Wednesday, October 13, 2010

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Hak Cipta Digital (DMCA)



Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Pagi ini, seperti janji saya kemaren saya akan share tentang Pelanggaran Hak Cipta yang secara gak sadar dilakukan Oleh DJ Site tapi syukurnya udah selesai hhe... Yupz, kemaren pagi sebelum nulis postingan tentang Renovasi DJ Site, Ada pesan yang agak lumayan panjang Bercokol dibagian atas Dashboard saya, persis seperti gambar diatas. Tadinya saya kira itu cuma pemberitahuan tentang Fitur baru yang akan segera Launcing Blogger, tapi waktu saya baca dan tegaskan... Oow... postingan saya ada yang melanggar ketentuan rupanya... Terus dimana letak kesalahan saya?

Sebelum saya lanjutin mendingan kita Bersulang dulu... Cheerrrss...(glek..glek..glek...)....

Balik lagi ke pertanyaan tadi, ternyata postingan tentang Bruno Mars waktu itu yang dipermasalahkan oleh Google dan DMCA. Masih inget sama postingan tersebut? klo udah lupa atau belum baca silahkan menuju Klik DISINI. Terus segi mana dari postingan itu yang dianggap salah dan menyimpang? Tepatnya pada tautan atau Link yang saya berikan untuk Men-download lagu tersebut. Kenapa? karena ternyata Amerika Serikat punya Undang-undang yang jelas tentang Hak Cipta khususnya secara Digital, dan secara gak langsung juga ternyata Bruno Mars labelnya di Amerika itu kenapa DMCA ngirim surat ke saya... dan setelah saya baca secara tuntas, ternyata semua Bentuk Soft Copy baik itu Lagu, Software berlisensi atau sejenisnya udah dilindungi secara Digital Oleh mereka. Dan tuntutannya gak tanggung-tanggung yaitu sekitar $ 100.000 kepada siapapun yang menyebarkannya secara Ilegal atau tanpa izin.

Tapi ada untungnya juga berplatform Di Blogger, karena sebelum masalah tersebut dibawa ke jalur hukum, ternyata pihak Blogger berbaik hati meminta balasan terkait hal tersebut dan berusaha meluruskan masalah ini dengan menonaktifkan sementara postingan tersebut dan mengembalikannya ke Draft. Kaya Gambar dibawah ini:



Terus apa syaratnya? saya harus menghapus tautan atau Link untuk men-download Lagu tersebut dan menuliskan permintaan maaf kepada DMCA dan kebetulan hal itu udah saya lakukan karena saya sadar emank saya yang salah hhe...

Tapi dari kejadian ini, ada hal-hal yang mesti anda ketahui juga, khususnya bagi anda yang kebetulan memiliki Blog Software Gratis, MP3 Gratis atau sejenisnya.

1. Untuk Software jangan sekali-kali anda memberikan Software berlisensi jika SEO anda kuat, koQ ada embel-embel SEO-nya? karena yang dipermasalahkan mereka hanyalah Link yang menempati Page 1 atau 2 dalam pencarian Google, jadi klo selama ini anda merasa baik-baik aja dan gak pernah dapet teguran tertulis dari Google, berarti anda patut bersyukur karena SEO anda biasa-biasa aja dan mendingan gak usah dioptimasi klo anda masih tetep kekeh mau bagi-bagi Software gratis biarpun itu jelas melanggar. Karena bisa jadi anda malah dapet masalah serupa atau klo mau maen aman mendingan anda berbagi Freeware atau Open Source aja yang undang-undangnya emank udah jelas.

2. Untuk MP3, silahkan bajak, Upload, dan share MP3 apapun klo itu penyanyi Indonesia, Jepang Dan Korea, karena mereka gak punya Undang-undang Digital seperti Amerika Serikat, tapi jangan sekali-kali anda berbagi MP3 dari Negri Paman Sam biarpun itu hanya 1 lagu, kecuali hanya untuk Koleksi Pribadi yang bukan untuk di share dengan Mirror Link di Blog anda. karena dalam waktu 3-4 hari kemungkinan anda akan mendapatkan Surat serupa.

3. Jika anda sudah terlanjur mendapatkan peringatan Serupa, segera Edit Postingan tersebut dan yang paling penting Hapus Link yang dipermasalahkan dan segera buat tulisan permintaan maaf di postingan tersebut, karena klo terlambat Google akan segera melibatkan DMCA dan membawa masalah tersebut ke Jalur Hukum dan selanjutnya anda akan lebih kesulitan lagi karena mereka akan meminta Surat Permintaan Maaf tertulis lewat Surat. Dan pastinya anda bisa membayangkan sendiri apa yang selanjutnya terjadi.

4. Klo anda ng'rasa peringatan itu gak penting dan segera mengabaikannya dan kembali mem-publish postingan yang dipermasalahkan tanpa menghapus link yang dipermasalahkan, udah gitu gak ada itikat baik untuk meminta maaf kepada mereka, saya jamin dalam waktu 24 Jam Akun Blogger anda sudah dibumi hanguskan oleh Google... Dan untuk ngurus hal itu, anda mesti bawa pengacara karena biarpun Gratisan Blogger punya Kebijakan yang tegas.

5. Klo mau lebih aman, mendingan kasih aja link ke Blog platform lain di link Download-an nya jadi anda tetep aman dan justru Blog sebelah yang dipermasalahkan, dan untuk Platform lain setau saya selain Blogger Dan WP(Blogdetik dan sejenisnya) mereka gak akan mengirimkan tuntutan apalagi klo anda pake Joomla, Drupal, atau CMS lain yang Hostingannya berada di Indonesia dan SEO-nya pun gak terjamin, itu lebih aman lagi dan kayanya hampir gak terjamah haha....

Kesimpulannya, Yang mereka permasalahkan adalah SEO dari postingan tersebut, jadi semakin buruk SEO anda itu justru akan semakin baik untuk anda yang bergerak di bidang Share Software Berlisensi atau MP3 asal Amerika Serikat. Tapi klo yang anda share MP3 Indonesia, Jepang atau Korea, ya kaya yang saya bilang tadi gak terlalu berpengaruh karena mereka gak punya Undang-undang sejenis.

Dan jujur ini juga yang akhirnya bikin saya tambah miris sama nasib Musisi kita yang ternyata gak punya perlindungan hukum atas Hak Cipta Digital, padahal saya pernah baca kita udah punya HAKI tapi kenyataannya MP3 Indonesia emank gak pernah dipermasalahin ...

Buat Sahabat DJ Site Semua Happy Blogging 'N Have a Nice Day....





56 komentar:

ivan kavalera said...

Wah makasih nih ..ini info berharga banget

ChugyGOGOG said...

Wah ternyata ketat juga ya Hak cipta dari Amerika ini...!!! Saya juga baru tahu Brader kalau blogger memberi peringatan dahulu kalau ada konten atau postingan kita yang melanggar....!!!

Jadi kayanya harus berhati hati kalau mau share sofwer , MP3 maupun Video.

Thanks Brader infonya selamat pagi selamat beraktifitas....

medianya bulukumba said...

ARTIKEL YANG SANGAT BERMANFAAT. OH YA, MAS..DITUNGGU SARAN DAN KRITIKANNYA UNTUK SITUS KAMI GUNA PENGEMBANGANNYA KE DEPAN. TERIMAKASIH.

aryadevi said...

cuma ngucapin thanks atas semangatnya yang disebarkan lewat"Buat Sahabat DJ Site Semua Happy Blogging 'N Have a Nice Day...."

Bali Property said...

wah.. makasih banyak infonya, untungnya saya gak dan belum pernah melakukannya.
dan sekarang jadi sudah tau, makasih banget.
iya benar, seharusnya indonesia juga mempunyai perlindungan hak cipta seperti itu!
Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

DenBaGas said...

Salam

Dapet informasi baru nih dari Om DJ Site..
Ternyata hak cipta Digital belum punya perlindungan hukum ya..

Salam kawan

Djangan Pakies said...

>Pagi Kang, habis dipijet sama Pak tukang Urut langsung ngeloyor ke sini. penasaran sama DMCA sama pesan istimewa kemarin

>infonya sangat penting nih, yang membuat kita harus berhati-hati.

>pesan khususnya ane kirim besok aja ya kang lewat jalur yang sama. sebab nunggu donlot yang lemot dan nunggu tanggapan anak-anak, kan sekarang masih sekolah

>met nggambar lagi ya Kang .... semangat ....

secangkir teh dan sekerat roti said...

say juga nek kalo ada urusan kasih2 link DL saya juga gak mau, paling banter ya saya kasih youtube aja..

ato gak saya tulis gini : cari aja di 4shared ato indowebster, di jamin ada ahahah!

sda said...

mas Fer, terima kasih banyak sharingnya, ini sangat berharga buat kedepannya.
hargai hak cipta orang lain.

narti said...

Kemarin ada juga teman cerita, bahwa temannya dia ada masalah seperti ini, sudah ada tegurannya juga tapi mungkin diabaikan yg akhirnya blognya dihapus sama blogger. Blognya memang sudah ramai sih...

mesti lebih berhati-hati lagi nih.

gp said...

jadi bagaimana dengan indonesia nih?

Belantara Indonesia said...

lagu keong racun kena hak cipta buat di posting ga yah?...xxiixixixixixiixixixiix

blogger admin said...

Pengaruh juga berarti SEO ya sob, wah mesti tenggok drupal nih sob, lagi seneng drupal sekarang.

NENSA MOON said...

Ooo...rupanya begitu ya! berunutung blog sy ga berisi software etc...n SEO-nya pun biasa2 aja..
jadi bs ngeblog dgn tenang dan damai deh..he
thx ats info

fb said...

Wah serem juga ya sob... Apalagi kalo sampe kena tuntutan hukum juga

Tip Trik Blogger said...

kunjungan siang sobat...
makasih infonya

Indahnya Kebersamaan said...

Bener tu bos, terkadang orang indonesia kebanyakan nyari gratisan adja. JAdi hak cipta banyak yang dilanggar

AuL OwL said...

Waaahhh,,,,

ReBorn said...

indonesia ga ada undang-undang digital ya?
jadi kalo ngebajak (lagu dalam hal ini) ga bisa dikenai sanksi ya?

ashtho software easy said...

Waduh... namyak juga tuh tuntutannya,,, ambil duit dari mana... mudah2an gak pernah dapt masalah seperti itu sob.....

CP said...

jadi tambah ilmu sob agar tak terpeleset saat blogging. hebat tuh Amerika hal sekecil apapun hasil kreativitas warganya dibela dan dilindungi mati-matian di manapun berada. Terima kasih info berharganya....

Muhammad A Vip said...

pengalaman menarik, tapi soal himbauan membajak lagu indonesia itu waduh, jangan-jangan tanpa peringatan ada satpam nyamperin rumah hahaha

vini vidi vucinic said...

Saya kira postingan Tera Patrick yg kena DMCA (he...he...he). TQ sob infonya, mudah2an jangan ada yg kesandung lagi...

Herdoni Wahyono said...

Kami amat salut dengan penegakan hukum di USA sana termasuk tentang Hak Cipta Digital. Saat ini teknologi informasi semakin maju dan pengguna internet sudah mencapai ratusan juta orang. Mengapa Indonesia tidak mengikuti jejak Amerika Serikat dengan membuat Undang-Undang tentang Hak Cipta Digital ? Mestinya hal demikian harus segera ditindaklanjuti tanpa menunggu harus menjadi negara maju dulu. Kita hargai karya cipta para musisi dan seniman kita. Jangan 'dibajak' karya dan produk mereka.

riesta said...

wah,,,harus hati-hati ya kalo mau share donlotan...apalagi yg uda ada hak ciptanya...
di Indonesia kapan ya hasil karya kaya gitu juga dihargai...

happy blogging mas Fer...maap baru bisa mampir lagi...

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola said...

akhirnya rasa penasaran saya udh hilang
ternyata gara-gara itu yah sobat
bahaya juga nih kalo tanpa disadari lagu tersebut sdh dilindungi dan untung aja ada blogger yang baik hati..
thx udh ngasih tahu sob, soalnya dendanya juga mahal banget..hehehe
tetep semangat sob

Jiox said...

dendanya kalo buat beli krupuk lumayan tuh xexexe,
waah kalau urusan mp3, film, software gawat bro, tapi emang sih intinya sebenarnya adalah 'SEO', makin bagus makin 'membahayakan' wkwkwk
kalo rpm jadi, konon blog2 dunlot an mp3 dan pilm di negeri kita juga mo digusur.. semoga saja enggak jadi sih :haiyah:

tetap semangaaaad :D

Zan Insurgent said...

bisa berabe juga ya urusannya kalo kita asal ngeshare apalagi kalau kita ga tahu sama sekali tentang Hak cipta digital,untung ane baca sampai habis jadi ane sedikit banyaknya jadi tahu dan akan lebih waspada lagi kalau mau ngeshare sesuatu. ^__^

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...baru tahu saya. Makasih infonya bang....mungkin bisa jadi hati2.

Salam hangat selalu...

Wong sikampuh said...

Waduh ternyata amerika gak bisa di ajak maen2 ya sob,..Untung SEO pnya ku dalam katagori Sangat buruk sekali jd aman ya sob he...He...He...Mksh dah membalas pesan ku sob..Met mlm

mixedfresh said...

Lama ga main ke sini ternyata dirimu dapat surat cinta toh dari om blogger....Tapi untungnya udah kelar tuh...Mesti hati-hati nih kalo pake download MP3....tapi seingatku aku ga pernah kasi link mp3 karena ga ngerti juga hehehhe.....
Oke deh sob aku jalan2 dulu nih.....

Zippy said...

Waduw..ngeri juga nih kalo gitu.
Serem ah, hihihi...
Gila deh, tuntutannya gede banget :D

TUKANG CoLoNG said...

enak ya jadi musisi amrik. hak mereka terjamin

Muza elbanaf said...

malem sob..., weleh lama gak berkunjung ternyata dirimu berurusan sama orang Amrik ya sob hehe...

Pengalaman yg berkesan meski deg-degan yo. Makasih da berbagi pengalaman, jadi sedikii tahu neh tentang SEO dan aturan main di dalamnya.
Sebenere aku jg suka gratisan tp bila melihat musisi kita karya2 mereka tak terlindungi ya kasihan juga.

Syukurlah semua da kelar, emang dj site ini paling sering berpetualang...

tejo said...

Wew ternyata ribet juga yak, baru tahu saya..klo Inddo nerapin undang2 kaya amerika pasti banyk blog2 yg bayar denda $100.000 wew..pemasukan blog aja cuma 10 ribu..hadohhh ga imbang...entek duite endok isoh2 hahah..thanks pengalamanya pak DJ..mantap dah..pripun kabarnipun sae mawon???

rizal said...

ternyata ada untung juga ya kalau SEO nggak begitu bagus hee...he...thank shrenya bro..jadi pelajaran berharga ni, untung aja blog ku isinya nngak penting dan amburadul...

Kopi Susu Pahit said...

waw pak liek harus lebih berhati-hati kalau begitu ... karena punya blog berkonten link download software

NgePas said...

wah bermanfaat sekali nih infonya... untungnya blog saya blm mendapatkan teguran dan mudah2an jangan... amin seribu amin.. :D
padahal banyak yg gratis2 tuh... kyknya ntar posting yg freeware2an az deh.. :D

om rame said...

yang dimaksud mengenai kesandung hak cipta kemarin itu, rupanya haL ini yahh. sori Fer, saya baru mudeng maksudnya. beruntung, segera menyikapi haL itu dengan mengikuti aturan masin. tapi kasihan juga bagi yang awam tapi SEOnya tinggi, bisa angus deh.

pengaman HAKi disana tinggi banget yah, berbeda dengan asia yang memang masih terkesan Longgar. daLam sisi positifnya justru bagus untuk meLindungi karya seseorang, tetapi daLam sisi negatifnya yah enggak bisa gratisan Lagi. hakhakhak...

windflowers said...

wah...keren ya amrik...udah bikin uu digital yang bener2 melindungi..ga kaya di kita..jangankan digital..yang manual aja kadang ga berjalan sempurna...

makanya para musisi kita stelah masa tuanya ga makmur spt sewaktu mereka masih berkarya..soale ga diurusin...jd malah bajakannya yg menjamur...miris memang...:(

*ngobrol...thanks a lot ya bwt masukannya ttg benah blog..cm jujur, aku masi blom 'tega' bwt ngehapus banernya temen2...aku masi mo cobain bebrapa template lg..tp blom skrg2...duuhh..sekali lagi..thanks yaaa...hehe..sori br bs bw skrg...:)

Djangan Pakies said...

ceck emailnya Kang

CORETAN HIDUPKU said...

Wah, baru tahu nih. Pastinya akan menambah wawasanku seputar SEO yang aku masih awam mengenainya.

Sukadi Brotoadmojo said...

harus lebih berhati-hati, alangkah lebih baik share hasil karya sendiri, jadi nggak takut melanggar hak cipta he.he

Warna Tulisan said...

wah makasih mas Ferdi atas inforrmasinya yang sangat bermanfaat ...

aRai said...

di blogku juga ada link buat DL lagu ... mudah2an gak kena dampratan dari blogger ... xixixi

untungnya seh blogku bukan dari blogspot :p

Ghani Mospies said...

untungya saya sih blognya tentang keseharian saya aja, dan malah seo saya juga rendah! hehehehe tapi nggak menutupi juga kalo saya juga bisa dapet yang kayak gitu ya! hehehehe

Trims sharingnya
Happy Blogging Sobat!

ica puspita said...

HAKI? pernah saya ulas artikel nya di blog saya (beberapa tahun lalu :p)
nggak ngaruh fer, HAKI di Indonesia. sbg seorang yg bergerak dibidang seni saya juga merasa karya saya TIDAK dihargai di negeri sendiri :(

om rame said...

kesandungnya Lama Fer, sampe satu harian gak bangun2. aLias beLum sempat posting yang terbaru. hehehe...

munir ardi said...

ternyata akuistik Bruno yang menjadi penyebab kesandung ya sob , salut dengan Amerika yang perduli dengan Hak Cipta, semoga di Indonesia juga segera ada

Lulus Sutopo said...

Terimakasih infonya Sobat
perlindungan akan Hak Cipta mmg perlu

attayaya mobil keluarga said...

hmmmm untung udah terselesaikan masalahnya
dan berarti blogger lebih banyak dipandang oleh pengusaha
hehehehe


maaf baru bisa mampir sekarang

sukague.com said...

wah jadi lebih aman namun berbahaya :D

Ingoo said...

trim's gan dj atas info nya...

Keny said...

Wah gan, thanks banget ya. infonya sangat bermanfaat. soalnya blog ane kena ^_^.
salam kenal gan

world7musik said...

Gan klw udh kena gmn cara mengatasinya apakah harus di hps konten trs sebut atau di ganti postingan'y dengan kata meminta maaf mohon penjelasan'y terima kasih

DJ Site said...

@ world7musik : Tergantung gan, klo ngerasa bener naik banding aja... saya waktu itu 90-an postingan dituntut dan dijadiin draft sementara sama google (nggak dipublish), saya naik banding lagi... akhirnya menang di DMCA.

tapi pernah juga waktu itu ngasih link download MP3, karena emang salah, postingannya saya edit dan minta maaf... yg penting link download dihapus...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian