Friday, July 15, 2011

Gmail Kembali Memberi Kejutan Dengan 5 Cara Baru User Melihat Inbox Mereka


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,


Ocre, setelah kemaren postingan saya mendadak agak "Syahdu" hhe... hari ini saya mau kembali ngajak anda ngobrolin tentang salah satu layanannya Mbah Google, yang mau gak mau, dan suka gak suka pasti kita pake :) tau apaan? Yupz, bener banget yang saya maksudkan memang adalah layanan E-mail (Gmail) dari Mbah Google :) kenapa saya katakan mau gak mau, dan suka gak suka pasti kita pake? karena biarpun dulu anda melakukan pendaftaran akun Blogspot anda dengan menggunakan E-mail diluar Gmail, tanpa anda sadari sebenernya anda pun telah secara otomatis membuat sebuah Akun Gmail yang tinggal disetting ke alamat Email versi mereka hhe... gak percaya? Silahkan buktikan sendiri :)

Dan ngomonging tentang Gmail, waktu buka E-mail barusan, ternyata saya nemuin sebuah keanehan yang baru pagi ini saya liat, tau apa yang aneh? saya menemukan Fungsi atau Fitur yang bertambah di akun E-mail kesayangan saya ini haha... dan setelah saya cobain satu persatu, saya cuma bisa bilang "Very Awesome" haha....

Lha emank fitur apaan toh kang yang ditambahin Mbah Google di E-mail Gratisannya ini? bisa saya katakan fitur ini punya fungsi yang sangat membantu dan memudahkan anda untuk membaca serta memilah pesan yang masuk ke Inbox anda, Eum... mungkin secara khusus untuk orang-orang kaya saya yang sangat memerlukan E-mail untuk banyak urusan :)

Dan biar anda gak bingung, mari kita bahas satu-satu :)

---

Sebelum meluncurkan fitur ini, sebenernya Mbah Google sudah menggunakan Space diatas Inbox kita untuk menempatkan Iklan Adsense mereka, yang kebetulan saya sempat mengabadikannya kedalam bentu Screen Shoot, dan berikut penampakannya:


Namun pagi ini, Penampakan Iklan Adsense tersebut mendadak Lenyap dan digantikan dengan Fitur baru mereka yang kebetulan baru Launcing beberapa jam lalu :) Dan penampakannya sekarang menjadi seperti ini:


Perhatikan, bahwa tidak ada lagi Iklan Adsense yang sengaja ditempatkan Mbah Google diatas Inbox, karena space untuk iklan tersebut, pagi ini sudah digantikan dengan Fitur Membaca Pesan yang masuk berdasarkan 5 pemilihan gaya :)

Kenapa akhirnya Mbah Google membuat Fitur Membaca Pesan yang masuk berdasarkan 5 pemilihan gaya ini? setelah saya menuju ke Blog resmi mereka dan bacain postingan mereka sampe tuntas, ternyata hal ini mereka lakukan untuk meningkatkan Produktivitas user dalam menggunakan E-mail mereka, yang secara khusus, Google ingin memberikan kenyamanan kepada mereka (user), saat mereka (user) ingin membaca pesan yang masuk ke Inbox mereka (user).

Klo anda masih inget, sebenernya beberapa bulan yang lalu, Mbah Google melalui Layanan Gmail-nya ini sudah terlebih dahulu menambahkan Fitur Bintang dan Pesan Penting untuk memudahkan anda mencari pesan yang dianggap sebagai pesan penting oleh Mbah Google, tapi baru sebatas penambahan tanda bintang dan penting sih, dan untuk mencari pesan-pesan itu, anda pun masih tetap mencarinya secara manual dengan melakukan Scroll kebawah hingga anda menemukannya.

Nah, itu yang hari ini coba diperbaiki Mbah Google di Layanan Gmailnya ini, yaitu dengan membuat 5 pilihan gaya pembacaan pesan yang pastinya sangat membantu dan memudahkan anda dalam membaca seluruh pesan yang masuk ke E-mail anda.

Dan 5 pilihan Gaya pembacaan pesan yang mereka hadirkan antara lain:

1. Klasik (Classic) atau Gaya standart yang kita gunakan untuk membaca pesan yang masuk berdasarkan tanggal terbaru. Atau dengan kata lain, pesan yang berada pada tempat teratas adalah pesan yang paling baru berdasarkan tanggal dan jam :)

2. Penting Terlebih Dahulu (Important first), jika anda memilih gaya ini, seluruh pesan dengan tanda penting akan ditampilkan dalam urutan teratas berdasarkan tanggal terbaru :)

3. Belum Dibaca terlebih dahulu (Unread first), Jika anda memilih gaya ini, seluruh pesan yang belum terbaca akan muncul pada bagian paling atas yang urutannya sesuai dengan tanggal yang masuk, dan buat saya ini yang paling penting dari pada 4 Fitur lainnnya, soalnya klo pun saya milih gaya penting lebih dahulu, itu kan pentingnya menurut Mbah Google, bukan menurut saya haha... lagian mau penting mau kga semua pasti dibaca kan? wkwkwk..

4. Berkilau terlebih dahulu (Starred first), Jika anda memilih gaya ini, artinya semua pesan dengan tanda bintang yang berkilau *jiah elah bahasa lu Mbah udah kaya Iklan Sunsilk haha... akan muncul pada bagian teratas sesuai dengan tanggal masuk terakhir :)

5. Kotak Prioritas (Priority Inbox), Jika anda memilih gaya ini, artinya seluruh pesan penting yang masuk, baik itu sudah dibaca atau belum dibaca akan tampil dibagian paling atas, diikuti pesan lain dibawahnya.

Nah itu dia 5 gaya yang dihadirkan Mbah Google, dan anda pun bisa menjadikan salah satu gaya diatas sebagai Default di akun Email anda dengan mengklik salah satunya di menu Drop Down yang disediakan Mbah Google, eitz, tapi ini cuma berlangsung selama Seminggu lho ya, jadi klo udah seminggu dipake, Gmail akan langsung mengembalikannya ke Gaya Standart atau klasik hhe.... jadi klo mau ganti gaya lagi baru klik lagi :)


Gimana? sudahkah anda mencobanya pagi ini? klo belum silahkan langsung buka akun Gmail anda untuk mencoba Fitur baru ini.

Dan sebelum pamit, kaya biasa kita bersulang dulu... Cheeerrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

34 komentar:

Sofyan said...

saya sudah mencoba,,tampilannya memang bagus lebih tranparan...

ReBorn said...

saya pilih unread first. lebih seksi soalnya. ghehehehe. ini mau milih apa ya? :p

google berkembang terus ya. semoga yang + juga segera bisa untuk publik :)

narti said...

1. disini masih ada iklan di atas inbox :)
2. beberapa waktu lalu fasilitas ini udah uji coba ya? tapi harus ngeklik inbox (blm muncul di atas inbox seperti sekarang).
3. untuk star, tanda seru dll yg 8 buah kurang efektif menurutku, coz manual :(
4. tanda inbox penting (important) itu penting menurut google ya? coz seringnya inbox yg masuk ada tanda itu kalau belum dibaca :)
5. matur nuwun :)

Adi Chimenk said...

gilaaa..!! lu teliti banget Fer..! gw aja baru ngeh, dan langsung ngoprek2 gmail gw... hahaha, keren tampilannya..:)

sda said...

sekarang bisa memilih sesuka hati :)

Sukadi said...

dari sini aku langsung lihat email Kang, dan memang berubah hehe..

mungkin ini bagian dari "revolusi"nya google kali ya, banyak perubahan, banyak fitur baru, dan banyak gratisan yang baru juga hehe..

Terimakasih Kang buat infonya.. Met beraktivitas..

Universitas Islam Indonesia said...

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/
Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta

Rawins said...

google lagi angin anginan kayaknya
kemarin notifikasi google+ ada di pojok kanan atas
sekarang ilang lagi
entah siang nanti...

Ajeng Sari Rahayu said...

saya lagi buka emalnya nih. tadi masih ada iklan diatasnya, setelah masuk ke pengaturan trus ganti bahasa kok ilang iklannya, nanti lah saya nyoba2 lagi ngubek2 biar paham. keseringan pake email yahoo sih, jadi nggak mudheng blas pas masuk email google,,,ckck

anisayu said...

waduh jadi penasaran nih pingin tahu, langsung deh buka gmail hehehe

info yg bagus...

btw, trimakasih ya infonya jadi ingat aku pernah tanya ku pikir ga boleh trus dicueki aku hehehe

bopfive5 said...

ak sering menggunakan yahoo follow sukses

DJ Site said...

@ Sofyan : bukan bagusnya sih yg penting, tapi berguna apa gak itu yg lebih penting menurutku hhe... dan kayanya yg ini lumayan berguna wkwkw... :)

@ ReBorn: Ah lu mah ikut2 gw aja haha... Jiah, si seksi masih kebawa ampe sini ternyata udah cukup itu mah di G+ aja bareng Chimenk haha.. :)

Yupz, moga G+ cepet bisa dipake semua orang

@ narti :

1. Klo pake Bahasa Inggris iya masih ada, tapi ko dirubah ke Indonesia ilang iklannya :)
2. Iya, udah di uji coba sekitar 8 hari, dan baru akhirnya hari ini launching hhe...
3. Sama menurutku juga gitu Mbak..
4. Iya itu menurut Google makanya ku bilang belum tentu penting untuk kita haha...

@ Adi Chimenk : Ah lu telat sih menk gabung di G+nya tadi pagi, gw udah ngobrolin ini duluan malah ama Raja haha..

@ sda : ini Seneng toh ceritanya? hhe...

@ Sukadi : kayanya sih gitu kang, biar sekalian diubah semua mungkin sama si Mbah hhe.. sama2 kang..

@ Universitas Islam Indonesia : Silahkan untuk yg ada disekitar Yogya klo mau masik UII hhe... (tak bantu promosi)

@ Rawins : Sekarang Notif udah ada lagi kok kang...

@ Ajeng Sari Rahayu : Iya klo di bahasa Inggris emank masih ada iklannya hhe.. :)

@ anisayu : monggo.... aku masih inget kok, cuma ya gitu karena gak bisa tiap hari ngeblog jadi sesempetnya klo BW hhe....

@ bopfive5 : waduh aku malah jarang pake Yahoo! gak pernah mlah hhe.. klo gak Gmail ya Hotmail yg kupake wkwkwk...

Ajeng Sari Rahayu said...

Ow, tanya lagiiii :D

ini setelah sampean invite saya apain ya? nggak mudheng, maaf2 >.<

tadi sudah masuk google plus trus submit. selanjutnya apa nunggu meail dari googlenya??

smp 3 lembang said...

google lagi permak habis ya Sob semua dibuat baru he he aku mau buka juga gmail mau lihat hal - haal diatas, sebelum pulang berbalas pantun dulu

Sang Cerpenis bercerita said...

tks infonya.. saya jadi penasaran pengen liat gmail saya.

Muhammad A Vip said...

saya kok nggak menyadari hal ini ya? bener-bener google gak mati gaya. sip lah, tapi sekarang saya lagi jajal pake mail plasa, asyik juga.

Meutia Halida Khairani said...

hmmm, pantesan sewaktu buka gmail langsung ada prompt aneh. hehe
tp saya jarang terima email lewat gmail sih. jadi ga ada yg harus dipilah2

Jiox said...

babar blas enggak ngerti yang ini, padahal habis buka inbox… cuman lewatnya m.gmail , harap maklum koneksiku endlap endlup wkwkwk
thanks inpone pak.. nyoba disik

Teknokers said...

wah, aku belum coba nih sob... meluncur ke TKP ahh,

wuzzz...zzzz

Rizkyzone said...

sore sob, maaf ni baru absen seharian tidur, kayaknya saya belum bisa update nih, badan q masih drop total, baru 3 hari kerja di bogor, biasa adaptasi cuaca, cuaca tulungagung ama bogor rada bda, ini aja nguat2in pegang hape. lanjut....

untu akun gmail belum lihat perubahannya, nanti deh low q dah bisa OL di kompi lagi, langsung cek, doain j maga aq cepet sembuh dan bisa blogging lagi, ok ! happy blogging aja, aq mau istirahat lagi.

Nyayu Amibae said...

Assalamualaikum sob.. pa kbr?

Nah loh, ketahuan bener aku dah lama ga check email.... oke aku coba lihat dulu ya,, hehehe

Fahrizal said...

iya ... benar banget ... bagus sekali dan praktis membantu banget

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Kang
wah kebetulan kemarin saya ngoprek gmail dan menampilkan semua layanan malah satu halam keliatan tambah rame bertingkat-tingkat

Zippy said...

Google mah udah kaya, gak perlu lagi nyungsepin iklan di Gmail.
Lewat pencarian aja udah dapet banyak tuh, hihihi...
Tapi saya malah baru tahu lo, gak sempat ngecek sob, hahaha...

M. Chandra Panjinata said...

rindu komen disini.....salam hadir kembali dari sobat lama....

krozbonek said...

hehehe tiap hari saya buka email di gmail tapi malah tidak tahu ada update :D
nice info cak

Prasetyo said...

Numpang blogwalking from mobile. Dont forget to visit us, wokey...

NuellubiS said...

teliti banget sih fer... setuju sama mas adi. ;p

Tarry KittyHolic said...

Email masukku tiap ari cm tynt ama keyword apa itu aq malah ga ngerti xixixi

DJ Site said...

@ Ajeng Sari Rahayu : Nggak klo udah registrasi dan E-mail Invite yang tak kirim langsung aja Login, udah bisa kok, gak perlu nunggu email apapun dari Google :)

@ smp 3 lembang: Iya tuh Sob, si Mbah lagi permak abis-abisan hhe... Silahkan Sob klo mau langsung nengok hhe...

@ Sang Cerpenis bercerita : sama2, klo gitu silahkan diliat deh hhe...

@ Muhammad A Vip : AKu juga dulu punya tuh Plasa, tapi karena keamanannya aku agak ragu, jadi cuma tahan bentar make Plasa hhe...

@ Meutia Halida Khairani : pasti pengguna Yahoo! nih haha..

@ Jiox : haha.... samaan Pak, aku yo klo koneksi ancur bukanya pake mobile Version wkwkwkw..

@ Teknokers : SIlahkan Sob klo mau meluncur..

@ Rizkyzone : Wah klo gitu cepet sembuh Sob biar bisa nulis lagi hhe.. :) bogor sebelah mana nih?

@ Nyayu Amibae : Walaikum salam sista.. Hayah, kamu mah pasti buka email pas Blogging doank, lha wong Blog ae Hiatus lama gimana suruh buka Email haha... *Peace

@ Fahrizal : Yupz..

@ Djangan Pakies : Walaikum salam, Iya sih agak rame emank kang tapi cukup lah buat saat ini fungsinya hhe..

@ Zippy : Semua Layanan mereka justru nampilin Iklan Sob, Youtube, Google Search, Gmail haha...

@ M. Chandra Panjinata : Waduh.. apa kabar Sob? lama aku gak liat sobat hhe..

@ krozbonek : Klo gitu silahkan diliat sekarang Cak.,..

@ Prasetyo : Hayah, lagi nyari Backlink toh? MOnggo lah ndak aku hapus...

@ NuellubiS : Owh setuju kerennya ya.. hhe..

@ Tarry KittyHolic : jarang dipake toh?

TUKANG CoLoNG said...

gue suka kemampuan pengamatanmu dan gaya pembahasannya :)

kenia huwada said...

jeli banget nih mas yg satu ni,..
padahal tiap hari aku buka gmail, tp suka asal alias ga teliti hehehe
makasihya atas infonya,.:)

R. Indra Kusuma Sejati said...

Wah... langsung ke TKP saja Sob. Terimakasih atas informasinya.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's blog

DJ Site said...

@ TUKANG CoLoNG: Makasih Bli hhe... :)

@ kenia huwada : sama2 Mbak... hhe... biasa aja kok cuma kebetulan pas ngeh

@ R. Indra Kusuma Sejati : Silahkan Sob... sama2..

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian