Tuesday, November 14, 2017

Entahlah...


Pas lagi check-up ke RSPP tadi siang, secara gak sengaja saya denger sebuah percakapan yang sepertinya gak terlalu asing di telinga ini....

Isi percakapannya kurang lebih seperti ini:

Anak Muda: Siang ibu, bisa minta waktunya sebentar?

Ibu-ibu: Iya, ada apa ya mas?

Anak Muda: Gini ibu, jadi saya sama temen-temen saya dari xxxxx sedang mengadakan penggalangan dana untuk membantu para penderita autis yang kurang mampu. Tapi kalo kita bilang minta sumbangan kan kesannya gimana gitu ya bu. Jadi, disini kami mau jual voucher makan di beberapa tempat yang bisa ibu pilih (foodcourt A, B, C, D , dst), dan sebagian dari hasil penjualan voucher ini nantinya akan kami sumbangkan ke anak-anak autis yang kurang mampu. Jadi, dengan membeli voucher ini, ibu sudah turut membantu adik-adik kita yang menderita autis. Jadi gimana ibu? mungkin tertarik

Ibu-ibu: Wah maaf ya mas, saya gak biasa makan ditempat-tempat kaya gitu, soalnya saya punya banyak pantangan makanan.

Anak Muda: Kan bisa dikasih ke anaknya ibu, murah lho bu. 1 voucher cuma 150rb aja

Ibu-ibu: Maaf ya mas, mungkin lain kali aja...

Anak Muda: Oh, ywdh bu gpp... mohon bantuan doanya saja ya bu klo gitu

Ibu-ibu: Amin

Dan si anak muda pun bergegas nyari calon donatur selanjutnya...

---

Teng teng tong teng... Pak Ferdinand dari dr. xxxxx 

Bunyi bell dan panggilan Apoteker di Apotek RS pun tiba-tiba memecah konsentrasi saya dalam mengingat kemiripan isi percakapan barusan dengan kejadian yang pernah saya alami ini ... 

Dan sambil bergegas kearah kasir, saya masih sempet bergumam dalam hati, pernah denger obrolan itu dimana ya? perasaan gak asing deh...

Dan baru setelah kelar bayar obat, saya tiba-tiba inget dan nyeletuk

Ohhh iyaaa.... persis kaya anak kuliahan yang dulu nawarin sumbangan dalam bentuk voucher buku seharga 100rb...  

---

Yap, dulu banget...

Sekitar beberapa tahun yang lalu...

Ada seorang anak kuliahan yang nyamperin saya dan nawarin hal serupa di sebuah mall di bilangan Jakarta Pusat...

Cuma bedanya, cara doi minta sumbangan bukan dengan jualan voucher makan, tapi dengan jualan voucher buku.... 

Yap, jualan voucher buku dengan bahasa marketing yang nyaris sama (kalo gak mau saya katakan bener-bener sama)

---

Saya gak bilang, kalo nyari sumbangan dengan cara ini salah lho ya...
Tapi jujur aja, saya agak kurang suka
Ketika ada "kelompok tertentu" yang dengan semangat '45 mengadakan penggalangan dana untuk "sebuah lingkup kecil masyarakat yang mereka katakan membutuhkan"
Namun hanya 10% dari total penjualan yang bener-bener mereka salurkan (atau kalo boleh jujur, saya belum bisa memastikan apakah betul-betul disalurkan atau nggak), ke mereka yang  betul-betul membutuhkan...

Ada yang bingung dengan kata-kata saya barusan?
Atau justru 100% bingung sama isi postingan saya kali ini? 

Untuk memahami maksud dari postingan ini, silahkan njenengan buka Google dan ketikkan kata kunci berikut :)

Jualan voucher sumbangan 

Karena isi postingan ini, sebetulnya berelasi dengan beragam pengalaman serupa yang bisa anda temukan dengan keyword tersebut :)


8 komentar:

Nandar said...

1 voucher 150 ribu?. Kemahalan kayaknya ya. Kalau sumbangan 10 ribu atau 25 ribu mungkin lebih mudah dapatnya.

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Nandar : Niat utamanya memang jualan voucher mas kayae, soale dr 100rb aja dulu buku cm 10rb aja yg katanya akan disumbangkan :) Gak tau klo yg voucher makan 150rb itu berapa yg akan disumbangin

Nyayu Amibae said...

wah, aku belum pernah ngalami tuh,, atau memang dasarnya aku ga pernah ngemall atau ke tempat-tempat rame,, hahaha pulang kerja langsung capcus ke rumah, kalo pun mampir ke pasar tradisional dekat rumah :D

TUKANGCOLONG said...

HAHAHAHAHAHA saya sering tuh ditawarin kaya gitu. ngaku mahasiswa lah, di lain hari kelompok yang sama di tempat berbeda ngaku LSM lah, dll.. jualannya pun berbagai alasan.. untuk hari veteran, ada yg hard selling jual voucher water boom atau taman safari..

Kalo saya sih saya ladenin mereka ngobrol. Kalo ngaku mahasiswa, saya tanya2 kuliahnya gimana, organisasinya gimana.. kaya gitu juga kalo mereka ngaku LSM.. sampe mereka males sendiri dan akhirnya pergi dengan damai ^^

alkatro com said...

nominalnya cukup besar, yg penting penyalurannya harus benar- benar .. benar

arep pesbukan terkendala server.. wkwkwk
jaga stamina pak.
wislah tak tiarap meneh

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Nyayu Amibae: Kalo dipasar tradisional ya gak bakal ada yg mau beli voucher mereka non wkwkwk...

@ TUKANGCOLONG: Weleh2 itu trik ngusir apa emang kepo bingits bli? wkwkwkkw

@ alkatro com: Siap pak... jaga stamina tetap fit sampe cyber monday berakhir :D

Masalah penyaluran hanya mereka dan Tuhan pak yg tau, BCL aja kayae gak tau #Alah

Obat Sakit said...

ya namanya usaha nyari sumbangn, pasti ada suka dan dukanya
Alhmadulillah kabar baik maz...

munir ardi said...

ada ya seperti itu , mulai menghalalkan segala cara ya sob ferdinand , btw ini blog saya bang sekarang ini

Visit the Site
DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan