Wednesday, May 5, 2010

Teknologi Dan Kerusakan Bumi


Belum lama ini kita telah memperingati Hari Bumi dengan melakukan pemadaman Listrik selama 1 Jam(Untuk yang Melakukannya, terima kasih telah menghargai Bumi tempat anda tinggal) atau kita menyebutnya Earth Hour. Dan waktu itu saya juga sempet bikin postingannya>>Baca Disini<<. Dan waktu itu saya juga pernah Ng’bahas tentang Bahan berbahaya yang terkandung disemua Barang Elektronik>>Baca Disini<<. Nah trus hubungannya apa sama postingan yang akan saya buat hari ini? Ada, beberapa hari lalu saya sempet ng’liat berita di TV dan kayanya tuh berita juga masih ada di Streaming Video salah satu Stasiun TV. Disitu dibilang klo mungkin beberapa tahun kedepan Sampah-sampah komputer akan jadi salah satu penyebab semakin parahnya kerusakan Bumi kita ini. Jadi, klo kita pikir kerusakan Bumi Cuma disebabkan oleh Illegal logging, Polusi Udara akibat kendaraan Bermotor, limbah dan sampah yang pada berenang di Kali dan Sungai, kita mesti mikir ulang, kenapa? Karena teknologi justru memberi sumbangan kerusakan Bumi yang terbesar(Biarpun ketiga hal tadi juga cukup berpengaruh).


Klo dibilang Polusi udara jadi Hal terbesar penyebab Kerusakan Bumi kayanya nggak juga soalnya kaya yang kita tau udah ada CO2 Tradding(Penjualan Gas Karbon). Trus klo illegal Logging, kayanya itu lebih mudah diketahui dan diberantas klo para petugas hutan mau sedikit lebih perhatian sama Hutan kita(bukannya nuduh atau sudzon, tapi ga mungkin lah pohon2 segede itu ga ketauan pas ditebang apalagi di hanyutin lewat sungai, Impossible). Trus limbah Sampah, kayanya kesadaran yang pada buang sampah doank. Nah, klo teknologi?


Sebenernya masalah utamanya ada di Produsen itu sendiri, Okeh saya bahas dari masalah sampah-sampah komputernya dulu, dikabarkan sampah-sampah komputer akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2030(ah masih lama, mungkin anda mikir gtu). Dan menurut Jurnal Environmental Science & Technology peningkatan itu akan terasa di tahun 2016(Masih lama juga, mungkin lagi-lagi anda berpikir begitu). Katanya sih, Di negara- negara berkembang jumlah sampah komputer pada 20 tahun mendatang mencapai 400 juta hingga 700 juta unit(ah sedikit, pikir anda makin konyol). Trus kenapa sampah-sampah Komputer bisa makin banyak dan bukannya makin sedikit?


Itu yang juga saya tanyakan, dan klo saya pikir kayanya lebih kepada permintaan. Hah permintaan, sampah koQ diminta? Coba anda bayangkan andai kemajuan teknologi tidak terjadi setiap hari mungkin sampah-sampah itu akan sedikit berkurang, kenapa? Setiap hari perangkat elektronik terus meningkat di negara berkembang. Perkembangan teknologi membuat orang cepat mengubah perangkat yang dimilikinya dengan teknologi terbaru yang pada akhirnya akan meninggalkan perangkat lamanya serta turut menyumbang 1 % dari sampah komputer(bener ga?, silahkan anda jawab sendiri). Apa pemerintah turut berperan? Menurut saya pribadi, ya karena ga mungkin ada kebijakan tanpa ada kata-kata dari yang berkuasa(udah, ga perlu ngasih kritik buat pemerintah dan biarkan beliau-beliau pada sadar sendiri). Tapi ga Cuma 2 hal itu yang turur memajukan kerusakan Bumi, salah satu yang cukup parah yaitu kandungan bahan berbahaya pada setiap perangkat elektronik seperti yang pernah saya bahas>>Baca Disni<<. Dan apakah itu ga bisa diatasi? Bisa klo yang ngurusin sadar, hah sadar? Yupz tepat, setiap pabrik atau perusahaan apapun pasti butuh sertifikasi Amdal(buat yang baru denger search di Mbah google aja ya hhe) agar produknya dapat dinilai baik dan tidak merugikan lingkungan, dari mana saya tau hal itu? Dulu saya pernah kuliah Teknik Lingkungan walaupun ga lama dan setelah itu pindah jurusan hhe…. Balik lagi kemasalah tadi, dengan kata lain, klo yang ng’luarin sertifikasi jujur, itu akan lebih membantu melestarikan Bumi(bukannya sudzon, tapi setau saya lebih banyak perusahaan yang tidak memenuhi syarat utnuk mendapatkan seertifikasi Amdal daripada yang benar-benar layak). Dan lagi-lagi semua bergantung kepada pribadi kita masing-masing……huft susah juga ya haha….


Saya ga bilang kemajuan teknologi harus dihambat, tapi klo ada kemajuan teknologi yang bikin sampah komputer N bahan berbahaya yang merusak Bumi makin banyak, kenapa ga ikut dipikirin langkah untuk antisipasi, syukur-syukur menanganinya hhe….


Dan terakhir, saya ga akan nyuruh anda untuk ikut melestarikan Bumi ini…… tapi klo anda sadar bahwa Bumi ini masih berguna untuk hidup anda dan generasi yang mendatang silahkan pikirkan, haruskah anda melestarikannya???

* Cuma pikiran pribadi dari orang yang pengen hidup di Buminya......(Ferdinand)

Happy Blogging 4 All…..


28 komentar:

sehat-mu said...

yang penting harus sinkron neh antara kemajuan technolgi dengan lingkungan, paling tidak jangan membuwat ancur kehidupan tapi bertambah baik lagi.. semoga demikian sobat

tomo said...

Ayo selamatkan bumi dr sampah teknologi

Uswah said...

Bumi harus bersih dari sampah teknologi tuk kehidupan yg makin baik

teddytrump said...

Postingannya ada beberapa kata2 lucu bikin aku ngakak haha...tp betul loh sampah komputer bakal makin banyak soalnya teknologi tidak akan henti2nya berkembang dan bukan hanya itu, teknologi sangat cepat dalam berkembang. Baru beli laptop yang kualitasnya seperti di atas langitnya langit (emang diatas langit ada langit ga sih?) Eh malah dah keluar laptop yang diatas langitnya langit tadi (jujur aku bingung cara nulis langit atas langit,huff) nah ketika laptop yang baru keluar ga lama pengen lah ganti , lantas yang lama gmn? Ya jadi barang bekas bakalan nantinya....

Ya seperti jg flashdisk, dulunya fdisk 256 mb sangat banyak diminati tp sekarang dah keluar yg 8 gb, fdisk 256mb ga dipake lagi, malahan ada yang jadiin gantungan kunci, ada jg yang malahan taru di gudang dan pas ketemunya bilang "loh ini apaan ya?" (lupa)

Memang deh perlu dipertimbangkan bagaimana cara penanggulangannya :)

GBU all

ipin said...

mar kita jaga Bumi kita ini tempat kiuta berdpijak di dunia in Go Green

Butik Bella said...

Bumi yah wajib hukumnya untuk kita lestarikan fer.. Go Green ..! Yess.. Yess.. Yess.. :)

Blogs4funny said...

Ya kalo gak ada begitu bumi bisa ancur sob..

Karlz said...

semakin maju kehidupan ini semakin besar pula resiko2 yg d dpt.. hny diri kita sendiri yg dpt mencegah resiko2 tersebut.. ^^
http://sixooninele.blogspot.com

musthofa_idris said...

tapi sekarang alhamdulillah kawan, dah banyak produsen alat2 teknologi, baik itu komputer, laptop, hardware yang mulai peduli dengan lingkungan.... ya moga aja kedepannya kita semua mkin peduli dengan bumi tempat tinggal kita dan anak cucu kita

Lilah said...

Makanya kita bisa memulai peran kita dari hal terkecil yg kt mampu, kl masg-2 pribadi spt ini, akhirnya tercipta kebaikan yg makin membesar..makin membesar dst...

kang tejo said...

kali ini postnya beratttttttttttt...

gimana klo sampean yg ciptain teknologi ramah lingkungan untuk masalah komputernya bos hehehe..
cz saya liat masih sedikit produsen kompi yg peduli ma lingkungan hehehe..
pengen juga melestarikan bumi...
tapi hanya dg cara yg bisa saya lakukan seperti matikan lampu saat tidur buang sampah ditemptnya n lain2 yg simpel2 heheh

disatia febri said...

sama2 penyumbang kerusakan terbesar. Kalau polusi udara dll, memang mudah diketahui dan diberantas, tapi kalau gak ada kesadaran seperti yang sudah melekat pada masyarakat Indonesia, sama saja. Hehehe, piss Nan! (aneh ya kalau cuma dipanggil pakai akhiran "-Nan" hehehe, oke Fer aja!)

mixedfresh said...

moga moga aja semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga bumi dan menggunakan produk yang ramah lingkungan

archv3nture said...

menjaga lingkungan seperti kita berinvestasi,keuntungannya pasti akan dirasakan oleh anak cucu kita kelak,,,,

akhatam said...

Wah memang buannyak bener sampah elektronik. contohnya saja di Jepang, kata kakakku yang sekolah disana, banyak banget laptop, kulkas, mesin cuci yang tak terpedaya di Tong Sampah. Hmm kalo indonesia mungkin masih di pakai ya??hehhe

TUKANG COLONG said...

blogmu udah aku follow balik om..
:D

Business and financial services said...

makasih infonya :), saya pikir dinegara negara maju org bisa mendapatkan lap top atau brg elektronik dgn murah2 jadi gak ada istilah reparasi bagi mereka,rusak sedikit ganti. beda dgn kita indonesia, contohnya gak usah jauh jauh.....ban dalam sajalah, masih bisa ditempel di tukang tambal ban ^_^

syahidacomputer said...

HArusnya nih ... teknologi dibuat untuk mengatasi masalah lingkungan. .... KAlo sampah teknologi, bisa gak ya di daur ulang ???

DJ Site said...

@ sehat-mu : Setuju Sob.....semoga kaya yang sobat bilang....Kemajuan teknologi bisa sejalan sama Kelestarian Bumi...

@ tomo : hhe....makasih udah ikut dukung pikiranku Cak....

@ Uswah : Bener bgt tuh Sob.....

@ teddytrump : hho ada yang setuju sama postinganku toh hhe...makasih Teddy....nah itu dia mesti dipikirin penanggulangannya....

@ ipin: GO Green juga SOb...!!!

@ Butik Bella: Bener bgt Bella.....GO Green...!!!

@ Blogs4funny : Itu dia Sob.....

@ Karlz : Wah makasih Sob...maksudku juga gtu...Karna ytg punya bumi kita ya kita yg wajib pelihara......

@ musthofa_idris: Ya SOb...aku juga pas dipameran2 Elektronik juga udh mulai banyak produk ramah lingkungan...

@ Lilah: Bener tuh Sob...

@ kang tejo: hahaha...aku juga ga sadar nulisnya haha......ya yg kecil juga berarti kan Kang....

@ disatia febri : Bener tuh By....haha terserah aja deh....

@ mixedfresh : aku harap juga gtu Sob....

@ archv3nture : setuju Sob...

@ akhatam: itu dia Sob....kayanya sih masih didaur ulang tuh klo di Indonesia haha...

@ TUKANG COLONG : Ok SOb...makasih...

@ Business and financial services: Bener tuh Sob.....

@ syahidacomputer : harusnya sih bisa Sob....

Miss Rinda said...

wah aq juga pernah baca d majalah tentang sampah elektronik...sng sama iptek yg mqn brkmbng tp miris jg kl kya gini y @_@

DJ Site said...

@ Miss Rinda: yupz aku jug Rin....

angger said...

bumi memang wajib dijaga,tanpa bumi mau kemana kita tinggal?

Bunglon Blog said...

seharusnya bisa imbang antara kemajuan teknologi dengan kerusakan bumi, mungkin seharusnya kemajuan teknologi bisa menciptakan teknologi untuk meminimalisir kerusakan bumi atau justru bisa tanpa harus dengan efek kerusakan bumi..
Sukses Slalu!

DJ Site said...

@ angger : Setuju Sob...makasih udh ikut dukung pikiranku hhe...

@ Bunglon Blog : Bener bgt tuh Sob..jgn cuma nambah masalah dan bikin bumi tambah rusak tapi harusnya bisa ikut memelihara Bumi.....Sukses Juga Sob....

bisnis online said...

Pikir kan masa depan dong...........

obat jadul said...

benar bener mengerikan kalau masa depan terancam....

phie said...

Pengen sih bener-bener peduli, tapi waktu mau do something dan ngeliat sekeliling pada cuek ga ada yg mo bantu, jadi males lagi :(

DJ Site said...

@ bisnis online : bener tuh Sob....

@ obat jadul : iya tuh Sob...

@ obat jadul : eum iya juga sih.....banyak yg ga respect....tp aku kan juga ganyuruh....klo mau aja hha....

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian