Tuesday, November 26, 2019

Site Kit by Google, Apa Fungsinya dan Gimana Cara Setup-nya?


Haloooo semuaaaa... pripun kabare? haha...

Welehhhh kang, nyandi ae tah sampean? jiannn... mosting kok setahun sekali. Blogger macem uopooo tah sampean iki?

Huss... ojo keras-keras malu dirungokne tonggo sak kampung.

Wong jenenge Blogger Serabutan og, yo sak karepku dewe lah arep mosting setahun sekali po sewindu sekali wkwkwk... Lha wong suhu guru Alkatro ae rung medun lho seko Merapi. Mbuh jek betah, po wes nikah karo kaum sing lembut-lembut hihi... Lha Kang HB Seven sing paling rajin ae 11 12 e ... agi ngepost siji thok tahun iki, domene expired ae ampe nggak mudheng lho, jiannnn blogger macem opo kui wkwkwk #Peace

Ya pokoke jadi Blogger ki kudu selow lah, sempet ngepost, ra sempet yo wes. Minimal enek niate lahhh... urusan diwujudnyatakan-nya kapan yo kon semesta lah sing njawab hahaha... ngono ae kok repot :D Bener nggak kang HB Seven? wkwkwk...

Lha terus sampean ki agi kesambet opo toh? Lha kok tumben jek inget ngeblog.

Dadi ngene lur story'ne, pagi tadi diriku tiba-tiba intuk email dari si Mbah. Lha yo berhubung wes sue juga diriku nggak surat menyurat karo si Mbah Kakung, jadi tak putuske untuk mbaca surate kae, sopo ngerti enek sing urgent kan. Nah, setelah tak baca isi surate, jebul si mbah ki gur arep ngasih tau nek dek'e bar ngeluarke plugin anyar nggo platform Wordpress. Jenenge Site Kit By Google

Lha fungsine opo tah kang?

Opo yo, aku yo rung sempet ng-explore kabeh sih... tapi nek sekilas, macem shortcut sih. Jadi tanpa perlu mbuka dashboard AdSense, Analytics sama Google Search Console kita bisa langsung ngeliat insight atau report yang isinya sama persis kaya di dashboard ketiga layanan tadi. Simple'e kita nggak perlu repot mbuka dashboard AdSense, Analytics sama Google Search Console satu persatu lah kalo cuma pengen ngeliat report secara garis besarnya aja.

Buat yang kepo, monggo langsung di-install aja via menu add plugin di dashboard wordpress masing-masing atau buat yang seneng manualan via CPanel atau panel-panel lainne monggo.


Nah, pertanyaannya sekarang gimana cara setup-nya?

Cara setup-nya gampang, terutama buat kaum minimalis penganut paham "sing penting iso mosting". Cukup klak klik dan allow allow sampe kelar. Dijamin nggak bakal muncul notif error.

Lha nek error piye kang?

Nek error, yo berarti sampean termasuk blogger pada umumnya hahaha...

Seneng ngutak-ngutik plus nambah-nambah plugin.

Dadi ngene lur, error yang bakal sampean temui pas nyetup plugin ini bisa dibilang nggak terlalu beragam, error-nya cuma satu ini aja. "Unable to authenticate Site Kit. Check your client configuration is in the correct JSON format."



Lha solusine kang?

Gampang, ambilen air putih sak gelas... nek uwes, mari kita bersulang sek

Cheeerrrrsss.... (Glek... glek... glek... glek) #HahSuegerrr

Emang disangka nggak haus apa nulis beginian wkwkwk...

Lanjut... solusinya adalah deactivate sek semua plugin yang berhubungan sama security dan cache. Misal nih ya, klo di blogku, aku dewe biasane nganggo 2 plugin iki:



LiteSpeed Cache dan Swift Security Hide Wordpress. Nah, masalahnya ada di kedua plugin ini plus plugin lain yang fungsinya sejenis. Jadi sebelum lanjut nyetup, plugin-plugin semacam ini mesti kita deactivate sek. Kalo udah di non aktifin, sekarang sampean bisa balik lagi ke menu Site Kit yang letaknya persis di bawah menu dashboard.


Terus klik START SETUP, nanti sampean akan diarahin kesitu

Pilih Sign In With Google, terus login pake akun gmail yang biasa sampean pake untuk request indexing di Google Search Console. Kalo udah silahkan di allow-allow aja, sampe dibawa kesini:


Pilih Allow lagi.



Nah, sampe disini proses setup awal untuk plugin Site Kit by Google wes rampung. Silahkan pilih Go to my Dashboard untuk kembali ke dashboard wordpress sampean masing-masing. Nanti penampakannya kaya gini:

Selanjutnya paham lah ya, tinggal konekin satu-satu aja ke AdSense sama Analytics hehe... Untuk yang PageSpeed Insights nggak pake minta permission kok... Bisa langsung di konekin, penampakannya kaya gini:


Untuk penampakan yang lain nggak usah lah yaaa... malu rek nampilin earnings sama traffic yang isinya masih unyu-unyu wkwkwk

Btw, untuk v1.1.0 ini menurut saya masih agak lama ngambil datanya. Terutama untuk saya yang ngehost di Netherland. Nggak tau untuk yang servernya ngehost di USA, SG atau lokalan.

Updated! 27/11/2019

Ada update minor ke v1.1.1 ternyata, tapi masalah saya kemarin masih belum juga solved juga. Masih agak lama lah pokoknya proses pengambilan/grabbing datanya. Padahal koneksi wifi rumah ya stabil-stabil aja sih kaya biasane.

Itu aja sih review dari saya... untuk yang mau nambahin monggo komen dibawah :D

Happy blogging semuaaa...

Cheeerrrrssss (Glek... glek... glek... glek)



3 komentar:

Rizkyzone.com said...

Saya malah update blog kalau pas ada job saja mas, kalau belum ada job ya gak update hahhaha.. oy mas fer plugin Sit kit google ini udah saya coba pasang dan udah konek semua, tinggal adsense ini yang belum konek2 mas, mungkin ada solusi mas biar bisa konek di site kit

wibowo susilo said...

ish..ish..ish... dari puluhan blogger yang saya lunjungi, punya pean masih aktif juga ternyata hahahaha.. salam kenal mas eh.. bukane sudah kenal mulai tahun 2010 ya? salam saja wis. happy blogging

kaang said...

blogger opo to iki. mosting kok setaun pisan. wk kwak kwak kwak

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan