Wednesday, September 17, 2014

Fanatik sama Gadget dari Vendor atau Brand tertentu!


Jujur, klo untuk urusan gadget saya emang termasuk yang fanatik sama brand tertentu, dan dari sekian banyak brand yang nyesekin pasar gadget ditanah air, ada 3 vendor gadget yang masih bikin saya enggan berpaling ke vendor lain dan 1 vendor lagi yang masih bikin saya penasaran sampe detik ini.

Opo ae kang?

Pertama, jujur aja saya masih cinta mati sama produk-produk Apple hehe, pokoknya untuk urusan grafis sama multimedia Apple masih juara lah klo buat saya :) yo mungkin bener juga sih klo ada orang bilang "enek rego enek rupo", biarpun saya dapet hpnya gratisan hahaha... cuma sayang sih, didefault applicationnya, apple nggak nyediain aplikasi FM Radio, jadi klo mau dengerin radio saya mesti pake hp lain... bukan berarti nggak ada aplikasi radionya lho ya, iTunes Radionya sih ada, cuma saya males aja klo mesti denger radio secara streaming, apalagi yang mau saya dengerin radio lokal bukan radio luar :)

Kedua, dari zaman baheula saya termasuk yang fanatik sama produk-produknya LG, malah klo disuruh milih antara Samsung sama LG biarpun dua-duanya masih sama-sama produsen asal Korea, saya masih lebih milih LG hehe, alesane kang? simple aja sih, buat saya produk-produknya LG paling kuat dan tahan banting. Dan bukan tanpa alesan saya ngomong gitu, soale kenyataannya saya emang sering nggak sengaja jatohin hp saya, ya minimal sekali dalam seminggu pasti jatoh lah tuh HP #hadeehh jatohin hp kok ada jadwalnya haha. Cuma yang saya heran, biarpun jatoh sampe isi perutnya berantakan (casingnya kebuka, batrenya keluar) ya nggak pernah sampe rusak parah apalagi matot sih tuh hp, paling banter juga casingnya kegores dikit klo jatohnya ditempat yang agak ekstrim, dan itu nggak cuma saya rasain di 1 varian gadgetnya LG tapi di beberapa varian yang pernah saya pake. Makanya saya berani bilang klo LG tahan banting :)

Ketiga, saya mulai cinta sama produk-produknya Hisense, atau anda mungkin lebih akrab dengan sapaan Smartfren Andromax (biarpun nggak semua varian Andromax dibikin sama Hisense sih). Emang sih ada sebagian orang yang fanatik/anti sama merk-merk china, termasuk Andromax, malah saking jijiknya baru denger itu HP china aja udah langsung mau muntah bawaannya hehe... cuma herannya kalo OPPO atau Xiaomi ngeluarin produk baru langsung deh pada buru-buru ngantri atau pre-order online, lha emang OPPO sama Xiaomi produk mana? China pakde #Glunthang :) Jadi, ya mestinya sebagai konsumen kita jangan buru-buru nge-judge klo produk asal China pasti jelek lah kualitasnya... 

Balik ke Hisense, salah satu yang saya suka dari vendor ini, entah kenapa mereka selalu berani ngeluarin gadget dengan spek yang lumayan tapi dengan harga yang bisa dibilang lebih murah dari para pesaingnya, padahal klo anda mau iseng ngecek historynya, Hisense tuh produsen smart TV dan smartphone terbesar lho di China. Dan sebagai penikmat sih saya termasuk yang cukup puas sama produk-produknya Hisense, Apalagi Andromax-i old saya pernah nggak sengaja diving di aer hampir 10 menit dalam keadaan nyala, sebelum akhirnya saya nyadar dan buru-buru matiin dan ngeringin tuh hp. Cuma herannya sampe detik ini ya nggak ada masalah apapun sama tuh hp... masih normal-normal aja malah, makanya saya jadi agak cinta sama produk-produknya Hisense hehe... 

Terakhir, saya masih agak-agak penasaran sama gadgetnya ASUS, itu tuh seri ZenFone-nya hehe... apalagi saya juga termasuk fanatik sama brand ini khusus untuk produk notebooknya, cuma berhubung saya lagi banyak pengeluaran untuk hal lain, jadi untuk sekarang-sekarang ini kayanya saya baru bisa ngebayangin aja, ya siapa tau besok-besok ada yang khilaf ngasih saya gadget itu hahahaha... yang speknya paling cupu diantara keluarga ZenFone juga gpp kok, saya dengan senang hati mau nerima *lol  

Nah, sekarang biar adil giliran anda yang balik nyeritain kesaya, tentang kesan-kesan anda sama hp kesayangan anda masing-masing, apa yang bikin anda ngerasa worth ngebeli tuh hp, dan kenapa akhirnya anda milih tuh hp, ditunggu lho ceritanya di kotak komentar... 

C'u and Happy Blogging :) 
 

Tuesday, September 16, 2014

Cara Mudah Root dan Install CWM Recovery Pada Andromax U2 EG98


Setelah kemaren kita ngebahas tentang gimana cara nge-root, unroot dan install CWM Recovery di OPPO Find Muse R821, kali ini saya mau ngasih tau anda gimana cara nge-root dan install CWM Recovery di Andromax U2 EG98. Dan masih sama kaya yang udah-udah, lagi-lagi ini juga bukan hp saya *lol

Wehhh, lha terus hp'ne sopo kui? Hp koncoku pakde hihi... Ealah sue-sue mending bukak konter sisan sampean kang, ohhh... nek kui iso diatur pakde, asal sampean gelem ngekek'i suntikan dana seger, tenang pakde pembagiane rata aku 80% sampean 20%, piye? ohhh tak tutuk neh ndasmu... halah pakde iki darah tinggine kok sering kumat tah, mbok berobat'o kono pakde ke klinik tong fang bahaya lho kui #ngibrit  

Jadi singkat cerita, temen saya ini abis download salah satu launcher dari situs download-an apk diluaran sana, cuma berhubung nih launcher emang berbayar jadi ya developernya kayanya sengaja ngasih licence diaplikasi buatannya itu untuk ngurangin angka pembajakan, Nah, berhubung temen saya ini lama-lama risih juga sama notif licence yang nggak valid dari launcher yang didownloadnya itu, jadi ya saya saranin aja supaya dia nge-root hpnya dan ngapus licence aplikasi itu pake Lucky Patcher (biarpun saya juga nggak tau sih, bakalan work apa nggak tuh Lucky Patcher buat ngapus licence launcher itu). Dan berhubung kata dia garansinya udah pernah dipake juga untuk ngebetulin kamera, akhirnya dia minta tolong saya untuk nge-root hpnya... #lagi-lagi saya yang jadi tumbal hadeehh...

Wah berarti udah sempet nyobain hpnya dong kang, biarpun cuma sebentar? ya udah dong hehe... terus kelebihane dimata sampean opo kang?

Emmm, opo yo... klo mau tau speknya sih mending anda gugling sendiri aja, soalnya saya males ngejelasin atau ngereview secara detail, tapi beberapa yang saya suka dari hp ini sih, pertama, Dolby Digital Plus Speaker-nya, maknyuzz lah pokoke suarane klo buat denger musik, nonton film, atau main game, nih screenshootnya:


Kedua, saya sempet ngetest masukkin 3 film download-an kualitas Bluray 720p ke hp ini, dan ternyata lancar tanpa ngelag sedikitpun saya coba tonton di hp ini, kemungkinan sih gara-gara video recordernya juga bisa ngerekam sampe kualitas 1080p HD, jadi klo cuma ngerender video 720p ya masih kuat-kuat aja hehe...

Untuk lainnya saya nggak sempet ngetest. Ya, untuk hp harga sejutaan sih klo buat saya udah bagus banget nih hp... apalagi RAMnya juga udah 1 GB, cukup banget lah buat nginstall-nginstall aplikasi penyedot ram gede kaya messenger dan main game HD hehe...

Wes, cukup segitu aja basa-basinya, sekarang kita masuk ke inti postingan saya sore hari ini, yaitu gimana cara paling mudah untuk nge-root dan install CWM Recovery di Andromax U2 EG98 ini. Dan sama kaya cara nge-root, unroot dan install CWM Recovery di OPPO Find Muse R821 kemaren, kali ini pun anda nggak butuh PC/Laptop. Cuma khusus untuk unrootnya nggak saya bahas, soale toolsnya juga cuma sebatas untuk nge-root aja, jadi mungkin klo anda mau klaim garansi atau mau unroot nantinya, monggo cari firmwarenya aja dan flashing ulang, biasa via TF Update klo Andromax.

Siap? Let's go...

I. Cara root Andromax U2 EG98

1. Download dulu aplikasi Root Master v1.3.6 DISINI (Full bahasa China) atau DISINI (Udah dimodding setengah bahasa China setengah bahasa Indonesia)
2. Install aplikasi Root Master, Ceklis Unknown sources klo anda belum pernah nginstall apk selain dari play store sebelumnya (disini saya nyontohin pake yang bahasa china)



3. Buka aplikasi Root Master, nanti anda bakal nemuin penampakan kaya gini:


4. Pilih yang ada kata-kata Root, baris ketiga (perhatiin gambar diatas), atau untuk yang pake Root Master moddingan pilih Mulai root
5. Tunggu bentar, prosesnya kaya gini


6. Nanti ada pop-up kaya gini:


7. Pilih Root (itu yang sebelahnya artinya batal)
8. Tunggu lagi prosesnya, klo udah kelar ada notif kaya gini:


9. Pilih yang kotak "warna ungu" atau klo di Root master mod pilih batal.
10. Done! monggo liat dideretan aplikasi anda, udah nambah 1 aplikasi baru berbahasa china apa belum, atau klo yang pake Root Master mod klo nggak salah namanya perijinan rumah tangga *lol nih penampakan aplikasinya:


Nanti klo buka aplikasi yang butuh akses root kan biasa nongol pop up kaya gini ya:



Pilih yang sebelah kanan, itu sama artinya Granted Superuser. (khusus yang pake Root Master original bahasa China)

II. Cara Install CWM Recovery di Andromax U2 EG98

1. Pastikan hpnya udah anda root, terserah mau pake cara diatas atau cara lain.
2. Download Android Terminal Emulator DISINI atau via Google Play Store
3. Buka Android Terminal Emulatornya, sampe disini monggo backup recovery original anda dulu, Caranya:

Ketik: su (enter)
Ketik: dd if=/dev/block/mmcblk0p13 of=/sdcard/stock-recovery.img (enter)

Tunggu sampe kelar, klo sukses nanti ada file bernama stock-recovery.img disdcard anda dan simpen aja itu buat backup-an klo sewaktu waktu mau anda kembaliin lagi ke recovery asli

4. Download CWM Mod By WHMOD DISINI
5. Move atau pindahin file imagerecovery-new.img yang udah anda download barusan ke root sd card anda, jangan didalem folder apapun
6. Buka lagi Android Terminal Emulatornya, Sekarang saatnya kita masang CWM Recoverynya (CWM Mod By WHMOD), Caranya:

Ketik: su (enter)
Ketik: dd if=/sdcard/imagerecovery-new.img of=/dev/block/mmcblk0p13 (enter)
Ketik: reboot recovery (enter) *untuk masuk ke CWM Recovery



7. Done! CWM Recovery Mod By WHMOD udah sukses terpasang di gadget anda, penampakannya kaya gini:


Terus apa bedanya CWM Mod By WHMOD ini sama CWM biasa? ada beberapa fitur tambahan, antara lain fitur unlock pin, unlock pattern dan unlock password, lebih jelasnya bisa anda baca sendiri DISINI

Tapi klo anda mau pake CWM biasa aja nih sekalian saya kasih juga:

1. Download CWMnya DISINI
2. Move atau pindahin file cwmr.img yang udah anda download barusan ke root sd card anda, jangan didalem folder apapun
3. Buka lagi Android Terminal Emulatornya, Sekarang saatnya kita masang CWM Recoverynya, Caranya:

Ketik: su (enter)
Ketik: dd if=/sdcard/cwmr.img of=/dev/block/mmcblk0p13 (enter)
Ketik: reboot recovery (enter) *untuk masuk ke mode recovery

4. Done!

NOTE:

1. Harap perhatiin deretan kodingan ini: "mmcblk0p13", saya cuma mau ngasih tau aja klo itu angka "nol" bukan huruf "o"
2. Untuk masuk ke mode recovery dalam keadaan HP mati cukup pencet Tombol Power + Volume Down barengan.

Gimana? ngerti apa malah mumet? hahaha

Intinya sih, yang penting yakin dulu sebelum anda nyoba, klo udah yakin jangan lupa doa dulu, klo udah... baca bener-bener postingan ini dari awal sampe abis, jangan cuma sepotong-potong, klo udah paham baru deh anda jajal sendiri.... 

Terus untuk Custom ROMnya gimana kang? udah ada atau belum? Banyak kok, gugling aja atau gabung sama groupnya di facebook, cuma maaf nih saya nggak bisa ngasih tutorial custom ROMnya lebih detail soale yang punya HP nggak minta sekalian dicustom ROM hehe... 

Wes lah ya, cukup segitu dulu postingan saya kali ini, klo ada yang kurang jelas bisa anda tanya dikotak komentar :)

WARNING: Saya nggak bertanggung jawab atas segala kerusakan apapun yang mungkin anda alami setelah ngikutin tutorial ini, mau itu bootloop (stuck di logo Smartfren), matot atau apapun, jadi pastikan berdoa dulu sebelum mulai, dan ikutin step by stepnya dengan bener...

Credit: Developer Root Master (saya nggak tau siapa), WHMOD (Yg Modding CWM WHMOD), Andy (Yang bikin CWM) 


Monday, September 15, 2014

Cara Mudah Root, Unroot dan Install CWM Recovery Pada OPPO Find Muse R821


Kebetulan sekitar 2 minggu lalu, saya diminta temen saya untuk nge-root dan install CWM Recovery untuk device yang satu ini (OPPO Find Muse R821), cuma saya juga kurang tau sih ini OPPOnya siapa #Glunthang. Ya pokoke kata temen saya, yang punya tuh HP abis nginstall aplikasi phreaking dari salah satu penyedia jasa "SSH" premium (itu tuh yang biasa dimanfaatin buat internetan gratis hehe) cuma ternyata aplikasi itu butuh akses root, nah berhubung mereka pada nggak berani nge-root sendiri akhirnya dibawalah tuh HP kesaya... #Asem, ceritane ki aku tumbale hahaha

Kalo boleh tau nih hp kelebihane opo ae kang?

Sebenere sih spek'e podo ae pakde karo buto robot ijo kelas menengah laine, nggak ada yang terlalu istimewa lah hehe... cuma kesan sekilas yang bikin saya suka sama HP ini sih, pertama widget musicnya pakde, antik lah pokoknya bentuk piringan hitam gitu, jadi kalo mau play pause kaya mau nyetel ato matiin piringan hitam beneran tinggal geser anunya ae (ra weruh jenenge opo). Kedua fitur flip mute-nya pakde, jadi klo sampean nyetel alarm tapi masih pengen tidur gampang tinggal balikin aja hpnya ntar mati sendiri suara alarmnya, ato klo selingkuhan nelpon tapi lagi jalan sama pacar yo podo tinggal balikin aja hpnya ntar mati sendiri suaranya. Terakhir, saya suka sama fitur smart sleep-nya pakde, jadi sampean nggak perlu kuatir display layarnya redup klo lagi baca pdf, berita online ato lainnya, pokoke selama mata sampean masih natap layar hpnya ya tuh hp nggak bakal redup apalagi off displaynya.

Kira-kira itulah kesan sekilas saya waktu megang hp ini...

Wes, cukup segitu aja basa basinya, sekarang kita lanjut ke inti postingan saya kali ini, yaitu gimana cara Root, Unroot dan install CWM Recovery di HP yang satu ini, pokoke gampang lah nggak ada 10 menit juga kelar, nggak butuh PC/Laptop juga kok, yang anda butuhin cuma koneksi internet untuk baca postingan ini sampe kelar dan download bahan-bahan yang dibutuhin.... #oiya, sama HPnya, klo hpnya nggak ada ya sama aja bo'ong haha...

Siap? Let's go...

Sebelum ketutorial monggo download bahan-bahannya dulu melalui link dibawah ini (semua udah saya gabung jadi 1 biar nggak bolak balik download):


I. Cara Root dan Unroot OPPO Find Muse R821

1. Download dulu bahan-bahannya dari link yang udah saya kasih diatas (didalemnya ada Framaroot, Mobile Uncle, sama Recovery.img)
3. Extract bahan-bahannya, pake Root Explore atau aplikasi apapun yang bisa buat ngextract, yang belum punya root explore, bisa download versi terbarunya DISINI, Sorry untuk bisa ngeliat konten/link download mesti register dan login dulu hehe...
3. Klo udah di extract, masuk ke folder Framaroot v1.6.0, dan install aplikasi Framaroot v1.6.0 atau kalo mau pake versi terbarunya, yaitu v1.9.3 bisa Download Disini
4. Kalo udah buka aplikasi Framarootnya (saya pake v1.6.0)
5. Pilih Install SuperSU di select an action to execute after root, kemudian pilih Boromir (lihat gambar dibawah ini)


6. Mestinya sih nggak sampe 1 menit, proses rooting udah kelar dan bakal muncul pop-up kaya gini:

7. Pilih OK, dan keluar dari aplikasi Framaroot, saran saya reboot dulu hp anda tapi klo nggak di reboot pun gpp juga sih hehe...
8. Done! coba liat udah ada aplikasi SuperSU apa belum dideretan aplikasi anda, mestinya sih aplikasi SuperSU otomatis nongol setelah proses rooting kelar... Untuk yang nggak nemuin aplikasi SuperSU coba ulang lagi step by step rootingnya

Terus gimana klo mau di unroot? gampang

1. Buka aplikasi Framaroot lagi
2. Pilih Unroot di select an action to execute after root, kemudian pilih Boromir
3. Kalo udah kelar anda bakal dapet pop-up exploit result yang isinya "Unroot done!"
4. Pilih OK, dan keluar dari aplikasi Framaroot
5. Done! coba liat deretan aplikasi anda, mestinya aplikasi SuperSu langsung ngilang hehe...

II. Cara Install CWM Recovey di OPPO Find Muse R821

1. Saya anggap anda udah download bahan-bahan yang saya kasih diawal tadi, so... buka root explore/aplikasi file manager anda masing-masing dan cari extract-an bahan-bahan yang tadi, masuk ke folder Mobile Uncle dan install aplikasi Mobile Uncle/MTKDroid, klo udah dibiarin dulu aja nggak usah dibuka atau diapa-apain
2. Tugas anda sekarang masuk ke Root Explore/ file manager anda masing-masing, cari dimana anda naro hasil extract-an bahan-bahan yang udah anda download tadi, kemudian masuk ke folder Recovery Asli v5, dan move file recovery.img yang ada didalem folder itu ke root sdcard anda, inget ke root sdcard, bukan ke phone/internal dan jangan taro didalem folder apa-apa. Lihat gambar dibawah ini:


3. Buka aplikasi Mobile Uncle/MTKDroid, penampakannya kaya dibawah ini:


4. Pilih Recovery Update, nanti bakal nongol file recovery yang udah anda move ke root sdcard tadi dibagian paling atas, dan sederetan recovery lain klo anda nyalain paket data internet, lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya, coba perhatiin ada Recovery file in SDCard dan ada Recovery file in Remote:


5. Pilih recovery.img yang ada di paling atas (di Recovery file in SDCard) dan jangan pilih recovery lain yang ada di Recovery file in Remote
6. Akan muncul pop-up kaya gini:


7. Pilih OK dan tunggu sampe proses installasi kelar (cuma beberapa detik), nanti nongol lagi pop-up kaya gini:


8. Itu tandanya CWM Recovery udah ke install, pilih OK aja, nanti HP anda akan booting ke mode recovery. Kalo sukses recovey anda akan berubah jadi kaya gini:


Kalo gagal ya yang nongol recovery bawaannya si Find Muse, yang kaya gini:


9. Done!

Gimana gampang kan? hehe...

Lha terus udah ada custom romnya belum kang? ada kok, buanyaakkkk bangetttt malah di group, cuma berhubung ini bukan HP saya dan yang punya nggak minta di sekalian di custom rom, jadi ya saya nggak berani ngutak atik romnya hehe... jadi klo anda mau custom rom, monggo gabung aja di groupnya cari sendiri custom rom yang anda suka :) cuma sebelum custom rom ada baiknya IMEInya anda backup dulu soalnya saya baca-baca di xda ada beberapa yang ngalamin IMEInya ilang setelah custom rom hehe...

Caranya kang? gampang

1. Masuk lagi ke aplikasi Mobile Uncle/MTKDroid
2. Pilih IMEI Backup Restore (MTK) *perhatiin gambar dibawah ini


3. Anda akan nemuin penampakan kaya dibawah ini, pilih Backup IMEI to SDCARD (MTK):


4. Kalo keluar pop-up kaya dibawah ini pilih OK


5. Tunggu beberapa detik, maka anda akan dikasih tau klo Backup IMEI udah sukses, penampakannya kaya gini:


6. Done! coba cek di root SD Card anda udah ada file IMEI.bak apa belum, mestinya sih udah ada hehe... like this rek


Nah, abis itu anda bebas deh mau pake custom rom apapun, nanti klo IMEI ilang tinggal restore aja hehe... 

Wes lah ya, cukup segitu dulu postingan saya kali ini, klo ada yang kurang jelas bisa anda tanya dikotak komentar :)

WARNING: Saya nggak bertanggung jawab atas segala kerusakan apapun yang mungkin anda alami setelah ngikutin tutorial ini, mau itu bootloop (stuck di logo OPPO), matot atau apapun, jadi pastikan berdoa dulu sebelum mulai, dan ikutin step by stepnya dengan bener...

Visit the Site
Welcome To dj-site.blogspot.com This Template Is Changed By DJ Site blogger template by DJ Site.