Friday, March 25, 2011

Perduli Bumi? Matikan Lampu Anda Selama 1 Jam Besok Malam...


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,

Ocre, setelah pagi tadi saya nulis tentang Polusi Cahaya di Hong Kong dan ngiter-ngiter bentar untuk bacain beberapa tulisan di beberapa Blog yang udah jadi langganan Bacaan saya hhe... Siank ini saya cuma mau ngingetin tentang Aksi Earth Hour yang kebetulan udah beberapa tahun belakangan ini saya lakukan. Itu kenapa tiap tahun pasti ada tulisan tentang Earth Hour di Blog ini hhe...

Apa itu Earth Hour? Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF(World Wildlife Fund) yang mengajak semua lapisan masyarakat untuk menghemat listrik. Nah, momennya, mereka membuat peringatan setiap minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya dengan mematikan listrik selama 1 jam. Dan Tahun ini kebetulan jatuh pada tanggal 26 Maret pukul 20.30 wib atau tepatnya adalah Besok Malem. Lha terus kenapa ngingetinnya ndak besok aja toh Kang? Soalnya nanti siank saya mau berangkat ke Bandung dan kayanya untuk 3 hari kedepan saya juga akan libur Blogging lagi jadi dari pada gak ikut ngingetin, lha mending saya nulis sekarang toh hhe... lagian klo nulisnya sekarang kayanya akan ada lebih banyak orang yang baca ketimbang saya tulis pas Hari - H nya hhe...

Lantas apa tujuan Dari Aksi Earth Hour ini? Tujuannya adalah untuk melakukan efisiensi energy dan mengubah gaya hidup di kota-kota besar yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap konsumsi listrik, ya seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang dan kota-kota lainnya...

Owh ngono toh kang, Tujuan yang bagus dan sepertinya harus terus dilakukan hhe... tapi aku mau tanya kang, ki kita matiin lampunya cuma 1 Jam toh? lha emank dengan mematikan lampu selama 1 Jam udah ikut membantu menghemat Energy toh kang? tenang aja, apa yang anda lakukan Sangat-sangat membantu koQ, soalnya pemadaman Lampu selama satu jam ini setara dengan 661,54 MW atau bisa dibilang cukup untuk mengistirahatkan dua pembangkit litsrik, dan mengurangi beban biaya listrik Jabar Rp 476,3 juta *12,3 Persen Penggunaan Listrik tertumpuk di Jawa Barat, dan mengurangi emisi CO2 58,43 ton, serta setara daya serap emisi 589 pohon.

Gimana? masih mau bilang klo aksi ini ndak penting? hhe... Coba pikir ulang klo anda anggap aksi ini ndak penting, mungkin hari ini anda dan saya emank masih bisa menikmati Listrik dengan seenaknya, tapi apa yo tega toh sampean klo anak cucu sampean nanti ndak bisa menikmati Listrik karena Nenek Moyangnya *kita-kita ini ndak perduli sama sekali sama kampanye penghematan energy kaya gini?

Oiya dan untuk anda pengguna iPhone, anda dapat menggunakan Aplikasi bernama 60+ yang akan membantu anda yang ingin terlibat dalam kampanye pada 26 Maret pukul 20.30-21.30 WIB itu. Soalnya untuk tahun ini iPhone kebetulan ikut bekerjasama dalam aksi penghematan energy ini, ya semoga aja perusahaan atau vendor lain tambah banyak yang ikutan hhe... terutama sih RIM yang penggunaannya luar biasa banyak di Indonesia hhe...

Balik ke Aplikasinya iPhone, Aplikasi itu akan membantu kaum awam menyelamatkan bumi setiap hari, tak hanya satu jam per tahun, sebagaimana ide Earth Hour. Aplikasi yang sudah tersedia di toko aplikasi iTunes untuk diunduh itu dikembangkan oleh WWF dengan bantuan Leo Burnett Group. Aplikasi 60+ akan bertindak seperti layanan berbasis lokasi dengan fitur to-do dan checkin. Tetapi alih-alih checkin di sebuah tempat, pengguna akan melakukan checkin bila melakukan tindakan positif berdasarkan daftar yang ada. Misalnya telah memakai pencahayaan alami, mengubah settingan penyejuk udara, atau menginstal pancuran hemat air. Apabila pengguna sudah melakukan banyak aksi, akan ada penghargaan. WWF dan Bunnet akan melacak pengguna aplikasi ini dan berbagai checkin yang telah dipilih untuk mendata partisipasi dan dampaknya di seluruh dunia. Segera aplikasi ini akan menyediakan Game Center untuk mendorong kompetisi bersahabat antar pengguna.

Gimana keren kan? klo Perusahaan segede Apple aja mau ikutan, masa kita gak mau matiin Lampu kita selama 1 jam? Ya, saya tau klo waktu itu sangat berharga untuk anda semua, dan ada pepatah yang bahkan ngajarin kita untuk gak nyia-nyiain waktu, Dan mungkin ada juga diantara anda yang mikir, ngapain juga saya mesti matiin Listrik selama 1 Jam, mendingan juga dipake untuk facebookan atau Twitteran dari pada gelap-gelapan untuk ikutan aksi ini. Dan saya sendiri gak nyalahin anda klo anda punya pikiran kaya gitu, karena aksi ini emank gak dipaksakan kepada siapa pun.

Tapi coba anda pikirkan, klo Bumi yang gak bisa ngomong ini aja mau menyediakan semua kekayaannya untuk hidup anda, kenapa anda gak bisa sedikit aja membalas cintanya dengan mematikan Listrik anda agar Bumi bisa sedikit bernafas lepas selama 1 jam itu tanpa harus menangisi kita yang sering membuang Energy ini?

So, semua pilihan ada ditangan anda, saya gak mau maksa anda sama sekali :D

Terakhir mewakili seluruh staf DJ Site *saya doank maksudnya saya ucapkan Selamat Earth Hour Day 2011... Cinta Bumi Yang Anda Pijak Dan hargai setiap Kekayaan alamnya dengan ikut merawatnya dan tidak ikut membuang-buang energy yang diberikan Bumi ini....


Buat Sahabat DJ Site Semua, happy Blogging 'N have a Nice Day.. :P



10 komentar:

Gaphe said...

Ya Tuhaan... Fer, produktip bener hari ini.. dari pagi udah 2 postingan aja.. lagi gak sibuk yah?. hahahah

sip, cuman sejam kaan?.. besok semoga gw bisa ngerayu nyokap biar nggak nontonin cinta fitri.. wakakak

Ajeng Sari Rahayu said...

siaaaaap dilaksanakan :D

windflowers said...

waahh..makasih udah ngingetin..hehehe..selamat berlibur ya fer..hihi

OOT : thanks ya kl diikutsertain critanya..:P

hv a great day.. :D

smp 3 lembang said...

baru kemarin rasanya ketika tahun lalu ada pemadaman jadi ikut berpartisipasi eh besok Earth Hour lagi aku akan tulis dicatatan kecil walpaper aku supaya inget besok malam jam setengah sembilan, semoga ini menjadi gaya hidup ya Sob sesuai slogannya

Muhammad A Vip said...

saya cinta bumi sungguh. dan nanti malam saya matikan lampu kalo mau tidur sampai pagi deh (berapa jam tuh?)
di Bandung ngapain?

Adit Mahameru said...

mari peduli bumi peduli sesama, ndak mudah, tapi satu jam aja pasti bisa....yg jadi dilema sekarang inimasalah kek gini jadi kegiatan manis dibibir aja , suka susah dilaksanakan ikhlas..tapi mulai yuk ah dari kita

Rawins said...

om, di sini ga perlu program earth hour. listrik sehari bisa nyala 3 kali. bukan padam 3 kali lho... wong lamaan matinya daripada nyalanya. heheh

Zippy said...

Bener..bener, mari kita berhemat demi bumi :)
Secara gak langsung hari ini gue udah ikutan Earth Hour, dari jam 11 siang - 6 tadi mati lampu cuy, huehehhe...
Blog gue juga udah ikutan nih :D

Iskandar Dzulkarnain said...

eum ... itu sebabnya ada pameran di Balai Pemuda Surabaya tentang lingkungan

Janda Manis said...

good luck all of ya ..
friendship greeting ..

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan