Monday, January 10, 2011

BlackBerry In BlackThinking


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Ocre, setelah kemaren kita ngobrolin tentang Flasdisk di postingan 6 Tahun Bersama Si 2 GB Sore ini saya mau ngajak anda untuk ngomongin Kasus BlackBerry. Kasus yang saya sendiri gak tau dimana letak WOW-nya sampe bikin heboh satu Indonesia, klo saya gak salah sih kasusnya tentang tuntutan Tifatul agar RIM melakukan Filter Pornografi di BlackBerry. Bukan cuma itu sih tuntutannya, tepatnya ada 7 Tuntutan, antara lain:

Pertama: RIM harus menghormati dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Ada tiga undang-undang yang terkait, yakni Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Kedua: RIM diminta membuka perwakilannya di Indonesia sebab pelanggan RIM di Tanah Air sudah mencapai lebih dari 2 juta.

Ketiga: RIM diminta membuka service center di Indonesia untuk melayani dan memudahkan pelanggan.

Keempat: RIM diminta merekrut dan menyerap tenaga kerja Indonesia secara layak dan proporsional.

Kelima: RIM diminta sebanyak mungkin menggunakan konten lokal Indonesia, khususnya mengenai software.

Keenam: RIM diminta memasang software blocking terhadap situs porno, sebagaimana yang telah dilakukan oleh operator-operator lain di Indonesia.

Ketujuh: RIM diminta membangun server/repeater di Indonesia agar aparat penegak hukum dapat melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan, termasuk koruptor.

Untuk tuntutan Pertama sampe kelima kebetulan udah dipenuhi oleh pihak RIM dan yang diributin sekarang tinggal Kebijakan keenam dan ketujuh. Yupz, About Pornografi dan Server.

Hem... again again again about Tifatul Policy... agak males sebenernya ngomongin orang yang satu ini hhe... soalnya hampir setiap kebijakannya gak pernah sejalan sama otaQ saya wkwkwk... entah karena pendidikan saya yang terlalu rendah atau karena orang satu ini yang paling bener dalam bidang IT... :P

Sejujurnya, biarpun berita satu ini terus-terusan di tayangin di TV dan terus-terusan diberitain di Internet beberapa hari ini, gak tau kenapa saya males ng'bahas tentang masalah satu ini, soalnya tuntutannya Tifatul di Point ke-6 lagi-lagi gak sejalan sama otaQ saya hhe... atau klo pake bahasa yang lebih tinggi bisa kita katakan Cacat dan Kontraproduktif *Jiah bahasanya hahaha...

Bukan karena saya mendukung gerakan Nonton Bokep Masal atau mendukung legalnya Pornografi di Indonesia, tapi karena menurut saya Tuntutan Tifatul justru ditanggapi dengan BlackThinking oleh para pengguna BlackBerry.

Saya setuju untuk pemblokiran Konten Porno yang di Galakkan DEPKOMINFO bahkan klo ada Rate mungkin saya kasih bintang 5 untuk niat mereka yang satu ini, but tuntutan seperti itu gak perlu dipublikasikan sampe nyita perhatian Indonesia juga kan?

Apalagi bukannya ngeberantas Pornografi, kebijakan satu ini justru menumbuhkan Minat Pornografi di jiwa para pengguna BlacBerry Indonesia.

Hem... Pendapat saya yang satu ini mungkin hanya anda anggap sebagai BlackThinking yang sangat-sangat ngawur dan bener-bener gak mendasar, tapi itu kenyataannya... Dan itu juga yang beberapa hari ini saya lihat di sekitar...

Contohnya gak usah jauh-jauh, Tadi pagi, keponakan saya yang masih kelas 6 SD dateng ke saya dan bilang begini... " Om.. Om.. katanya BB bisa buka yang porno-porno yach, coba donk buka aku mau liat, nih pake BB-ku aja" Whuaatttt???? dan dengan muka imut-imut akhirnya saya ajak aja dia beli Cokelat sambil mencoba mengaburkan permintaannya... karena saya sendiri gak tau mesti jawab apa, ada yang bisa bantu jawab? atau mungkin Bang Tifatul bisa jawab pertanyaan ponakan saya tadi pagi?

Dan baru melangkah di pusat keramaian saya kembali ng'dengerin orang-orang didepan saya bilang sama temennya klo barusan dia buka Situs Porno dari BlackBerry... dan menegaskan ke temennya klo BlackBerry bisa buat buka yang porno-porno... GUBRAK!!! dan saya hanya bisa diam...

Dan sembari nyari tempat duduk, satu pertanyaan tiba-tiba muncul di otaQ saya.

Inikah yang diharapkan DEPKOMINFO dan Tifatul? entahlah, yang pasti ini jelas bukan yang saya harapkan... bahkan menurut saya alangkah lebih bijaknya klo tuntutan ke-6 Tifatul ini gak perlu dipublikasikan di Twitternya...

Oiya saking seriusnya dari tadi saya lupa ngajak anda berulang hhe... Let's Cheerrrsss.....(Glek....glek...glek...).....

Mending sekarang gantian anda ya yang nanggapin hhe...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N have a nice day :P



24 komentar:

Akoey said...

emank lagi rame ya sob masalah ini, huh ane ga ngerti deh, entah sensasi atau apa biarin deh. yg penting kita sehat2 saja di dunia internet.
hmm.. mari bersulang cherss... gelk.glek.glek.. hehe..

happy blogging n sukses slalu sobat..

Gaphe said...

woooh ponakan aja dah punya BB... keren euy.
maksudnya bang Tif mungkin baik, tapi kebijakan dan ultimatumnya aja yang mungkin kurang sesuai kali..

Adit Mahameru said...

Jawab aja: " ada konten porno dik, tapi pelakunya OM..maluu gtu.."....hueheuehue...btw keponakan BB, Om nya 3310?...mantap!........hahhahhahacret!

John Terro said...

itu infotainment yang salah menyuguhkan pemberitaan pelarangan itu :D
lagi infotainment bikin salah dan ga mau disalahkan :)

syahida said...

Walaupun ndak punya BB, tapi dalam hal ini aku setuju dengan apa yang dilakukan pemerintah. Toh tujuannya baik buat mencegah moral yang bobrok, walaupun kadang masih bisa ditembus oleh user yang pro. Tapi paling tidak bagi user awam sudah tidak bisa lagi.
oia ... thanks atas pemberitahuannya, linknya dah tak perbaiki.. maturnuwun

DJ Site said...

@ Akoey : Iya bener.. yg penting kita sehat2 aja haha.... semua balik ke Usernya :P

@ Gaphe : Yupz, menurutku juga maksud dan intinya baik, cuma kayanya lebih baik gak usah terlalu diumbar ke Publik... dan bikin publik penasaran dan mencoba... lebih baik diem2 aja maksudku..

@ Adit Mahameru : Huahaa.... ra gelem aku melu2 jawabanmu wkwkw... tau aja aku pake 3310 haha..

@ John Terro : Lha emank di Infotainment ada ya? aku malah baru tau hho...

@ syahida : sama aku juga gak punya BB Sob.. aku pun setuju sama apa yg dilakukan Pemerintah melalui DEPKOMINFO yg aku gak setuju adalah tuntutannya yg terlalu diumbar ke publik dan bikin publik penasaran.. alangkah lebih baiknya cukup mereka2 aja yg tau

Berpikir Positif said...

topik itu pun jadi tt di twitter dan rame diperbincangkan yang belum tahu masalah porno di BB akhirnya jadi tahu mungkin boleh kebijakan seperti itu tidak usah dipublikasikan tetapi dengan mengirim permintaan resmi saja kepada RIM,

Djangan Pakies said...

terus terang sampe sekarang saya belum pernah pegang BB, tapi tiap pagi justru BB, bau badan belum mandi ...
----
maksud Kang Tifatul benar untuk menjaga generasi bangsa menjadi yang lebih baik, mungkin penyampaiannya yang bisa sedikit diperhalus. APalagi dengan pemberitaan media yang berlebihan, bisa jadi nemu ular sebesar jari, dibilang segede paha. Parahnya paha yang dicontohkan paha .... endak diteursin ah nanti terlalu fulgar kena blokir
sugeng dalu Kang, udah ngantuk nih

genial said...

kenapa jadi banyak penutupan penutupan ya ?!?!?

TUKANG CoLoNG said...

seandainya bisa ya mencegah pornografi kayak mencegah tawuran suporter di stadion ala Inggris. di Inggris agar penonton gag ngamuk kelapangan, mereka bukan membuat bangku penonton jadi sejauh mungkin dari lapangan atau memasang jeruji di bangku penonton, namun meletakkan bangku penonton sedekat mungkin dengan pemain. sekarang liga Inggris aman2 aja.
coba menghadapi pornografi bisa kayak gitu ya. bukannya dicegah, dihambat, atau dilarang, tapi malah dihimbau dan difasilitasi, apakah rakyat kita jadi males ya?

Multibrand said...

Usaha untuk mencegah pornografi memang baik, tapi memblokir BB tidak akan menghapus akses ke situs porno di Indonesia.
Karena saat ini banyak sekali HP dengan merek2 lain (IPhone, Nokia dll) maupun yang lebih murah dapat mengakses internet.
Kalau benar2 serius sebaiknya Meninfokom membuat software yang bisa halangi anak-2 akses situs porno.

Asis Sugianto said...

sayangnya saya belum punya blackberry sob,,,

Warna Tulisan said...

saya juga pengguna BB tp belum pernah tuh buka2 situs Porno ...

Kapuk Online said...

Kwkwkwkwk...Siapa yang mau buka BB ku, isinya lebih parah dan dalem daripada pornografi. Isinya ratusan gambar Anatomi tubuh manusia ampe sedetail-detailnya seperti gambar yg aku posting di tempatku.

Tujuannya cuma untuk nerangin ke pasien dan keluarganya tentang penyakit yg di deritanya biar gambarannya mudah di mengerti

Herdoni Wahyono said...

Itulah beberapa fakta yang terjadi di masyarakat. Kemajuan teknologi informasi selalu memberikan dampak yang positif dan dampak ikutannya yang negatif. Salah satu peran pemerintah adalah sebagai regulator. Pemerintah memang harus mengatur segala sesuatu yang menyangkut orang banyak. Tentunya dengan maksud dan harapan yang baik, positif, produktif dan menguntungkan. Undang-Undang atau peraturan yang berlaku sebagai dasarnya.

DJ Site said...

@ Berpikir Positif : betul Sob... aku juga liat tuh Kasus ini Hadi TT di Twitter... Nha itu maksuku Sob.. klo mau ya gak usah dipublikasikan cukup permintaan resmi terhadap pihak RIM..

@ Djangan Pakies : Podo kang.. aku yo ra ndue wkwkw..

Nha itu yg kumaksud juga kang... tujuannya sih emank perlu diapresiasi cuma penyampaiannya yg terlalu berlebihan yg malahan bikin orang2 penasaran..

@ genial : Entah

@ TUKANG CoLoNG: Hem... andai bisa kaya gitu mungkin lebih baik Bli... lagipula gak semudah itu juga kan menghapus Pornografi... dan harusnya bukan pembatasan tapi fasilitasnya yg perlu benar katamu..

@ Multibrand : Aku setuju.... HP2 China pun klo emank usernya niat mau buka Konten Porno juga bisa koQ... Justru BB kebanyakan hanya dipake Untuk BBM dan Social networking kan

@ Asis Sugianto : Aku juga gka punya KOQ hhe..

@ Warna Tulisan : itu yg aku maksud... semua tergantung Usernya....

@ Kapuk Online : Hahaa..... tunjukkin ke DEPKOMINFO Sob..

@ Herdoni Wahyono : hem.. aku setuju.... lebih baik kita tunggu aja deh kelanjutannya...

Sukadi Brotoadmojo said...

Saya kurang begitu memperhatikan berita ini, masalahnya juga saya nggak punya BB he.he..
saya sepakat jika memang tujuannya untuk mencegah pornografi, tapi dampak yang timbul ternyata berbeda, yang dulunya nggak tahu sekarang malah tau kalau ternyata bisa buka situs porno di BB he.he..

narti said...

gubrakk....
keponakan tahu dari mana kalau bukan dari berita yang lagi santer?

Tomo said...

balasan kang sori telat

DJ Site said...

@ Sukadi Brotoadmojo : Nha berarti pikiran kita sejalan hhe.. nha maksudku juga itu tujuannya sih baik tapi herannya yg ditangkap masyarakat justru pengetahuan tentang Bisa membuka konten porno di BB

@ narti : Hem.. kayanya emank dari berita tuh Mbak..

@ Tomo : Nggeh Suwun.. ndak apa2 koQ ...

naruto said...

lama lama bernafas aja susah neh di negara ini... main tutup ajah... kalo memang niat si pengguna jelek ada aja jl menuju roma... weks. emang ga ada proxy yah! buat unblock

DJ Site said...

@ naruto: Haha.. itu dia Sob... Anonymus Proxy aja banyak klo cuma buat Unblock Blokiran ISP mah... biasa pemerintah kita kan sok doank, padahal ngerti juga nggak kadang klo ng'luarin kebijakan :P

r10 said...

maaf tapi saya mendukung pak tifatul, indonesia negara sekuler, pantas saja pak tifatul jadi bulan-bulanan

dan saya mendukung pemberantasan pornografi

DJ Site said...

@ r10 : Lha seng ra setuju sama Pak Tifatul ki Sopo toh Sob? aku kan udah bilang aku setuju2 aja sama Kebijakan Memerangi Pornografi, tapi yg ndak aku suka tuh mesti diumbar ke Masyarakat yg akhirnya rakyat malah mikirnya di BB bisa buat Nonton Pornografi... andai gak pake diumbar ke Masyarakat hasilnya gak gini kan?

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian