Sunday, January 30, 2011

Pemerintah China Memblokir Keyword Egypt atau Mesir di Internet


Annyonghaseyo,

Melanjutkan postingan sebelumnya [Indonesia Akhirnya Mengeluarkan "Travel Advisory" Untuk Mesir], kali ini saya masih akan mengajak anda untuk ngobrolin tentang Konflik di Mesir. Tapi bedanya, kali ini kita akan ng'bahas Dampak Konflik ini di Dunia Maya. Weh konfliknya sampe di Dunia Maya toh kang? Yupz, bukan hanya peringatan di dunia Nyata, Konflik ini pun ternyata membuahkan Peringatan di Dunia Maya.

Karena di Khawatirkan Menjalar ke negaranya, Pemerintah China akhirnya memblokir kata kunci atau Keyword Egypt atau Mesir dalam bahasa Inggris sehingga tak dapat dicari di berbagai layanan Internet. So, jika anda tinggal di China dan anda coba-coba nyari Keyword Egypt atau Mesir, bisa dipastikan anda tidak akan menemukan hasil pencarian sama sekali.

Pemblokiran tersebut dilakukan di layanan Internet Favorit di Negara Tirai Bambu, seperti Sina.com, Sohu.com, dan Tencent yang menyediakan layanan mirip situs microbloging Twitter.

Kaya yang kita tau, Selama ini China emank dikenal ketat dalam menyensor konten di internet. Bahkan Pemerintah China memiliki kemampuan untuk mengatur secara terpusat konten apa saja yang boleh diakses dan yang tidak. So, seluruh aktivitas di Dunia Maya emank cukup dibatasi di Negara Tirai Bambu Tersebut. Bahkan Topik umum tentang demokrasi pun dilarang oleh pemerintah.

Hem... Tindakan pemerintah China ini gak bisa disalahin sama sekali sih, soalnya Konflik Mesir pun seperti yang kita tau menjalar dari Konflik Tunisia kan.... Jadi, kemungkinan untuk menjalar lagi kenegara lain juga masih cukup besar. Tapi menurut saya pribadi, Pemblokiran Keyword Egypt atau Mesir kayanya cukup berlebihan untuk mengantisipasi Konflik, bahkan saya rasa Pemblokiran Keywrd ini justru menghambat Warga China yang ingin mengikuti perkembangan terbaru dari Konflik ini, yang mungkin aja berniat pergi kesana. Semoga Indonesia gak ikutan melakukan Pemblokiran Konyol itu hhe... ya andai mau ikutan melakukan Pemblokiran Keyword saya rasa ada baiknya pemerintah kita lebih fokus ke Keyword "Bokep" ketimbang Keyword "Egypt atau Mesir" hhe...


Ada yang punya pendapat lain?
klo ada nggeh monggo di tinggalkan di kotak komentar...


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Happy Sunday :P


Ps: Blogwalking Nyusul hari Selasa


11 komentar:

Gaphe said...

sebenernya jangan pake kata kunci itu orang bisa nyari juga kan.. misal pake kata : konflik, demonstran, dll..

sebenernya bersyukur disini nggak ketat kayak di cina. coba kalo pemerintahnya sangat terlalu ikut campur, bisa-bisa berapa gayung air untuk mandi juga dibatesin.

Belantara Indonesia said...

tumben muncul malem2..kangen ya ma Habib Djangan Pakies sob?..kwkwkkwkw

Megi Rahman said...

diblokir ato nggak ane jarang (mungkin gak pernah) gunain keyword mesir/egypt jadi terserah..
gitu aja repot...:P

met malam gan :D
kenapa bw nya mesti hari selasa ??

Blog Santai said...

setuju kang.. wakwakwakk... Biar sy g ngabisin waktu buat mantengin yg hot2.. :P

Uswah Islam said...

Wo alah kang kok konflik ae nganti nyang dunia maya barang yo.

Aku doakan semoga konflik ini akan segera berlalu dengan aman nyaman.

TUKANG CoLoNG said...

cheeers mana gan? :p

Takuya said...

yg di blokir di sana cuma sohu.com sama sina.com?? misalnya ngebuka dari google.com gimana?

nyayu amibae said...

Tegas sekali pemerintahannya ya.. tapi juga jadi aneh, kok kayak ada udang dibalik bakwan... hahahaha

Ayo semangat!! I love Monday!!! :)

Herdoni Wahyono said...

Situasi politik Tunisia menimbulkan 'efek domino' bagi negara lain seperti yang menimpa negara Mesir saat ini. Kesejahteraan dan demokrasi memang penting bagi masyarakat. Negara akan kesulitan bila banyak rakyatnya yang miskin, pengangguran meningkat, lapangan kerja terbatas, banyak KKN dan sebagainya. Pemerintah China mengontrol sangat ketat media massa. Terlepas dari pro dan kontra ideologi dan kebijakan yang ditempuh oleh China ini, langkah tersebut memang harus dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang buruk. Namun China sekarang ini makmur menjadi raksasa ekonomi dunia. Penduduknya banyak yang hidup makmur berkecukupan. Bila ingin pemerintahan kuat dan langgeng, maka China menjadi contoh yang bagus. 'Tangan besi' namun raksasa ekonomi dunia.

Bunglon Blog Indonesia said...

halo sob, apa kabar?
hmmm cukup lama saya tidak menjelajah dunia maya semakin ketinggalan banyak informasi. Kerinduan yang membawa saya datang kembali disini sobat
Sukses Slalu!

DJ Site said...

@ Gaphe : Itu dia Sob... entah apa yg mereka pikirin haha... huahaha... bener2 untung pemerintah kita gak terlalu membatasi konten Internet ya haha...

@ Belantara Indonesia : Bukan kangen, tapi emank waktu postinganku yg ndak pernah pasti wkwkwkw..

@ Megi Rahman : hahhaa... sama aen juga, tapi kan yg di Blokir Di China, lha apa hubungannya sama kita?

@ Blog Santai : halah tseh sering liat yg hot2 toh? hhe....

@ Uswah Islam : Lha nggeh kui Cak, konflik terus haha...

@ TUKANG CoLoNG : Wah ada yg minta haha.. Oke Cherrrss....

@ Takuya : Masalahnya di China Google.com kan jarang dipake... mereka lebih seneng pake buatan mereka sendiri, kaya baidu

@ nyayu amibae : Walah aku minta bakwan'nya aja haha...

@ Herdoni Wahyono : Sepertinya Konflik tunisia emank menimbulkan Efek Domino yg menyebar Sob... Hem.. klo mau nyontoh kayanya China layak dicontoh :D ya biarpun mereka masih berpaham komunis

@ Bunglon Blog Indonesia: Wah iya nie, kmn aja Sob? hhe... Sukses juga untukmu :D

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian