Tuesday, October 27, 2015

Silahkan Katakan Saya "Goblok"!



"Emang'e salah nek nganggo Nulled script?
Lha kowe download software bajakan, film bioskop opo bedone?
Goblok lu"

Sebener'e kata-kata itu bukan pake bahasa jawa sih, cuma berhubung bahasanya saya anggap kurang "ramah", mungkin yo jek bocah sih/ kata Goblok itu dianggap sopan di Sulawesi ya? saya kurang tau hehe (Tapi saya kenal Bang Munir dari 2009 belum pernah sih saya baca di blognya ada kata Goblok)... jadi mending saya translate ke bahasa jawa biar ayem dibacanya :) 

Oiya, komentar itu udah nggak direply sama yang nulis setelah saya bales dengan bahasa yang biasa-biasa aja dan semoga dimengerti #jiakakak 

Tapi nggak ada salahe juga kayanya kalo pertanyaan itu saya bahas disini.

Pertama, Emang salah nek nganggo Nulled Script?

Saya jawab, ya sah-sah aja sih kalo tujuannya cuma untuk dipelajari. Bukan untuk dipake/dikomersialin. Tapi kalo mau dipake apalagi untuk tujuan komersial, kenapa nggak pake script open source aja? Toh jauh lebih bagus dari yang berbayar #beneran contoh aja saya lebih puas pake myBB ketimbang vBulletin/IP.Board/Xenforo untuk angkringan ini http://onoff.web.id/

Bukan berarti saya nggak sanggup bayar licence per tahun, tapi klo yang OpenSource lebih bagus ngapain saya mesti bayar haha... 

Tapi ok lah ya, kan orang Indonesia lebih suka yang branded biarpun bajakan *saya juga gitu dulu, jadi kita kesampingin dulu OpenSourcenya dan kita bahas Nulled Script alias Script premium yang udah di Crack itu tadi. 

Atau biar gampang kita sebut aja Script bajakan.

Sampe detik ini, yang saya tau pasti software atau apapun yang sifatnya bajakan #general aja, sebenernya belum bener-bener diurus serius sih sama pemerintah/lebih tepatnya emang baru mau diurus, saya denger-denger sih dalam waktu deket bakal ada kebijakan baru terkait Privacy :)

Balik lagi, sebenernya ada 2 bentuk pengecualian untuk masalah bajakan ini kalo anda belum tau #tolong diralat klo kebijakannya udah berubah

Pertama, Bajakan itu halal untuk saya pake selama saya cuma nge-gandain originalnya untuk diri sendiri. 

Misalnya, saya beli CD Music Original, terus saya clone tuh CD buat saya pake sendiri karena saya nggak mau yang Ori rusak apalagi kalo itu CD untuk dikoleksi dan nyarinya susah mesti Pre-order di CD-Japan/eBay. kalo kasusnya gitu sih itu dianggap wajar sama hukum Indonesia. 

Kedua, Bajakan itu halal selama untuk tujuan pendidikan.  

Dan saya cukup setuju untuk yang satu ini. Soale kalo tiap institusi pendidikan apalagi punya pemerintah mesti beli license satu-satu namanya pemhamburan uang negara dan sangat-sangat nggak efisien haha... itu makaya sekalipun udah tau itu salah, saya nggak berhak menyalahkan sekolah/kampus yang masih pake software bajakan, karena ya emang dibolehin sama pemerintah selama bukan untuk tujuan profit :)

Tapi jane, kalo institusi pendidikane punya swasta terus sing ndue yayasan uange akeh, mestinya ya beli licence lah, won tiap semester dapet dari mahasiswane yo akeh #Bukan nyindir lho ya

FYI, bukan ngajarin nggak bener nih, cuma kalo saat ini anda lagi make Windows bajakan pun, nggak perlu takut bakal kesandung hukum juga sih dalam waktu dekat. Toh anda cuma End User, dan cuma kaum kapitalis yang segitu sembrononya pengen menjarain End User. 

Terus lanjut pertanyaan kedua, Lha kowe download software bajakan/film bioskop bajakan opo bedone?

Lha wong saya pake distro, download sofware bajakan buat apaan? Toh sekalipun saya saya triple boot, Windows XP sama Windows 10 #Ralat kalo salah kan emang gratis hahaha... Officenya juga bisa pake OpenOffice, dkk

Opo mneh film, wong nganggo NexMedia wkwkwk...  ketinggalan tinggal nonton besoknya lagi. Sebulan yo cuma mbayar 130rb #Bukan promosi, ngapain repot menuh-menuhin HD sama download-an... bukan berarti saya nggak punya film download-an... punya banyak malah, cumen di Cloud Hosting sono buat koleksi doang kalo bagus share linknya di angkringan.

Hemm... bakal panjang sih kalo ngobrolin yang beginian, mangkane dibilang Goblok sing waras yo mending ngalah ae, opo mneh karo bocah hahahhaa... ngko nek dek'e gawe nang institusi koyo pak +alkatro ben mabok dewe di kon momong manuk eh linux wkwkwk...  #kabuurrrrr



3 komentar:

Shudai Ajlani said...

Fer, apakabar Fer? Hehehe lama banget gak main ke blog ini, eh langsung dapet postingan beginian :D
Rada bingung sih sebenrnya kenapa hehehe

Fajar said...

wuaaaa. ora mudheng..nan ik.. yen masalah ngene ik... manuk nuwun master atas infonya....

DJ Site said...

@ Shudai Ajlani: Baikkk day... kamu apa kabar? barusan mampir ke situs Radio mu kok alamatnya di kembangan deket itu sama kerjaanku hehe... Gpp kok, itu masalah udah kelar, cuma pengen bahas pertanyaannya doang hehe...

@ Fajar: Jiakakakakak... master of ciblek jian pura2 nggak mudheng... wkwkwkwk....

TOLONG JANGN SALAH ARTIKAN JUDULNYA, YANG SAYA BAHAS PERTANYAANNYA HAHAHA

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian