Friday, September 24, 2010

Silahkan Dihina Dari Depan


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,


Ehm, udah sampai dipenghujung minggu lagi nie kita hhe… gak terasa tau-tau udah hari jum’at lagi aja… dan besok kita bisa kembali nikmatin akhir pekan dan bebas dan kerjaan pastinya huahhh…


Sebelum mulai posting, kaya biasa kita bersulang dulu Cheeerrrss…(Glek..glek..glek..)….


Mungkin anda sedikit merasa aneh waktu baca judul postingan saya hari, tapi karena menurut saya judul itu udah yang paling tepat, makanya saya kasih judul “Silahkan Dihina Dari Depan” hhe… Terus maksudnya apa tuh Kang? Very simple(sederhana maksudnya hhe), dipostingan 2 hari lalu, tepatnya di Postingan “Syarat Dan Ketentuan Lomba Kreatif Gerakan Masyarakat Cinta Damai” ada seseorang yang make nama DJ Site dan bilang begini:


“Memang gak jelas ini blog. Info apaan ini??”


Biarpun udah baca, saya sih biasa aja, orang bukan saya juga yang nulis wkwkw klo bahasa sundanya mah sa bodo teing hahaha, lagian dari awal saya Ng’buat Blog ini, perasaan saya juga gak pernah nulis konten apapun di Header Blog ini, yang ada kata-kata dari Ayah dan Dosen bahasa Inggris saya dulu. Dan dari awal perasaan saya juga udah pernah bilang klo konten Blog ini emank sengaja dibikin gak jelas… berarti dia gak hadir tuh pas peresmian konten Gak Jelas DJ Site hahaha… Tapi karena tepat dibawahnya Nilla nanya tentang komentar itu:


Oiya Fer, maksud komentar kamu apa ya?...“Memang gak jelas ini blog. Info apaan ini??”


Untuk itu, hari ini saya posting deh hhe… sebelumnya saya tegaskan dulu klo itu bukan komentar saya, karena biarpun untuk komentar di blog lain saya selalu pake Url tapi khusus untuk ng’balesin komentar di Blog ini saya selalu menggunakan BloggerID dan klo saya komentar pasti ada fotonya disebelah komentar saya jadi silahkan deh dibedakan sendiri dan lihat apa yang terjadi klo anda klik komentar itu… karena orang ini make Url blog saya hhe…


Mau saya kasih tau Blognya gak? Gak usah deh mendingan kasian sama orangnya hhe… Cuma pesen saya klo mau menghina ya Dari Depan aja, pajang donk nama dan Url blog anda, bukan sombong nie, Cuma karena dulu kerjaan saya masih berhubungan sama Security jadi klo Cuma pengen tau IP sama Url blognya doank mah cetek buat saya… dan tenang aja saya gak marah, apalagi niat untuk ng’bales komentar gak penting gtu di blog anda koQ, dan klo nanti saya komentar di Blog anda pun saya jamin komentar saya tetep normal serasa gak ada apa-apa hhe…. tapi lain kali klo anda mau mengkritik, menghina, menghujat, atau ngatain Blog ini ya Dari depan aja, tunjukkin nama dan Url anda atau pake BlogID, dll ... Anda Blogger Backlink kan? Nah lumayan tuh komentar anda buat Backlink wkwkwk… terus Tanya saya Prof. Erianto Anas termasuk kentut apa gak tuh komentar hhe… klo perlu anda lakuin hal yang sama di Blognya Prof Erinato Anas, saya yakin gak ada 5 Menit satu postingan mendarat untuk anda hhe… Soalnya si Prof Loyal banget tuh klo diajak ngobrol apalagi klo dikritik hhe…


Cukup itu sih pesan dari saya selaku Admin Blog ini. Atau gini deh klo anda masih belum tau gimana cara Menghina dari depan saya kasih Contoh Komentarnya Staf Hacker Cisadane. Kebetulan waktu itu saya pernah bikin postingan tentang Hacker Cisadane dan klo anda Search dengan Keyword Hacker Cisadane Url Blog ini tepat dibawah Blog aslinya dan diatas Thread kaskus. Dan itu kenapa Stafnya langsung nulis komentar di blog ini dengan Bahasa baik-baik. Tapi berhubung itu termasuk komunitas dan punya anggota lumayan banyak jadi ada salah satu Staf yang gak suka dengan postingan saya dan nulis komentar begini:


“I don't fucking know who the fuck you are? But i really know that the like of you is not more than peace of trash in underground!”


Kebetulan komentar itu termasuk didalam 55 komentar yang belum sempat saya Moderasi, jadi gak muncul dipostingan itu, tapi gak saya buang koQ hhe… Dan paginya waktu saya buka E-mail dan komentar itu masuk, saya Reply komentar itu Via E-mail… Dan dengan sopan saya bilang begini:


“Klo mau ngajak perang Hack ngomong aja Sob… gw ladenin koQ hhe…” Dan sekaligus dengan komentar itu saya kirim satu buah Url Drupal(hampir kaya Joomla, masih termasuk CMS juga) saya ke E-mail dia untuk saya korbanin klo dia Mau oprek-oprek (buat tumbal gtu, jadi klo saya bales mereka gak merasa Terdzalimi, klo gak kan saya ikutan Dosa tuh hhe… Soalnya klo saya kasih Url Blogspot udah ada Mbak Google yang Ng’jagain dan andai bisa tembus juga paling lama cuma 1 Menit)… Dan saya tunggu beberapa hari gak ada yang terjadi dengan Url tersebut, padahal waktu saya SMA nemuin mangsa baru senengnya udah kaya Dapet Kupon sembako tuh haha….


Terus ada lagi tuh komentar dari Stafnya kemungkinan tapi pake Anonim dan bilang begini:


“Hacker Cisadane bukanlah Forum Hacker Newbie. Hacker Cisadane terbentuk dari orang orang profesional yang berkompeten dan sebagian besar bersertifikasi Internasional yang sudah diakui oleh dunia. Tidak banyak forum hacker yang pengurusnya memiliki sertifikasi internasional, yang saya tau baru Jasakom dan kedua Hacker Cisadane. Kasus deface massal seperti ini memang salah satu kasus dari oknum oknum yang menginginkan hacker cisadane dianggap forum hitam. Tolong rubah kalimat anda, karena ini bisa menjadi pengrusakan nama baik.”


Dan saya menyambut baik komentar tersebut, bagus donk klo mereka punya sertifikasi, soalnya saya pernah niat ngambil Sertifikasi CEH beberapa tahun lalu tapi waktu ng’liat harganya sekitar 12.000 $ atau sekitar 100 Jutaan klo dirupiahin, jujur aja mendingan buat Beli Papan Skate klo untuk saya biarpun itu sertifikasi Seumur Hidup hhe, kecuali klo ada yang bersedia bayarin wkwkw… Tapi untuk ng’rubah kalimat saya, untuk apa juga? klo mereka niat Ng’laporin Pencemaran Nama baik pun dari komentar tersebut diturunin sampe sekarang kan udah 2 Bulan… lagian bagian mana dari kata-kata saya yang salah? Toh bukan DJ Site doank yang bilang begitu hampir rata-rata portal berita bilang gtu hhe… Dan saya kan gak bilang Deface itu salah karena dari saya kuliah dulu juga setau saya itu legal dan klo gak salah di Blog terdahulu saya pernah ngasih tutorial Lengkap 10 Cara Deface beserta Url saya sendiri klo mau dipelajari, ya biarpun sekarang udah jadi milik orang hhe, dan klo mau dicari ada 3 DVD hacking Legal dengan harga sekitar 500$ dan tinggal bayar via paypal soalnya salah satu dosen saya pernah ngasih liat DVD itu ke saya dulu... Dan klo mereka merasa mereka dijadikan kambing hitam ya cari Sumbernya aja mendingan… dan klo sumbernya ngasih klarifikasi bisa langsung saya buatkan postingan baru... kan gampang toh hhe…


Dan buat saya, komentar-komentar kaya gtu lebih Gentle dan bikin saya salut, dibanding anda menghina saya dengan menyembunyikan Identitas anda padahal saya sendiri sebenernya udah tau … Gimana? Udah bisa Menghina Dari Depan? Silahkan lakukan lagi klo anda emank gentle… Tapi klo anda masih tetap mau Menghina dari belakang sih terserah juga asal gak malu aja sama Sahabat-sahabat DJ Site hhe…


Ini Dunia Blogging Sob, bukan CollegeFuckFast yang tanpa aturan anda boleh telanjang bebas … kasian tuh sama Ndoro Kakung Dan Mas Enda yang selalu Ng’bela Blogger Indonesia klo ada salah paham… Apalagi sama Pak Hasnul (CEO PT XL Axiata Tbk ), yang tiap tahun rajin ng’bantu Pesta Blogger karena CEO XL ini Blogger juga hhe… Mereka ng’lakuin itu, karena mereka pengen Blogsphere Indonesia bisa bebas dari Polusi termasuk polusi konyol kaya gitu…..


Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging ‘N Met Menuju Akhir pekan hhe…



52 komentar:

ChugyGOGOG said...

Saya belum memperhatikan komentarnya brader....
Lebih parah lagi ya daripada hanya pake anonim...berani beraninya pake url yang punya blog.

wallpaper4xp said...

Setelah melihat ke TKP, saya kira si Brader yang komentnya...ternyata bukan si brader toh yang koment.

santai saja brader yang penting si slalu happy blogging..

bliyanbayem said...

hehehehhe.... biarin aja mas... orang nggak ada kerjaan tuh. anjing menggongong kafilah berlalu!

narti said...

sabar Fer...
kemarin baca juga komen tersebut, dalam hati tumben...
eh ternyata...

sda said...

wah idenya boleh juga nih, kalau komen di blog sendiri pakai ID blogger...salah satunya ya ketahuan kalau ada yg menyamar sebagai admin.
walaupun tetap bisa dilacak keberadaan IP tersebut.
sabar ya...habis puasa kan... :)

gp said...

pagi2 dah baca yg serius....
sabar aja ya...
setuju sekali, kejahatan tidak harus dibalas dgn kejahatan juga.

tiwi said...

bisa kayak gitu ya...waduh...ternyata bkn hanya di dunia nyata yg org usil, di dunia maya malah lbh parah!...he3.., trs gmn ya, kl blog kt digangguin org ga jls kayak gitu, mis:pas kt ketik almat blog kita, malah kena virus pc kt, parah lg virusnya!aku ngalamin nih...org2 usil mmg nyebelin!!

Akoey said...

Itu karena Blog sobat bagus dan berbobot, ga jauh dari Iri biasanya.
Sebetulnya ane mau tanyain comment itu sob, cuma belum sempet aja, ane kira si Boss sendiri yg nulis. Santai aja Boss.

Makin tinggi pohon makin kencang angin yg menerpanya.. Bukan begitu?

Aku dukung dehh...
Happy blogging sobat, sukses slalu yah.. ^_^

windflowers said...

wah..wah..rupanya ada aja ya org yg seperti itu..tp aku salut sm km..km bijak fer..:) sip sip..

Erianto Anas said...

Hm ... betul pengantar tulisanmu mas, saya jadi GERRAMMM sama si ANONIM itu. Dan itu sudah byk terjadi di blogernas, apalagi sejak saya luncurkan serial postingan isu pembakran Alquran, wah.... entah berapa byk Anonim menghujat saya. Pdhal, spt kamu tulis, saya mengkritik terang2an (dari depan) soal pemahaman thd Alquran dalam postingan, dan sgt senang kalau ada yg mau diskusi. Tp para "setan" anonim benar-benar iblis, cuma main sembunyi.

Inilah yg kita sayangkan.

Saya prihatin benar baca laporan kejadianmu ini mas. Beberapa wkt lalu terjadi di tempat si om rame. Saya jd gatal, gak sabar lgs ngajak tuh si anonim berdebat, tp gak muncul-mucul. Malah muncul anonim lain. Msh nembak si om, tp yg kedua ini pun ttp gak mau diajak diskusi di situ atau di blogernas.

Kesimpulan saya thd blogger spt itu,
Itulah contoh blogger munafik! Itu makanya postingan saya pedas. Panas. Membakar! Krn saya tidak suka dg gaya pura-pura. Tapi sayangnya banyak yg berhenti pada judul saja. Dan rata-rata hampir lbh 10 anonim yg menghunus pedang kata-kata di situ dlm 3 hari kemaren, dari bhs komentarnya, hanya membaca judul saja.

Tujuan saya dg kekasaran itu, saya tdk mau bohong. Dan siap diskusi dg siapa saja. Utk apa kita sembunyi2. Tdk ada manfaat dari pertengkaran spt itu. Diskusi, sepanas apapun, asal dada ttp dingin, PASTI akan membuat otak semakin lincah berpikir dan tajam memahami persoalan.

* UNTUK ANONIM penembak DJ SITE:

Salam perkenlan untuk anda mas Anonim. Izinkan saya mengundang anda untuk kita diskusi di sini. Saya ingin sekali menyerap wawasan anda ttg topiknya. TAPI saya ingin "menampar" kejantanan anda dalam menulis komentar. Tentang cara menulis nama, apa nama yg harus ditulis, dan url siapa yg boleh digunakan. Dan spt apa cara menulis kata-kata di kolom komentar. DAN

Bagaimana cara menjadi blogger yg tahu etika.

Anda boleh tersinggung, marah, atau mau saling bakar sekalipun. Tapi anda harus gentel. Harus sportif. Bukan dg cara sembunyi. Setajam apapun kata-kata anda, tp hanya dg nama Anonim, anda sebenarnya seorang blogger pengecutt!!!

Saya tunggu jawaban anda di sini. Atau di blog saya juga boleh. TAPI

Jika anda tetap membaca undangan ini secara sembunyi2, tanpa menunjukkan diri, saya berani menuduh:

Anda lebih Setan dari IBLIS!

fanny said...

waduh, ada ribut2 juga ya..ck..ck..ya sabar aja deh....jangan diladenin aja.

Òœarlz said...

Sirik pasti itu bro.. skrg banyak yg gitu.. klo ga marah2 ga jelas gitu.. d anonim lagee.. klo d kaskus lebih sadis lagee.. langsung ceplas-ceplos.. jd bikin down -_-"

mslh template q normal2 aja tuch sob.. mungkin koneksi u yg lagee lemot jd ga 100%

BRI Jakarta Veteran said...

sangat tekesan dengan postingan ini mas Fer ... kejujuran dan keterbukaan adalah awal yang sangat baik, DJ Site termasuk tempat sangat inspiratif dan terbuka ... tetap semangat sahabat dan salam sukses.

HB Seven said...

walah ternyata kok ada yang sperti itu...ya..dunia maya sebenarnya sama tata krama dan unggah ungguhnya dengan dunia...nyata...kita harus saling hormat menghormati...satu sama lain..sabar mas...tetap semangat..

Aul Howler's Blog said...

Sabar bang Fer...
Aul juga pernah kena...
Lebih parah malah...

SIANG SORE said...

sorry bro baru berkunjung. dibiarkan saja sob.....orang seperti itu merupakn bentuk dari ketidakmampuannya untuk mengembangkan potensi diri sehingga melihat orang lain dengan sikap iri.

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola said...

waduh, kok ada yg komen gitu sih sob..
gak menghargai tulisan orang nih..
tapi sabar aja sob, org itu mungkin iri melihat blog ini..

syahida said...

Wah iya nich .. klo koment ya lebih baik dan sopan dengan memberi identitas ya, bukan anonim. Walau koment yang diberikan merupakan kritikan atau hujatan, jadi lebih baik gentle aja ...
O iya .. untuk sopwernya aku belum punya shob .. kapan-kapan kalau punya sambil cari dulu tentunya, tak kasih tau ...

berpikir positif said...

wah ketinggalan deh postingan yang kemarin, sampai segitu serunya ya sob dengan hacker cisadane

deasy said...

Pink Blogger come.. Wah2 jangan ampe perang sesama Blogger.. Peace aja dech klo aq hehe"

Sukses sll bwtmu Ferdinand!

TUKANG CoLoNG said...

coba daerah kita deket ya, pengen deh belajar dari kamu..haha

script auto year said...

kalo ngomnggin pinjem 'identitas'di tempat ane pernah ada coment: 'Informasinya Bagus Lanjutkan', nama+linknya 'Cosa Aranda'
kukuuruyuuk.. *sayang, ane wong ndeso yang enggak deso banget* :D
kalo ngomongin ngehack, IQ Ane ga nyampe..
pokoke bersabar memang jalan yang terbaik.
semangaad

Goyang Karawang said...

masing2 punya ruang ekspresi dan kenikmatan sendiri2.. :)

yudex said...

eh sob, si anonim kemarin cewek apa bukan? haha.. kalo cewek aku mau ajak kamu apel ke rumahnya. :)

iya kemarin komennya diatasku, aku sempat baca juga. tak pikir itu emang bener kamu. eh, ternyata bukan, bukan juga Aura Kasih. :D

dia tidak tahu kehebatan yang punya blog sob,..

saka hero said...

Sebelumnya biarkan seorang newbie seperti saya bicara mas :).
Terus terang setelah saya baca postingan dari mas ferdinand ini langusung timbul ? besar...
Bagaimana seorang seperti itu bisa disebut blogger ya, kalau aturan dan etikanya tidak seperti blogger. Sabar mas orang seperti itu akan mendapat balasanya cepat atau lambat. Sukses selalu

Butik Bella said...

Idihhh aku inget banget tuh Fer.. Ada komen yang isinya seperti itu. Mempertanyakan tentang Tema blog kamu ini sebenarnya blog apaan? Sebab secara kebetulah seperti biasa aku selalu menyempatkan diri memberi komentar paling keren di blog kamu ini...hihihhihh...

Aku fikir tadinya itu teman kamu yang sengaja bikin komen aneh kek gitu buat lucu2an ajah.. :D

Yo wes Fer, ndak usah ditanggepin komentar orang yang begitu. Ntar malah terjadi TAWURAN DI DUMAY...hiiiiii serembangetdeh.com ^ ^

Btw, aku juga pernah mendapat komentar yang isinya yah marah2 ama isi postingan aku yg judulnya PENGALAMAN LUCU..wkwkwkkkk.. Katanya nggak lucu sama sekali..hahhaaa
Tak jawab gini > Wehhh.. Bulan Puasa gini gak baek mas marah-marah..hehehe.. Dan saya ndak bermaksud lho menipu mas nya.. Mungkin buat mas yah ndak lucu.. tapi bagi saya itu adalah murni pengalaman saya pribadi yang lucu abis menurut saya.. Dan temen-temen yang lain juga ada yang merasa lucu koq dengan cerita saya tersebut. Sekali lagi mohon maaf yang serendah-rendahnya.. Saya tidak bermaksud menipu mas nya.. Semoga hari mas nya menyenangkan..hehehee

Walah koq jadi curhat lagi neh..xixixi


Seng sabar yo Fer.. Keep Spirit N Have a nice day selalu ..

rawins said...

iya neh ga jelas banget sih blognya...
hahaha maap gabisa didepan, soalnya ga kebagian pertamax...

kalo aku sih suka cuek aja ada yang bilang macem macem juga. ga pernah aku hapus, soalnya tiu salahs atu catatan sejarah bila tgl sekian aku pernah dihujat orang. semua itu kan resiko hidup, ada yang suka dan ga suka. bahagia atau tidak menerimanya kan tergantung kita menikapinya...
sabar yow..

Muza elbanaf said...

Woala....kok sampe segitunya. Lempar batu sembunyi tangan itu sob. Sangat disayangkan ya media yang baik ini harus dikotori oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Semoga segera insyaf aja dah orang-orang yang begitu. Mungkin cari sensasi murahan aja...

Happy blogging. Tetap semangat ya Sob...

Unknown said...

tantang gelut wae wes dab...hahahahahhahaha....jadi bikin blog khusus menerima gelut blogger menghina dari belakang......:))

Eka ninjitsu said...

Wis Kang, ojo diladeni lah.... sajake kuwi ming wong sing sirik karo sampeyan. ngan yo kuwi nek meneh2 gawe onar neng blog sampeyan , di gawe klepek2 ae lah Blogge hehehe....

Met malam Kang, baru bisa mampir... biasa sdh mulai sibuk nih... Sukses selalu yah.

fb said...

Yg penting tetap semangat ngeblognya

rizal said...

ternyata ada juga ya blogger yang seperti itu, karena selama ini saya meengira kalau semua blogger kebanyakan berhati mulia.

sabar aja fer, yang jelas mereka seperti itu pertanda sirik.

nggak ada caranya ya untuk ngelacak komentar anomin itu?

dinohp said...

yang sabar aja ya mas...moga nanti ada kebenarannya...

KOMUNITAS OEJOENG said...

wah aq turut prihatin juga fer, Itu namanya pembajakan!! lah gini hari msh pake anonim kaya org ga punya muke aja, apa emang die itu muka gile x. Kan dah pd tau kalo Ilmu pengetahuan skrg kan dah gampang dan sangat terbuka tuk dipelajari gimana cara ngelacaknya.

Kemarin juga ada yang koment anonim, dg senang hati gw kasih koment balik dg ucapan thanks atas waktunya dah kasih koment wlau anonim. Karena ga enak ma spam blogger akhirnya gw gerus juga tuh komennya. lho, ko jadi panjang yah...dah ah sharenya !

Erianto Anas said...

Mas Fer,
Saya harus bertrima kasih pada anda. Karena gara-gara tulisan ini saya jadi dapat ide 2 postingan. Numpang lingknya ya:

Cara Menikmati Komentar Setan Anonim
Setan-setan Pembela Alquran!

ReBorn said...

wah, keren-keren. gw jarang ngikutin tuh perkembangan hacker. nice info, sob. oya, background blognya bisa ga item ga ya? soalnya mata agak susah baca ni. faktor keseringan ngeliat yang warna biru kali ya. ghehehe... soalnya gw suka ngikutin blog ini tapi agak krepotan bacanya.
cheers.

Unknown said...

Sabar sob.....
semoga ada hikma di balik semua ini..... turut prihatin dengan apa yang terjadi dengan sobat....

Sukses selalu sob....

Happy blogging......

aliem said...

nambah ra mudeng au... hahahaha.. salam!!!

Ifan Qomarudin said...

Santai aja Sob, itu cuma ulah orang2 iseng yg tdk suka sama kita. Kalo setting comment-nya yg diubah gimane?

Sungai Awan said...

lanjut terus ae cak ferdi.
yang penting ngeblog.
yang penting hepppiiii....
cuekin saja...
toh akan dapat balasannya dewe

uswah islam said...

berkunjung sore cak

rafli pratama said...

Wah, kelewatan itu sob.. Untung aja Sobat baik hati hehe.. Kalo ngga, ga tau jadinya tuh si blogger yang ngaku-ngaku tadi.. hehe..

Umy Diary said...

kali pertama lagi comment , setelah sekian minggu nggak BW an,,
met sore,,,
umy berkunjung,,
apa kabarnya nie...?
jadi malu ni,,,
nggak semangat ngblog sprti om fer
hihihi

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

ck ck ck cm bs geleng2 kpala bacanya
masih ada ya blogger yg spt itu

Unknown said...

Judul postingan yang unik sekali "Silahkan Dihina Dari Depan'. Dinamika dan pernik-pernik dalam dunia maya. Kami menyayangkan penggunaan identitas yang tidak jelas. Mengapa harus 'lempar batu sembunyi tangan' ? Mengapa harus menggunakan url orang lain ? Alangkah baiknya menjunjung tinggi 'kode etik' yang berlaku dalam dunia maya.

attayaya speedtest said...

duuuh semoga adem ayem semua lah
sabar

Amdhas said...

selama saya ngeblog, saya belum pernah dapat anonim. Entah kenapa, tapi penasaran juga sob. Kalu aku dulu pakai webstat, biar yang trial juga ga apa2kita bisa lacak IP secara detail.Nah permasalahannya kalu anonim punya blog berbasiskan server ghs, seperti blogspot. Itu susah nembusnya harus hajar pasword. Kalu di hosting berbayar sepertinya bisa di raba sedikit.

Ummi Ubay said...

wkeke
diemin aja deh
orang syirik paling tuh^^

om rame said...

adem banget Fer, saya kira tadinya mau gebuk-gebukan biar seru nanti saya review untuk ngegebuk juga tuh si "anonim" (provokasi , hehehe...).

kayaknya di atas (Prof. Ernas) udah panas tuh Fer, kaLo dikomporin enak kaLi yah. hehehe...
ke TKP beLiau duLu ah.

Unknown said...

sabaaar...sabaar Fer... dulu gw jg pernah ngalamin kejadian kayak lo.. blog gw dihina oleh blogger lain ?.. bukannya ngasih komen yg bagus2 atau men-support eeeh malah ngatai2in..mendingan kagak usah komentar kalo cuma mo nyakitin persaan org lain..ya ngak ?..pdhal sesama blogger indonesia..

perawatan ac said...

waahh hebat sob bisa ketahuan ip blog si anonim itu yahh..caranya gimana sobb..??

Diah Alsa said...

orangnya iri kali tuh mas, blog mas DJ lebih rame dari blog dia, makanya pake anonim bahkan pake link mas DJ sendiri...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan