Tuesday, September 17, 2013

FJB Kaskus VS TokoBagus.Com



Siapa sih yang nggak tau Kaskus? saya yakin hampir sebagian besar diantara anda tau bahkan punya akun di forumnya, bener nggak?

Dan jujur, biarpun nggak aktif sebagai kontributor di forumnya (karna saya emang nggak gitu suka nge-thread di forum), saya masih lumayan aktif dan ikut memanfaatkan FJB (Forum Jual Beli)-nya, entah itu untuk nyari barang atau justru nge-jual barang. Dan hampir tiap hari, biarpun cuma 5 menit pasti saya sempet-sempetin nyundul dagangan saya di FJB melalui Android Appsnya.

Dan untuk urusan jualan, saya akuin hampir semua dagangan saya laku dengan cepet berkat Kaskus. Sedangkan untuk urusan beli beli barang, biasanya saya ngeliat reputasi usernya dulu serta nge-tracking thread jualan user yang lain dulu sebelum beli barang dari user tersebut, karena lumayan banyak penipu yang berkeliaran dikaskus bahkan saya termasuk yang nggak percaya sama yang namanya testimoni, karena semua bisa dimanipulasi haha... Yah, I know itu salah satu bentuk kemajuan zaman, semakin canggih zamannya ya semakin canggih juga penipunya, Right? 

Dan lain kaskus, lain juga TokoBagus.Com, dan biarpun udah banyak dikenal orang berkat iklannya di TV, untuk yang satu ini jujur saya baru nyoba jualan sekali, dan itupun baru 2 hari lalu. Jadi, ceritanya karena BlackBerry Curve 8520 Gemini saya nggak laku-laku dikaskus, akhirnya saya bikin akun dan bikin postingan jualan instant dengan format dan kata-kata yang sama kaya yang saya tulis dikaskus.

Dan beda sama di kaskus, di TokoBagus.Com, iklan yang kita buat terlebih dahulu masuk ke dalam proses moderasi manual pihak mereka, jadi iklan yang kita buat belum pasti di approve biarpun udah kita publish, dan biasanya butuh waktu 1-2 jam untuk tau iklan kita di approve atau nggak, dan biasanya mereka akan ngabarin kita melalui Email. 

Cuma biarpun proses peng-aktifan iklan agak ruwet, saya akuin jualan di TokoBagus.Com sama cepetnya sama jualan di FJB Kaskus, karena baru sekitar 5 jam saya masang iklan udah ada 10 sms di nomer IM3 saya, 7 sms di nomer 3 saya dan belum keitung berapa message di WhatsApp saya hahaha... dan alhasil nggak sampe sehari, jualan saya udah laku, nih bukti smsnya haha...



Dan untuk tindak penipuan, biarpun kaskus nggak ngeberlakuin moderasi, cuma jangan salah ada option dimana kita mesti masukkin ID KTP untuk ng-upload image avatar akun kita, dan andai yang ngejual nggak pake avatar kita masih bisa tracking No. Handphone yang bisa dihubungin, ngeblokir rekening bank, bahkan ngetracking IP-nya, jadi saya sendiri termasuk yang nggak gitu takut untuk belanja Online di kaskus, apalagi banyak jasa Rekber (rekening bersama) yang bisa kita pilih. 

Dan hampir sama dengan kaskus, di TokoBagus.Com pun kita bisa nge-tracking IP, No Handphone dan meminta bank memblokir no rekening user andai kita emang kena tipu. 

So, nggak perlu terlalu takut untuk belanja via Online

But, Keputusan ada ditangan anda, lebih suka jual beli offline atau lebih suka jual beli Online hhe...


13 komentar:

Muhammad A Vip said...

ajari saya dagang dong, dagang rugi melulu nih

Sukadi said...

Banyak yang masih ragu untuk melalukan transaksi jual beli online, padahal ada banyak kemudahan yang bisa diperoleh. Kalau saya sendiri belum pernah jualan secara online, pernah mencoba jualan tapi menyerah sebelum laku hehe.. kalau beli (menukar voucher) pernah, dan aman-aman saja :)

Nuwun Kang

afada said...

PERTAMAX !!!!!

hehehe, saya sendiri terkadang menggunakan Jasa FJB, karena di FJB lebih cepat respon nya, dan lebih transparan statistik view nya

Salam kenal
DAVID RAJA
www.DavidRaja.com

Rawins said...

toko bagus..?
sakit, gan. jadi keingetan multiply..

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Muhammad Affip: Lha gara2ne opo sampean iso rugi? hhe...

@ Sukadi : Iya kang, masih banyak yang ragu untuk jual beli online, mungkin karena nggak ketemu muka dengan muka kali jadi dipikiran mereka udah rawan banget sama penipuan. Dan nggak pemikiran kaya gitu ya gak bisa disalahin juga sih hhe...

@ David Raja : Yupz, tergantung barang dan jasa yg dijual sih, tapi terbukti emang lebih cepet laku hhe...

@ Rawins: Hahaha... Rawins... Multiply wes dadi tempat jual beli sak iki :D

Pakies said...

Sebelum ngeblog, saya terlebih dulu jadi kaskuser dengan satu cendol meski.
Saya juga sering berkeliaran di FJB meski belum pernah jual dan beli

Untuk toko Bagus, alhamdulillah saya berhasil menjual rumah Kang, banyaknya respon karena akun saya sudah terverifikasi. Dibanding sebelumnya responya rendah

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Pakies : Wuihh nggak nyangka nek sampean udah lebih dulu berkeliaran di kaskus kang haha...

Wah reputasine wes ra meragukan berarti sampean, sampe iso njual rumah, lha aku cuma sebatas HP ama jasa aja kang haha...

fb said...

Wah jadi penegen jualan online juga nih.. enaknya jualan apa ya di Kaskus dan Tokobagus?..

munir ardi said...

sekarang nggak perlu punya toko ya SOb buka lapak bisa dimana-mana, mantap

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ fb : Cepet lakunya haha.. itu yg paling enak menurutku

@ munir ardi : Iya bang, orang udah nggak perlu nyewa tempat/toko buat jualan, jual apapun bisa via online hhe...

GRATIS ONGKIR said...

Info yang menarik dan bermafaat

serba MURAH said...

Artikel nya bagus dan bermafaat

Pusat DISCOUNT said...

Artikel yang menarik dan sangat berguna
Makasih infonya..

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan