Tuesday, October 27, 2015

Ngeblog itu...


Kalo nggak diingetin sama "Calendar Reminder"-nya mbah Google, jane saya bener-bener lupa kalo Hari ini "Hari Blogger Nasional" #Glunthang. Lha wong udah nggak pernah ada acara kopdar Nasional kaya dulu kok gimana mau inget hehe... biasanya kan jauh-jauh hari komunitas Blogger dari mana aja udah pada bikin acara masing-masing, belum lagi ada kopdar yang tingkatane Nasional. Lha sekarang, sepi adem ayem ngene yo piye nggak lali wkwkkwk... #Apa saya yang kurang update ya? Mbuh wes

Kalo dulu-dulu tiap tanggal 27 Oktober itu, satu yang nggak ketinggalan... semua Blogger tema postingane pasti seragam, biarpun isinya pasti beda semua. Cuma berhubung tahun ini saya jaranggggg bangeeettt ngeblog dan nggak tau temanya lagi pada mau mbahas apa. Jadi, mending saya bikin tema sendiri aja tahun ini hahaha...

Sesuai judul, tema tahun ini "Ngeblog Itu... (titik titik titik)"

Maksudnya titik titik itu bebas mau ditulis apa, dan kalo nggak keberatan setelah saya kelar nulis, gimana kalo saya minta tolong anda untuk ikut ngelanjutin titik titik itu, gimana bisa? bisa lah hehehe...

Mulai dari saya ya...

Ngeblog itu cara saya untuk refreshing otak.

Dari semua aktivitas online yang rutin saya lakuin, jujur aja yang bisa bikin otak saya tambah seger cuma ngeblog. Malah saya bisa bilang kalo ngeblog itu salah satu bentuk Vitamin untuk kebugaran otak. Susah sih ngejelasinya, tapi ya emang bener, kaya ada yang beda klo saya bandingin pas saya masih aktif ngeblog dulu sama sekarang yang update postingan ae bisa diitung jari tiap tahun hehe...

Serasa agak lebih tumpul nih otak...

Kalo dulu kan, tiap hari ngeblog, tiap hari nulis, tiap hari juga bacain tulisan-tulisan orang...
Dan tiap abis baca tulisan si ini pasti saya dapet "Influence" dari si ini
Gitu juga tiap baca tulisan si itu saya juga pasti dapet "Influence" dari si itu

Jadi, dari yang tadinya saya nggak tau mau nulis apa, tiba-tiba saya malah jadi punya banyak bahan buat saya tulis hari itu. And you know? buat saya itu "Menyenangkan"

Iya bener, saya bukan orang yang suka baca, dan kayanya nggak ada bakat nulis juga sih.
Dari kecil cara saya belajar tuh, dengerin dulu baru saya tulis sendiri di kertas kosong, apa yang saya denger dan nyangkut di otak saya itu.
Kalo udah denger pasti ada yang saya inget, dan klo udah saya tulis pake tangan sendiri, biarpun orang lain nggak bisa baca tulisan saya #Jelek soale, kalo tahun depan ditanya tentang itu, biarpun lupa-lupa inget saya tau saya pernah nulis itu dilembaran keberapa hehe... 

Tapi begitu kenal sama yang namanya ngeblog, biarpun cara saya belajar tetep nggak berubah sampe detik ini, cumen tiap kali baca buku, saya bisa nikmatin isi buku itu serasa itu buku yang khusus saya beli untuk saya corat coret hahaha... Ada yang saya anggap menarik ya tinggal saya coret-coret aja....

Dan kalo orang lain lebih suka baca resensi yang dibelakang buku dulu sebelum beli buku itu,
Saya terbalik, saya nggak pengen baca resensinya dulu... se-nggak menarik-menariknya tuh buku entah kenapa saya anggap baca buku dari awal itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Karena belum tentu saya bisa bikin buku kaya mereka. Dan kalo suatu hari saya nulis buku, saya juga nggak mau lah orang cuma ke toko buku baca resensinya doang, nggak menarik langsung di tinggal.

Banyak lah pokoknya serum yang saya dapet ketika ngeblog yang bikin otak saya makin seger, Bukan saya nggak mau ngelanjutin nulis, cuma takutnya sampean malah jadi pada bosen kalo postingan ini kepanjangan.

So, sekarang giliran anda yang ngelanjutin titik titik itu....

NGEBLOG ITU...

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL DULUR-DULUR SEMUA...

KEEP POSTING AND HAPPY BLOGGING... :)



Silahkan Katakan Saya "Goblok"!



"Emang'e salah nek nganggo Nulled script?
Lha kowe download software bajakan, film bioskop opo bedone?
Goblok lu"

Sebener'e kata-kata itu bukan pake bahasa jawa sih, cuma berhubung bahasanya saya anggap kurang "ramah", mungkin yo jek bocah sih/ kata Goblok itu dianggap sopan di Sulawesi ya? saya kurang tau hehe (Tapi saya kenal Bang Munir dari 2009 belum pernah sih saya baca di blognya ada kata Goblok)... jadi mending saya translate ke bahasa jawa biar ayem dibacanya :) 

Oiya, komentar itu udah nggak direply sama yang nulis setelah saya bales dengan bahasa yang biasa-biasa aja dan semoga dimengerti #jiakakak 

Tapi nggak ada salahe juga kayanya kalo pertanyaan itu saya bahas disini.

Pertama, Emang salah nek nganggo Nulled Script?

Saya jawab, ya sah-sah aja sih kalo tujuannya cuma untuk dipelajari. Bukan untuk dipake/dikomersialin. Tapi kalo mau dipake apalagi untuk tujuan komersial, kenapa nggak pake script open source aja? Toh jauh lebih bagus dari yang berbayar #beneran contoh aja saya lebih puas pake myBB ketimbang vBulletin/IP.Board/Xenforo untuk angkringan ini http://onoff.web.id/

Bukan berarti saya nggak sanggup bayar licence per tahun, tapi klo yang OpenSource lebih bagus ngapain saya mesti bayar haha... 

Tapi ok lah ya, kan orang Indonesia lebih suka yang branded biarpun bajakan *saya juga gitu dulu, jadi kita kesampingin dulu OpenSourcenya dan kita bahas Nulled Script alias Script premium yang udah di Crack itu tadi. 

Atau biar gampang kita sebut aja Script bajakan.

Sampe detik ini, yang saya tau pasti software atau apapun yang sifatnya bajakan #general aja, sebenernya belum bener-bener diurus serius sih sama pemerintah/lebih tepatnya emang baru mau diurus, saya denger-denger sih dalam waktu deket bakal ada kebijakan baru terkait Privacy :)

Balik lagi, sebenernya ada 2 bentuk pengecualian untuk masalah bajakan ini kalo anda belum tau #tolong diralat klo kebijakannya udah berubah

Pertama, Bajakan itu halal untuk saya pake selama saya cuma nge-gandain originalnya untuk diri sendiri. 

Misalnya, saya beli CD Music Original, terus saya clone tuh CD buat saya pake sendiri karena saya nggak mau yang Ori rusak apalagi kalo itu CD untuk dikoleksi dan nyarinya susah mesti Pre-order di CD-Japan/eBay. kalo kasusnya gitu sih itu dianggap wajar sama hukum Indonesia. 

Kedua, Bajakan itu halal selama untuk tujuan pendidikan.  

Dan saya cukup setuju untuk yang satu ini. Soale kalo tiap institusi pendidikan apalagi punya pemerintah mesti beli license satu-satu namanya pemhamburan uang negara dan sangat-sangat nggak efisien haha... itu makaya sekalipun udah tau itu salah, saya nggak berhak menyalahkan sekolah/kampus yang masih pake software bajakan, karena ya emang dibolehin sama pemerintah selama bukan untuk tujuan profit :)

Tapi jane, kalo institusi pendidikane punya swasta terus sing ndue yayasan uange akeh, mestinya ya beli licence lah, won tiap semester dapet dari mahasiswane yo akeh #Bukan nyindir lho ya

FYI, bukan ngajarin nggak bener nih, cuma kalo saat ini anda lagi make Windows bajakan pun, nggak perlu takut bakal kesandung hukum juga sih dalam waktu dekat. Toh anda cuma End User, dan cuma kaum kapitalis yang segitu sembrononya pengen menjarain End User. 

Terus lanjut pertanyaan kedua, Lha kowe download software bajakan/film bioskop bajakan opo bedone?

Lha wong saya pake distro, download sofware bajakan buat apaan? Toh sekalipun saya saya triple boot, Windows XP sama Windows 10 #Ralat kalo salah kan emang gratis hahaha... Officenya juga bisa pake OpenOffice, dkk

Opo mneh film, wong nganggo NexMedia wkwkwk...  ketinggalan tinggal nonton besoknya lagi. Sebulan yo cuma mbayar 130rb #Bukan promosi, ngapain repot menuh-menuhin HD sama download-an... bukan berarti saya nggak punya film download-an... punya banyak malah, cumen di Cloud Hosting sono buat koleksi doang kalo bagus share linknya di angkringan.

Hemm... bakal panjang sih kalo ngobrolin yang beginian, mangkane dibilang Goblok sing waras yo mending ngalah ae, opo mneh karo bocah hahahhaa... ngko nek dek'e gawe nang institusi koyo pak +alkatro ben mabok dewe di kon momong manuk eh linux wkwkwk...  #kabuurrrrr



Thursday, October 22, 2015

Bukannya Nggak Mau Nge-blog, Cumen...



Credit Screenshoot: Kk' Ami

Kang sampean ki agi hiatus, pindah ngurus blog lain, po wes pensiun nulis tah? Lha kok dah 6 bulan nggak ada postingan baru disini? Bosen aku kang tiap mampir kesini, post terakhir masih bahas YUI aja #Yo nggak cuma kamu yang bosen, aku yang punya blog aja bosen haha...


Kalo dibilang hiatus ya nggak juga sebenere, wong saya juga nggak sibuk-sibuk amat kok
Ngurus blog lain ya juga nggak sih, paling ya cumen sekali dua kali ngepost di wordpress kalo lagi pengen
Pensiun nulis yo opo mneh, wong di note/memo HP ide postingan yang pengen tak publish disini malah dah numpuk kok haha... lagian saya juga nggak pernah punya mental *mohon maaf* CPNS kok, yang baru ngelamar pikirane wes adoh mikiri tunjangan pensiun wkwkwk...

Cuma ya itu tadi, bukan nggak ada waktu buat nulis, tapi yang buat nulisnya yang nggak ada hahaha...

Kebetulan laptop yang biasa saya pake ngeblog, Fan-nya rusak, jadi klo saya paksa nyalain pun nggak ada 5 menit juga langsung mati lagi. Kecuali saya pantengin kipas angin kaya gini



Cuma masalahe, kalo dipantengin kipas angin kaya gitu, laptop'e urip saya nya yang masuk angin #GUBRAK

Lha nek nganggo AC, saya nya nyaman, dianya setengah jam mati #Serba salah haha...

Kalo saya paksa nyalain lagi, takute dari Fan malah merembet ke yang lain rusake...

Mau benerin males nunggu di dalem Mall kalo nggak ada temen, bukannya apa-apa, SPG parfum suka pada seenaknya klo ngeliat orang diem dikit. Bawaannya pengen semprat semprot parfum aja. Emang dikata gue nyamuk kebon apa, oles soffell sisan ae mbak, ato one push kui sing reaksine cepet #GLUUNTANGGG

Ya, intinya kalo pada nanya kenapa saya nggak update-update blog ini. Alesannya ya itu hehe...

Untuk yang udah komentar, nanya ini itu tapi belum saya jawab, saya minta maaf dan tolong dimaklumin aja hehe... mungkin beberapa post bakal sama closed aja komentarnya dari pada banyak yang kecewa. Atau saya bakal lebih berterima kasih lagi kalo ada yang sempet bantu jawab.

Lha tangan cuma 2 jari cuma 10, kalo disuruh bales ratusan komen mending angkat tangan wkwkkwk...

Lagian ada petuah bijak yang bilang, salah satu kunci kegagalan adalah "Berusaha menyenangkan semua orang" #Ngebela diri ceritane

Oiya, kalo ada yang keberatan sama iklan banner diatas sana, silahkan pasang Add Ons atau Extention AdBlock+ di browser anda masing-masing, saya nggak kerajinan masang script Anti AdBlock kaya orang-orang kok hehe... Atau kalo ada yang kesulitan download file di blog ini karena file hostingnya penuh iklan, email saya aja, ntar saya kasih cara ampuh ngebuang semua iklan-iklan itu hahaha...

Lha buat apa saya maksa anda nge-klik iklan disini, kalo iklannya bagus/emang pengen nge-klik silahkan di klik, kalo terganggu ya hidden aja toh gampang

Terus satu lagi, lisensi blog ini saya rubah ke Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Bukan All rights reserved lagi kaya yang bisa anda liat di Footer sidebar sebelah kanan blog ini.



Artinya saya ngizinin anda copas postingan di blog ini dengan syarat anda pun mengizinkan postingan yang anda copas untuk dicopas lagi sama orang lain + jangan di receh. Saya aja yang nulis ikhlas kok hehe... 

Link template blog ini juga udah saya benerin ya, maaf salah copas link dari Google Drive kemaren wkwkwk

Itu dulu aja deh ahhh... nanti aja baru nulis yang lain sekalian BW

Happy Weekdays, selamat beraktivitas dan Happyyyyyy Blogggggiiiinggggg semuaaaaa.... #Peluk cium, kalo yang baca cewe *eaaaa.... kalo cowo jauh-jauh hussh husshh *becanda*
 



Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian