Wednesday, February 2, 2011

"Sangat Memalukan", Postingan Bambang Pamungkas Untuk Eli Cohen [Repost]


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Ocre, setelah tadi kita ngobrolin tentang Aplikasi Blogging Untuk BlackBerry dan Kompetisi Blogging: Student Blogger Challange. Kali ini saya mau Repost postingan terbaru dari Bambang Pamungkas terkait Surat Kaleng Dari Eli Cohen Kepada Presiden RI yang didalamnya tertulis bahwa Laga Malaysia vs Indonesia Merupakan Laga yang sudah diatur sedemikian rupa hingga Indonesia harus kalah dari Malaysia, yang dalam hal ini Ketua PSSI Nurdin halid lah yang dikabarkan telah Menjual Laga Indonesia VS Malaysia di Stadion Bukit Jalil Bulan Desember lalu kepada seorang Bandar Judi asal Malaysia.

Dan Untuk menjawab Isu Tersebut, akhirnya Bambang Pamungkas menulis satu postingan terkait hal ini di Blog Pribadinya, Dan berikut Seluruh Isi postingan dari BePe yang saya kutip untuk anda semua: *Tolong Baca Dari Awal Sampe Abiz

Dibawah ini saya lampirkan sebuah surat elektronik, yg dalam beberapa hari terakhir menjadi pembicaraan yg cukup panas di masyarakat luas. Seperti yg kita ketahui bersama, jika ada salahsatu pegawai dirjen pajak, yg menulis surat elektronik kepada presiden RI. Dimana dalam surat tersebut, pegawai tersebut memohon kepada Presiden untuk melakukan penyelidikan, atas dugaan adanya penjualan pertandingan di Final leg pertama, antara Malaysia Vs Indonesia dalam ajang Piala AFF 2010 yg lalu…

From: eli cohen

Subject: Mohon Penyelidikan Skandal Suap saat Piala AFF di Malaysia

Kepada Yth. Bapak Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Republik Indonesia

Di Jakarta

Dengan Hormat, Perkenalkan nama saya Eli Cohen, pegawai pajak dilingkungan kementrian Keuangan Republik Indonesia. Semoga Bapak Presiden dalam keadaan sehat selalu.

Minggu ini saya membaca majalah tempo, yang mengangkat tema khusus soal PSSI. Saya ingin menyampaikan informasi terkait dengan apa yang saya dengar dari salah satu wajib pajak yang saya periksa dan kebetulan adalah pengurus PSSI (maaf saya tidak bisa menyebutkan namanya) . Dari testimony yang disampaikan ternyata sangat mengejutkan yaitu adanya dugaan skandal suap yang terjadi dalam Final Piala AFF yang dilangsungkan di Malaysia.

Disampaikan bahwa kekalahan tim sepak bola Indonesia dari tuan rumah Malaysia saat itu adalah sudah ditentukan sebelum pertandingan dimulai. Hal ini terjadi karena adanya permainan atau skandal suap yang dilakukan oleh Bandar Judi di Malaysia dengan petinggi penting di PSSI yaitu NH dan ADS

Dari kekalahan tim Indonesia ini baik Bandar judi maupun 2 orang oknum PSSI ini meraup untung puluhan miliar rupiah.

Informasi dari kawan saya, saat dikamar ganti dua orang oknum PSSI ini masuk ke ruang ganti pemain (menurut aturan resmi seharusnya hal ini dilarang) untuk memberikan instruksi kepada oknum pemain. Insiden “laser” dinilai sebagai salah satu desain dan pemicunya untuk mematahkan semangat bertanding.

Keuntungan yang diperoleh oleh dua oknum ini dari Bandar judi ini digunakan untuk kepentingan kongres PSSI yang dilangsungkan pada tahun ini. Uang tersebut untuk menyuap peserta kongres agar memilih NH kembali sebagai Ketua Umum PSSI pada periode berikutnya.

Saya bukan penggemar sepak bola, namun sebagai seorang nasionalis dan cinta tanah air saya sangat marah atas informasi ini. Nasionalisme kita seakan sudah dijual kepada bandar judi untuk kepentingan pribadi oleh oknum PSSI yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karenanya saya meminta Bapak Presiden untuk melakukan penyelidikan atas skandal suap yang sangat memalukan ini.

Semoga Tuhan memberkati Negara ini.

Hormat Kami, Eli Cohen Pegawai Pajak

Tembusan:

1. Menteri Olah Raga

2. Ketua KPK

3. Ketua DPR

4. Ketua KONI

__________________________________

Dan di bawah ini, adalah tanggapan saya mengenai kabar adanya dugaan penjualan pertandingan, di final leg pertama AFF Cup 2010 tersebut. Saya akan mencoba menceritakan kronologi kejadian, selama 3 hari kami berada di Malaysia. Akan saya beberkan secara gamblang, suasana di dalam tim baik sebelum, saat maupun setelah pertandingan itu sendiri berlangsung…

Maka duduklah dengan baik, ambil posisi senyaman mungkin serta buatlah secangkir teh jika menurut anda itu perlu. Karena saya akan segera memulai cerita mengenai peristiwa tersebut…

Dan inilah cerita selengkapnya…

Palace Of The Golden Horses Hotel, Seri Kembangan, Selangor, Malaysia : 25 Desember 2010..

Pagi itu, angin semilir menerobos masuk melalui jendela kamar saya, yg semalam memang sengaja tidak saya tutup dengan rapat. Jam di handphone saya, menunjukkan pukul 06:30 waktu Malaysia. Seperti biasa, jadwal kami pagi ini adalah sarapan bersama pada pukul jam 07:00, dilanjutkan dengan berangkat ke Stadion Bukit Jalil untuk ujicoba lapangan, pada jam 08:00…

Siang hari menjelang makan siang, Alfred sempat memanggil saya. Ketika itu Alfred menyampaikan jika akan ada seorang menteri yg akan mengunjungi tim ini. Alfred berkata jika dia menyarankan agar sebaiknya menteri tersebut tidak datang. Saat itu dia beralasan, ingin semua pemain untuk berkonsentrasi kepada pertandingan saja, tanpa ada gangguan dari pihak manapun. Dan saat itu saya menyetujuinya. Itu adalah salah satu wujud nyata dari sikap Alfred Riedl yg dalam hal ini, sangat menjaga dan melindungi pemain dari pihal manapun..

Sore harinya, seperti biasa kami mengadakan meeting untuk melihat video dari tim Malaysia, sekaligus untuk menganalisa kelebihan serta kelemahan mereka. Malam harinya, kami melakukan makan malam bersama pada jam 7:30 seperti biasa, setelah itu semua pemain kembali kekamar masing-masing untuk beristirahat. Selain peristiwa siang tadi (Rencana kedatangan seorang menteri), hari ini semua berjalan dengan lancar sesuai dengan yg telah dijadwalkan…

Palace Of The Golden Horses Hotel, Seri Kembangan, Selangor, Malaysia : 26 Desember 2010..

Hari ini sangatlah penting, hari ini adalah hari mengapa kami datang ke Malaysia, hari dimana kami akan bertarung dalam final pertama melawan tuan rumah Malaysia di stadion Bukit jalil..

Jadwal hari ini adalah:

  • Sarapan pagi - 08:00
  • Latihan ringan - 09:00
  • Meeting untuk pertandingan - 11:45
  • Minum petang dan snack ringan - 16:30
  • Berangkat menuju stadion - 17:15

Dalam semua jadwal hari ini, tidak ada pengurus PSSI yg terlibat di dalamnya, kecuali assisten manager Pak Iwan Budianto, yg memang seharian penuh mendampingi kami. Kami baru bertemu dengan Pak Nurdin Halid, Pak Andi Darussallam, Pak Nirwan Bakrie dan pengurus yg lainnya sesaat sebelum memasuki bus menuju stadion, pada pukul 17:15. Jadi, boleh dikatakan sepanjang hari ini sampai dengan menuju pertandingan, tim ini steril dari pihak manapun, termasuk juga pengurus PSSI sendiri..

Mengenai pertandingan itu sendiri mungkin tidak perlu saya ceritakan di sini, karena dapat anda sekalian baca selengkapnya dalam artikel (Indonesia Masih Bisa : 2010). Mungkin saya hanya akan sedikit menambahkan, sebuah peristiwa yg terjadi setelah pertandingan berlangsung, tepatnya di ruang ganti pemain..

Saat Alfred kembali dari konferensi pers setelah pertandingan, Alfred sempat bertanya kepada saya. “Bambang apakah ketua umum tadi masuk keruangan ini..??” sayapun menjawab “Tidak coach”, Alfred pun kembali berkata “Saya sangat kecewa, mengapa dia datang ke ruang ganti hanya saat tim ini menang, dan saat kita kalah dia tidak datang kemari”, kata-kata Alfred tersebut saya yakin di dengar oleh semua orang yg ada di dalam ruangan tersebut…

Ketika itu, suasana ruang ganti memang sangat muram, semua orang nampak sangat menyesal dengan apa yg terjadi di lapangan tadi. Sesaat sebelum menutup doa, saya sempat menawarkan kepada Pak Andi Darussallam dan Pak Iwan Budianto, jika ingin menyampaikan beberapa patah kata sebelum saya menutup dengan doa. Akan tetapi pak Andi dan Pak Iwan hanya berkata, “Tutup saja, nanti kita ketemu lagi di hotel”. Terlihat jelas jika Pak Andi dan Pak Iwan sangat terpukul dengan kekalahan telak malam ini…

Tim ini tengah dalam keadaan g sangat tertekan dan retak. Maka sudah seharusnya jika diberikan motivasi, agar tim ini kembali mempunyai asa serta semangat untuk berjuang di pertandingan leg kedua. Dan karena Pak andi dan Pak Iwan memilih untuk berbicara di hotel, maka sayapun berinisiatif untuk berbicara di depan semua pemain, pelatih serta pengurus yg ada di dalam ruangan tersebut. Sebagai pemimpin dari tim ini, saya berkewajiban secara moral untuk memotivasi diri saya sendiri dan juga rekan-rekan saya. Dan inilah yg saya katakan saat itu, ( Artikel - Indonesia Masih Bisa : 2010);

“REKAN-REKAN KEKALAHAN INI HARUS BERHENTI DI RUANGAN INI. KITA TIDAK MEMERLUKAN PEMBAHASAN YG PANJANG MENGENAI APA YG TERJADI MALAM INI, TIDAK ADA SALING MENYALAHKAN TENTANG APA YG TERJADI DILAPANGAN TADI. KITA MENANG BERSAMA-SAMA DAN SUDAH SEHARUSNYA KITA JUGA KALAH BERSAMA-SAMA”

Sekembalinya di hotel, kamipun melakukan makan malam bersama. Setelah makan malam, saya berinisiatif untuk mengumpulkan pemain-pemain senior di kamar pak Iwan. Pemain-pemain yg hadir dalam ruangan tersebut adalah saya, Firman, Markus, Hamka dan Maman. Saat itu kami berdiskusi serta bertukar pendapat tentang apa yg terjadi diaas lapangan tadi, dan apa yg akan kita lakukan pada pertandingan di Jakarta nanti…

Saat itu Maman terlihat sedikit murung. Saya bisa menangkap jika dia merasa sangat bersalah, karena gol pertama Malaysia adalah kesalahan dia. Melihat hal tersebut, sayapun berbicara kepada Maman di depan semua yg ada di ruangan tersebut. “Man udah ngga usah di pikirin, semua pemain pasti pernah bikin kesalahan, dan mungkin hari ini pas aja giliran lo bikin salah”, Maman pun menjawab “Iya nih beng, suek bener gue hari ini. Gue pikir tadi bola itu udah keluar, tapi masih bisa di colong juga ama nomer 9 itu lagi”. Saya kembali berkata “Ya udahlah, yg penting sekarang adalah, lo jangan keliatan terlalu down Man. Karena akan berefek ngga bagus buat pemain-pemain yg lain. Kalo pemain-pemain senior aja down, bagaiman pemain-pemain yg masih junior. Gue tau kalo kesempatan kita untuk juara tipis, akan tetapi kita harus tetap menunjukkan kepada tim ini, kalo kita masih punya semangat untuk berusaha memenangkan partai di Jakarta Man”, “Iya,, iya benk siap…!!” jawab Maman singkat..

Di tengah serunya diskusi kami, tiba-tiba BBM saya menyala. Pak Iwan menyampaikan pesan jika Ketua Umum ingin bertemu dengan kami. Maka pesan tersebut segera saya balas dengan mengatakan, jika kami tengah berkumpul di kamar 476 dan siap menghadap. Akan tetapi Pak Iwan kembali mengirim pesan, jika Ketua Umum saja yg akan datang ke kamar 476. Maka sayapun menjawab “Siap..!!”

Saat itu, kami bersama Ketua Umum berdiskusi tentang kejadian di lapangan tadi, termasuk menanyakan langsung mengenai laser kepada Markus Horison. Pada kesempatan tersebut, saya juga sempat menanyakan sesuatu, yg menjadi point penting dalam email saudara Eli Cohen kepada Presiden RI. Saat itu saya bertanya demikian:

Saya : Mohon maaf ketua, saya ingin sedikit bertanya..

Ketua Umum : Silahkan Bambang, apa yg ingin kamu tanyakan..??

Saya : Mengapa tadi bapak tidak datang ke ruang ganti setelah pertandingan..?? Padahal kami mengharapkan kedatangan bapak untuk memberi motivasi kepada tim rekan-rekan saat kami kalah..

Ketua Umum : Begini dek, sebenarnya saya ingin datang ke ruang ganti. Akan tetapi karena saya tidak memiliki id card, maka ditahan oleh penjaga di pintu masuk lorong ruang ganti.

Saya : Oh begitu pak ceritanya, karena alangkah sebaiknya jika bapak tadi datang dan berbicara kepada pemain..

Ketua Umum : Iya,, iya saya tau, akan tetapi maaf karena saya memang tidak di perkenan masuk. Tapi saya janji, nanti di Jakarta saya kan bertemu langsung dengan kalian semua..

Mengapa percakapan diatas, saya katakan kunci dari email saudara Eli Cohen yg di kirim kepada Presiden. Di dalam email, di sebutkan jika NH (Nurdin Halid) masuk keruang ganti dan menginstruksikan kepada pemain untuk mengalah dalam pertandingan tersebut. Bagaimana Ketua Umum PSSI tersebut dapat memasuki ruang ganti dan memberi instruksi, jika beliau tidak memiliki id card. Dan memang pada kenyataannya, beliau memang tidak pernah sekalipun memasuki ruang ganti, selama pertandingan tersebut berlangsung..

Palace Of The Golden Horses, Seri Kembangan, Selangor, Malaysia : 27 Desember 2010..

Tidak ada hal special yg terjadi hari ini. Kami bangun pukul 06:00 pagi dan langsung melakukan sarapan bersama pada pukul 06:30. Pada pukul 07;15 kami berangkat menuju bandara untuk kembali terbang ke Jakarta. Pesawat sendiri bertolak kembali ke Jakarta pada pukul 09:00 waktu Malaysia…

Logika saya mengatakan, tidak mungkin seorang pengurus dapat mengatur sebuah pertandingan tanpa adanya campur tangan dari pemain yg bermain, atau wasit yg memimpin pertandingan itu sendiri. Sedangkan dari sisi pemain sendiri, secara pribadi saya tidak pernah mendengar isu atau instruksi dalam bentuk apapun, untuk mengatur pertandingan tersebut. Dan apakah anda juga yakin, jika wasit yg memimpin pertandingan malam itu mau berperilaku kotor, dengan mengatur hasil pertandingan tersebut. Sedangkan saya yakin jika penyelenggara dalam hal ini AFF, pasti memiliki standarisasi yg cukup tinggi untuk memilih seorang wasit, apalagi untuk sebuah partai final…

Dengan segala penjabaran saya diatas, tuduhan tersebut kok rasanya terkesan sangat mengada-ada dan terlalu di buat-buat. Saya sendiri tidak mengerti secara pasti, apa kira-kira motivasi dari si penyebar isu murahan tersebut. Akan tetapi satu hal yg pasti, isu tersebut tidak hanya memukul PSSI sebagai induk organisasi, akan tetapi juga memukul seluruh anggota tim nasional Indonesia, dalam hal ini para pemain dan seluruh staf pelatih. Sejujurnya, malam itu kami memang tampil tidak maksimal. Akan tetapi rasanya, terlalu picik jika ada orang-orang yg berpikiran jika kami tega mengorbankan harkat dan martabat bangsa, dengan menjual pertandingan tersebut…

Sejujurnya boleh dikatakan, saya juga termasuk orang yg tidak puas dengan kinerja dari organisasi bernama PSSI. Akan tetapi dengan menyebarkan isu seperti diatas, kok rasanya orang yg bersangkutan tidak lebih baik dari seorang pengecut, yg tidak berani bermain secara fair. Menurut pendapat saya, isu tersebut sangatlah kejam dan tidak manusiawi…

Kekalahan itu sendiri sudahlah menjadi sesuatu yg sangat menyakitkan bagi bangsa ini, kenapa lagi harus ditambah dengan sebuah berita yg tidak jelas dari mana asal muasalnya, serta belum tentu juga dapat dipertanggungjawabkan…

Seperti yg pernah saya sampaikan dalam interview saya bersama majalah Rolling Stone Indonesia: “Sepakbola akan sangat indah jika di biarkan murni sebagai sebuah olahraga, tanpa ada embel-embel apapun”. Biarkanlah olahraga bernama sepakbola tersebut, terbebas dari isu-isu politik, persaingan bisnis atau dendam pribadi…

Saya rasa kita semua di beri anugerah oleh sang pencipta, sebuah daging kecil bernama hati. Dimana hati tersebut, berfungsi sebagai alat kontrol terhadap nilai-nilai kepantasan dari hal-hal yg kita lakukan. Oleh karena itu di akhir artikel ini, perkenankanlah saya untuk sedikit bertanya kepada seseorang, yg dengan sengaja menyebarkan isu yg “SANGAT MEMALUKAN” tersebut…

APAKAH ANDA JUGA MEMPUNYAI HATI…???

Selesai…

1 February 2011, Bepe


Setelah baca postingan tersebut dari awal hingga akhir, secara pribadi saya setuju sama Bepe. kita boleh gak suka sama kepemimpinan Nurdin Halid di Tubuh PSSI, dan kita bahkan boleh menghendaki Nurdin turun, tapi bukan dengan cara demikian, yang bahkan menurut seorang Bambang Pamungkas yang juga kurang puas dengan kinerja PSSI hal itu sangat memalukan.


Bagaimana Pendapat Anda?



Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Day ...



Sumber Repost:
Bambang Pamungkas 20


17 komentar:

Belantara Indonesia said...

au ah...Nurdin..ganyang..behahahhahaa..

alkatro said...

hmm .. memang mbah nurdin semakin digoyang.. masalah rekayasa (??) aku kurang mudeng he he.. ciaat byuur.. kabuurr :)

dee said...

wuih...setuju ma Bepe;) Ini harus menjadi pelajaran bagi semua. Thanks dah di share DJ-Nan

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

intinya PSSI harus segera berbenah dan membuktikan segera ucapan eli cohen itu tidak benar...

Ҝarlz said...

Entahlah apa yg sebenarnya terjadi.. tp kok agak ganjil y.. Ketua Umum msk ga punya ID Card.. jikapun tdk pny msk tdk boleh msk secara diakan termasuk org penting.. tunjukin apa kek.. secara dsana juga ada Mentri

surat dari Eli Cohen memang bertujuan unt menjatuhkan PSSI agar merombak abis Sistem dan Org2 PSSI..

yg jadi pertanyaan Kongres PSSI kemarin Tujuannya apa ? Uang dari mana ? Apa Nurdin ingin d pilih kembali ?

Permisalan "Jika Indonesia Menang Otomatis Nurdin jd ikut terangkatkan pamorenya(ga kalee yee.... udah terlanjur Benci)" trus ngapain Jual Laga Final Indonesia Vs Malaysia....

Bs jadi Nurdin cari jalan aman.. Jika Indonesia Menang Nurdin ga dpt apa2 mungkin hny sedikit naik pamorenya.. dan jika Indonesia Kalah Nurdin dpt Uang yg lumayan unt Kampanye menaikkan Pamorenya [untuk d pilih lagee]... jd kalah menang Nurdin bs menaikan pamorenya

"BP hny mengutarakan apa yg sebenarnya terjadi d sekitarnya.. tp apakah BP tau apa yg sebenarnya terjadi"

tp smua itu hny pemikiran Negatif q.. Sungguh miris PSSI sekarang ini.. ga hny PSSI, Negeri ini penuh org2 yg dpt menghancurkan Negerinya sendiri

Gw Kecewa PSSI tp Gw Cinta Tim Nasional Indonesia

Mulyani Adini said...

Bacanya sampai serius gini.....panjang tapi menarik.

Iskandar Dzulkarnain said...

gila ... nasib Indonesia dipermainkan oleh bandar judi T_T

nyayu amibae said...

untuk apa kita melihat terus ke belakang,, ayo sekarang lihatlah ke depan... semangat!!! Indonesia adalah negara hebat... badai (issu) tidak dtg terus2an.. buat saja pondasi yg lebih baik yaitu niat SEMUA UNTUK INDONESIA,,, MERDEKA!!!

Ga nyambung ya sob, maksudnya tetap semangat aja dah!! hahaha

Unknown said...

Kami amat setuju dengan pernyataan 'Sepakbola akan sangat indah jika di biarkan murni sebagai sebuah olahraga, tanpa ada embel-embel apapun. Biarkanlah olahraga bernama sepakbola tersebut, terbebas dari isu-isu politik, persaingan bisnis atau dendam pribadi.

Pertanyaan yang sangat mengena sekali, apakah Anda (orang yang menulis e-mail tersebut) juga mempunyai hati ? Kita tentunya akan bahagia bila penulis e-mail tersebut mau menjawabnya dan menunjukkan diri secara jantan dan sportif.

Rizky2009 said...

makanya olah raga sepak bola biarkan tetap indah dan alami, jangan di politisasi u/ kepentingan pribadi, meski kalah aq tetap cinta timnas, kalau ingin bisa lebih baik y harus ganti pemimpinnya, koruptor tetep aja koruptor

TUKANG CoLoNG said...

kita liat aja gimana endingnya sob.. :)

tiwi said...

huaa...huhu..hiks*lebay..hihi..asli aku tersentuh baca artikel bepe.. nurdin halid?PSSI?..auk ah gelapp, moga2 mkn bnyk pemain2 spt bepe, bravo!

Nova Miladyarti said...

eh...baru tau:D
tulisannya bagus,pingin baca terus:D

joe said...

terlepas dari benar tidaknya isu suap tersebut, sudah waktunya nh untuk lengser

Berpikir Positif said...

ya sudahlah sebelum terlalu banyak hal-hal yang berkembang ada baiknya Nurdin Mundur saja

Multibrand said...

Saya selalu beranggapan bahwa orang yang mengirim surat "kaleng/tanpa identitas" tidak pantas untuk ditanggapi.
Yang perlu dilakukan PSSI adalah memelihara persatuan organisasinya dan merangkul semua pihak termasuk Liga Primer dengan kemajuan sepakbola di Indonesia.

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Belantara Indonesia : Huahaha.... Gak ikutan ah :P

@ alkatro : Bukan Digoyang lagi pak, tp udah ditenggelemin hhe... aku yo ra mudeng blas nek masalah rekayasa hhe... bisa asli bisa HOAX hhe..

@ dee : Kayanya sih cukup memberikan Pelajaran tuh Dee...

@ Noeel-Loebis : tepat, itu yg ditunggu Masyarakat kaya kita Sob..

@ Ҝarlz : Sebenernya tentang ID Card emank agak Ganjil sih Sob... ya biarpun Mainnya di Malaysia tp masa Ketua PSSI gak diijinin sih cuma buat nengok Pemainnya... Hem, aku juga gak tau tuh tujuannya apa, tapi aku denger2 sih Nurdin emank pengen nyalonin lagi *gak Tau Malu

Biarpun menang aku rasa Rakyat emank udah terlanjur benci sama Nurdin tp andai kalah dengan cara demikian aku rasa bener katamu Sob.. ada kemungkinan Uangnya digunakan untuk pencalonan lagi apalagi klo itu benar pasti gak sedikit jumlah uangnya

Yupz, I LOve Timnas Too :D

@ IbuDini : Iya tuh Mbak, aku juga sempet Hening pas baca langsung di Blognya Bepe hhe..

@ John Terro : Tp blum pasti bener tuh Sob.. :P

@ nyayu amibae : Nyambung koQ hhe... ya klo Nurdin masih mau Menjabat ya silahkan aja tapi ya ndak usah nyalonin lagi klo massa jabatan udah Abis..

@ Herdoni Wahyono : Untuk itu lebih baik kita tunggu Pengirim E-mail tersebut menampakkan dirinya...

@ Rizky2009 : Wah kayanya udah benci sama Nurdin nie hhe..

@ TUKANG CoLoNG: Yupz... setuju Bli

@ tiwi : Aku juga lebih merhatiin kata2 Bepe ketimbang Urusan PSSI hha..

@ Nova Miladyarti : Makasih :P

@ joe : Sayangnya Beliau belum mau dilengserkan hhe..

@ Berpikir Positif : Itu kayanya harapan yg Bijak Sob... sayang dia belum mau turun

@ Multibrand : Yupz, klo PSSI merasa itu gak bener ya udah lupakan, tp klo itu bener ada baiknya berbenah diri... :P

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan