Tuesday, March 29, 2011

"Bapak Java", James Gosling Akhirnya Bergabung Dengan Google



Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,


Ehm, apa kabar nie semua hhe... semoga anda semua tetep dalam keadaan sehat dan semangat...

Lanjut, Setelah hampir 2 hari gak Blogging karena gak bawa perlengkapan Blogging *Laptop atau variannya pas ke Bandung kemaren, akhirnya siank ini saya bisa kembali nulis, Owh Yeahhhh *teriak gak jelas ngikutin Iklan Nescafe hhe...

Sebelum lanjut nulis, saya mau minta maaf dulu nie sama anda yang udah Download Album YUI - Rain yang saya share hari sabtu kemaren tapi gak bisa nikmatin lagunya karena saya lupa ngasih tau Passwordnya haha... GUBRAK!!! sumpah itu bukan kesalahan yang disengaja, soalnya saya lupa klo pas saya kompres ke zip kemaren filenya saya kasih password haha... tapi tenang aja postingannya udah saya update koQ dan udah saya kasih tau Passwordnya, dan untuk besok-besok klo saya lupa ngasih tau Passwordnya lagi, silahkan gunakan Password: Ferdinand untuk membuka lock dari File zip yang anda download di Blog ini, soalnya semua file yang saya kompres pasti saya kasih password nama saya sendiri hhe...

Dan untuk anda semua yang nanya tentang postingan "Tempat baru, Binatang baru", yang gak bisa anda temui di blog ini sekalipun di Dashboard anda postingan baru saya kemaren itu muncul sebagai postingan terakhir di blog ini hhe, akan saya jelaskan sekalian. Postingan itu emank bener saya tulis koQ hari minggu pagi, cuma kaya yang saya bilang tadi, karena saya gak bawa perlengkapan Blogging *Laptop atau Variannya pas ke Bandung kemaren, jadi postingan itu saya ketik Via Handphone dan karena seumur-umur baru kemaren saya nulis postingan Via Handphone *Ndeso, jadi layaknya orang awam yang agak-agak sotoy, pas mencet publish postingan itu malah ke delete dan lenyap seketika haha... dan karena males juga klo mesti ngetik ulang postingan itu, jadi yo wes saya langsung keluar aja dari Opera Mini haha... Dan postingan itu sekaligus menjadi postingan pertama yang saya delete dari Blog ini hhe...


Ocre, itu kira-kira penjelasan saya untuk 2 postingan yang dipertanyakan diatas hhe... sekarang kita lanjut ke inti postingan hari ini hhe... lha emank siank ini kita mau ngomongin apaan toh kang? Eum, sebenernya saya sendiri juga belum tau mau ngomongin apaan hhe... yo wes lah sembari saya mikir, mending kita bersulang dulu aja lah hhe... Cheeerrsss....(Glek...glek...glek...)...

Ocre, kali ini saya mau ngajak anda untuk ngomongin tentang kabar bergabungnya "Bapak Java", James Gosling dengan Google. Cuma sebelum ngomongin tentang itu, saya mau ngasih sebuah kabar terbaru dari dunia Sastra dulu. Walah, ada kabar apaan toh kang emanknya dari dunia Sastra?


Pernahkah anda menggunakan kata OMG! atau LOL saat sms'an, Facebook-an, Ngetweet, Blogging atau lainnya? klo pernah ada kabar baik untuk anda terkait dua buah singkatan itu. Mau tau gak nie kabar baiknya apaan? kabar baiknya adalah singkatan Oh My God! (OMG) dan Laughing Out Loud (LOL) resmi masuk ke dalam kamus Bahasa Inggris Oxford. Oxford English Dictionary (OED) mengumumkan penambahan singkatan itu ke dalam daftar kata dan istilah bahasa Inggris.



Oxford English Dictionary menjelaskan, kendati kata OMG!, LOL dan In My Humble atau Honest Opinion (IMHO) ini sering digunakan sebagai bahasa komunikasi elektronik, namun silsilah kata-kata tersebut ternyata sudah ada sebelum zaman internet datang. Contohnya, Oxford English Dictionary menemukan kutipan OMG dalam sebuah surat pribadi yang ditulis pada tahun 1917, dan singkatan For Your Information (FYI) dalam bahasa memorandum pada tahun 1941.

Akronim LOL juga sudah mulai digunakan sejak tahun 1960, tapi pada saat itu maknanya menunjukkan seorang wanita tua atau Little Old Lady. Oxford English Dictionary juga mencatat LOL kerap digunakan di luar konteks komunikasi elektronik sehingga dapat menunjukkan ekspresi penggunanya. "Biasanya digunakan untuk ekspresi konumikasi informal, seperti ketika sedang bergosip atau candaan," jelas Oxford.

Itu dia kabar baik dari dunia Sastra yang pengen saya kasih tau hhe... Nha, sekarang baru kita ngomongin tentang kabar bergabungnya "Bapak Java", James Gosling dengan Google. Untuk anda yang belum tau, James Gosling merupakan pencipta bahasa pemrograman Java, itu kenapa beliau di sapa dengan sebutan "Bapak Java". Lahir di Calgary, Kanada, 19 Mei 1955, James Gosling menamatkan kuliah di Imlu Komputer Universitas Clagary tahun 1977. Ia kemudian meraih gelar PhD di bidang yang sama dari Universitas Carnegie Mellon. Sebelum bergabung dengan Sun, Gosling pernah membuat beberapa software seperti NeWS dan Emacs. Namun, yang membuatnya sangat terkenal adalah saat menciptakan bahasa pemrograman Java.



Lantas kenapa James Gosling akhirnya bergabung dengan Google? Seperti yang kita tau, baru-baru ini Sun Microsystems(Sun) yang selama ini menaungi Java telah diakusisi oleh Oracle dan berubah haluan menjadi Developer Profit, dan itulah alasan utama James Gosling akhirnya meninggalkan Sun dan beralih ke Google. Dan pengunduran dirinya ini secara resmi telah dikabarkan James Gosling lewat Blog pribadinya yang beralamat di www.nighthacks.com. Dan sehubungan dengan pengunduran dirinya ini, seluruh tulisan James Gosling di blogs.sun.com, pun ikut dipindahkan ke Blog Pribadinya itu, karena sesuai kebiajakan Sun semua hasil tulisan di blog menjadi hak penulisnya.

Dan kemaren, akhirnya James Gosling secara resmi mengumumkan bahwa dirinya telah bergabung dengan Google di postingan Next step on the road... yang ditulisnya di Blog Pribadinya itu. Berikut Pernyataan James Gosling yang saya kutip dari Blog Pribadinya tersebut:

Through some odd twists in the road over the past year, and a tardis encountered along the way, I find myself starting employment at Google today. One of the toughest things about life is making choices. I had a hard time saying "no" to a bunch of other excellent possibilities. I find it odd that this time I'm taking the road more travelled by, but it looks like interesting fun with huge leverage. I don't know what I'll be working on. I expect it'll be a bit of everything, seasoned with a large dose of grumpy curmudgeon.


Klo diartiin dikit berikut Pernyataan intinya:

"Setelah mengalami persimpangan yang aneh selama setahun terakhir dan menembus ruang dan waktu sepanjang perjalanan, saya akhirnya memutuskan untuk mulai bekerja di Google hari ini"


Bergabungnya James Gosling dengan Google sebenarnya termasuk pilihan yang menurut saya cukup kontroversial, karena di saat yang sama raksasa internet tersebut sedang digugat Oracle soal hak paten Java. Karena seperti yang kita tau, Google menggunakan Java pada platform Android buatannya yang dianggap menyalahi penggunaan paten Oracle.... Lha terus klo Pencipta Bahasa Pemrogmaran Java-nya udah bergabung sama Google, apa iya kasusnya masih bisa berlanjut toh? haha... mbuh lah biar mereka yang nyelesain haha...

Pokoknya saya pribadi ikut seneng lah dengan kepindahan James Gosling ini, soalnya saya termasuk salah satu orang yang sangat cinta sama Software Open Source, dan semoga kedepannya Google beserta Android dan semua layanannya bisa lebih baik dengan bantuan James Gosling yang adalah Pencipta bahasa Java itu sendiri hhe... :P


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have A Nice Day...



18 komentar:

Yudi Darmawan said...

java sendiri udah milik oracle..

ntar masih open source gak ya?

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Kang,
urusan Java saya malah ndak ngerti sama sekali, dulu pertama kali dengar istilah Java, maka terpikir pasti ada hubungannya dengan Jawa, hhhh ternyata terlalu ndeso bin Alkatro eh kliru entar kang jiox mesam-mesem.
nyoba ke blog orang hebat ah

Rawins said...

aku kapan ditarik ke google yah..? aku kan orang java juga, biarpun ngapak...

Sukadi said...

Masalah gugat menggugat biarlah menjadi urusan mereka, yang penting kita tinggal menikmati, kalau bisa gratis he.he..

Salam dari Central Java :D

Herdoni Wahyono said...

Ideal sekali orang yang termasuk 'top dunia' bergabung dengan raksasa dunia seperti Google ini. Selamat bergabung dengan Google, Mr. James Gosling. Sukses selalu semoga menyertai Anda dengan karya yang mendunia.

nuansa pena said...

Kita tunggu perubahan apa yang akan terjadi dengan masuknya James Gosling di jajaran google!

Ҝarlz said...

smakin sukses dnk Google.. slalu menampilkan produk2 yg inovatif, kreatif..

I Love Google

Ajeng Sari Rahayu said...

Thanks DJ infonya, aku baru tau dari tulisanmu ini lho arti dari singkatan FYI, maklum lah...ndeso


sering2 ya bagi2 info :D

krozbonek said...

wah bisa saja nih google melihat kesempatan.
jadi tidak sabar, apa yang nanti mereka hasilkan.

IbuDini said...

Infonya lengkap Om..dan terus terang baru tau , kalau gak baca ini pasti gak tau.
Selamat beraktifitas

AuL Howler said...

Wow!!

nyayu amibae said...

Assalamualaikum sob...

hualaaah.. sudah balik dari bandung toh??? oleh2 dodol ku manaaaa???? hahaha

soal Java, aseli aku ga begitu tau, taunya java itu ada hubungan keluarga sama games dan handphone, selebihnya,, ga ada... duh.. gaptek buangeet!!

tapi, ini yg aku suka dengan blog mu ini sob, aku banyak dpt pengetahuan perkembangan info ttg Google.. semoga aja.. aku ketularan pinternya sob ferdinand.. jadi ga gaptek lagi,,hahahaha

hayoo, bersulang!!! cherrss....!!! es susu campur selasih memang mantaf panas2 gini,,,hahahaha

Boku no Blog said...

Wah Info yang lagi anget nich Sobat ..
Terimakasih share infonya,..
Happy Blogging

Akmal Fahrurizal said...

Semoga dengan kejadian seperti ini saya juga jadi bertambah minat untuk mempelajari open source.. hehe

Gaphe said...

syukur deh kalo sekarang OMG sama LOL udah masuk kamus inggris. jadi sekarang kalo ada yang nanyain bisa nyaut : sana tuh buka kamus inggris!. hehehe..

oh, jadi sejarah si bawap begitu yah?.. yaa palingan kasusnya bakalan nggakk diterusin kayaknya.

embuhlah..

met bekerja dan beraktivitas aja Fer!

Seputar Dunia Ponsel dan HP said...

Google akan makin moncer lagi ke depan nanti maz.
semoga saja demikian

Muhammad A Vip said...

pokoknya yang hebat berkumpul dengan yang hebat juga. ente kapan gabung google?

alkatro menghilang said...

hmm moga aja makin guud, java oh java
ngomongin update via ponsel, baru tahu kan bagaimana tangguhnya caktomo yang update blog via ponsel..
ane juga pernah sekali tapi nulis di draft email pak. .. cuapeeknya pool dan kapok wkwkwkkwk

sampean lagi mo tunangan ya pak? nampaknya sibuk xixixixi.. soktahu.. kabuurrr

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian