diri/harakiri saat gagal dalam tugas, kalau di tanah air, udah ada belum ya?
syukur image browser ane disabel.. jadi belum lihat iklan sepedanya,klik klasik comment idupin image browser buat isi capjay saja..amman xixixi.. kabuur

DJ Site said...

@ harto: Maaf pak, gak bermaksud memperlihatkan aurat, cuma mau nunjukkin buktinya doank.... wah klo untuk sama kaya Jepang kayanya belum sekarang Pak hhe......

Amin.... Semangat N Sukses slalu juga Pak.. :P

@ riesta : Nha itu dia riesta haha... telat masuk salah, lebih cepet pulang salah juga wkwkw.... :P

@ Djangan Pakies: Wah aku juga suka tuh Kang, biarpun nontonnya jarang tapi pernah liat yg kompetisi bikin keramik hhe.... Hemm... gak tau juga ya kang, soalnya aku gak pernah makan ikna justru ..

@ NgePas: Haha... klo gak dipikirin mah gak batal orang aku juga puasa hhe..

@ Dhana/戴安娜 : Haha.. yg diperhatiin koQ itu semua halah..

@ ReBorn: Hemm. kapan ya sob..???

@ vhanz: kira-kira gitu Sob.. :P

@ windflowers : itu maksudku.. memproduksi tapi mereka justru gak menggunakannya hha... beda jauh lah sama negara kita ini haha...

@ berpikir positif : Mending gak usah diliat Sob haha.... iya tuh sob.. aku pun salut

@ BeDa : aku setuju Sob... :P

@ Belantara Indonesia: JIah.... mending kga usah klo cuma nyontoh model rambut mah hha..

@ →BLOG SANTAI← ™♪♫ : Hemm... kali ini aku juga gak ng'bela Indonesia sebagai macan asia deh hhe.. soalnya taringnya udah tumpul..

@ .:diah:. : iya tuh.. Lha aku puasa dee... makanya mandangnya jangan penuh hasrat haha...

@ Asis Sugianto: halah.. :P

@ febriyanto: klo budaya jalan kaki akupun ikutan sob... cuma untuk naik sepeda kadang aku masih terganggu sama asep kendaraan jadi kayany gak sekarang haha..

@ Info Ponsel : Bisa dibilang gitu Sob.. kebalikan dari kita yg punya banyak sumber daya alam.. tapi gak pernah dimanfaatin hhe...

@ Optimasi SEO feed blogger : hahaa... kayanya sih ngono pak haha... Halah disable image koQ tau fotonya naik sepeda haha.... enek2 ae kowe Pak ...

Huda Tula said...

ups, tadi pas banget mau komen voucher saya habis, heheh.

btw, omong-omong soal sepeda dan jepang, saya juga salut ma kebiasaan mereka yang satu ini. meski hampir semua produk otomotif semacam mobil dan motor diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar mereka, penduduknya ga latah ngonsumsi.

contoh sederhananya, liat saja di film-film mereka yang tidak canggung menampilkan tokoh-tokohnya bersepeda. bandingkan dengan film indonesia dan sinetronnya. masangin tokohnya pakai sepeda tuh alergi banget. dikit-dikit pakai mobil. ceritanya juga soal anak-anak tajir mulu yang kemana-mana pakai mobil (ngamuk nih).

iroonis aja sih.

Rizky2009 said...

Indonesia kalau menurut saya harus banyak belajar dari jepang dalam segala hal

om rame said...

diantara perbandingan itu, tradisi ataupun semangat kedisipLinan tersebut kenapa tidak menuLar di negara ini yah. mungkin karena penjajahan yang diLakukannya kurang Lama :D

Facemot said...

wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

DJ Site said...

@ Huda Tula: walah baru ngisi Bandwith nie ceritanya hhe...

iya ya sob.. bener tuh sinetron kita mah dikit2 anak tajir yg diceritain.... klo drama korea atau jepang justru sebaliknya jalan kaki pake payung klo gak naek sepeda....

@ Rizky2009 : menurutku juga gitu Sob..

@ om rame: Bukan karna kurang lama Om...orang Inggris dan belanda yg menjajah kita juga disiplin tapi buktinya gak nular tuh ke kita... emank dasar mental kita aj yg gak mau hhe..

@ Facemot: Makasih Sob.. tapi aku malah gak tertarik saya Emotions hhe.. :P

bluethunderheart said...

malam
pokoknya dari dulu sampai sekarang blue suka postingan abang
semangat
salam hangat dari blue

DJ Site said...

@ bluethunderheart : Eh si Blue hhe.... Makasih Blue... tapi terbalik tuh harusnya aku yg bilang gitu hhe... Semangat Blue :P

Anonymous said...

ha ha ha...................keren dan lucu artikelnya

zain said...

Ha ha ha................

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian