Friday, October 7, 2011

Google PageRank Belum Mati, Inilah Alasan Kenapa Google PageRank Anda Menjadi N/A atau 0 pada Update 6 Oktober 2011


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,


Ehm, udah hari jum'at aja nih? hhe... berarti besok kita udah mulai nikmatin liburan weekend lagi donk ya? Hurray ... *mendadak semangat saya klo denger kata libur haha eh, atau ada diantara anda yang mungkin udah merencanakan mau weekend kemana kali nih besok hhe... terserah lah, yang pasti sebelum besok nikmatin weekend kita abisin dulu kerjaan kita untuk seminggu ini... setuju? Okeh, Semangat! hhe...

Dan pagi ini, karena kerjaan saya gak gitu banyak dan masih dalam rangka memback-up Project-project gambar untuk bulan lalu juga, jadi saya mau kembali menyapa anda dengan tulisan serabutan saya pagi ini *dasar, semangat-semangat, pagi-pagi udah Ngeblog haha...

Lha terus pagi ini sampean arep ngomogi opo tah kang? Pagi ini saya mau ngajak anda ngomongin Update Google PageRank 6 Oktober 2011 kemaren yang ternyata menyisakan duka cukup mendalam dikalangan blogger di seluruh dunia, bahkan bagi beberapa Founder Website besar, kesedihan ini jauh melebihi duka yang mengiringi wafatnya Steve Jobs, Kenapa? karena pada Update Google PageRank 6 Oktober 2011 kemaren, semua Blog dan Website termasuk Google.Com mengalami kehilangan PageRank menjadi N/A atau 0. Yupz, bukan hanya Blog yang saya dan anda miliki yang PageRank-nya mendadak jadi N/A atau 0 tapi seluruh website diseluruh dunia memang mengalami kehilangan PageRank, karena Google sebagai pembuat Algoritma penghitungan PageRank pun mengalami kehilangan PageRank menjadi 0.

Dan berita tentang Updatenya Google PageRank ini, pertama kali saya tau dari E-mailnya Mbak Narti, gak usah saya kasih tau isi E-mailnya ya, soalnya saya belum izin sama si Mbak jadi kayanya gak ada etikanya banget klo itu saya muat, intinya sih dari ngobrolin tentang apa, eh si Mbak tau-tau bilang klo PageRank udah update.

Dan pas tau Google baru aja update PageRank kaya kata-katanya si Mbak, awalnya saya masih tetep gak minat untuk ng'cek-ng'cek PageRank semua blog yang saya miliki naik atau turun *yupz, blog saya emank banyak haha... karena seperti biasa saya emank gak gitu perduli dan perhatian sama angka atau statitik yang katanya mempengaruhi bagus nggaknya suatu blog dalam SERP's (search engine results page) itu, dan selain itu, ya karena pas baca E-mailnya si Mbak saya emank masih di Jalan dan lagi buru-buru supaya bisa sampe tepat waktu, jadi ya boro-boro mau segala cek-cek PageRank dari Handphone orang saya-nya aja lagi OTW *G+U+B+R+A+K = GUBRAK!!! haha...

Dan pas sampe di kerjaan barusan, ketika akhirnya saya kembali buka E-mail dan ngeliat banyak notifikasi dari berbagai forum SEO yang saya ikuti, baru akhirnya saya sedikit minat untuk Ng'cek PageRank blog ini. Pertama, saya cek di prchecker.info dan hasilnya mereka tidak dapat memprediksi dan menyuruh saya untuk menunggu sampai sistem mereka bisa memprediksi PageRank yag valid untuk blog saya, terus saya cek di mypagerank.net dan hasilnya PageRank saya belum mengalami perubahan apapun dan masih tetep stay di angka 3 yang kayanya udah angka mati setelah turun dari angka 4 di update musim lalu haha... Dan karena saya masih kurang puas, akhirnya saya ketikkan keyword "PageRank Checker" di Google dan menemukan banyak penyedia jasa Pengecekan Google PageRank yang akhirnya saya cobain satu-persatu, dimulai dari rankwidget.com yang memberikan PR 0 untuk blog ini, untuk beberapa blog saya yang lain, bahkan untuk Google.com, selanjutnya ada sekitar 3 penyedia jasa pengecekan PageRank lagi yang saya sambangi dan hasilnya 2 penyedia jasa tersebut memberikan PR 0 untuk semua blog termasuk Google.com dan 1 penyedia lainnya, justru memberikan kata-kata "Unpredict" untuk semua website yang saya cek temasuk Google.com. So, dari 4 hasil pengecekan itu, saya simpulkan bahwa Mbah Google memang sedang mengembalikan atau bahkan menarik semua perhitungan PageRanknya dan membuatnya tidak berlaku atau bahkan tak berguna untuk sementara waktu.

Dan setelah puas, mengetahui PageRank sedang menghilang entah kemana, baru satu-persatu Forum SEO luar saya sambangi barusan *bener-bener kaga niat kerja nih orang haha... Dimulai dari Forum SEO Australia, yang begitu LogIn saya udah nemuin banyak banget kata-kata indah penuh linangan air mata dari para Founder Website sana, dan satu kata paling indah yang ingin saya kutip untuk anda adalah kata-kata berikut:

If the words Search Engine Optimisation don’t mean anything to you, look away now.


Yang klo saya artikan secara ngawur menjadi:

Jika kata SEO (Search Engine Optimisation) tidak berarti apa-apa bagi anda, berpalinglah sekarang juga.


Terdengar sangat indah dan sedikit menyayat hati mungkin haha... tapi itulah pendapat mereka, karena per 6 Oktober 2011 kemaren, Google tampaknya memang telah menonaktifkan tampilan PageRank pada browser toolbar dan algoritma penghitungan yang digunakan para penyedia jasa peringkat online (Pengecekan PageRank). Bahkan Toolbar plugin, seperti SEOQuake dan SEOBook pun, telah menampilkan Google PageRank = N / A atau 0, untuk blog ini bahkan untuk Google.com.

Tapi Lain Blogger Australia, lain pula Blogger Amerika, karena setelah saya sambangi Forumnya, banyak diantara mereka yang justru terlihat gembira dan bahagia menyambut hilangnya Google PageRank dari toolbar dan penghitungan peringkat Online. Dan berikut salah satu pendapat yang menurut saya layak untuk mewakilkan pendapat mereka:

Scott_McLay: Well it looks like TBPR is dead – woohoo no more confusion over its importance

Mungkin ada diantara anda yang bingung kenapa di Amerika Serikat sendiri Google PageRank maupun penghitungan rangking lainnya justru tidak terlalu dihiraukan, tapi sedikit yang saya tau setelah banyak ngobrol dengan mereka melalui Forum, bahwa untuk para Founder Website maupun para Programmer dan Web Developer disana, PageRank memang hanya dianggap berguna jika mereka ingin melakukan penjualan link atau sekedar menerima Job Paid Review, jadi klo untuk Personal Blog's yang digunakan untuk Sharing, buat mereka PageRank gak terlalu penting :) biarpun disisi lain mereka pun mengatakan bahwa SERP's cukup penting untuk mereka, dan setelah saya tanya lagi, mereka punya anggapan bahwa PageRank gak mempengaruhi SERP's sama sekali itu kenapa mereka menganggap SERP's penting tapi tidak terlalu menghiraukan PageRank. Dan pertanyaan itu saya tanyakan kepada sekitar 26 Blogger sana yang lagi Online barusan.

Bahkan klo mau main perhitungan, mereka lebih suka menjadikan MozRank (Peringkat penghitungan Website yang dibuat oleh SEOmoz), sebagai patokan jauh melebihi Google PageRank. Bingung kan? ... itulah kenapa saya selalu bilang bahwa SEO bukan cuma Google, karena jangan lupa, masih ada Yahoo!, Bing, Ask, Baidu, dan lainnya hhe... jadi, anda pun gak boleh menyalahkan mereka klo mereka lebih milih MozRank sebagai patokan hhe... justru jika selama ini anda salah satu orang yang berpatokan bahwa SEO itu hanya ditentukan oleh Google, saya rasa anda harus membuka mata anda dan melihat Search Engine lainnya :) *sorry klo anda gak setuju, karena saya juga gak minta anda sependapat dengan saya hhe...

Kembali ke masalah PageRank, lantas kenapa dijudul postingan kali ini, saya memberikan Judul "Google PageRank Belum Mati"? bukankah banyak Toolbar dan penyedia jasa pengecekan Google PageRank telah menyatakan bahwa PageRank telah hilang dan dikembalikan ke N/A atau 0? Yupz, karena setelah seorang Founder Directory Website asal Amerika Serikat memintakan konfirmasi resminya, Google langsung menjawab pertanyaannya melalui E-mail dan mengatakan kalimat berikut:

Google has simply updated the URL which is used to query it, which has caused various toolbars and websites to stop reporting the number.

Itu cuma sebagian isi emailnya, sebenernya masih panjang, cuma karena yang saya anggap inti cuma itu doank, jadi yang saya tampilkan hanya itu. Yang intinya, Google berusaha mengkonfirmasi bahwa mereka memang sedang melakukan update sederhana pada Url-url yang digunakan untuk query penghitungan PageRank, dan itu sebabnya banyak toolbar dan Website penyedia jasa pengecekan PageRank belum dapat melakukan penghitungan atau prediksi atas Google PageRank dan menghasilkan kata N/A atau angka 0 untuk semua Website yang dicek, karena Google memang belum secara resmi mengumumkan update sederhana dari penghitungannya ini, dan berita realnya, Google justru belum melakukan Update Google PageRank, dan hanya melakukan Update sederhana untuk Algoritma yang menghasilkan query penghitugan PageRank *GUBRAK!!! dan untuk anda yang bingung apa itu query, pokoknya itu berhubungan sama Database lah, soalnya klo saya jelasin detailpun takutnya anda tetep gak ngeh hhe... :)

So, melalui postingan ini saya ingin ikut menegaskan, bahwa Google PageRank memang belum mati, dan klo menurut anda Google sedang melakukan Update PageRank kembali saya tegaskan bahwa Google belum melakukan Update PageRank, dan yang dilakukan Google pada 6 Oktober 2011 kemaren bukan update PageRank, melainkan Update sederhana untuk penghitungan PageRank, dan Google berjanji akan memperbaharui penghitungannya itu agar dapat kembali bekerja di toolbar dan penyedia jasa pengecekan PageRank dalam waktu dekat, sehingga anda dapat kembali melihat Angka yang Valid dari PageRank anda.

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa saya beritahukan sebagai alasan dan jawaban resmi dari Google untuk pertanyaan-pertanyaan tentang hilangnya PagaRank maupun kenapa semua Website dan Blog mengalami kehilangan PageRank yang setelah dicek hanya didapati memiliki PageRank N/A atau 0. Semoga, konfirmasi resmi dari Google bisa sedikit menjawab rasa penasaran anda...

Dan sebelum pamit, kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheeerrrss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Bloggging n Happy Friday... :)




30 komentar:

NuellubiS said...

gw sih dari dulu ga permasalahin PR fer.. dari duu ga pernah ngerti makna dan fungsinya.. :D

DJ Site said...

@ NuellubiS: Sama, klo buat gw sih PageRank cuma fungsi klo kita mau main Paid Review, karena emank ada syarat PR minimal 3 klo gak salah untuk beberapa Paid review, atau bisa juga klo tuh Domain mau dijual lagi, biarpun sekarang gw udah jarang denger orang bisnis jual beli domain PR hhe... selain itu, menurut gw pribadi ya gak untuk dipermasalahin sama sekali yang kaya PR atau lainnya itu hhe... :)

dwisuka said...

Kalau soal PR, kayaknya sudah patah hati. Mati rasa.... :D

windflowers said...

hehehe..sependapat sm nuel, fer..ga mudheng aku.. :D

ABoh EKA™ said...

Ngak mudeng nih c aku... PR=0..??
Klo liat bloknya Mas DJ PR-nya ngak nol tuh, tetep ketulisnya 3.

Muhammad Rizal said...

hidup pr 3,,,klo aku sih turun dari pr 4 ke pr 3,,,huhuhuhu sedih deh....!!!!!!!

tetap semngat..

Adi Chimenk said...

bwwahahaha, pantesan gw gak dapet paid review. ternyata blog gw PR-nya jadi nol. *emg selama ini lu sering dapet paid review menk? | kagak, hahaha*

Ejawantah's Blog said...

Yang penting berkarya saja Sob, jadi ga ada beban. Sukses selalu.
Salam
Ejawantah's Blog

I-one said...

ngomongin pangeran..ione jadi cek ..ternyata 2..alhamdulillah ya

Munir ardi said...

biarlah Pr hilang yang penting tetap dapat visitor dari SE

Akmal Fahrurizal said...

tadi saya coba cek tapi malah notifikasi error terus.

Yudi Darmawan said...

yaaah, pagerank,
pernah ngukur, dan hasilnya mengecewakan,
jadinya gak mau cek rank lagi, hehe..

narti said...

email ditampilin? jangan atuh Kang, malu *sambil nutup muka*

oh gitu ya, berarti besok ada update PR lagi kan?
kalau dari PR 3 jadi N/A atau 0 kan menyedihkan :(
makasih penjelasannya.

sda said...

kayaknya artikel ini udah di view ribuan kali deh :)

Ҝarlz said...

sekalian Alexa N/A biar ga pd stress.. HAHAHA.. Thx infonya Bro ^_^

fb said...

Wah gimana nih nasib saya nih yang suka jualan link ya.. Mudah2an penghasilan enggak turun nih..

Bang Pendi said...

Wah, saya kayaknya blom cek pagerank nih...maklumlah kiblat ngeblog saya adalah Amerika yang sedikit kurang perduli sama pagerank, hehe...

salam hangat & sukses selalu...

rafabacil said...

pagerank apaan siy om???
rafa gak ngerti deh,,,
hehehehe

krozbonek said...

weekend tetap kejar setoran cak.
aku setuju, SERP memang lebih penting daripada PR.

Priagoenks said...

infone komplit. muter2 nyari info ternyata disini lebih komplit. matur suwun mas ferdinand

Bang Iwan said...

Alhamdulillah, ketemu jawabannya disini.
makasih banyak.

Sukadi said...

awalnya aneh juga, Kang, saat melihat PR blog n/a, tapi setelahnya sudah dianggap bisa, lha wong berapapun PR-nya tetap ngeblog juga kok hehe..

Oke, terimakasih buat infonya Kang, semoga tetap semagat :)

Obat Sakit 2011 said...

wah wah lha blogku yo katut sisan kang menjadi n/a

Catatatan Harian said...

Wah trus,, plugin cek PR di toolbar ane dah ga akan dibenerin kah sama yang punya ? :D
ampe skrg masih NA aja di toolbar

Kunto Raharjo said...

Gimana tuh nyisipkan text add link yang kaya di blog ini. Pengen punya juga nih

work from home said...

jiah gw kira paan hehe..
tapi mang bener sich, page rank mang ga terlalu penting upps.., tapi itu menurut gw loh, karena pagerank itu bisa naik atau turun, tapi yg menurut gw jauh lebih penting itu yah nama domain itu sendiri, red kalo orang dah hapal kita punya nama, yah ga perlu lagi nyari, tinggal ketik aja namanya contoh nya kek facebook atau google, tul ga om?, upps.. kepanjangan nih, ane mo balik dulu, tadi lupa disuruh nyak beli kecap, kalo ada waktu main-main ke rumah ane ya om (kunjung balik) Thx

Darmawan Saputra said...

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu tentang blogging, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



#Semoga sehat selalu :D

Kidzoro said...

Wah nice info nya nih bang. Tadi nya saya juga udah takut karena google PR nya jadi N/A tapi yang forum dari Amerika itu emang bener hehe Thx:)

koil yz said...

Aduh banyak ceritanya neh,,,makasih mas pencerahannya,,,jadi sedikit paham,,,maklum newbie

knalpot creampie jogja said...

inget lagi tentang seomoz,,,tak ke TKP seomoz buat ngecek mas,,,suwun memori ada yang teringat kembali

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian