Tuesday, December 27, 2016

Karepmu!


Jujur ae pas barusan liat gambar itu di statusnya Bli' Madi. Saya cuma bisa geleng-geleng jempol, sambil nyeruput teh tubruk dan nulis komen ini:


Tenan lho nek aku sing jadi mahasiswane, wes ra sah basa-basi telung jam, mending langsung angkat kaki keruang kemahasiswaan buat ngurus pindah kampus wkwkkw...

Lha yo piye jajal? wes arep 2017 lho, gak ngertine jek enek wong Indonesia sing ra mudheng arti ucapan "Selamat siang". Padahal nek sampean ngetik keywords "selamat siang kbbi" yo mesti langsung ketemu artine lho. Itu juga kalo bener-bener buta sama bahasa indonesia ya. Lha iki mosok dosen ra paham blas artine selamat siang ki opo #GEDUBRAK!!!

Masak iya dosen sastra se-Indonesia kudu buat petisi dulu supaya pemerintah ngadain penyuluhan makna "Selamat Siang" kepada semua pelajar, mahasiswa, dan tenaga pengajar.

Udah gitu yo repot tenan hidup di Indonesia nek masing-masing orang cuma mau nerima salam sesuai keyakinane. Lha iya toh? Coba aja baca chat baris keempat terus sampean bayangin dengan seksama. Isi chatnya kan gini:

Dalam tradisi Indonesia, ucapan "selamat siang" biasa ditujukan sebagai ucapan sapaan kebaikan untuk orang yang Tuhan nya bukan Allah. (itu chat sesama muslim)

Nah piye jajal nek sing ngomong dan chat bukan orang Muslim?

Iki nek dari hasilku Googling-ku kira-kira kata-katane bahakalan jadi ngene (tolong koreksi kalo saya salah):

Sesama Kristen dan Katholik: Dalam tradisi Indonesia, ucapan "selamat siang" biasa ditujukan sebagai ucapan sapaan kebaikan untuk orang yang Tuhan nya bukan Yesus Kristus.

Sesama Hindu: Dalam tradisi Indonesia, ucapan "selamat siang" biasa ditujukan sebagai ucapan sapaan kebaikan untuk orang yang Tuhan nya bukan Sang Hyang Widhi.

Sesama Budha: Dalam tradisi Indonesia, ucapan "selamat siang" biasa ditujukan sebagai ucapan sapaan kebaikan untuk orang yang sulit mencapai Nirwana.

Sesama Konghucu: Dalam tradisi Indonesia, ucapan "selamat siang" biasa ditujukan sebagai ucapan sapaan kebaikan untuk orang yang Tuhan nya bukan Thian Kong. 

Berhubung saya hidup di Indonesia dan hanya agama dan kepercayaan diatas yang diakui di negri ini, jadi untuk kepercayaan laine tak lewat.

Terus kalo mau lanjut kita simpulin lagi, berarti kalo ketemu

Kaum Muslim: apapun agama kita, kita gak boleh bilang selamat pagi/siang/sore/malam, tapi kudu wajib bilang : Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kalo ketemu, Kaum Nasrani (Kristen dan Katholik): apapun agama kita, kita gak boleh bilang selamat pagi/siang/sore/malam, tapi kudu wajib bilang : Shalom

Kalo ketemu Kaum Hindu: apapun agama kita, kita gak boleh bilang selamat pagi/siang/sore/malam, tapi kudu wajib bilang : Om Swastiastu

Kalo ketemu Kaum Budhis: apapun agama kita, kita gak boleh bilang selamat pagi/siang/sore/malam, tapi kudu wajib bilang : Namaste atau Namo Buddhāya 

Dan Terakhir kalo ketemu Kaum Konghucu apapun agama kita, kita gak boleh bilang selamat pagi/siang/sore/malam, tapi kudu wajib bilang : Wei De Dong Tian

Warbyasaaaahhhhh, Suhu #StendingEplos

Padahal spesial pake telor, kalo untuk pemahaman agamane saya pasti angkat jempol lho... Hal yang sangat baik kan, kalo masing-masing kita paham sama apa yang kita yakini. 

Cuma yang masing-masing kita harus inget, kita ini hidup di negara yang majemuk dengan keyakinan yang juga berbeda-beda. Dan sebenernya kita justru harus berterima kasih lho, karena kita jadi terbantu dalam mengungkapkan ekspresi dan sapaan karena ada kata "Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam" dalam perbendaharaan kata kita.

Kalau dalam lingkup internal ya sah-sah aja kita mau menggunakan salam yang secara spesifik biasa ditujukan ke orang yang seiman dengan kita. Tapi kalau dalam lingkup publik? 

Wes mboh lah, saya cuma mau ngungkapin unek-unek aja kok... kaya unek-unek sebelumnya di postingan-postingan ini:


Wong sampe detik ini aja saya masih bingung lho, gimana ceritane sampe "Om Telolet Om" sampe dianggap sebagai upaya Judaismesasi dan Hinduisasi di Indonesia #Glunthang #Gedubrak #Bluk

Ya pokoke mumpung update postingan sisan lah, segenap staf dan direksi Blogger Serabutan mengucapkan Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagi yang memperingati, Selamat Merayakan Hari Natal bagi yang merayakan, Dan selamat menyambut tahun 2017 bagi kita semua. 

Terakhir, jangan lupa minum air putih dan piknik ... :)

 Cheeerrrrsssss.... (Glek...glek...glek...glek...)
 

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian