Tuesday, February 1, 2011

Google Bekerjasama Dengan Twitter dan SayNow Untuk Membuat Layanan Twitter Khusus Mesir


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Ehm... setelah tadi siank kita ngobrolin tentang SBY yang tersinggung sama "Koin Cinta Presiden", sore ini ditengah kerjaan yang gak begitu banyak, saya mau ng'lanjutin postingan tentang Konflik Mesir yang sempet saya tulis kemaren.

Cuma kaya biasa, sebelum saya lanjut nulis kita Bersulang dulu.... Cheeerrrss......(glek....glek...glek...).... *Berhubung banyak yg Protes karena tiap hari cuma dikasih air putih, Cherrsss kita sore ini Jus Jeruk aja deh biar rada gayaan dikit wkwkw....

Ocre, kaya yang tadi saya bilang, sore ini saya mau kembali ngajak anda untuk ngobrolin tentang Konflik di Mesir, tapi kali ini kita nggak akan ngomongin tentang Konfliknya, melainkan tentang Keterbatasan Jaringan Internet di Mesir yang membatasi Warga Mesir untuk memberikan Update terbaru dari Negara mereka. Mungkin Secara khusus, Media Micro Blogging Twitter yang banyak digunakan Untuk meng-update situasi terbaru disana.

Dipostingan Beberapa Tweet Warga Mesir Yang Dikirim Via Jalur Tikus yang saya posting kemaren, saya udah sedikit ngasih gambaran kepada anda semua bagaimana susahnya Warga Mesir untuk tersambung dengan koneksi Internet, bukan karena kerusakan yang ditimbulkan pasca Kerusuhan melainkan Karena Akses Internet memang sengaja Diputus Oleh pemerintah Mesir.

Karena perlu anda ketahui, Mesir Dan Tunisia Sedikit berbeda dalam hal ini, biarpun mereka sama-sama sedang memperjuangkan Reformasi untuk negaranya masing-masing, namun dalam hal ini Pemerintah Mesir memang belum menyerah 100% kepada rakyatnya karena mereka memang merasa masih bisa menjalankan pemerintahan, berbeda dengan pemerintah Tunisia yang memang merasa sudah tidak mampu membenahi Negaranya dan satu persatu mundur dari Jabatannya.


Ocre kita balik lagi ke inti postingan...


Klo saya gak salah, 2 hari yang lalu Perusahaan Lokal setempat bahkan telah membuat Jaringan Internet sendiri agar mereka bisa mengabarkan Situasi terkini dari Negaranya kepada Seluruh Dunia. Cuma ya itu tadi, biarpun perusahaan Lokal udah mau membiayai tapi tetep aja Aksesnya masih sedikit terhambat dan belum Maksimal. Soalnya ISP terakhir, yang masih beroperasi, Noor Group pun telah menghentikan layanannya. Dan jalur lain yang masih bisa dimanfaatkan hanyalah Jaringan telekomunikasi yang masih dapat diakses di Mesir, ya biarpun sinyalnya sebentar ada sebentar gak ada.

Dan untuk mengatasi hal itu, hari ini, Mbah Google pun akhirnya sedikit tersentuh oleh perjuangan mereka dan ikut membantu Rakyat Mesir Dalam mengatasi Jaringan Internet di Negara tersebut dengan meluncurkan layanan khusus yang memungkinkan rakyat Mesir untuk mengirimkan pesan twitter dengan menghubungi nomor telepon tertentu, yang kemudian akan menyiarkan pesan suara tersebut, atau dengan kata lain Mbah Google berusaha menggunakan Alternatif Jaringan Telekomunikasi agar orang-orang mesir dapat Menggunakan Layanan Twitter yang hanya dapat digunakan dengan Jaringan Internet.

Untuk membuat Layanan ini, Google bekerja sama dengan Twitter dan SayNow. sebuah perusahaan start up spesialis platform online voice.


Berita ini, secara resmi saya kutip dari Blog Google, dan setelah saya artikan, berikut Pernyataan Google terkait Konflik di Mesir:


"Seperti banyak orang, kami telah melakukan berbagai hal untuk menyiarkan kabar di Mesir dan memikirkan apa yang dapat kami lakukan guna membantu orang lain di lapangan"


Dan Pernyataan resmi di Blognya tersebut akhirnya dikuatkan Google dengan Pernyataan Abdel Karim Mardini selaku Product Manager Google, dan berikut Pernyataannya:


"Akhir pekan lalu kami memiliki ide mengenai sebuah layanan speak to tweet, yang memungkinkan orang untuk melakukan tweet hanya dengan memakai koneksi voice, Kami berharap upaya ini dapat membantu menolong orang-orang di Mesir untuk tetap terkoneksi dalam saat-saat yang sangat sulit sekarang ini".


Lantas bagaimana Cara Kerja Layanan tersebut?


Cara memakai Layanan ini pun bisa dibilang cukup mudah, karena dengan meninggalkan pesan voice mail di tiga nomor yang disediakan, setiap orang bisa langsung ngetweet. Pesan voice mail tersebut bisa di kirim ke nomor +16504194196, +390662207294 atau +97316199855. Dan nantinya Pesan tersebut secara instant atau otomatis akan dikonversi menjadi pesan teks. Lalu pesan tersebut akan diposting di Twitter dengan menggunakan hashtag #egypt.

Two Thumb's Up deh untuk Mbah Google, yang ditengah urusan Bisnis masih mau memperhatikan keadaan di Mesir yang sedang bergejolak, semoga dengan adanya layanan tersebut warga Mesir dapat lebih mudah mengirimkan berita terkini terkait Kerusuhan di negaranya dengan tweet-tweet mereka. Dan semoga dalam beberapa hari mendatang, ada pihak-pihak lain yang bisa menawarkan solusi yang lebih baik agar Jaringan Internet di Mesir Bisa kembali pulih...


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have a Nice Day :P



16 komentar:

Zan Insurgent said...

prihatin ane lihat rezim di sana...akses internet pun di putus dan barusan ane lihat berita di TV wartawan pun sekarang di larang meliput berita di sana secara langsung di lapangan :(


Berdoa yg baik aja deh buat orang2 di mesir sana...

Noeel-Loebis said...

semoga masalahnya selese...

Megi Rahman said...

salut ama mbah :D

DJ Site said...

@ Zan Insurgent : Wah si Bozz dateng untuk ke-2 kalinya rupanya hhe.... Bener Bozz, klo menurut ane sih hampir sama kaya Rezimnya Pak Harto soalnya Presiden mesir udah menjabat lebih dari 30 tahun kan, dan Kerusuhan itu juga terjadi karena faktor kelamaan itu kan bukan karena kesenjangan sosial kaya di Tunisia...

Wew.... Wartawan juga gak Boleh Ng'liput toh sekarang? aku malah blum tau, Thnx udah Nambahin Bozz... Yupz, kita doakan yg terbaik untuk mereka .. :P

@ Noeel-Loebis : Yupz, aku harap juga gitu...

@ Megi Rahman : Sama aku juga salut Sob.. makanya aku tulis Two Thumb's Up hhe..

Random post blogger said...

gara-gra kerusuhan di mesir ane jadi ikutan gak online (??) hubungane opo ya.. wkwkwk.. met sore pak... kabuur :)

PTC Legit said...

mantap mbah google, twitter, dan saynow.
tunjukan internet isinya bukan hanya sampah!

narti said...

semoga masalah disana segera selesai.
salut juga buat google yang baik hati.

sda said...

google aja sampai turun tangan ya?
gimana dgn yg lain?

gp said...

bagaimanapun, damai itu lebih indah :)

catatan kecilku said...

Untung saja Google mau memberikan solusi bagi masyarakat Mesir.

the others.... said...

Kasihan sekali warga Mesir... seharian ini aku mendengar berita tentang beberapa orang yg masih mencari kabar anak2nya yg sekolah disana.

place to study said...

Shasa kurang ngerti dengan masalah yg terjadi di Mesir, Om.

Berpikir Positif said...

kayak kembali ke jaman batu ya sob kalau nggak bisa buka internet dalam waktu lama, untung masih ada jalan yang disediakan oleh google buat rakyat Mesir guna menyuarakan keadaannya kepada dunia luar

RAMDHAN said...

m'Bah Google emang Tua-Tua Keladi:Makin Tua Makin Menjadi-jadi hehe.. Sipp...

Mhya said...

malem sob...
wah ketinggalan berita neh, maklumlah sekarang gak pernah nonton tipi sih, untung aja ada DJ-Site

DJ Site said...

@ Random post blogger : Walah Warga Mesir toh kowe pak wkwkkww...

@ PTC Legit : wah tumben ki kata-katamu bener berat hhe... "Tunjukkan internet isinya bukan cuma sampah" hhe.. mantabz pak,

@ narti : AMIN... Iya tuh si Mbah

@ sda : Semoga yg lain mengikuti Jejaknya Google Mbak..

@ gp: Setuju Mbak... :D

@ catatan kecilku : bener Mbak, solusi yg cukup ampuh kala Rezim Mubarak menutup semua aksesnya

@ the others.... : Iya Mbak... soalnya warga kita emank banyak sih disana...

@ place to study : Gak apa2 koQ sha...

@ Berpikir Positif : iya Sob.. serasa film flintstone hhe... Untungnya sih ada Google hhe..

@ RAMDHAN : Bener Sob... :D

@ Mhya : Wah sibuk banget nie kayanya sampe gak sempet nonton :D Semangat Mhya

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian