Saturday, May 14, 2011

Pasca Maintenance Blogger.com 20,5 Jam, Nice Info, Blogwalking Dan Salam Blogger Hilang Dari DJ Site




Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Hah... Lega rasanya bisa ng'liat Wujud Blogger.com yang udah pulih pasca Maintenance selama 2 hari kemaren wkwkwk... Maintenance yang menurut saya cukup parah dan bener-bener hampir menghentikan aktivitas Blogging saya 2 kemaren, maklum hampir seluruh Blog yang saya miliki kan bernaung di Platform Blogspot(Blogger.com), jadi klo si Mbah Google lagi Maintenance ya aktivitas Blogging saya hampir bisa dipastikan ikutan libur juga wkwkwk...

Awalnya sih saya kira Maintenance yang dilakukan Blogger.com sejak kamis malem kemaren, cuma sebentar dan perkiraan saya sih hari Jum'at juga pasti udah pulih kembali, cuma nyatanya ampe Jum'at malem kemaren, saya masih belum ngeliat tanda-tanda pemulihan dari pihak Blogspot(Blogger.com) haha...

So, karena selama ini Mbah Google juga terbukti selalu bertanggung jawab sama seluruh Blog yang saya miliki, misal pernah mengembalikan 97 Blog saya yang di delete sepihak karena diduga SPAM, pernah memulihkan 27 Postingan di DJ Note yang sempat di kembalikan ke Draft karena dilaporkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan masih banyak lagi lainnya, jadi kemaren sih saya nyantai-nyantai aja nungguin Maintenance Blogspot usai hhe...

Dan karena naluri buat nulis gak bisa dikontrol dan diajak libur juga, akhirnya kemaren saya putuskan untuk nulis di Platfrom BlogDetik saya, soalnya klo di WP saya udah berasa canggung gara-gara 2 Tahun gak Update Blog, klo di Joomla saya udah gak punya Blog lagi karena terakhir udah saya Delete, jadi pilihan satu-satunya ya nulis di DJ Site On BlogDetik wkwkwk...

Seluruh Kronologi Maintenance yang dilakukan Pihak Blogger, akhirnya saya tuangkan dalam Tulisan Berjudul, "Blogspot Maintenance, Blogger Libur" di BlogDetik saya, untuk anda yang mungkin minat untuk baca tulisan itu silahkan Klik Judul tulisan yang udah saya kasih link diatas aja deh, soalnya saya gak minat untuk Repost postingan itu ke Blog ini hhe... Pokoknya semua peristiwa, mulai dari Gak Bisa LogIn, Profil berubah sendiri. hilangnya postingan terakhir, hilangnya Sitelink, sampe hilangnya puluhan eh udah bukan puluhan lagi ratusan komentar di Blog ini saya tulis di postingan itu :D

Dan tadinya sih, pikiran saya klo sampe hari ini Blogger.com belum pulih juga, saya masih akan terus nulis di BlogDetik lagi, cuma karena pas tadi pagi buka Blogger.com Via Mobile saya udah bisa ngeliat penampakan Dashboard lagi, jadi niat nulis di BlogDetik saya skip dulu deh sampe ada niat lagi hahaa... dan hari ini saya kembali nulis di Blog ini... hah senangnya :)

Dan untuk merayakan kembali pulihnya Blogspot, gimana klo kita bersulang dulu kaya biasa? hhe... Cheeerrrrrsss....(Glek...glek...glek...)... *cari minum masing-masing wkwkwk..

Balik lagi ke postingan, pasca Maintenance yang dilakukan Blogspot(Blogger.com) selama 2 hari kemaren ada beberapa hal yang berubah di Blog ini, yang paling kentara sih adanya penambahan Label baru yang dilakukan Pihak Blogspot akibat pengembalian postingan terakhir yang sempat hilang selama 2 hari kemaren, untuk lebih jelasnya coba perhatikan Gambar di bawah ini:

Terlihat bahwa 3 Label yang saya berikan untuk postingan itu, justru menjadi 1 label gabungan yang dibuat pihak Blogspot sendiri haha... :D dan jam publish postingan itu yang aslinya Jam 8:30 PM justu berubah menjadi 10:42 AM.

Tapi disini saya mau ngucapin terima kasih dulu kepada pihak Blogspot(Blogger.com) yang udah mengembalikan postingan terakhir saya yang berjudul "Preview YUI - Hotel Holidays In The Sun And PV Hello - OST. Paradise Kiss" yang sempet hilang selama 2 Hari, soalnya klo disuruh ngetik lagi tulisannya ya gak mungkin bisa sama persis haha... ya biarpun semua komentar untuk postingan itu tetep gak bisa kembali hhe... jadi malem ini, sekaligus saya juga mau minta maaf kepada anda semua yang mungkin sempet ninggalin komentar dipostingan itu tapi gak bisa nemuin komentar anda lagi, soalnya itu bukan karena saya mendeletenya tapi murni akibat Maintenance :)

Dan ngomongin soal komentar, setelah barusan saya buka Menu Komentar dan saya bacain satu persatu komentar yang masuk ke Blog ini, ternyata saya nemuin hal yang lebih Unik yang dilakukan pihak Blogspot(Blogger.com) selama masa Maintenancenya kemaren. Tau apa yang mereka lakukan? seluruh komentar SPAM yang menghiasi Blog ini mendadak hilang dan musnah, komentar-komentar yang dihapus pihak Blogspot antara lain: Nice Info, Blogwalking dan Salam Blogger serta komentar-komentar yang juga disertai link dan juga komentar-komentar promosi.

Selama ini sih, saya pribadi gak pernah minat untuk menghapus komentar-komentar tersebut, karena buat saya orang mau ninggalin komentar apapun sekalipun itu hanya Nice Info, Blogwalking dan Salam Blogger atau bahkan komentar menghina pun buat saya itu sah-sah aja klo mereka emank pengen hhe... Dan jujur, selama ini baru 1 komentar yang pernah saya hapus selama blog ini berdiri, saya lupa komentar dari siapa, soalnya selain komentar itu saya rasa lebih banyak Efek SARA-nya karena itu komentar yang ngajakin saya Debat masalah Maulid Nabi Muhammad SAW yang perlu diperingati atau nggak, komentar itu juga ditulis dengan karakter yang lebih panjang dari postingan yang saya tulis, jadi setelah saya minta maaf dengan Blogger yang bersangkutan, ya biarpun setelah itu dia langsung marah dan gak pernah nongol di Blog ini lagi, akhirya komentar itu langsung saya Delete dari postingan saya.

Dan kali ini, bukan saya melainkan Pihak Blogspot sendiri yang mungkin mulai jera sama Komentar-komentar SPAM yang menghiasi blog-blog yang berdiri dibawah naungannya hhe... dan tindakan nyata yang akhirnya diambil oleh pihak Blogspot adalah mengusir komentar-komentar itu dengan mendeletenya :) untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:


Keliatan gak sih? klo gak keliatan silahkan di Klik untuk memperbesar gambarnya. Pada gambar diatas anda bisa melihat Menu SPAM di komentar saya mendadak kosong sama sekali, padahal sebelumnya saya masih inget banget jumlahnya ada 457 komentar :D dan setelah saya liat lagi ke pojok sebelah kanan dimana seluruh komentar yang masuk ke Blog ini tinggal tersisa 11.965 komentar, yang berarti ratusan komentar yang terindikasi SPAM itu emank bener-bener ilang dan dihapus pihak Blogspot hhe...

Entah apa yang harus saya ucapkan, terima kasih kah untuk Mbah Google atau Minta maf kah kepada Anda semua karena komentar yang mungkin anda tulis justru dihapus pihak Blogspot. Yang pasti pesan saya untuk anda semua, karena kebijakan Blogspot udah tambah ketat, ada baiknya anda yang selama ini masih lebih senang Blogwalking Singkat dengan hanya menuliskan kalimat Nice Info, Blogwalking atau Salam Blogger dan lainnya untuk kembali berpikir ulang dan mencoba menikmati tulisan sahabat-sahabat Blogger yang anda kunjungi, karena jika itu yang masih anda lakukan, saya takutnya klo Blogger.com Maintenance dan ngapusin SPAM lagi yang ada komentar anda ikutan ilang lagi, dan karena saya tau mereka-mereka yang nulis komentar kaya gitu hanya mengarapkan Backlink dari blog yang disinggahinya, jadi percuma juga kan? anda udah Quick Blogwalking capek-capek gak ngerti apa yang anda baca juga tau-tau komentar anda di delete juga :)

Ocre deh, postingan saya malem ini cukup segini aja. klo ada yang mau nambahin saya persilahkan di kotak komentar, kali aja ada yang punya cerita lain tentang Maintenance 2 hari kemaren :D

Dan dengan ini kembali saya tulis ulang Status yang ditulis pihak Blogger.com untuk mengabarkan keadaannya yang kembali pulih berikut ini:

Friday, May 13, 2011


Blogger is back


Update (5/13 7:46PM PST): Nearly all posts since Wednesday are restored, now bringing back comments from last couple days. We expect the comments to be back this weekend or sooner.

What a frustrating day. We’re very sorry that you’ve been unable to publish to Blogger for the past 20.5 hours. We’re nearly back to normal — you can publish again, and in the coming hours posts and comments that were temporarily removed should be restored. Thank you for your patience while we fix this situation. We use Blogger for our own blogs, so we’ve also felt your pain.

Here’s what happened: during scheduled maintenance work Wednesday night, we experienced some data corruption that impacted Blogger’s behavior. Since then, bloggers and readers may have experienced a variety of anomalies including intermittent outages, disappearing posts, and arriving at unintended blogs or error pages. A small subset of Blogger users (we estimate 0.16%) may have encountered additional problems specific to their accounts. Yesterday we returned Blogger to a pre-maintenance state and placed the service in read-only mode while we worked on restoring all content: that’s why you haven’t been able to publish. We rolled back to a version of Blogger as of Wednesday May 11th, so your posts since then were temporarily removed. Those are the posts that we’re in the progress of restoring.

Again, we are very sorry for the impact to our authors and readers. We try hard to ensure Blogger is always available for you to share your thoughts and opinions with the world, and we’ll do our best to prevent this from happening again.

Posted by Eddie Kessler, Tech Lead/Manager, Blogger

Intinya sih pihak Blogger ingin menyampaikan permintaan maafnya karena Maintenance rutin yang selama ini dilakukan oleh mereka justru berujung pada error selama 20,5 Jam kemaren. Dan ternyata bukan hanya kita yang frustasi tapi mereka pun ikutan Frustasi soalnya beberapa layanan mereka pun kan postingnya pake Blogspot, dan untuk masalah postingan serta komentar yang hilang mereka sedang mengusahakan untuk mengembalikannya haha...


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have a Nice Weekend :)


35 komentar:

Rizkyzone.com said...

ambil pertamax lagu dulu sob, baru baca-baca

Rizkyzone.com said...

iya sob pasca blogger kembali ke alamnya, postingan q yang sempat ilang dari peredaran kembali lagi, seperti yang sob ferdi bilang ada penambahan label, mang bener tp akhirnya tak rubah lagi, ke label semula tapi sayangnya komentar hilang tp mantab ada tambahanhan komentar, sennagnya bisa ngeblog lagi

narti said...

soal label, iya seperti itu, kirain kmrn aku yg salah ngasih labelnya :)

dee said...

komen spam di blogku masih tuh, wah gimana nih? pilih2 :(

Damar said...

assalamu'alaikum
tadi saya sudah koment ndik Dj site di blogdetik loh Kang.
enak ya banyak postingan temen-temen dikembalikan lagi sama blogger, cuman punya saya nunggu giliran kali ya Kang hhhh

Rizkyzone.com said...

oy lupa spam di blog q juga amblas sob bak ditelan bumi

tiwi said...

asswrwb...malam Ferdinand, tampilan blogku sdh normal...^_^... btw, met malmingguan ya...jgn kebanyakan di dpn laptop ntar yayangnya bete hehheh*kaburrrrr

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Rizkyzone.com: Silahkan Dipertamax-in dulu deh sob hhe... Wah ternyata bukan cuma blogku toh yg labelnya nambah haha.. Iya nie sob aku juga seneng akhirnya bisa Blogging lagi hhe..

Dan ternyata SPAM ditempatmu juga amblas ya Sob wkwkwk... si Mbah lagi bener2 bersih2 SPAM kayanya setahun terakhir ini :)

@ narti : Iya sama Mbak, kirain aku juga aku yg salah eh tapi pas tak liat2 masa iya salahnya kebangetan ampe bisa gabung gitu dan ternyata itu karena maintenance haha...

@ dee : Haha... aku Blas ra e'nten Mbak haha... mungkin ndak dianggap SPAM kali mbak sama si Mbah

@ Djangan Pakies : Walaikum Salam Kang, Ngheh kang commentmu di DJ Site yg BlogDetik wes tak bales sebelum nulis postingan disini wkwkwk... janjinya Blogger kan masih sampe hari senin kang, siapa tau mbesok atau senin pagi kembali postingan sampean hhe...

@ tiwi : Walaikum Salam Mbak Tiwi, Iya sama aku juga udah normal hihi... Gak kemana2 aku malem nie Mbak, soalnya Hujan Deres yg ada malah bete dijalan haha... Mbak aja deh yg Malming hihihi...

Gaphe said...

yang penting sih buat saya bisa balik normal lagi meskipun semua komennya ilang dan artikel saya di repost setelah dihapus sementara. hahaha... kena panic attack tuuh kemarin,

daan masalah baru muncul.. utang BW kemana-mana jadi numpuk. belom lagi soal posting artikel barunya. tak tinggal liburan aja deh. hahahahaa

Yudi Darmawan said...

alhamdulillah,
udah selesai dari masa krisi, dari smalam stres dibuat blogger, tapi untungnya postingan saya gak smpe kehapus, cuma komen2 teman aja, tapi banyak,

smoga blogger sehat walafiat terus, hehe

Call me Batz said...

Kemarin sempat login n memang ga bisa karna ada maintenance,tpi selebihnya soal label dan komen yg hilang.aq kurang perhatikan sich. Sepertiny tdk ada yg hilang di blog aq

Kamal Hayat said...

Ya sekali-kali blognya libur laa.. kasihan juga

Ratnawati Utami said...

wah, komentarnya banyak juga ya. aku gak perhatiin, semoga pada maklum deh... salam blogger (moga-moga gak dianggap spam, hehehe)

Sukadi said...

Sebuah dinamika, sebagai penumpang yang baik harus siap menerima konsekuensi apapun, kalau misalnya dihapus sekalipun ya itu urusan yang memberi tumpangan, yang penting tetap semangat...
Misalnya kurang puas bisa mencari kepuasan dengan menumpang pada tempat gratis yang lain he.he..

*opini pasrah dari korban kebijakan blogger ha.ha..

Semangat Kang..

W i e d e s i g n a r c h said...

untunglah postinganmu gak jadi hilang yah? hihihi.... daku juga ada yang hilang udah nih,,, entah bakal balik apa gak, tapi gak fatal ... yang ilang cuma komen2 sebanyak 30an ilang sudah.. hihihi... ^_^

hm hm hm,,, bener banget,,, blogger lumpuh, daku juga mati gaya T_T

bintangair said...

hi DJ...
masih suka glek..glek..glek.. nih
hehhehe blogger udah kembali
aku pun udah kembali komen
*ngebayangin DJ mati gaya* yiahahhahha

Sungai Awan said...

maintenace ini banyak menghilangkan postingan dan komentar
entah kenapa bisa begitu

Nyayu Amibae said...

assalamualaikum sob...

hehehe... aku malah sama sekali ga tau klo blogger lg maintanance... maklum kemarin2 sering ngilang.. baru tau waktu baca postingan pakies... kemana aja gue!!! hahahaa


Met libur panjang.. hmm.. sob ferdinand libur ga ya?? hehehe

Meutia Halida Khairani said...

saya juga kehilangan banyak komentar di postingan terdahulu. tapi, saya ngga inget komentarnya ada tulisan2 SPAM gitu ngga yah.. beberapa sih ada, tpi dari 25 komentar, cuma di sisain 5 doang :-O

masyasri said...

Komentar dan draftku Hilang,

Unknown said...

Hari Jumat kemarin betul-betul liburan buat blogger. Kita hanya bisa membaca tanpa bisa 'masuk', posting, edit dan memberikan komentar di blogspot. Sekarang semuanya sudah normal kembali. Dunia kembali ceria dan penuh semangat untuk blogwalking. Salam blogger. I love Google. Terima kasih Google.

blogs4funny said...

iya nih ,untung sudah sembuh ya,kemarin jga gk iso ngeblog gara gara maintenis blogger wkwkwk

Rawins said...

sudah aku ikhlasin kok
lagian cuma 2 jurnal doang
ga penting lagi
hihihi

Ifan Qomarudin said...

:: kirain modem ane yg lemot....(he....he....he).

alkatro said...

sejak maintenance ane belom login pak,
tapi yo ane senasib pak, banyak komentar baik di post terbaru atau lama pada tanggal 13-14 lenyap pak, pokoke yang biasa nongkrong di kandang ku setelah komentmu yang pertama itu

ada rasa gak enak juga, terutama bagi yang bukan blogger..
masalahnya kan belum tentu mereka tahu akan efek dari maintenance tersebut..
met liburan.. aku mo kabuur dulu...
mbreemmmm

Zippy said...

Wuih..lama juga ya bro maintenancenya :D
Jangan2 ntar habis ini maintenance selamanya lagi, wkwkkwkw... :lol:
Tapi jangan ah, saya juga masih sayang dengan Blogspot.
Masih menggunakan jasa RSS Feednya :D

Unknown said...

Pasca maintenance Blogger, berharap cepat bisa login ke Blogger.com secepatnya..karna jari-jemari gatel klo nggak nge-blog sehari aja, mo koment ehh kotak komentarnya "galat juga", post pada hari itu ilang2. Akhirnya Blogger kembali juga alhamdulillah. Nice Share Ferdinand!

munir ardi said...

alhamdulillah sudah agak baikan tapi untuk nulis masih belum tahu mau nulis apa sob oh iya Sejarah indonesia gimana sob komentar saya juga hilang kali ya , wah mesti gimana nih harus konsen lagi kayaknya di platform yang lain

saidiblogger said...

pantesan kemaren ada temen yang sms nanya blogger kok gak bisa??

maklum, udah berbulan2 gak posting..hhe

Jadilah Orang Kaya said...

sempat kaget juga tuh waktu kemarin, saya pikir mau menghilang dari peredaran, tapi alhamdulillah setelah ditunggu-tunggu akhirnya kembali pulih lagi n bisa bersilaturahim lagi mengunjungi para sahabat blogger.

semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

ayel bertuah said...

met malam, kunjungan dimalam hari ketempat sahabat... moga sukses selalu.

TUKANG CoLoNG said...

yg arsip tambahan itu di separonyolong juga. tapi yang spam ilang itu kalo beneran ada, baik banget tuh. sebagai aturan ga langsung dalam berkomentar. :)

pakde sulas said...

human error atau error system atau error-error yang lain buka masalah karena memang kita ini "dompleng" sama blogger he he he....

yang penting semua sudah beres, dan moga tidak pernah error lagi, semoga

Muhammad A Vip said...

saya pikir setelah blogger libur tampilannya bakal berubah, eh...masih sama. selamat berjuang bro

Ajeng Sari Rahayu said...

97 blog? serius mas? saya ngurus dua blog aja, baru 1 yang aktif rutin tak urus :D

diblog saya yang mengandung SPAM masih utuh, itu lucu juga ya yang 1 komentar sampean hapus...emang mbahas apa sih sampean kemarin mpe dikomenin panjang gitu mas?

mas DJ, saya sekalian nanya, kenapa dari dulu sampean kan dah ngeblog nih, tapi sekarang masih pake verifikasi kata? apa ada fungsinya kah sampe sampean tetep make verifikasi kata?

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan