Friday, July 8, 2011

Blogger Update Interface Dashboard Baru Versi Kedua [Akhirnya Saya Bisa Ikut Menikmati]


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Gimana nih kabar anda hari ini? masih semangat apa ada yang udah loyo? hhe... klo saya sih kebetulan lagi bener-bener lemes dari tadi pagi, jadi agak-agak males sebenernya untuk ngelakuin aktivitas hari ini :D Eum, Kelelahan mungkin, tapi karena besok juga udah masuk Weekend lagi, jadi ya biarpun badan lemes tetep saya paksain untuk beraktivitas :P

Ocre, setelah kemaren kita ngomongin tentang Fitur Baru bernama Platforms yang di rilis Mbah Google untuk Layanan Google Adsensenya, sore hari ini saya cuma mau nunjukkin Interface Dashboard baru Blogger yang akhirnya dapat saya nikmati haha... agak telat sih emank, karena rata-rata hampir semua Blogger dari Seluruh dunia yang menggunakan Platform Blogspot pasti sudah menikmati Interface Dashboard baru ini, cuma entah kenapa ketika yang lain udah bisa menikmati tampilan yang baru ini, Interface Dashboard saya masih tetep "stay" sama tampilan yang lama *Toneng!...

Dan tepat hari ini, setelah saya LogIn ke Blogger.com barusan dan Isenk-isenk ngecek tampilan Dashboard saya lagi di Blogger In Draft, ternyata tampilan biru putih yang biasa saya liat udah berubah jadi Orange Putih semua haha... dan gak disangka-sangka Tampilan Dashboard saya hari ini pun loncat 1 musim dari tampilan Dasboard Blogger yang dijanjikan waktu itu, So saya memang tidak diberi kesempatan oleh Mbah Google untuk menikmati Dashboard yang sempet berubah beberapa bulan lalu itu, yang kebetulan sempet saya tulis dipostingan berjudul [Blogger, Redesigned] User Interface [UI] Baru Dashboard Blogger Yang Akan Diluncurkan Ditahun 2011 Ini, tapi gak apa-apa lah, yang penting bisa nikmatin Interface yang masih Fresh ini wkwkwk.

Oiya, warna yang diusung oleh Blogger untuk Update Interface barunya kali ini pun masih sama kaya waktu itu, Orange campur putih, cuma untuk segi tampilan Update Interface kali ini emank lebih simple dan elegant menurut saya hhe... karena bisa dibilang tampilan kali ini dibuat untuk lebih menyesuaikan tampilan yang lama (Dashboard Biru Putih). Dan untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan 2 Gambar dibawah ini:


Gambar diatas adalah Screen Shoot Dashboard Blogger yang sempat berubah awal tahun 2011 lalu, yang kebetulan belum sempat saya nikmati hingga hari ini *menyedihkan haha...


Dan gambar diatas ini, merupakan Interface baru Dashboard Blogger yang baru diluncurkan 9 Jam lalu, jadi bisa dibilang Dashboard baru ini emank masih bener-bener Fresh hhe... Tapi coba anda bandingkan tampilan 2 Dashboard diatas, Udah?

Untuk anda yang terbiasa menggunakan Dashboard lama dengan warna dasar Putih Biru, pasti anda akan perlu menyesuaikan diri untuk menggunakan Dashboard baru Versi pertama itu, karena letak seluruh menunya emank udah beda semua, ya sekalipun tampilannya emank lebih Powerfull sih haha... dan mungkin karena alasan itulah, tepat 9 jam yang lalu, Blogger Akhirnya kembali merubah Interface baru yang sudah diumumkannya diawal tahun kemaren dengan Interface Versi kedua yang dapat anda lihat pada gambar ke-2. Dan menurut saya, Interface baru Versi ke-2 inilah yang lebih akrab untuk digunakan ketimbang yang Interface baru versi pertama waktu itu...


Kenapa? karena di Interface baru Blogger Versi ke-2 ini, gak ada satupun susunan menu yang dirubah oleh pihak Blogger, melainkan hanya disesuaikan dengan wajah barunya :D, biar lebih jelas gimana klo kita bandingin sama Interface Blogger yang lama? Okeh silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:


Gambar diatas adalah Gambar Interface Dashboard Blogger yang lama, dan gambar dibawah ini adalah tampilan Dashboard Blogger saat ini:


Gak terlalu beda kan? hhe... Yupz, Mungkin yang bikin beda cuma letak Menu Profil doank, karena klo ditampilan yang lama Menu Profil terletak dikiri atas, tepat dibawah Foto Profil anda, ditampilan barunya kali ini Menu Profil sengaja disembunyikan dikanan atas, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:



Nah disitu letak Menu Profil yang baru, jadi untuk anda yang mau Update atau ngerubah isi Profil anda silahkan Klik Nama Alamat Email anda yang terletak dikanan atas, untuk memunculkan Tampilan seperti pada gambar diatas.

Dan untuk saat ini, ruang yang dulu digunakan untuk menampilkan link-link menuju Menu Profil, digantikan Mbah Google untuk memberitahukan mana Blog inti atau Primary Blogs dalam akun yang sedang dibuka dan mana Blog lain yang belum pernah diisi atau Other Blogs. Dan sebagai Contohnya, Silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:

Karena di akun djnand.dj@gmail.com yang saya gunakan untuk Blog ini saya memang mempunyai 3 Blog yang belum pernah diisi dari jumlah 20 Blog dalam akun ini, akhirnya Mbah Google mengelompokkan 17 Blog yang sudah saya isi kedalam kategori Primary Blogs dan 3 Blog lainnya yang belum pernah saya isi di kategorikan Mbah Google kedalam Other Blogs hhe...

Selain perubahan pada letak Menu Profil, Mbah Googlepun kini menyembunyikan menu-menu yang biasa kita lihat, seperti: Entri Baru, Edit Entri, Komentar, Setelan, Rancangan, Uangkan Dan Statistik (saya pake Bahasa Indonesia) dan lebih memilih untuk memperlihatkan Total Visitor (pageview) serta Jumlah postingan kita, Contohnya silahkan lihat gambar dibawah ini:


Lantas dimana Mbah Google meletakkan Menu-menu yang dahulu sering kita lihat??? Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:


Untuk Menu, Entri Baru atau New Post, Anda bisa mengklik Gambar dengan Icon pensil, Dan untuk menu lainnya anda dapat menggunakan Menu Drop Down bergambar rumah itu, dan menu terakhir dapat anda gunakan untuk melihat Blog anda :D

Dan untuk Daftar postingan baru dari Blog-blog yang anda ikuti, letaknya tetep sama cuma yang mugkin beda, saat ini Blogger sudah tidak membatasinya dengan Frame kaya dulu, jadi tampilannya emank lebih lega, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:


Okeh, sekarang kita liat tampilan Dalemnya, pertama kita mulai dari penampakan Statistik yang kini paling ditonjolkan, Dan berikut penampakannya:



Ternyata, tampilannya masih sama aja hhe... dan untuk daftar postingan pun bentuknya masih terlihat sama, Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Nha, yang beda adalah bentuk dari Editor postingannya, karena sekarang Menu Publish, Save, serta Preview gak lagi terletak dibawah melainkan diatas + menu Close yang ditambahkan Mbah Google pada Editor postingan. Dan untuk Label, Option serta kawan-kawannya, diletakkan Mbah Google disamping kanan, biar gak bingung liat gambar dibawah ini aja deh mendingan hhe..

Gimana? udah lebih paham kan hhe... untuk menu komentar pun tampilannya tetep sama kaya sebelumnya atau biar puas liat gambarnya aja deh ya, ini dia gambarnya:

Untuk Menu Uangkan atau Earnings, kebetulan belum dapat digunakan sampai saat ini, karena masih dalam tahap rekonstruksi, jadi klo biasanya melalui menu ini anda bisa langsung mlihat total Earnings anda yang sudah terintegrasi dengan Google Adsense, untuk saat ini hal itu tidak tersedia. Eum, mungkin juga Menu ini baru kembali berfungsi lagi klo Interface Adsense yang baru sudah melewati tahap beta dan masuk ke tahap Final dan Rilis :), dan tampilan sementara Menu Earnings atau uangkan adalah seperti berikut:

Untuk menu Setting atau pengaturan pun bentuknya masih seperti ini:


Nha, yang bikin beda adalah di Menu Rancangkan yang ternyata kini dibagi menjadi 2 menu yang berbeda yaitu, Layout Dan Template. Layout fungsinya sama kaya Elemen Laman di Dashboard lama sedangkan Layout Fungsinya sama kaya Edit HTML di dashboard lama, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan 2 gambar berikut:

Gambar Layout

Gambar Template

Nha, terus Editor template yang biasa kita pake untuk ngedit-ngedit Template dimana? tenang itu ada dimenu Template dibagian paling bawah, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut:

Terakhir, Mbah Google sangat mengharapkan anda untuk kembali memberikan Respons tentang peluncuran Interface barunya ini, jadi klo sempet silahkan Klik Icon berbentuk Gear dipojok kanan atas dan Pilih Menu Send Feedback. Klo saya kebetulan udah ngirim Respons duluan atas nama DJ Site hhe... :)

Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin mencoba sendiri Interface Blogger yang baru ini silahkan arahkan Browser anda ke http://draft.blogger.com/home dan silahkan nikmati sendiri suasana Fresh yang diberikan Mbah Google untuk layanan Bloggernya ini :D Dan Interface baru kali ini sekaligus menghapus anggapan beberapa pihak yang mengira Tampilan Blogger akan meniru Wordpress, karena klo anda udah liat sendiri, saya yakin anda gak akan mikir begitu lagi, secara lebih bagus Dashboardnya Blogger kemana-mana juga, biarpun saya pengguna Wordpress juga hhe.. :)

Dan karena postingan kali ini udah lumayan panjang juga haha... jadi saya cukupkan aja deh sampe disini, dan sebelum pamit kaya biasa kita bersulang dulu... Cheeerrsss.... (Glek...glek...glek..)...

Buat Sahabat DJ Site Semua Happy Blogging 'N Have A Nice Day... :)



23 komentar:

Adit Mahameru said...

amin..awal sik...kekekekkee

Adit Mahameru said...

hmmm....liatnya masih di blogger draft gtu ya sob? ga kayak login biasa? atau nanti juga kayak kalo kita login biasa gtu ya tampilan itu...? Bagus sih nurutku..inovatif si mbah ini...

Huda Tula said...

yihaa.. tadi sempat kaget, tahu-tahu dashboardku jadi putih. Tapi emang lebih simpel dan elegan sih...

KhamarDos Blog said...

Thanks infonya sob ... saya juga baru tahu sehingga senasib dengan kamu sob(tidak bisa menikmati Update Interface awal tahun 2011 yang lalu.... wkekekke ...

Ajeng Sari Rahayu said...

kok saya ndak liat tampilan barunya. padahal kan udah buka dasboard neh >.<

DJ Site said...

@ Adit Mahameru : Untuk saat ini baru bisa dinikmati lewat Draft.Blogger.com sob, tapi klo mau tampilan Interface diatas terus dinikmati tiap kali login, bisa mencentang kata2 yg klo dibahasa Indonesiain artinya: Jadikan Tampilan Dalam Konsep sebagai Dashboard anda, ntar tiap kali Login ya Dasboard ini yg kebuka hhe..

@ Huda Tula : Wah udah ikut menikmati nih berarti hhe... :) Iya bener lebih Simple

@ KhamarDos Blog : haha... klo yg Interface pertama aku bukan karena gak tau Sob, tapi karena emank gak dikasih liat sama si Mbah haha... :)

@ Ajeng Sari Rahayu : pake Dasboard yg Draft bukan Dashboard yg Inti... coba Ketik Draft.blogger.com/home

Adit Mahameru said...

hmmm..oke deh ku laksanakan perintah komandan SM*SH....

I-one said...

pertama kirain dasbor inti yang berubah,pas baca jawaban untuk ajeng,jadi ngeh..hehe

Umy Diary said...

dasbor q masih yang lama ,,, ni berubah otomatis, ato ngatur sendiri,,?

klo ngatur sndiri ,,, gimana carany ni,,?

Adit Mahameru said...

Ajeng Sari Rahayu mesti ga baca komplit yg penting langsung komen kui sob...hahahahhahahaa...

r10 said...

semua blogger yang buka draft bisa lihat tampilan baru dashboard blogspot

DJ Site said...

@ Adit Mahameru : Hayah.... Komandan B masih manteng disini rupanya haha...

@ I-one : He .. eh.. klo mau nyoba ke Draft bukan ke Dashboard inti... kecuali Dashboard Draft mau dibikin jadi Dashboard utama :)

@ Umy Diary : Untuk Draft ini otomatis untuk Dasboard inti ya belum keliatan ... Caranya masuk ke Draft.blogger.com/home, terus centang aja kata2: jadikan ini sebagai Dashboadr utama, ntar tiap login ngarah ke situ terus..

@ Adit Mahameru : Sepertinya :)

@ r10 : Betul...

Adit Mahameru said...

Mario Ferdinand Teguh...Motivator dunia Blogger......plok..plok..plok....salutate!

Rizkyzone said...

tadi sempat kaget sob pas login tiba muncul penampakan baru tampilan dasboard blogger mungkin ini awal dari perubahan nama nanti kedepannya, meskipun yang berubaha hanya tampilannya tapi mang dah bagus semoga saja kedepan akan ada perubahan lagi yang signifikan

Teknokers said...

tampilan draft blogger tidak bersahabat dengan blogger mobile. Saat membuka dashboard via ponsel cuma muncul gambar profil doank, gak ada menu satupun yg nongol..

Jadi kesimpulannya Saya malah kecewa :/

narti said...

punyaku masih biru putih, koq gak bareng ngecatnya nih? :)

sda said...

lumayan bisa belajar dikit2 nih sebelum nanti berubah
thanks ^_^

John Terro said...

sepertinya itu akan dirilis di blogger biasa kalo udah Google+ ga beta lagi :D

cz dari tampilannya setema dengan Google+

dwisuka said...

baru tau nih... lgsg meluncuur.... :)

DJ Site said...

@ Adit Mahameru : hayah, ndak kebayang klo aku jadi Motivator, bisa2 tambah banyak yg serabutan kaya aku haha...

@ Rizkyzone : sama sob, aku juga kaget tadi haha... aku juga ngarepnya sih gitu, ya komentarnya dibikin kaya WP lah haha

@ Teknokers : Wah aku blum nyoba klo lewat HP, coba deh nanti tak Cek hhe.. makasih reviewnya...

@ narti : Pindah dulu ke Draft.blogger.com Mbak...

@ sda : Ah aku masih lebih suka pake Dashboard lama, jadi belajarnya ntar2 aja lah klo udah berubah total ahha..

@ John Terro : Kayanya sih gitu, soalnya hampir semua layanannya si Mbak emank mau dibikin terintegrasi kan ama Google+ hhe..

@ dwisuka : Silahkan Sob...

Windows 7 Themes said...

Asykan Dashboard yg lame,.masih kaku pake yang baru,..hihihi

DJ Site said...

@ Windows 7 Themes: sama aku juga masih pake Dashboadr lama kok haha... enakan yg lama soalnya wkwkwk...

Muro'i El-Barezy said...

aku ntari setting >archieve dimana ya sob? tolong dong dijawab di http://muroi-elbarezy.blogspot.com...thanks ya.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian