Monday, July 5, 2010

A Tribute To “Tukang Air Keliling”


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,


Huh…ga terasa kita udah sampe di hari senin lagi haha….Dan itu artinya kita mesti balik ke aktivitas normal kita(Kerja, Kuliah, etc)….. Rasanya iri juga klo ng’liat anak-anak Sekolah bisa nikmatin liburan 3 bulan, sedangkan saya Cuma libur satu tahun sekali dan itupun paling lama 3 minggu haha…… tapi gpp, hidup tetep mesti disyukuri dan klo disuruh liburan 3 bulan pun saya pasti jadi kaya orang bego yang ga tau mau ngapain(udah kaya Anak SMA baru lulus wkwkwk)…..


Nah, sebelum balik kerja saya mau bikin postingan untuk seseorang yang paling berjasa untuk saya. Siapa? Kaya judul yang saya buat hari ini, saya mau memberikan Penghormatan Kepada “Tukang Air Keliling”. Klo dipostingan tentang A Tribute Sebelumnya, saya menggunakan bahasa yang halus untuk ng’cengin(mengkritik) orang seperti di A Tribute To “Roy Suryo”, atau untuk membahas permasalah dari sudut pandang yang terbalik seperti di A Tribute To “Tawuran” dan A Tribute To “Maling”, dipostingan A Tribute kali ini, saya ingin benar-benar memberikan penghormatan kepada “Tukang Air Keliling”. Dan itu kenapa postingan kali ini saya beri judul A Tribute To “Tukang Air Keliling”.


Saya ga tau apa Tukang Air Keliling ini dapat ditemui di kota-kota lain diluar Jakarta, dan karena setau saya Sahabat DJ Site banyak yang dari luar Jakarta tolong share juga ya nanti dikotak komentar ada atau nggak Tukang Air Keliling di Kota anda tinggal.


Mungkin ini pekerjaan yang paling dianggap remeh dan kelihatannya biasa aja, tapi untuk Ibu saya dan tetangga-tetangga saya, Tukang Air ini cukup punya kedudukan yang penting, karena biarpun bukan Anggota Dewan yang katanya terhormat, namun buat saya beliau(Tukang Air Keliling) ini memang sangat dihormati. Coba aja klo tuh Tukang Air ga dateng selama Seminggu pasti orang-orang bakal kesusahan untuk masak, karena ga mungkin juga masak pake AQUA galon..Iya Nggak? Makanya itu beliau sangat dihormati dan saya pikir layak diberikan penghargaan untuk saya tulis disalah satu postingan saya di label A Tribute.


Perlu diketahui klo ditempat saya tinggal bukannya kekeringan alias susah air, karena dirumah saya sendiri ada 2 mesin air dan keduanya berfungsi dengan baik, Cuma klo didiamkan beberapa jam akan berubah keruh dan pastinya ga layak untuk diminum.


Pernah waktu itu saya ngobrol dengan Tukang Air yang biasa lewat di tempat saya tinggal, mungkin klo saya bikin dialog jadinya akan kaya dibawah ini:


Saya: Tinggal Dimana Mas?

Tukang Air: saya tinggal di………

Saya: lumayan tebih nggeh(Lumayan Jauh)…

Tukang Air: Iya(sembari senyum biarpun saya bisa ngeliat klo beliau ng’rasa cape, ya iya lah satu kali keliling bawa 20 Kaleng air hhe)….

Saya: Apa ndak cape toh Mas kerja begini?

Tukang Air: ya cape mas, tapi udah jalannya begitu ya disyukuri aja…….(persis kaya anak-anak Regae, biarpun luntang-lantung ga jelas yang penting ga merugikan orang lain dan ga terlibat 378 hhe)…

Saya: iya ya Mas, bales saya…….

Tukang Air: mari mas, aku tak pamit se’k, mau keliling lagi…..

Saya: Nggeh, tak doain cepet abiz hhe..


Dan percakapan saya pun selesai…….


Banyak hal yang saya pelajari dari beliau, mungkin klo dibandingin orang lain, Tukang Air ini bukan siapa-siapa. Dan untuk dapat kerja layak aja, mungkin ga bisa karena beliau juga ga punya Ijazah, tapi kerja keras dan semangatnya untuk berbagi sangat luar biasa menurut saya. Kenapa demikian? Coba bayangin, banyak orang yang punya pendidikan tinggi namun ga pernah mensyukuri pekerjaannya(saya ga termasuk, karena saya cukup bahagia dengan pekerjaan saya), ada yang ga puas denga Gajinya, ada yang ga pernah akur sama temen kantornya, atau mungkin ada yang benci dengan atasannya dan akhir-akhirnya kantor tuh udah kaya neraka buat mereka yang klo bisa segera mereka tinggalkan untuk menerima air yang sejuk… bandingin sama Tukang Air tadi, secara gaji mungkin yang didapat ga banyak tapi beliau tetep mensyukurinya dan semangat untuk berbaginya yang paling penting, kenapa? Mungkin klo beliau ga punya semangat untuk berbagi, bisa aja beliau pulang ke kampungnya dan bertani, yang menurut saya itu lebih baik dari pada mesti hidup di kota besar seperti Jakarta dengan pekerjaan yang terbilang berat(saya ga bilang ada pekerjaan yang kasar, makanya saya gunakan kata berat)….


So, Untuk Seluruh Tukang Air Keliling di seluruh Indonesia atau klo ada di seluruh Dunia…………..saya ucapin terima kasih udah mau Ngangkut air ke rumah-rumah yang ga memiliki air bersih kaya saya……..buat saya pekerjaan anda untuk ngangkut air sama terhormatnya dengan Presiden…….. Dan terakhir…. Salam Hormat dari Adminnya DJ Site(Ferdinand)………….


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging N met beraktivitas……………….



46 komentar:

hendro-prayitno said...

besar sekali jasanya,,terima kasih untuk air kelilingnya..kalau di jakarta butuh sekali sob untuk air yang bersih

TUKANG CoLoNG said...

emang masih banyak banget orang yang dengan susah payah mencari nafkah untuk dirinya. sedangkan di tempat lain juga masih banyak orang yang dengan mudahnya menghambur-hamburkan uang untuk berfoya2

Warna Tulisan said...

diitempat tinggal saya sudah ngga ada Tukang air keliling ...

julianusginting said...

kerja keras dan semangat pasti akan menghasilkan sesuatu...itulah yg dilakukan tukang air itu

hanumuslem said...

di tempat saya juga gag ada tukang air keliling, but q salut banget and mencontoh sifat usaha kerja keras nya, dan sifat gampang bersyukur.. hehe

ronneycerita said...

orang-orang seperti inilah yang benar-benar memahami ttg kehidupan. pada darah yang mengalir di tubuhnya ada lara yang mencumbunya

etam grecek said...

wah klo jasa yg ini saya jg sering pake nh...kebetulan di tempat tinggal saya air PAM seringg macet...bisa seminggu br ngalir ya terpaksa`saya beli air keliling..thanks untuk penjual air keliling.....

febriyanto said...

inspiratif gan, pahalanya banyak tu kerja kyk gtu,... manfaatnya langsung bsa dinikmati, coba anggota dewan kyk gtu semua pengorbanannya,.....


sampean orang jawa y gan? :D

Putu_Permadi said...

Salut aq brow...

http://PutuPermadi.BlogSpot.com

Science Box said...

Bnr salut bwt mas tukang air, sampein salam dr sy ya bang bwt beliau.

BRAVO dan SEMANGAT TRS!

rizal said...

orang2 sepertinya pejuang sejati, bekerja dengan tetsan keringat dan jerih payah sendiri tidak mengambil hak orang lain...

salut....

penghuni60 said...

Wah, wah, wah...
hebat tuh abang tukang air, semangatnya perlu kita tiru...
tul gak?

nuy said...

Di rumah aku sih ngga ada tukang air keliling kak, tapi ia tuh pekerjaan berat hebat banget yak tukang air itu.. :))

ToPu said...

Yupz betul sekali tuw, apalagi kita terkadang lupa kalau masih banyak orang saudara kita yang masih membutuhkan air bersih, kita terkadang saat mandi atau kegiatan yang menggunakan atau membutuhkan air seenaknya dan semau kita memakainya......

anggasona said...

salut buat tukang air keliling, pekerjaan yang mulia, patut diteladani... :)

tikno said...

Mungkin bisa disamakan dengan "A Tribute to Pasukan Kuning" (pasukan penyapu jalanan). Kita semua memerlukan mereka.

muzzy musthofa said...

wah keluargaku juga sangat berkepentingan dengan tukar air keliling

cHugy - gOgOg said...

Wah kalau di tempat Chugy ga ada tuh tukang air...Ada jugan tukang isi ulang galon aqua hewheeeeee....maklumlah tempat saya terkenal dengan sumber mata airnya.....!!! Promosi....


Tapi memang kalu di kota besar tukag air ini sangat berperan penting , karena susahnya mencari mata air jadiya nunggu antrian tukang air lewat...!!!

Nice posting Boz...selamat beraktivitas di awal hari ini.

Manchester United Tech said...

wah sungguh besar perjuangan tukang keliling ini dan kita juga harus bersyukur diberikan kenikmatan yang cukup oleh Tuhan

Btw, di kotaku (Soppeng) gak ada tukang air keliling...

Coretan Felix said...

salut ama tukang air keliling :D

hanifa said...

lebih dari itu, kelihatannya tukang air kerjanya cuman ngumpulin air... tapi jasanya itu loh :D

Danil Edan said...

gak ada peran kecil di dunia ini sob kwkwkwkwkwk, nyambung gak ea

Narzis Blog said...

Whuaaah...hebat yah :D
Mantep deh mereka, salut :)
Oh..ia, dirumah gue air PDAM lagi sulit. Hadoh!

jual parfum said...

wah...
ini pekerjaan yg mulia lho..

laptop said...

makasih pak..atas jasa2nya

jual alat musik said...

wah untung ada bapak
klo ga kasian yg pada ga punya air

pulsa elektrik said...

nice info gan...

M. Ikhsanudin said...

betul itu, kalau gk ada tukang air susah juga kalau air lagi gk ada...

Nonton Bareng Final Piala Dunia said...

setuju.. profesi pak tukang air bukanlah profesi sembarangan..
biar air di tempat ane melimpah, ane juga tetep hemat air * harap jangan dibaca : jarang mandi* wkwkwkwk.. kabuurr

radja bontang said...

wah asyik juga ya kalau beli sama tukang air keliling(bagi bagi rezeki]saya salut sama tukang air betapa kuatnya dia bawa bawa keliling air untuk dijual,saya sob nggak pernah beli air soalnya dirumah saya cuma tinggal putar air dan nggak pernah mati[seingat saya sob] dan semua gratis ditanggung perusahaan tapi saya juga selalu menghemat air karena saya tahu prosses pembuatan air mulai dari dalam tanah sampai bisa dikosumsi secara aman (soalnya orang pabrik kawan)

elok langita said...

Dicirebon engga ada air keliling jadi engga rada tau gimana bagaimaan keadaan tukang air keliling, tapi pas baca artikel ini jadi ngerti,

ayoo, hemat air :D

pak tani dan sang sapi said...

bermula dari kecil namun jasanya sangat besar....
di rumah ane juga tuch tiap hari kudu beli aer sehari 10 dirigen....
mang aer besok jam 7 ke rumah ya....
jangan sampe telat kaya tdi..bisa-bisa aye telat gawe lagi dah...

pak tani dan sang sapi said...

bermula dari kecil namun jasanya sangat besar....
di rumah ane juga tuch tiap hari kudu beli aer sehari 10 dirigen....
mang aer besok jam 7 ke rumah ya....
jangan sampe telat kaya tdi..bisa-bisa aye telat gawe lagi dah...

Herdoni Wahyono said...

Air adalah sumber kehidupan. Dia amat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di jagad raya ini. Artikel yang amat menarik. Kalau kita bepergian ke kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, maka kita akan menjumpai 'Tukang Air Keliling' ini. Jasa mereka amat besar bagi konsumennya. Kita bisa kelabakan bila tidak ada mereka. Kapan pemerintah bisa menyediakan air bersih yang cukup bagi warganya utamanya di kota besar seperti Jakarta. Kami yang tinggal di daerah tidak merasakan kesulitan dalam penyediaan air bersih. Walau melalui PDAM, namun penyediaan air bersih ini cukup melimpah. Kami bersyukur bisa tinggal di lereng gunung Lawu yang menawan ini.

Anonymous said...

Sesuai dengan nama belakang 'Air' tentu adanya dia akan selalu di nantikan, walau pun entah si 'Tukang' merasa lelah teramat sangat namun itu akan terasa hilang dengan senyuman dan sapaan ramah dari sang Raja (pembeli).

Tihang karas said...

Uppss... kok jadi anonim ??!..

om rame said...

khususnya di daerah domisiLi saya (tanjung priok), kondisi air tanahnya tidak bagus. jadi semua kebutuhan air tersentraL pada PAM, tetapi ironisnya tidak semua rumah memiLiki fasiLitas tersebut. sehingga disiniLah pentingnya fugir figur pada tokoh di atas, dan kaLau dibandingkan dengan roy sukro yah tentunya bapak tukang air keLiLing ini Lebih berjasa ataupun dewan-dewan Lainnya. karena para tukang air sangat dibutuhkan oLeh warga sekitar, sementara si roy sukro cuma bisa memamerkan perangkat teknoLogi modernnya yang dia beLi dari hasiL keringat masyarakat.

Ozzys Blog™ said...

sugeng ndalu kang
wah kalau begitu adanya jadi tukang air seperti dewa air aja ya kang, yang bagi2 air di manusia kekeringan he he, kalau di tempat saya air jernih dan bersih masih melimpah kang....

buret said...

pelajaran yang sangat besar untuk diambil hikmahnya, penghasilannya kecil, bahkan orang memandangnya pun rendah, namun dibalik itu terdapat jasa besar akan usaha & semangatnya. terima kasih artikelnya mas.

TUKANG CoLoNG said...

dan saya berharap semoga kelak saya dapet pekerjaan yang lebih baik..:)

Pak Liek said...

kalau ngga ada tukang air pak liek gak bakalan bisa hutang kopi susu pahit tampa gula, karena tukang air di tempat pak liek biasa mengirimkan air untuk warung-warung ...

"waw, gawat sandalnya terbongkar"

thya said...

di daerah rumah saya juga banyak tukang air keliling *tos ah*

mixedfresh said...

di daerahku ga ada tukang air keliling, masih pada pake air sumur

windflowers said...

siipp...penghargaanmu yang besar pada tukang aer..aku setuju..^_^

catatan kecilku said...

Dikotaku gak ada tukang air keliling... Soalnya sampai sekarang air masih mudah.

the others... said...

Salut utk tukang air keliling, masih mau berusaha dan berjuang di saat kondisi yg serba sulit sekarang ini dan bukannya menyerah pada nasib atau mengakhiri hidupnya.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian