Wednesday, January 3, 2018

Fenomena Iklan Pop-up di Website Dinas


Ada sebuah pemandangan menarik yang saya temui, kala jari dan mata ini secara nggak sengaja menuntun saya ke sebuah website dinas milik Pemprov DKI Jakarta. Sebuah subdomain yang kelihatannya, memang difungsikan sebagai website resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Yap, ada 2 window baru berisi iklan yang secara otomatis terbuka, ketika kursor ini hendak saya arahkan untuk untuk mengunduh sebuah file pdf berisi Pergub No. 187. Sebuah Pergub yang isinya berhasil bikin saya kepo setelah berita tentang TGUPP DKI Jakarta menjadi sebuah perbicangan yang cukup hangat beberapa waktu lalu.

Oiya ini url postingan yang saya maksud:

http://disdik.jakarta.go.id/index.php/2017-01-20-03-02-46/provinsi-dki-jakarta/336-pergub-nomor-187-tahun-2016

Dan sekedar untuk memastikan kalau penglihatan saya barusan memang nggak salah, akhirnya saya coba intip dikit beberapa baris source code dari subdomain tersebut, dan taaa.... raaa...


Ternyata bener, ada script iklan pop-up dari network popads dan popcash disana... 

Dan untuk mem-validasi temuan tersebut, saya putuskan untuk me-record 2 video tangkapan layar berikut ini:



---

Buat saya pribadi sih, nggak ada yang salah sebetulnya sama pemasangan slot iklan pop-up di situs tersebut. Apalagi, kalau slot iklan tersebut nantinya akan turut digunakan oleh pemprov sebagai salah satu sumber anggaran dari dinas yang bersangkutan. 

Cuma... ada cuma-nya nih hehe... 

Jujur aja, ada sebuah pemandangan yang saya rasa kurang elok, ketika sebuah website "pendidikan" justru menampilkan iklan yang tergolong "vulgar" seperti yang saya record pada video pertama. Terlebih karena situs inipun kelihatannya turut diakses oleh para siswa dan orang tua. 

Dan itulah sebab kenapa, postingan ini akhirnya saya tulis... :) 


1 komentar:

Nandar said...

Bisa jadi cuma adminnya aja yang tau..

Visit the Site