Friday, January 27, 2012

Fastboot Mode Start???


Ada yang tau kenapa postingan kali ini saya kasih judul "Fastboot Mode Start"???

Untuk anda yang mungkin memiliki Gadget Android dan pernah berniat untuk meng-upgadenya, melakukan Custom ROM atau apapun namanya itu dari OS anda yang sebelumnya, entah itu Froyo atau apapun menjadi Cyanogenmod 7.2 atau versi lain, resiko yang akan anda hadapi jika proses Recovery dari Terminal Emulatornya gagal adalah begitu proses Flashing ingin anda lakukan dari "Recovery Mode", Gadget anda akan mendadak "stay" di tampilan Fastboot Mode Start.

Dan bisa saya pastikan apapun tombol yang akan anda pencet, gak akan memberikan pengaruh apapun, karena Gadget anda tetap akan stay dengan tampilan hitam bertuliskan Fastboot Mode Start hahaha...

Dan kejadian itu yang kebetulan saya alami saat ini *lol

Nha lho? Berarti HP-mu lagi mati donk kang sekarang? Yupz, tepat, sampe saya nulis postingan ini, Gadget saya kebetulan masih dalam keadaan "mati sehat" yang klo pun saya coba nyalain, cuma akan muncul tampilan hitam dengan tulisan Fastboot Mode Start.

Tau apa artinya? simplenya sih, proses Upgrade yang saya lakukan gagal hahaha... tapi bukan berarti tuh gadget rusak lho ya, soalnya pake "Fastboot" juga bisa dibalikin ke tampilan normal lagi sih, biarpun belum saya lakukan karena koneksi saya lagi bener-bener parah untuk Download-download file yang spacenya diatas 20 MB, lagian nomor yang saya pake di gadget itu juga gak banyak yang tau ini jadi ya santai-santai aja wkwkwk... :)

Intinya sih saya cuma mau bilang, klo apapun yang anda lakukan diluar kebijakan vendor resmi (setelan Default pabrikan), pasti akan tetap beresiko sekecil apapun itu, tapi ya jangan kelewat takut juga sih menurut saya, soalnya gak seru juga klo anda punya Gadget bagus-bagus tapi cuma dipake buat fitur yang standart-standart aja, apalagi klo itu gadget yang OS-nya Open Source kaya Android haha.... lha wong klo ampe gagal bisa di balikin lagi ini hahaha... Iya gak? :)

Yo wes, dari pada mumet-mumet mikirin Fastboot Mode Start, mendingan kita bersulang.... Cheerrrrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :D

#FastbootModeStart #Android #Gagal


Saturday, January 14, 2012

Threaded Commenting, Fitur Baru Pada Sistem Komentar Blogger (Blogspot) Yang Memungkinkan Anda Membuat Reply Komentar Seperti Wordpress


Brrr!!! heran, tiap singgah di Bandung kok cuaca gak pernah bersahabat, opo yo gak ada jadwal panas, cerah atau berawan tah disini? *plak - seketika orang-orang Bandung langsung pada ngantri buat ng'gampar pipi gw

Hem... *dengan nada menyesal tau disini bakal dinginnya kaya gini mah gak bakalan saya mau disuruh ngecek kerjaan kesini :) apalagi Gaphe lagi ada di Jakarta, mending juga saya telanjang bareng, sambil berendem air panas ama dia hahaha... yo wes lah gak usah disesali, seenggaknya hari ini saya bisa ketemu sama temen-temen sekolah saya dulu *lol oh ya, saya lagi ama Nita yang dulu sering saya ceritain lho hahaha... sayang orangnya gak mau saya ajak foto bareng, kata dia sih takut saya-nya gak keliatan klo foto pas malem-malem mendung kaya gini *maksud lo Nit? sialan lu, sebenernya klo lu tau kulit gw tuh lebih putih dari pada kulit lu yang oriental itu, cuma yang jadi masalah, belum ada aja krim pemutih yang bisa bikin kulit asli gw waktu masih bayi dulu kembali lagi :D

Okeh, ditengah cuaca hujan deres yang juga sedikit nyebab'in koneksi paket internet saya mendadak kembali ke zaman TelkomNet Instant *lebay mode on malem ini saya mau ngasih kabar gembira untuk anda semua, yang selama ini masih dengan sangat setia menggunakan platform Blogger atau Blogspot sebagai Platform blog kesayangan anda :)

Tau apa kabar gembiranya? kabar gembiranya adalah terhitung 2 hari lalu, Blogger Indonesia sudah dapat menikmati fitur baru Blogger yang bertajuk "threaded commenting" alias sistem komentar yang disertai dengan Reply. So, jangan pernah lagi anda membanding-bandingkan sistem komentar Blogger dengan sistem komentar Wordpress, karena hari ini dengan bangga akan saya umumkan klo sistem komentar Blogger menurut saya jauh lebih baik dari pada sistem komentar Wordpress. Kenapa saya yang juga adalah pengguna Wordpress malah bilang klo sistem komentar Blogger jauh lebih baik? karena untuk bisa menikmati sistem komentar "threaded commenting" ini anda gak harus nginstall plugin apapun :) bahkan tanpa mengubah settingan apapun, anda dapat langsung menikmati sistem komentar "threaded commenting" ini.

Dan untuk anda yang mungkin pernah merasa menuliskan artikel tentang cara membuat "threaded commenting" yang klo saya gak salah mulai ramai digunakan oleh Blogger Indonesia sekitar bulan oktober atau november tahun lalu, menurut saya alangkah lebih bijak jika anda menambahkan dalam postingan tersebut bahwa tutorial "threaded commenting" itu adalah murni dibuat oleh Google, dan bukan milik anda. Kenapa? karena setelah saya tanya langsung di forum bantuan Google, ternyata sistem komentar ini memang sudah dibuat dari tahun lalu dan bahkan sudah dapat dinikmati secara terbatas oleh beberapa Blogger di beberapa negara. So, wajar klo akhirnya ada blogger yang udah duluan nikmatin fitur ini yang justru ngambil script default "threaded commenting" ini dan dibuatkan tutorial yang justru diakui sebagai tutorialnya :) Dan untuk perbandingan, diakhir postingan nanti akan saya lampirkan script default sistem komentar "threaded commenting" ini yang gak akan pernah bisa anda hapus dari template anda :)

But, sebelum masuk ke masalah script, saya ingin lebih dulu menceritakan kejadian awal yang akhirnya membuat saya menyadari keberadaan fitur baru ini. Karena diluar dugaan saya, ternyata kemaren ada salah satu sahabat blogger yang lumayan perhatian sama blog ini dan nanya via E-mail kesaya tentang, kenapa tiba-tiba template blog ini berubah? dan kenapa tiba-tiba bentuk komentar di blog ini jadi lumayan agak aneh untuk diliat *lol

Okeh saya jawab:

Kejadiannya bermula, ketika kamis pagi lalu, saya Isek ngecek sebuah postingan blog ini dan justru mendapati sebuah perubahan aneh yang sempat saya abadikan dalam Screenshoot berikut:

Klo gak keliatan silahkan di perbesar dengan mengklik gambar diatas. Udah keliatan? Okeh, klo udah tolong jangan perhatikan komentar SPAM yang mengatasnamakan payudara, karena yang mau saya bahas kali ini emank bukan tentang itu, melainkan tentang perubahan frontal pada sistem komentar blog ini, yang juga ikut menyebabkan beberapa hal terjadi, seperti warna komentar di blog ini yang berubah menjadi biru, hilangnya form komentar klasik yang sengaja saya tambahkan, serta hilangnya sistem reply yang saya buat secara manual.

Dan jujur aja, waktu ngeliat hal ini kamis pagi lalu, saya justru mikir klo lagi ada orang yang pengen macem-macem sama akun blog ini, itu kenapa hal pertama yang saya lakukan justru LogIn ke akun Gmail saya dan ngecek IP mana aja yang sempet LogIn ke akun email saya selama seminggu terakhir. Biarpun ujung-ujungnya, saya memang hanya mendapati daftar semua IP yang pernah saya gunakan untuk LogIn, dan emank gak ada IP lain yang berhasil masuk ke akun saya.

Dan mulai dari situ, akhirnya saya langsung ngirim sebuah pertanyaan ke forum bantuan Google yang isinya menanyakan kejadian tersebut, beserta penyebab serta cara mengembalikannya. Yang akhirnya dijawab sendiri oleh salah satu karyawan Google yang isinya kira-kira memberitahukan bahwa apa yang saya alami bukanlah sebuah masalah yang timbul karena apa yang saya lakukan sebelumnya, melainkan justru karena secara default pihak Blogger memang sedang mulai memperkenalkan fitur "threaded commenting" nya yang masih dalam tahap pengenalan terbatas yang baru bisa dinikmati oleh beberapa blog, dan dia justru ngucapin selamat karena saya termasuk yang bisa nikmatin fitur itu secara otomatis.

Dan denger jawaban itu seketika saya langsung ngerasa lega, bahkan lebih lega dari pada perasaan yang saya alamin ketika selesai pups *hayah Dan tanpa banyak nanya lagi, saya langsung ngakhirin pertanyaan saya itu dengan kata Thank you so much :)

Dan karena jujur aja saya masih lumayan penasaran sama script yang di inject pihak Blogger atau Blogspot ke dalam template blog ini, akhirnya saya coba cari keberadaan Script "threaded commenting" tersebut dan berhasil menemukannya dengan sempurnya, dan berikut script default dari sistem komentar "threaded commenting" ini:

CSS-nya:

<b:includable id='threaded_comment_css'>
<style>
.comments {clear: both;
margin-top: 10px;
margin-bottom: 0px;
line-height: 1em;

}
.comments .comments-content {
font-size: 14px;
margin-bottom: 16px;
}

.comments .comment .comment-actions a {
padding-top: 5px;
padding-right: 5px;
}

.comments .comment .comment-actions a:hover {
text-decoration: underline;
}
.comments .comments-content .comment-thread ol {
list-style-type: none;
padding: 0;
text-align: left;
}
.comments .comments-content .inline-thread {
padding: 0.5em 1em;
}
.comments .comments-content .comment-thread {
margin: 8px 0px;
}
.comments .comments-content .comment-thread:empty {
display: none;
}
.comments .comments-content .comment-replies {
margin-top: 1em;
margin-left: 36px;
}
.comments .comments-content .comment {
margin-bottom:16px;
padding-bottom:8px;
}
.comments .comments-content .comment:first-child {
padding-top:16px;
}
.comments .comments-content .comment:last-child {
border-bottom:0;
padding-bottom:0;
}
.comments .comments-content .comment-body {
position:relative;
}
.comments .comments-content .user {
font-style:normal;
font-weight:bold;
}

.comments .comments-content .datetime {
margin-left:6px;
}
.comments .comments-content .comment-header,
.comments .comments-content .comment-content {
margin:0 0 0px;
}
.comments .comments-content .comment-content {
text-align:justify;
}
.comments .comments-content .owner-actions {
position:absolute;
right:0;
top:0;
}
.comments .comments-replybox {
border: none;
height: 250px;
width: 100%;
}
.comments .comment-replybox-single {
margin-top: 5px;
margin-left: 48px;
}
.comments .comment-replybox-thread {
margin-top: 5px;
}
.comments .comments-content .loadmore a {
display: block;
padding: 10px 16px;
text-align: center;
}
.comments .thread-toggle {
cursor: pointer;
display: inline-block;
}
.comments .continue {
cursor: pointer;
}
.comments .continue a {
display: block;
padding: 0.5em;
font-weight: bold;
}
.comments .comments-content .loadmore {
cursor: pointer;
max-height: 3em;
margin-top: 3em;
}
.comments .comments-content .loadmore.loaded {
max-height: 0px;
opacity: 0;
overflow: hidden;
}
.comments .thread-chrome.thread-collapsed {
display: none;
}
.comments .thread-toggle {
display: inline-block;
}
.comments .thread-toggle .thread-arrow {
display: inline-block;
height: 6px;
width: 7px;
overflow: visible;
margin: 0.3em;
padding-right: 4px;
}
.comments .thread-expanded .thread-arrow {
background: url(....) no-repeat scroll 0 0 transparent;
}
.comments .thread-collapsed .thread-arrow {
background: url(....) no-repeat scroll 0 0 transparent;
}

.comments .avatar-image-container {
float: left;
width: 36px;
max-height: 36px;
overflow: hidden;
}
.comments .avatar-image-container img {
width: 36px;

}
.comments .comment-block {
margin-left: 48px;
position: relative;
}

/* Responsive styles. */
@media screen and (max-device-width: 480px) {
.comments .comments-content .comment-replies {
margin-left: 0;
}
}
</style>
</b:includable>

Javascriptnya:

<b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>
<script defer='defer' expr:src='data:post.commentSrc' type='text/javascript'/>

<script type='text/javascript'>
(function() {
var items = <data:post.commentJso/>;
var msgs = <data:post.commentMsgs/>;
var postId = &#39;<data:post.id/>&#39;;
var feed = &#39;<data:post.commentFeed/>&#39;;
var authorName = &#39;<data:post.author/>&#39;;
var authorUrl = &#39;<data:post.authorUrl/>&#39;;
var blogId = &#39;<data:top.id/>&#39;;
var baseUri = &#39;<data:post.commentBase/>&#39;;

// <![CDATA[
feed += '?alt=json&v=2&orderby=published&reverse=false&max-results=50';
var cursor = null;
if (items && items.length > 0) {
cursor = parseInt(items[items.length - 1].timestamp) + 1;
}

var bodyFromEntry = function(entry) {
if (entry.gd$extendedProperty) {
for (var k in entry.gd$extendedProperty) {
if (entry.gd$extendedProperty[k].name == 'blogger.contentRemoved') {
return '<span class="deleted-comment">' + entry.content.$t + '</span>';
}
}
}
return entry.content.$t;
}

var parse = function(data) {
cursor = null;
var comments = [];
if (data && data.feed && data.feed.entry) {
for (var i = 0, entry; entry = data.feed.entry[i]; i++) {
var comment = {};
// comment ID, parsed out of the original id format
var id = /blog-(\d+).post-(\d+)/.exec(entry.id.$t);
comment.id = id ? id[2] : null;
comment.body = bodyFromEntry(entry);
comment.timestamp = Date.parse(entry.published.$t) + '';
if (entry.author && entry.author.constructor === Array) {
var auth = entry.author[0];
if (auth) {
comment.author = {
name: (auth.name ? auth.name.$t : undefined),
profileUrl: (auth.uri ? auth.uri.$t : undefined),
avatarUrl: (auth.gd$image ? auth.gd$image.src : undefined)
};
}
}
if (entry.link) {
if (entry.link[2]) {
comment.link = comment.permalink = entry.link[2].href;
}
if (entry.link[3]) {
var pid = /.*comments\/default\/(\d+)\?.*/.exec(entry.link[3].href);
if (pid && pid[1]) {
comment.parentId = pid[1];
}
}
}
comment.deleteclass = 'item-control blog-admin';
if (entry.gd$extendedProperty) {
for (var k in entry.gd$extendedProperty) {
console.log(entry.gd$extendedProperty[k].name + ' - ' + entry.gd$extendedProperty[k].value);
if (entry.gd$extendedProperty[k].name == 'blogger.itemClass') {
comment.deleteclass += ' ' + entry.gd$extendedProperty[k].value;
}
}
}
comments.push(comment);
}
}
return comments;
};

var paginator = function(callback) {
if (hasMore()) {
var url = feed;
if (cursor) {
url += '&published-min=' + new Date(cursor).toISOString();
}
window.bloggercomments = function(data) {
var parsed = parse(data);
cursor = parsed.length < 50 ? null
: parseInt(parsed[parsed.length - 1].timestamp) + 1
callback(parsed);
window.bloggercomments = null;
}
url += '&callback=bloggercomments';
var script = document.createElement('script');
script.type = 'text/javascript';
script.src = url;
document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(script);
}
};
var hasMore = function() {
return !!cursor;
};
var getMeta = function(key, comment) {
if ('iswriter' == key) {
var matches = !!comment.author
&& comment.author.name == authorName
&& comment.author.profileUrl == authorUrl;
return matches ? 'true' : '';
} else if ('deletelink' == key) {
return baseUri + '/delete-comment.g?blogID=' + blogId + '&postID=' + comment.id;
} else if ('deleteclass' == key) {
return comment.deleteclass;
}
return '';
};

var replybox = null;
var replyUrlParts = null;
var replyParent = undefined;

var onReply = function(commentId, domId) {
if (replybox == null) {
// lazily cache replybox, and adjust to suit this style:
replybox = document.getElementById('comment-editor');
if (replybox != null) {
replybox.height = '250px';
replybox.style.display = 'block';
replyUrlParts = replybox.src.split('#');
}
}
if (replybox && (commentId !== replyParent)) {
document.getElementById(domId).insertBefore(replybox, null);
replybox.src = replyUrlParts[0]
+ (commentId ? '&parentID=' + commentId : '')
+ '#' + replyUrlParts[1];
replyParent = commentId;
}
};

var tok = 'comment-form_';
var hash = window.location.hash || '';
var startThread = hash.indexOf(tok) == 1 ? hash.substring(tok.length + 1) : undefined;

// Configure commenting API:
var configJso = {
'maxDepth': 2
};
var provider = {
'id': postId,
'data': items,
'loadNext': paginator,
'hasMore': hasMore,
'getMeta': getMeta,
'onReply': onReply,
'rendered': true,
'initReplyThread': startThread,
'config': configJso,
'messages': msgs
};

var render = function() {
if (window.goog && window.goog.comments) {
var holder = document.getElementById('comment-holder');
window.goog.comments.render(holder, provider);
}
};

// render now, or queue to render when library loads:
if (window.goog && window.goog.comments) {
render();
} else {
window.goog = window.goog || {};
window.goog.comments = window.goog.comments || {};
window.goog.comments.loadQueue = window.goog.comments.loadQueue || [];
window.goog.comments.loadQueue.push(render);
}
})();
// ]]>
</script>
</b:includable>

Dan untuk bagian isi dari class dan variabel comment sendiri, bisa saya pastikan gak ada perubahan apapun :) yang klo anda perhatiin baik-baik sebenernya semua script diataslah yang anda pake klo anda ngikutin tutorial "threaded commenting" manual akhir tahun lalu itu, cuma penamaannya aja yang sedikit beda karena di tutorial-tutorial itu anda diminta mngganti semua CSS komentar anda, plus penambahan sedikit unsur CSS3 di beberapa tutorial yang saya liat ngajarin pembuatan "threaded commenting" ini. Selebihnya, bahkan dalam hal algoritma Javascriptnya menurut saya versi default dari Blogger justru jauh lebih baik :)

So, pesen saya dari pada susah-susah ngikutin tutorial "threaded commenting" yang segala nyuruh anda ngeganti CSS, nambahin JS serta ngeganti Class dan id komentar anda, mending anda biarin aja blog anda kaya biasanya, soalnya menurut jawaban pihak Google, fitur ini akan secara otomatis terpasang jika anda mengaktifkan fitur komentar untuk blog anda. Dan untuk ngerubah settingannya, anda bisa menuju Settings, pilih Other, terus tinggal pilih "Full" dari menu dropdown yang ada di field "Allow Blog Feed", untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:


Dan untuk ngatur bentuknya, anda tinggal masuk ke menu Settings, pilih Posts and Comments, terus pilih "Embedded" dari menu dropdown yang ada di field "Comment Location", untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:


Yupz, just pengaturan bentuk kotak koment yang bisa anda lakukan, karena anda emank gak harus nambahin script apapun :) dan gak akan pernah bisa ngapus script tersebut dari template blog anda, karena saya udah coba ngapus puluhan kali di beberapa PC berbeda dan hasilnya tetep gak bisa, tapi kabar baiknya anda masih di izinkan ngedit CSS-nya :) So, manfaatkan fitur baru ini sebaik mungkin...

Dan terakhir, sebelum pamit kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu.... Cheeerrrsss.... (Glek...glek...glek...).... Hah nikmatnya nenggek segelas cokelat panas di cuaca bersalju kaya gini *lebay hahaha

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day :)

#Reply #ThreadedCommenting #Blogger #FiturBaru

Credit: Forum Bantuan Google dan Blogger Buzz

Wednesday, January 11, 2012

Akankah Facebook Benar-benar Membuat FaceSense Untuk Menandingi Google AdSense?


Agak ngawur mungkin, klo saya katakan dalam waktu dekat bahkan dalam tahun-tahun ini, Facebook mungkin saja memiliki rencana untuk menjadi Rival abadi Google dengan membuat sebuah jaringan iklan web sendiri alias "A web ad network" untuk menandingi "Google AdSense".

Apalagi seperti yang sama-sama kita ketahui, sejak diperkenalkan 10 tahun lalu sampai saat ini, Google AdSense bahkan sudah memiliki ratusan juta bahkan miliaran Publisher dan Advertiser yang masih sangat menggantungkan bisnis dan pekerjaan mereka pada Jaringan iklan terbesar di dunia ini.

Gak percaya? coba anda liat portal-portal Online lokal, entah itu portal berita, komunitas atau portal apapun yang saat ini ramai menjadi salah satu menu wajib yang setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit dikunjungi oleh para netter Indonesia.

Klo sempet, coba anda perhatikan dengan detail semua sudut dan bagian dari Web Portal tersebut, mulai dari bagian header paling atas sampe bagian footer paling bawah. Dan klo udah, sekarang saya mau nanya ke anda semua, adakah diantara portal-portal Online lokal yang baru aja anda perhatikan barusan yang tidak memasang iklan apapun? saya yakin hampir 90% diantara anda akan menjawab tidak ada, karena nyatanya hampir semua portal online lokal suka gak suka, terpaksa atau nggak, pasti akan menyediakan space kosong di website mereka untuk menjadi ruang iklan yang entah disadari atau pun nggak, iklan-iklan itulah yang ternyata telah menjadi sumber donasi utama bagi pengoperasian portal mereka.

Dan diantara sekian banyak portal Online yang menjamur di Indonesia, bisa saya pastikan lebih dari setengahnya pasti memasang Google AdSense disalah satu ruang di website mereka. Entah mereka terdaftar sebagai publisher biasa ataupun publisher premium.

Kenapa saya bisa bilang gitu? karena gak ada jaringan iklan web lain yang bisa membuat anda menghasilkan puluhan bahkan ratusan dollar dalam sehari selain Google AdSense.

Dan suka gak suka, alasan "Earnings" itulah yang akhirnya membuat banyak Blogger Indonesia menggunakan cara apapun untuk mendapatkan akun Google AdSense, mencoba mendapatkan beberapa Dollar dalam sehari dari akun yang mereka miliki, dan mencoba mempertahankan akun tersebut hingga mereka benar-benar secara nyata merasakan PO (payout) dari akun mereka sendiri.

Bahkan berapa puluh kali pun di Banned, saya yakin hanya sekitar 5% dari keseluruhan publisher Indonesia yang akan benar-benar memutuskan untuk pensiun dari Google AdSense.

Kenapa saya bilang gitu? karena saya sendiri juga adalah Publisher Google AdSense, yang hingga kini Alhamdulillah pernah memiliki 13 Akun, yang 11 akun diantaranya udah Di Banned dalam rentang waktu antara 2010-2011 dan 2 akun sisa yang masih saya istirahatkan untuk beberapa bulan kedepan :) Dan jujur aja, setiap kali nerima E-mail Banned dari Google AdSense, bukannya "Galau" dan putus asa, saya justru makin tertarik untuk daftar lagi, jadi publisher lagi dan nyari celah lain yang bisa saya manfaatkan untuk tetap menghasilkan "Earnings" dari akun tersebut, sekalipun secara sadar saya akui bahwa saya sudah memiliki pekerjaan utama sebagai "Graphic Designer" dan andaipun saya masih setia memasang iklan Google AdSense, gak lain cuma karena faktor penasaran, yang klo pun sampe PO (payout) mungkin akan saya anggap sebagai bonus dari setiap tulisan yang pernah saya publish :)

Intinya saya cuma mau bilang kepada anda bahwa melalui Google AdSense-nya, Google memang sudah memiliki fondasi yang cukup kokoh untuk tetap bertahan dalam ranah jaringan iklan web dunia, bahkan sekalipun banyak bermunculan jaringan iklan web lain yang membuntut dibelakangnya.

Bahkan seperti yang sama-sama kita tau, bukannya merasa terancam dengan jaringan iklan web saingannya, dalam perjalanannya, Google justru mengakuisisi Doubleclick dan AdMob untuk bergabung kedalam jaringan iklan mereka. So, bukan pekerjaan mudah memang untuk menyaingin Google dalam ranah Jaringan Iklan Web.

But, disisi lain jangan lupakan facebook yang dalam postingan ini menjadi inti pembicaraan kita, kenapa? karena dalam ranah Social Networking, facebook masih mengambil tempat dihati banyak orang diseluruh dunia, bahkan jauh melebihi perhatian yang diberikan banyak orang kepada Google+ :) *sekalipun saya justru lebih menyukai Google+ hhe...

Dan klo aja facebook mau mengumumkan dirinya sebagai perusahaan publik dan mulai berpikir untuk mengeluarkan jaringan iklan pihak ketiga sendiri, layaknya Google AdSense. Bukan mustahil klo suatu saat nanti, facebook bahkan bisa mengimbangi Google AdSense di ranah jaringan iklan web, ambil contoh jika kita akan menamakan jaringan iklan mereka dengan nama FaceSense. Tapi lagi-lagi, itu cuma pendapat ngawur saya yang tentu beda jauh sama anggapan banyak pengamat dan pemerhati sosial media yang justru berpendapat klo gimana pun caranya Facebook harus tetap menjadi perusahaan yang tetap menjaga privasinya dan penggunanya.

Biarpun lagi-lagi, dengan pemikiran "simple" aja, harusnya kita udah bisa nebak alur bisnis yang akan diambil Facebook. Apalagi, secara resmi facebook juga sudah mengumumkan pemasangan iklan di Websitenya tersebut beberapa waktu lalu, biarpun memang program iklan mereka masih terbatas hanya pada Advertiser dan bukan untuk publisher layaknya Google AdSense. Tapi dari situ aja, kita udah bisa ngeliat klo tujuan akhir mereka pasti lebih besar dari itu. Apalagi, akhir-akhir ini saya sering ngeliat iklan Google AdSense yang isinya ternyata justru mempromosikan program iklan Facebook :) So, sampai disini kita masih bisa berandai klo suatu saat nanti mungkin saja Facebook akan berencana membuat jaringan iklan web mereka sendiri, yang masih dalam andai-andai, kita namakan dengan FaceSense.

Biarpun dalam sebuah wawancara yang saya tonton secara streaming Mark Zuckerberg, Carolyn Everson, Bret Taylor, dan Sheryl Sandberg justru mengatakan bahwa "saat ini, mereka sama sekali tidak tertarik untuk meluncurkan jaringan iklan web sendiri sebagai pihak ketiga". But, itu pernyataan mereka saat ini, bukan 1 hari, 1 bulan, atau 1 tahun mendatang :)

Dan pendapat ngawur saya justru bilang, klo dalam waktu dekat facebook pasti akan menjadi perusahaan publik yang mau gak mau, gak akan pernah bisa dipaksa untuk tetap menjaga keprivasian penggunanya. Dan untuk menjadi sebuah perusahaan publik mereka pasti butuh banyak dana yang salah satu "options"-nya bisa mereka dapatkan dari bisnis multi milyar dollar yang saat ini masih dikuasai oleh Google AdSense. Cuma balik lagi, itu semua tergantung sama keputusan akhir mereka hhe...

Dan andai mereka berani "Gambling" dan ngambil resiko untuk membuat jaringan iklan web pihak ketiga mereka sendiri seperti Google AdSense, saya yakin gak butuh waktu lama untuk mereka benar-benar menjadi perusahaan publik. Kenapa? karena hari ini, hampir semua Website sudah memanfaatkan facebook dan semua tools-tools yang dikeluarkannya untuk website mereka, ambil contoh tombol like dan recomend, tombol share, tombol connect, bahkan plugin kotak komentar Facebook yang bisa kita temui di berbagai website :) So, sadar atau nggak Facebook emank udah punya citra bagus dimata para owner website dan blog. Dan tinggal bagaimana akhirnya mereka memanfaatkan moment yang mereka punya itu sebaik yang mereka bisa :)

Karena kabar baiknya, para founder Google AdSense ternyata banyak yang kini memilih untuk bergabung bersama dengan Facebook, dan diantaranya ada Sheryl Sandberg, David Fischer dan terakhir ada nama Bapak AdSense dunia "Gokul Rajaram"

So, pertanyaan terakhir yang bisa saya ajukan adalah, beranikah Facebook mencoba membuat jaringan iklan web mereka sendiri? :) ambil contoh dengan mengistilahkannya sebagai FaceSense :D

But, it's just my predictions and opinion...

#Facebook #FaceSense #GoogleAdSense

Tuesday, January 10, 2012

Olahraga Terpaksa, Fiuh!


Ehm... udah lama nih kayanya saya gak ngeblog haha... :) apa kabar semua? hihi *nyapa sambil jualan senyum + dadah... dadah kaya duta shampo sunsilk :) *LOL

Ealah, 'agi kesambet "Casper" sing ngendi tah sampean iki kang? lha kok tumben masih inget nulisin blog, bener lho, tak kira wingi wes pensiun sing ndue blog... lha wong jare arep cerita acara On|Off ra cerita-cerita, lha ya wajar klo tak kira sampean wes pensiun dini dari dunia blog haha... Opo 'agi sibuk ng'golek pangan tah sampe ndak ngeblog-ngeblog?

Eum, klo dibilang sibuk nyari makan, ngejar setoran atau apapun namanya itu, sih sebenernya ya nggak juga, lha wong hidup cukup kaya gini aja saya udah puas kok, ngapain pake "capek-capek lari" ngejar setoran hhe...

Lha terus?

Maksudnya terus?

Lha iya terus kenapa ndak ngeblog-ngeblog? klo ndak lagi ngejar setoran....

Ooohhh... mesti diceritain tah? *batu-batu koral langsung pada terbang ke arah gw

Jadi gini, waktu itu saya pernah bilang kan yak, klo awal tahun ini rencananya saya mau ngambil cuti panjang untuk "Backpacking" alias refreshing yang klo bisa Gratisan kaya iklan IM3? *Huuu maunya

Nah, InsyaAllah sih Backpackingnya jadi, cuma sebagai bentuk tanggung jawab saya, sebelum bener-bener cuti, saya emank mesti ngabisin semua kerjaan saya dulu untuk Project terakhir ini, ya pokoknya sebelum Project yang baru nanti diambil alih sama orang lain lah hhe... Nah, itu kenapa akhirnya saya malah gak ngeblog-ngeblog dan belum sempet cerita apa-apa juga :)

Oooohhh.... ceritanya lagi fokus mau liburan nih?

Yupz, bisa dibilang begitu hahaha... :)

Eum... gitu tah, yowes... yowes... kek sisan diabisin kerjaanmu biar bisa cepet libur hhe... lagian tanpa sampean nulis sering-sering juga tak liat udah banyak postingan Obat-obatan tuh di kotak komentar haha... sampe pangling aku masuk ke blog ini, tak kira udah berubah jadi situs resmi Apotek Herbal Nusantara *GUBRAK!!!

Eh tapi bentar kang, perasaan tadi sampean bilang mau cepet ngabisin kerjaan deh? lha kok pagi-pagi gini malah ngeblog? hayo??? mesti makan gaji buta ki haha... :)

Huss... ngawur tenant... nek iso maem gaji buta mah, wes mosting 20 kali aku tiap hari haha... nggak kok, hari ini kebetulan saya emank pengen berangkat agak siank, makanya pagi-pagi gini masih bisa ngeblog sante dirumah hhe...

Oooohhh... aku tak nyuwun ngapuro klo gitu hhe... Lha terus pagi ini sampean arep cerita opo tah? Olahraga gitu?

Eum... klo dibilang mau cerita tentang Olahraga sih kayanya bukan haha...

Lha terus?

Mungkin lebih tepat klo saya bilang sebagai Olahraga Terpaksa kaya yang saya tulis dijudul paling atas :)

Weh, lha kok bisa Olahraga sampe terpaksa tah?

Lha ya bisa, lha wong pagi ini saya emank gak niat mau Olahraga kok haha..

Lha terus kok bisa sampe Olahraga?

Jadi gini, pagi tadi ceritanya saya lagi bener-bener keabisan pulsa, pokoknya udah gak ada pulsa apapun deh untuk dipake, dan karena berasa gak enak+nyadar diri karena udah di sms puluhan kali tapi gak saya bales, udah di Whatapps hampir 10 kali juga tapi tetep gak saya bales, dan baru klo ditelpon akhirnya saya angkat, akhirnya ditengah udara kutub yang sedang melanda tempat tinggal saya *lebay mode on, dan masih dengan atribut lengkap musim dingin (Boxer+Kaos Oblong) *Toneng -_-" saya beranikan diri untuk jalan santai sembari nyari tukang pulsa yang udah buka...


10 Menit kemudian...


Dan setelah jalan kaki hampir 5 kilo akhirnya saya cuma bisa ngeliat plang counter pulsa yang masih nyala karena lupa dimatiin sama yang jagain, yang mungkin juga masih tidur nyenyak sambil bilang "Brrrr!!! dingin, tidur lagi ah" *GUBRAK!!! ya intinya tukang pulsa pun masih pada tutup...

Dan karena tuh pulsa lagi bener-bener saya butuhin, akhirnya saya putuskan untuk jalan 1 kilo lagi ke Indomaret terdekat :) soalnya pagi-pagi buta kaya gitu yang saya tau pasti jualan pulsa ya cuma Indomaret haha...


5 Menit kemudian....


Dan taaa... raaa.... akhirnya saya sampe di Indomaret yang ternyata bener-bener udah buka... dan berikut percakapan ngawur saya sama Mbak-Mbak kasir Indomaret:

Mbak Kasir: Halo kak, ada yang bisa dibantu? *sambil nyengar-nyengir minta dinikahin

Saya: Hah? *Jawaban seadanya pasca masih terpesona karena saya gak niat nikah sama Mbak-mbak kasirnya

Mbak Kasir: Iya, kakak mau nyari apa?

Saya: Oh, mau nyari yang jual pulsa Mbak, ada?

Mbak Kasir: Nyari pulsa apa nyari yang jual pulsa nih? *makin minta dinikahin

Saya: Eh iya, nyari pulsa maksudnya hhe.... yang jual juga gpp sih, tapi kapan-kapan aja yak hhe...

Mbak Kasir: Ehm... *sembari senyum

Saya: Eh, lagi batuk tah mbak? saya juga lagi serek nih

Mbak Kasir: Mau pulsa apa kak?

Saya: Pulsa 3 aja yang ....... (maaf biaya pulsa disensor)

Mbak Kasir: Nomornya kak??? kosong berapa???

Saya: Aduh, saya gak hafal mbak haha...

Mbak Kasir: Terus gimana donk?

Saya: Saya miscall ke Hp-nya Mbak aja deh ya?

Mbak Kasir: Ya udah buru...

Saya: Eh ntar dulu deh mbak, kan gak pulsanya gimana saya mau Misscall?

Mbak Kasir: Gak ada sama sekali gitu kak buat Misscall?

Saya: He.. eh.. gak ada haha... *sembari senyum

Mbak Kasir: Terus???

Saya: Saya pulang dulu deh, ntar saya balik lagi, apa mbaknya mau ikut saya pulang?

Mbak Kasir: cuma nyengar nyengir doank, beneran kaya cewe minta dinikahin


15 Menit Kemudian...


Akhirnya saya sampe dirumah, dan ngobrol bentar sama si Ibuk

Ibuk: dari mana?

Saya: Beli pulsa

Ibuk: udah?

Saya: udah sih, cuma aku lupa nomor HP-nya hhe...

Ibuk: Lah belum jadi diisi donk?

Saya: Iya belum, makanya mau ngambil HP satunya lagi buat ngeliat nomornya haha...

Dan karena, lagi males nyuci kendaraan yang pasti langsung be'lok klo saya pake Beli Pulsa, akhirnya saya jalan kaki lagi...


15 Menit kemudian...

Akhirnya saya sampe lagi di Indomaret, dan tejadilah obrolan ngawur jilid kedua sama Mbak-mbak kasir.

Mbak Kasir: Udah hafal kak nomornya?

Saya: Belum...

Mbak Kasir: Terus gimana saya ngisinya?

Saya: Tenang, saya udah bawa HP satunya, kan saya Save di HP satunya nomor yang 3 hhe...

Mbak Kasir: Oh, terus berapa nomornya?

Saya: o896 sekian... sekian... sekian....

Mbak Kasir: Dicek ya kak... :) *lagi-lagi sambil senyum

Saya: Ok, udah masuk... sekalian IM3 deh yang..... (jumlah pengisian saya sensor)

Mbak Kasir: Nomornya?

Saya: 0857 sekian.. sekian.. sekian..

Mbak kasir: Dicek kak, udah masuk apa belum...

Saya: Ok, udah masuk... yang Simpati deh sekalian

Mbak Kasir: Nomornya kak???

Saya: 0821 sekian... sekian... sekian...

Mbak Kasir: Dicek kak

Saya: Ok, udah masuk... masih sisa gak tuh saya bayarnya?

Mbak kasir: masih ..... (jumlah saya sensor) ...

Saya: Yaudah sekalian isi yang Esia deh...

Mbak kasir: ok, dicek kak...

Saya: Siip udah masuk semua...

Mbak kasir: ada nomor lain kak? Axis, XL, AS, ato Smartfren mungkin?

Saya: Ye... emank saya Counter pulsa haha....

Mbak kasir: Abis si kakak, nomornya banyak banget hihi...

Saya: Abis, dipake semua sih haha... ya udah sekalian hafalin aja tuh mbak, jadi besok-besok saya gak usah ngasih tau nomor lagi klo beli disini :)

Mbak Kasir: Ah, si kakak mah ada-ada aja, iya deh nanti saya save *lagi-lagi senyum

Saya: Ok, Thank u yach... :) kapan-kapan kita nikah deh *ngomong sepelan mungkin

Mbak Kasir: Hah? *nanggepin omongan saya yang pelan

Saya: Makasih Mbak

Mbak Kasir: Iya sama-sama kak... :)


Dan akhirnya petualangan nyari pulsa pun berakir 15 Menit kemudian, karena seperti yang anda tau saya mesti jalan kaki 15 menit lagi menuju rumah ... :)

Berarti klo dijumlah saya udah jalan kaki berapa menit tuh buat beli pulsa haha...ya intinya sampe rumah saya udah keringetan aja... makanya saya bilang lebih tepat saya sebut sebagai Olahraga terpaksa haha... soalnya saya emank gak niat Olahraga berkilo-kilo tadi pagi :)

Dan sampe rumah, saya baru inget klo tadi saya lupa sekalian beli susu beruang, dan karena saya udah males untuk jalan, akhirnya AQUA galon yang jadi "pit stop" terakhir saya...

Fiuh!!! capek....

Dan berhubung postingan ini juga udah lumayan panjang, gimana klo sebelum saya pamit kita bersulang dulu? hhe.... Chheeeeerrrrssss.... (glek...glek...glek...glek...glek....glek...glek....) eh bentar kang, bentar kok Gleknya banyak amat tah? kan saya lagi haus, ya untuk yang gak haus 3 kali aja gleknya haha...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day.... :)

#Indomaret #Pulsa #Olahraga

Ps: Saya lagi gak ngiklan atau ikutan kontes apapun, dan Logo Indomaret yang saya pajang diatas murni karena saya pikir postingan ini lebih cocok pake Image itu haha... :) Jadi untuk yang lebih pro sama Alfamart tolong gak usah segala bikin postingan yang ada logo Alfamartnya ya hhe... :D

Sunday, January 1, 2012

10 Make a Wish Untuk Tahun Ini...


Huaaahhh.... *Nguap panjang pasca belum tidur dari semalem sumpah pagi ini saya ngantuk banget :) *ngomong sambil ngucek-ngucek mata

Hem... klo ngeliat kondisi mata yang tinggal 5 Watt kaya gini sih, prediksi sementara saya, abis nulis postingan ini saya pasti langsung tepar dan nyari tempat paling empuk untuk bisa tidur nyenyak sampe ntar sore, apalagi diluar lagi hujan gede *LOL pas banget buat nemenin tidur seharian haha...

But, sebelum saya bener-bener tepar gak berdaya ditemenin mimpi-mimpi yang semoga aja indah sampe ending hhe, pagi ini saya mau bikin beberapa Make a Wish sederhana untuk aktivitas Ngeblog saya selama setahun kedepan :) Weh lha kok malah bikin Make a Wish untuk aktivitas Ngeblog tah kang? He... eh... soalnya tengah malem tadi saya udah bikin Make a Wish untuk kehidupan nyata saya duluan, jadi pagi ini gantian saya mau bikin Make a Wish untuk aktivitas Ngeblog saya hhe... :)

Pertama, semoga ditahun ini saya bisa nulis dan ngeblog dengan intensitas lebih sering ketimbang tahun 2011 lalu, ya paling nggak target saya bisa nulis 2 hari sekali lah, syukur-syukur klo akhirnya kesampean tiap hari 1 postingan hhe... :)

Kedua, Semoga saya gak harus sering-sering Hiatus kaya tahun lalu.

Ketiga, Semoga semua postingan tentang YUI bisa saya publish tahun ini, soalnya masih banyak banget Album dan Single Album YUI yang belum sempet saya share tahun lalu.

Keempat, Semoga saya bisa nerusin cerita Pesta Blogger+ 2010 lalu yang masih ng'gantung alias belum tuntas, dan juga nyeritain tentang On|Off 2011 lalu sampe bener-bener tuntas.

Kelima, Semoga diawal tahun ini, Forum Angkringan yang baru bisa langsung saya Publish untuk umum :)

Keenam, Semoga saya bisa kopdaran sama anda satu-persatu

Ketujuh, Semoga gak ada lagi keributan-keributan gak penting di dunia Blogsphere ini

Kedelapan, Semoga makin banyak lagi orang-orang diluar sana yang akan mengikuti jejak kita untuk stay menjadi seorang Blogger :) *biarpun serabutan haha

Kesembilan, Semoga acara-acara kopdar Nasional kaya On|Off dan lainnya kembali diperingati akhir tahun nanti :)

Kesepuluh, Semoga Banjir Bandang Google AdSense segera berakhir dan publisher Indonesia bisa kembali merasakan nikmatnya hidup berdampingan dengan Iklan Google haha.... :)

Itu kira-kira beberapa Make a Wish yang saya buat untuk aktivitas Ngeblog saya setahun mendatang, dan karena judulnya Make a Wish, jadi klo menurut anda 10 point diatas masih kurang, anda bisa melanjutkan Make a Wish ini dikotak komentar dengan melanjutkannya dari urutan 11 :)

Dan karena makin lama, mata saya makin perih aja untuk ngeliat layar Desktop yang lagi saya pake untuk nulis postingan ini, so sebelum pamit dan sekaligus untuk menyambut tahun yang baru ini saya mau ngajak anda bersulang kaya biasanya.... Cheeeerrrrsss..... (Glek... glek... glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Selamat Memulai Tahun yang baru.... :)

#MakeAWish




Ratings: 5
Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian